Goodbye Maret 2024 And The Memories About Rey is Saved

goodbye maret 2024

Goodbye Maret 2024 and the memories about Rey is saved (again and again). Alhamdulillah ya!. kayaknya belum juga bisa mencerna memori Februari 2024 lalu, eh tau-tau udah di penghujung Maret lagi.

Bulan ini mix feeling banget sih buat saya, banyak yang sebenarnya mengganggu pikiran, tapi teralihkan oleh berbagai kegiatan yang benar-benar menyita banyak waktu dan pikiran.

Antara ngantuk, lelah, oleng dan lainnya, rasanya saya nggak bisa bedakan, mana gempa mana enggak. Saking perasaan kok sering merasa oleng ya, kalau kata orang Jawa, kliyengan.


Our Memories in Maret 2024

Di bulan ini, kayaknya kegiatan saya di luar nggak terlalu banyak kayak biasanya. Bahkan keknya lebih sering di kamar deh.

Mungkin karena ini bulan puasa, saya introvert, dan udah nggak semangat melakukan hal-hal umumnya ketika bulan puasa.

Tapi, mengintip isi galeri HP saya, begini cerita yang berhasil saya rekam: 


1. Si Adik Sakit

Awal bulan Maret 2024 ini dimulai dengan si Adik yang tiba-tiba sakit. Dia mual dan muntah-muntah meluluh. Terutama ketika habis makan.

Badannya nggak demam dong, dia juga nggak salah makan apa. Saya tanyain di sekolah makan apa, katanya enggak ada. Dia cuman makan jajan yang saya bawain, itupun jajannya seperti biasa dia bawa.

Sedih banget dong saya, mana khawatir dia dehidrasi, akhirnya saya curhat di Alodokter dan seperti biasa, itu hanyalah modus biar bisa minta resep dokter dari obat yang jenisnya butuh resep dokter, hahaha. 

Dokternya akhirnya setuju memberikan obat pereda mual, dan suprisingly, abis minum sirup pereda mual untuk anak, Vometa sirup. Alhamdulillah si Adik berangsur membaik.

Lega rasanya. 


2. Main ke Balai Kota Surabaya

Awal bulan Maret sebelum masuk ramadan, kami main ke balai kota Surabaya, rencananya sih temanin si Adik main sepatu roda.

balai kota surabaya

Udah bela-belain dong bawa sepatu roda, sampai di sana udah duduk manis ngunyah kacang rebus, karena akoh sejujurnya nggak sabaran nungguin anak main lama, hahaha.

Dan you know, si Adik nggak mau main sepatu roda dong sodara!

Sementara, kalau di kamar kami yang mungil dia pede betol bahkan main sepeda sambil pakai sepatu roda, stres banget takut nyenggol barang-barang dan pecah, hiks.

Tapi over all, senang sih sejenak ke balai kota di sore hari.


3. Rutinitas antar jemput si Adik, ke Perpus dan lainnya

Di awal bulan Maret, sebelum masuk ramadan, rutinitas saya dalam keseharian masih sama. Ya antar si Adik sekolah, abis itu ke perpustakaan nunggu si Adik pulang sekolah sambil numpang ngetik.

Abis itu jemput si Adik, pulang makan dan mandi lagi, sorenya antar lagi untuk latihan drumband. Ya gitu-gitu aja sih, nggak ada yang gimana-gimana, hahaha.


4. Makan soto Cak Har

Ini harus ditulis, soalnya meski tempat tinggal kami cuman selemparan batu oleh atlit lempar lembing *halah. Tapi kami jarang banget makan di warungnya langsung.

soto cak har
Wajib didokumentasikan buat blogpost, wakakaka

I mean
, ini untuk soto Cak Har yang di jalan AR Hakim ya, bukan di Jl. Soekarno Hatta. 

Nah, sebelum ramadan, kami sempat mampir di sini, makan di tempat. Waktu itu hari Jumat, saya sengaja drop si Kakak shalat di masjid Sakinah depan soto cak Har, dan saya nungguin sambil makan soto, hehehe.


5. Shalat tarawih di awal ramadan

Ini uwow banget dong, wajib dicatat! hahaha.

masjid as sakinah ar hakim surabaya
Cieeehhh, congkak betol kau Rey! hahaha

Di awal ramadan, saya shalat tarawih di masjid Sakinah dong!

Ya ampuuunn, sungguh luar biasa, mengingat kayaknya udah lamaaaaa banget saya nggak pernah kebagian shalat tarawih di awal ramadan. Biasanya di pertengahan ramadan aja *plak, hahaha.

Sebenarnya ini nggak disengaja, tapi tetep niat juga sih.

Ceritanya, saya kan bingung, si Kakak mau shalat tarawih di masjid mana? Di tempat tinggal kami sekarang, cuman ada mushala kecil, sementara si Kakak maunya shalat di masjid.

Nah, masjid yang lumayan dekat itu cuman masjid As Sakinah di AR Hakim, dekat Convention Hall. Dan itu berjarak kurang lebih 1 KM dari tempat tinggal kami.

Terpaksa deh saya harus anterin, kasian kalau dia jalan kaki sejauh itu, apalagi adeknya mau ikut.

Dan begitulah, di awal ramadan, saya anterin mereka ke masjid, tapi udah niat bawa mukenah, jadi sampai sana dan liat masjidnya sepi, ya udah sekalian aja shalat tarawih di sana.

Luar biasaaaa, pertama dalam beberapa tahun belakangan ini, hahaha.


6. Treatment facial dan peeling di Bening's Clinic Surabaya

Saya ikut awal puasa di hari Selasa, 12 maret 2024, dan tebak apa yang saya lakukan di hari itu?. Malah treatment di klinik kecantikan dong, hahaha.

bening's clinic surabaya

Soalnya emang udah ada janji sih, niatnya di hari kedua puasa, karena bisanya di tanggal segitu, nggak taunya ternyata puasa ditunda sampai hari Selasa, jadinya ke sana pas pertama puasa dong.

Bareng anak-anak ke Bening's Clinic Surabaya, dan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam di sana dong. Dari antri pertama, antri konsultasi dokter, antri ruang treatment, sama treatmentnya sekitar 90 menitan deh.

Untung anak-anak nggak terlalu krenki, selain si Adik yang rewel minta makan karena cuman sarapan doang, dia nggak puasa btw.

Akhirnya saya pesankan donat Primadona dong by Shopee Food. 


7. Berburu Takjil

Sejujurnya selama ramadan ini, saya betah-betah aja nggak pernah keluar rumah, nggak pernah ribet dengan takjil juga.

Alhamdulillah sih sudah lama saya dan anak-anak terbiasa berbuka puasa dengan apa yang ada saja. Boro-boro takjil kolak dan lainnya, buka puasanya cuman air putih aja dong, jarang banget sekadar bikin teh manis panas, hehehe.

Nah, ketika ramadan, saya kan ikut blog challenge ramadan, salah satunya diselenggarakan oleh Kompasiana.

Akan tetapi, ternyata bukan sekadar nulis doang, ada tema bikin video, dan tantangan video pertama adalah berburu takjil.

Waduh, dengan penuh manyun saya akhirnya keluar, cari yang jualan takjil banyak. Eh pas di dekat bundaran ITS, menemukan bazar takjil dong, dan akhirnya bisa ambil video di situ, sambil berburu takjil tentunya.

takjil karang menjangan
Gorengan di bazar takjil Karang Menjangan Surabaya

Itulah pertama kalinya, kami makan takjil gorengan dan es teler buat buka puasa di ramadan ini. Dan ternyata sukses bikin anak-anak (hhmmmm... aslinya sih maknya juga, hahaha) ketagihan.

Setelah itu, beberapa hari kemudian, kami mencoba berburu takjil di wilayah Karang Menjangan Surabaya, yang memang terkenal banget sebagai tempat jualan takjil terbesar di Surabaya (setidaknya yang saya tahu ya).

Eh besok-besoknya kami balik lagi dong ke situ, pertama ke bazar dekat bundaran ITS dulu, beli minuman es teler yang memang enggak terasa zonk dibandingkan es di Karmen (Karang Menjangan). Setelah itu, kami cusss ke Karmen buat beli gorengan.

Btw, emang sih kalau mau cari gorengan yang masih fresh itu, enakan di Karmen.

Sesekali kami sengaja keluar agak sorean, meskipun dapat gorengan yang sudah nyaris habis, tapi kami bisa mampir buka puasa di es Puter Aneka Rasa Pak Min.

Kadang juga, kami beli es puternya dibungkus, sengaja makan di rumah, biasanya kalau pulang menjelang magrib, kami ketemu sama orang-orang yang bagiin buka puasa di jalan. Dan kapan hari pernah dapat 2 kotak yang isinya ayam goreng, buah dan air minum.


8. Ke Batik Benang Raja

Karena di bulan ramadan ini saya sempat update akun instagram, eh saya banyak dapat DM yang menawarkan kerja sama dong.

Tapiiii... mostly barter sih, hahaha.

Kalau barter gini, selama produknya mumpuni dan saya butuhkan dan saya mampu kerjainnya, ya diambil aja.

Kalau enggak, ya skip.

Meskipun nggak semuanya ya, ada juga yang berbayar.

Salah satunya adalah sebuah store pakaian batik dan semacamnya, Batik Benang Raja yang ada di jalan Ngagel Jaya Surabaya.

benang raja surabaya
Bajunya ternyata lumayan banget 

Lucu sih, sebenarnya saya udah lama mau ke sini, karena penasaran setiap kali lewat sana kok sering liat store-nya ramai.

Ternyata di sini emang jualan pakaian batik dengan harga beragam. Ada yang super terjangkau, ada juga premium. Tau gitu kalau ada kebutuhan pakai batik ya cari di situ aja ya.

Modelnya juga lumayan keren sih.


9. Gempa

Ini the most pengalaman luar biasa selama bulan Maret ini. 

Gempa!

Paniknyaaaa minta ampun.

Masalahnya, pas gempa itu, saya dan anak-anak lagi ada di sebuah gedung lantai 7, dan pas juga saya lagi mandi, nggak pakai apa-apa, bingung banget.

Mau keluar sama handuk doang kok ya membayangkan aja geli sendiri. 

Tapi, masih nyari pakaian dan lainnya , udah takut banget bangunannya rubuh. Ampun dah si Rey, berasa begitu mudahnya sebuah bangunan rubuh karena gempa. 

Tapi emang gempa efek dari gempa di Tuban ini terasa banget, apalagi yang kedua itu durasinya lama, goyangnya pun sangat terasa. Udah istigfar teriak-teriak dan akhirnya pasrah aja dah saya.

Alhamdulillah kami nggak kenapa-kenapa, meski lutut rasanya mau copot saking seharian 2 kali lari turun tangga darurat setinggi 7 lantai, hahahaha.

 

10. Ngabuburit di Playtopia Pakuwon Mall Surabaya

Di bulan Maret ini, saya juga berkesempatan ngabuburit di Playtopia Pakuwon Mall Surabaya. Bermula dari undangan dari pihak Playtopia sih, dan meskipun aslinya Pakuwon Mall ini jauh banget dari tempat tinggal kami, tapi anak-anak mupeng banget terpaksa diterima aja.

depan pakuwon mall
Nunggu Teman Bus di halte Pakuwon Mall Surabaya

Untung banget di Surabaya sekarang tuh, moda transportasi udah lebih terkoneksi dan pilihannya banyak. Jadi, saya dan anak-anak cukup naik taksi online ke halte bus terdekat di bundaran ITS, lalu kami naik Teman Bus menuju Pakuwon Mall Surabaya.

Alhamdulillahnya lagi, selain nyaman dan aman, harganya juga sangat terjangkau. Orang dewasa cukup bayar 6.200an, sementara anak-anak cukup 2000an saja.

Sampai di sana juga pas banget waktunya, padahal saya udah ngomel duluan, takut kesorean. Ternyata waktunya pas buat ngabuburit.

Sampai di Pakuwon udah adzan Ashar, dan saya segera ajak anak-anak shalat Ashar dulu. Abis itu langsung ke Playtopia deh.

playtopia pakuwon mall
Maknya juga bisa main pasir, hahaha

Kami main selama 2 jam, dan pas selesai eh udah adzan magrib, langsung bisa mampir beli takjil di Chuwi dekat Playtopia tersebut. Jadi, pas ke mushola eh masjid ding, harapannya udah agak sepi.

chuwi pakuwon mall
Nongkrong di Chuwi

Ternyata kami salah, biar kata udah pukul 6 lebih, tapi masih antri buanyaaaakk banget, terutama di bagian tempat wudhu perempuan ya.

Mau nangis rasanya, karena diserobot mulu. Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa wudhu dan shalat sebelum Isya datang.


11. Bukber di RamenYa

Nah, selama puasa di bulan Maret ini, kami udah 2 kali makan buka puasa di RamenYa dong, hahaha. Berasa doyan nggak sih, padahal ya bisa makan di RamenYa, saking nggak tahu mau makan di mana? rame banget dong di mana-mana. 

ramenya pakuwon mall

Yang pertama tuh pas kami di Pakuwon Mall Surabaya, abis main di Playtopia dan shalat Magrib. Kami keliling cari tempat makan, semua waiting list dong, awalnya sih termasuk RamenYa ini juga waiting list-nya panjang.

Tapi entah yang lainnya bosan nunggu, pas kami keliling di tempat lain dan nggak nemu, akhirnya balik ke RamenYa, eh udah ada yang kosong aja mejanya. Jadilah kami buka puasa makan ramen doang.

Etapi emang anak-anak suka sih.

Yang kedua, di akhir bulan Maret 2024 ini. Saya kan iseng mau ikutan posting make up ramadan looks sebagai giveaway sebuah brand kosmetik. 

Masalahnya, saya nggak punya stock selfie pakai make up yang bagus. Jadinya saya dandan ulang terus foto. Nah anak-anak pikir saya mau ajak keluar makanya dandan, maka memelaslah mereka untuk buka puasa di luar.

Dan maknya ini bingung nolaknya, meskipun aslinya bingung juga, i hate buka puasa di luar karena shalat magribnya pasti membingungkan. 

Tapi ujungnya ya tetap diturutin, pergilah kami keluar pas udah pukul 16.30an karena maknya masih ribet foto-foto trus upload juga.

Setelah itu mampir di daerah Gebang buat potong rambut anak-anak, trus ke Delta Plaza deh. Sampai di sana kami shalat dulu dan shock berat karena antrian musholanya astagfirullaaaaahhh.

ramenya delta plaza

Abis itu cari tempat makan, penuh semua, ujungnya ke RamenYa deh, daripada ke McD kan ye, saya emang mengurangi ke situ, kalau enggak penting-penting amat, ya mending cari yang lain.

Jadilah, selama puasa ini, kami udah 2 kali makan di RamenYa, hahaha.

  

12. Ramadan, capek dan ngantuk

Selama ramadan ini, saya capek banget dong rasanya. Mungkin karena beban pikiran yang menerpa kali ya. 

blogging challenge

Terus saya juga ikut blog challenge, kejar-kejaran menulis setiap hari. Sampai-sampai kadang nggak tidur sampai sahur.

Pernah juga nggak tidur sampai pagi, pukul 6 baru tidur dan kondisi saya berasa udah terbang, hahaha.

Jadinya, serius sih, saya capek, lelah dan ngantuk.

Tapi, off course tetap semangat, Alhamdulillah.


Kesan Akan Maret 2024

Bulan ini sebenarnya penuh cerita juga ya, meskipun sedih sih karena cerita dengan anak-anak agar terbengkalai, habis di cerita usaha si Mak Rey cari duit dari rumah.

Tapi, jujur hal ini nggak mengurangi rasa syukur saya sih, Alhamdulillah masih dikasih kesehatan, khususnya buat anak-anak yang mana kegiatannya banyak juga di bulan puasa ini.

Ada rasa bersalah juga, karena di bulan Maret 2024 ini saya agak struggle bingung mengatur keuangan, sementara sekolah anak-anak, terutama sekolah TK si Adik adaaaaaaa aja iuran yang ditagih.

playtopia pakuwon mall

Akhirnya saya putuskan nggak ikut kegiatan ramadan di sekolah si Adik.

Pas banget ketika itu si Adik kurang enak badan, jadinya keterusan sampai nggak ikut kegiatan buka bersama di sekolahnya.

Untungnya lagi si Adik nggak tahu kalau ada kegiatan itu, jadi dia nggak sedih meski nggak ikutan. 

Over all, thank you Maret 2024, see you at 2025 dalam kondisi yang lebih baik, insya Allah semoga masih ada umur, aamiin.

Begitulah cerita Maret 2024 saya, kalau Temans?


Surabaya, 31 Maret 2024

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)