Wisata Sunan Ampel, Tempat Wisata Religi Impian di Surabaya

wisata religi surabaya

Satu hal yang belum pernah saya lakukan seumur hidup adalah berwisata religi, mengunjungi tempat-tempat yang punya nilai secara religius atau keagamaan.

Lucunya, bahkan saya tinggal di kota yang ada tempat wisata religi yang terkenal loh. Ada wisata religi Sunan Ampel, yang dulunya tuh hampir tiap hari saya lewat di dekatnya ketika masih tinggal di rumah om, yang nggak jauh dari komplek Ampel tersebut.

Lalu, ada wisata Sunan Giri, yang meskipun beda kota, tapi dulu tuh sering banget kami lewati ketika ke Gresik, lalu diajak makan bakso enak dekat sana.

Tauk deh si Rey ini, entah mengapa nggak pernah bisa mampir sejenak ke tempat wisata kayak gitu.

Meski demikian, bukan berarti saya nggak pengen mampir loh. Sebenarnya niatnya ada, realiasasinya aja yang belum ada, hahaha.

Salah satunya, pengen ke wisata religi makam Sunan Ampel, yang berada di kawasan Ampel, Semampir, Surabaya.  


Wisata Sunan Ampel, Dekat Tapi Masih Jadi Impian

Saya masih ingat banget ketika awal-awal sampai di Surabaya di tahun 2000 silam, ketika itu saya tinggal di rumah om, di kawasan perumahan Angkatan Laut di Wonosari.

Setelah beberapa bulan, saya akhirnya bisa mengikuti bimbingan belajar Teknos yang ketika itu ada di jalan Kapas Krampung.

Dan untuk ke sana, saya harus naik angkot, dan melewati daerah dekat wilayah Ampel, dan itu terjadi hampir setiap hari.

Saat melewati wilayah tersebut, saat itu memang belum mengalami banyak perombakan seperti sekarang, jadi daerah sekitarnya terkesan sumpek dan kumuh.

Meski demikian, saya kepo banget sebenarnya pengen mampir, secara saya pernah membaca tentang Sunan Ampel di buku. Dan akhirnya bisa berada di lokasi dekat makamnya langsung, itu luar biasa banget rasanya.

Diam-diam saya berdoa, semoga nanti bisa tinggal lebih lama di Surabaya dan mengunjungi lokasi makam sunan Ampel tersebut.

Lah, doa saya dikabulkan dong, tentang tinggal lama di Surabaya. Namun sampai sekarang, setelah 24 tahun berlalu, saya belum pernah juga bisa mampir ke sana, hahaha.

Beberapa waktu lalu, saya pernah liat postingan seorang teman blogger yang mengunjungi wisata makam sunan Ampel ini bersama anaknya. Ketika itu jadi pengen banget ajak anak-anak ke sana, tapi entahlah kok belum juga kesampaian, hahaha.   


Tentang Wisata Sunan Ampel Surabaya

Wisata makam Sunan Ampel merupakan salah satu destinasi wisata religi yang jadi favorit di Surabaya. Hal ini dikarenakan, Sunan Ampel merupakan salah satu dari Wali Songo yang terkenal dalam sejarah perkembangan agama Islam di Indonesia.

makam sunan ampel
source: kompas

Sunan Ampel adalah putra dari Maulana Malik Ibrahim, dengan nama asli Raden Rahmat. Dari buku Sunan Ampel karya Yoyok Rahayu Basuki, diketahui bahwa, Sunan Ampel datang dari Champa.

Sosoknya jadi teladan para masyarakat, berkat ajaran-ajarannya ketika itu. Dia juga merupakan sosok yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di Tanah Jawa, dan terkenal dengan ajarannya Moh Limo.

Moh Limo meliputi 5 ajaran, yaitu: tidak mau melakukan lima perkara, yaitu berjudi, mabuk, menghisap candu, mencuri, dan berzina. 

Karena jasa-jasanya, hingga wafat, makamnya pun menjadi tujuan banyak wisatawan yang ingin datang berwisata religi.

Di Surabaya, makam Sunan Ampel ini ada di tengah Kampung Arab. Disebut Kampung Arab karena mayoritas ditinggali oleh penduduk keturunan Timur Tengah. Tidak heran, jika kita berada di sekitar area makamnya, suasana Timur Tengah yang khas akan menyambut para wisatawan yang datang.

Makamnya sendiri telah ada di kawasan tersebut sejak abad ke-15, ketika Jawa Timur sedang dikuasai Kerajaan Majapahit.

Oh ya, tempat wisata religi Sunan Ampel ini buka 24 jam ya, dan biaya masuknya gratis.

Cuman emang lebih baik ke sana ramai-ramai gitu ya, jujur kalau saya ke sana sama anak-anak doang, sampai sana saya nganga, itu ke sana mau ngapain aja? masalahnya saya belum pernah sama sekali ziarah ke makam sunan atau ke wisata religi gitu, wakakakak.

Semoga aja nanti bisa segera memenuhi impian saya sejak lama, yaitu berkunjung atau berziarah ke makam Sunan Ampel, yang merupakan salah satu wisata religi di Surabaya. 

Ada yang udah pernah ke sana?


Surabaya, 21 Maret 2024

#BPNRamadan2024

1 komentar :

  1. aku wisata ke sunan cuman yang di Gresik aja mbak, itupun karena waktu itu keluargaku ajak temen-temennya nenekku buat jenguk nenekku di surabaya plus sekalian diajakin ke Gresik.
    waktu pelajaran sekolah dulu, aku ga begitu hapal history dari masing-masing Sunan, padahal cuman ada 9.
    Tapi aku malah seneng baca buku ceritanya, lupa nama bukunya apa :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)