Tuesday, September 24, 2019

Ikut Follow Loop Berakibat Engangement Rate Turun? Tenang, Masih Bisa Diakalin


Sisi Lain Mengikuti Follow Loop Instagram


follow loop instagram


Assalamu'alaikum :)

Sharing By Rey - #TuesdayTechno - Follow loop di instagram memang sedang in belakangan ini, saya sendiri terinspirasi dari beberapa teman yang sukses mencapai 10K dari kegiatan follow loop tersebut.

Dan begitulah, saya juga ikutan follow loop dan nggak berhenti sampai target 10K saya tercapai.

Alhamdulillah, tercapai sih!
Tapi ngos-ngosan hahaha

Iya, ternyata ikutan follow loop itu hanya ringan di awalnya saja, saat kita mengejar follower 5K itu amat sangat gampil aka mudah.


Ye kan, kunci dari follow loop itu adalah saling follow, jadi kalau kita di-follow orang lalu kita follow back, niscaya drama unfollow hanya terjadi satu dua akun saja.

Tapi, saat kita ikut follow loop dan hanya mengandalkan di-follow doang. Dijamin besoknya bakal menghadapi badai unfollow besar-besaran, dari para follower baru tersebut.

Iya, hampir semua orang ikut follow loop pasti punya aplikasi yang bisa ngecek siapa saja yang belum folback mereka.
Dan tentunya mereka bakal unfollow agar bisa menempatkan ruang bagi follower baru yang mau saling follow.

Thats why, saat mengejar 10K follower instagram, saya sungguh ngos-ngosan ketika sampai di bilangan 7K-8K.

Itu naikinnya, suseeehhhh ampun-ampunan, hahaha.
Saya kudu lakukan banyak trik biar bisa mencapai 10K, salah satunya dengan mengubek-ngubek list following saya, agar bisa menemukan akun yang sudah tidak aktif untuk bisa di unfollow.

Dan bukan hanya itu, gara-gara list following yang terbatas hanya sampai 7500 following saja, saya bingung menempatkan puluhan bahkan ratusan ghost dari follow loop yang memang nggak boleh kita unfollow meski mereka nggak follow back kita.


Masalah Engangement Rate Yang Terjun Bebas


Sebenarnya masalah ini sudah saya jelaskan di postingan terdahulu saya, tapi nggak masalah kali ya saya ulang lagi hahaha.

follow loop instagram

Salah satu sisi minusnya ikutan follow loop adalah ER atau engangement rate akun instagram kita bakalan terjun bebas.


Saya belum tahu pasti sih apa penyebab ER terjun bebas.
Salah satunya mungkin memang semakin banyak follower, maka semakin kecil ER kita karena terbagi ke banyak orang juga.

Dan sisi lainnya, mungkin juga karena seringnya saya mengarsipkan postingan banner follow loop.

Ye kan, saya ikutan follow loop tuh kadang sampai 4 banner dalam sekali pasang.
Bukannya saya terlalu 'murko' aka semangat sih, hanya saja kalau kita sering ikutan follow loop tersebut, maka berikutnya kita ikutan keangkut meski tanpa daftar dulu di banner mereka.

Jadinya, saya sering banget masuk grup DM page padahal aslinya nggak daftar. Dan akhirnya mau nggak mau ikutan posting banner juga deh.

Entah gara-gara itu, ampun deh ER saya terjun bebas bangettt hahahahaha.

Nantilah sejak semingguan kemarin saya berhenti sejenak ikutan follow loop, dan saya liat perlahan ER saya mulai merangkak meski pelaaaannn kek siput hahaha.

ER turun emangnya ngaruh?
Bangeeett!
Engangement postingan jadi lebih sempit, dan pastinya yang melihat postingan kita juga jadi lebih sedikit.

Hal ini amat sangat jadi masalah, kalau kita menerima job postingan di instagram, terlebih kalau fee-nya lumayan gede, lol.

Ye kan, yang ngasih kerjaan itu berharap banget dari follower kita yang 10K itu, tapi kalau ternyata yang liat tidak lebih sedikit dari yang follower-nya 2000an, kan malu juga atuh, hahahaha.


Engangement Rate Turun? Tenang, Masih Bisa Diakalin


Jadi, Sabtu kemarin itu saya dapat undangan dari Kumparan untuk meliput di acara Xpander Pinter Bener Family Festival.


Saya semangat dong ya, fee-nya lumayan lah.
Saking semangatnya, saya nggak baca dengan seksama.
Ternyata kerjaan saya bukan sebagai blogger yang nulis di Kumparan, tapi sebagai influencer yang dikumpulkan oleh Kumparan.

Yang pastinya, tugasnya cuman posting di instagram doang, nggak pakai nulis di Kumparan.
Saya baru ngeh hal tersebut setelah ngobrol dengan beberapa teman blogger di sana, dan saya ter uwow..

Makanya, sebelumnya saya heran, mengapa saya dikumpulkan dengan banyak wajah-wajah baru yang cantique semua fotonya.
Hanya 1 orang teman blogger yang saya kenal.

Lalu saya dengar, katanya ada 100 orang yang dikumpulkan, ketika saya melihat foto-foto mereka, saya kok ya sangsi mereka mau menulis di Kumparan semua, hahaha.

Bukan maksud mengatakan kalau penulis itu nggak seheboh mereka dandannya.
Tapi kebanyakan memang teman blogger yang saya kenal malas dandan heboh kayak mereka.

Ternyata oh ternyata, memang tugas kami ya as a influencer, bukan sebagai blogger.
Tiba-tiba saya merasa secantik influencer *plak! tuman! hahahaha.

Yup, saya jadi karuan nggak enak hati, gimana enggak.
Sejujurnya saya jarang datang ke event lalu tugasnya posting instagram doang, apalagi dibayar.
Ada sih beberapa event tugasnya cuman posting instagram, tapi memang nggak dibayar, cuma dapat goody bag.


Saya kan jadi malu, lah wong iya sih follower saya bisa suip ap, bahkan tugas IG story bikin video pertama, saya bikin 3 IG Story dan akhirnya saya kasih link yang di swipe up.

Tapi tetep, engangement-nya malu-maluin hiks!
Saya merasa nggak pantas dibayar segitu.

Etapi, kan kemaren nggak dikasih apa-apa Rey, wajarlah dibayar segitu!

Etapi saya tetep nggak enak hati!

Makanya, saya akalin dong, hahahaha.

Setelah saya terbingung-bingung memikirkan ER yang malu-maluin, intip postingan teman-teman, bahkan yang follower-nya jauh lebih kecil dari saya, like-nya lebih banyak.
Huhuhu, makin malu kan ye..

Padahal ya banyak juga yang follower-nya banyak tapi like-nya dikit
*Rey penghamba like, buahahahahahahaha.

Saya menghamba like dan engangement demi menyenangkan klien brosis! :D

Lalu tiba-tiba saya berpikir, ya wajarlah engangement saya kecil, event itu sesungguhnya bukan masuk ke dalam rana follower saya.
Dan saya yakin si Kumparannya udah mengecek duluan IG saya sebelum mereka memutuskan menawarkan fee.

Maka, sebagai rasa terimakasih, saya balas dengan tetap menuliskan event tersebut di Kumparan, hitung-hitung kan sebagai update postingan di sana ye kan :D

Daaannn, SAYA MEMILIH FITUR PROMOSI SEHARI DOANG hahahaha!


follow loop instagram

Murmer dan mudah kok, cuman berbekalkan 20 rebo aja, hitung-hitung buat cobain mengenal engangement secara ngiklan.
Saya targetkan ke target yang betul-betul menyukai otomotif, dan voilaaaa..
Keesokan harinya like di postingan saya jadi lumayan banget hahahaha.

Meskipun juga nggak sampai sebanyak influencer beneran sih (atuh mah si Rey, inpluser abal-abal kali yak!)
Tapi setidaknya nggak malu-maluin follower saya, buahahahaha.

So, jangan cepat sedih kalau ER turun, yang penting kan usaha.
Banyak jalan menuju Roma, kok :)


Keuntungan Follower 10K


Biar sedikit menyemangati temans yang sedang berjuang ikut follow loop menuju 10K, maka saya bakal share keuntungan yang saya rasakan setelah punya follower instagram 10K.

  • Bisa swipe up! ini paling penting dan tujuan saya kejar 10K, dan lumayan mendapatkan trafik ke blog dari swipe up tersebut.
  • Lebih diutamakan dalam job, sudah pasti yang followernya 10K lebih diutamakan, bahkan meski saya nggak daftar dari beberapa info di grup, saya malah mendapatkan penawaran langsung melalui DM instagram saya.
  • Fee-nya lebih besar. Tentu saja fee-nya beda dengan saat saya punya follower 2000an dulu, ye kan, ternyata memang tidak semua klien peduli dengan ER, yang penting follower banyak. Kalau mau perjuangkan like komen, kan bisa usaha dengan ngiklan, hahahaha.
  • Lebih terkenal. Ye kan, saat ini masih jarang orang yang mau menepiskan idealis dan mau bersusah payah mengejar follower IG 10K macam saya. Di Surabaya sendiri misalnya, untuk kalangan blogger masih bisa dihitung banget dengan jari, blogger yang punya follower IG 10K. 


Begitulah, meskipun sesungguhnya itu rezeki sudah ada yang ngatur, tapi insha Allah kalau kita mau berusaha, Allah bakal kasih kita lebih sesuai usaha kita.
Asal usahanya bener, insha Allah berkah aamiin.


Kayak saya yang malu dibayar tapi ER turun, ya ganti aja dengan ngiklan, toh juga mendatangkan hal positif buat saya dan akun saya.
Plus modalnya nggak seberapa dibanding fee-nya, hahahaha.

follow loop instagram

Kalau ada yang berpendapat,
"males ah ngeluarin duit lagi buat ngiklan!"
Ya itu balik ke personal sih, kalau saya memang mantan marketing online, dulu mah saya udah terbiasa banget ngiklan di facebook.
Jadi ngiklan itu bukan semata 'ngeluarin' duit bagi saya, tapi lebih dari itu, sebagai modal marketing dan juga buat modal menyenangkan klien, begituhhh...

Begitulah.
Semoga bermanfaat.

Jadi, siapa nih yang masih semangat ikutan follow loop mengejar 10K?
Kencangkan ikat pinggang, perjalanan 10K sungguh berguncang, saya aja sudah 10K tapi masih berjuang naikin terus, biar nggak makin turun di bawah 10K lagi :D

Tapi, believe me. Semuanya worth it kok buat diperjuangankan.

Sidoarjo, 24 September 2019

32 comments:

  1. Semangat, Mbak Rey. Iklan itu cara bagus untuk mengenalkan kita. Saya baru'tahu ternyata murah'juga, tapi bayarnya gimana dan ke mana?
    Yah, suatu saat saya juga pengen banget bisa punya follower sampai 10 ribuan. Tapi saat ini lebih fokus pada akun Follow loop sendiri. Jadinya kurang fokus untuk naikkan follower, yang ada para bule unfollow mulu jadi saya unfollow back.
    Saat ini Indonesia Saling Follow memang masih dikit dan kecil, tapi semoga bisa besar suatu saat nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bisa minimal 10ribu perhari kok mba, saya bayarnya melalui Fanpage facebook, nggak tahu kalau langsung dari IG gimana.
      Karena IG saya udah terhubung dengan FP saya, dan memang sebelumnya FP saya sering dipakai buat ngiklan, jadi mudah, tinggal klikklik, terus bayar pakai BNI debit online, jadi deh.

      Insha Allah kapan2 saya buat postingannya, duuuhh banyaaakkk bangeth hutang postingan saya hahahahah

      Delete
  2. Aku pengen banget ikutan follow loop kaya yg pernah aku tanyain ke mbak Rey waktu itu, tp masih mikir keras, takut aja kalau followersnya byk tp like n komennya tetep segitu2 aja, ntr ERnya terjun bebas hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, salah satu resikonya ER turun, tapi bisa diakalin sih ya.
      Kalau untuk like komen sebenarnya saya ga banyak berubah, dulu juga segitu, cuman jangkauannya jadi kecil karena nggak ada respon dari follower yang beda negara hahaha

      Delete
  3. Aku nyampe 1.500 aja udah mulai ngos ngosan ini. Gimana ya sampe 10K. Etapi aku beneran baru eungeuh kalo following kita dibatasi cuma sampai 7500 lho Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kalau masih 1500 itu gampil, ikut yang luar negeri, yang Australia sore2 itu, banyaaakk banget nyangkutnya.

      Kalau udah di atas 5K, baru ngosngosan beneran.

      Iyaa bener, kita cuman bisa follow 7500 orang :)

      Delete
  4. Aku masih jauh ni mba nyampe 10ribu..
    ya gimana setiap ikut follow loop luar negri yg harus posting tengah malem itu, seringnya aku ketiduran.. hahaha..
    jadilah followers naik nya lambat kayak siput.

    Btw, caranya cerdas bgt mamak rey.. ngiklan sehari ternyata cuma 20 ribu yaa. Dan jumlah like nya juga lumayan. ternyata ngaruh di jumlah like juga ya ngiklan gitu. baru tau aku..

    oiya, knp gak ikutan like for like aja? nurunin ER gak sih kalo ikutan itu mbaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut yang Australia aja say, yang @woman_follow_loop kalau ga salah, dia adain 3 kali semingggu tiap Selasa, Kamis dan Sabtu Sore pukul 5 sore, itu dapatnya buanyaaakk banget setiap kali loop.
      Tapi emang ghostnya makin banyak, dan dia makin ketat :)

      Delete
  5. Aku ikutan follow loop mba, tapi cuma 1 , banyak yg DM nawarin loop ini itu aku ga lah.. Lihat feed kok isinya banner semua makin sedih hehehhe, akhirnya mantap 1 ajalah, sambil Haldane, rejeki ga kemana Aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya, kalau 1 bagusnya ER terjaga, meski agak lama sih baru naik, saya ikutin akun saya lainnya untuk yang dalam negeri saja :)

      Delete
  6. Ya ni Mbak kerasa banget ngos-ngosannya pas udah mau mencapai 10k. Mana jumlah following juga udah mau mencapai limit. Dan kayaknya kalau udah sampai target 10k juga masih tetap butuh ikut follow loop ya karena bisa saja followers berkurang

    Btw yang Mbak Rey maksud itu follow loop yang tengah malam ya? Soalnya seingat saya, juga nggak daftar di banner sign up eh tapi bisa ikutan loopnya saat berlangsung, tapi cuma beberapa kali sih. Itu pun karena saya terbangun tengah malam, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bener kannn, ngosngosaaannn, selalu menghadapi badai unfollow :D

      iyaa, saya sering ikut yang tengah malam, jadinya mereka ajak mulu hahaha

      Delete
  7. sbnrnya aku kurang mudeng ama segala macem follow loop ini rey wkwkwkwkwk... tp intinya supaya follower naik lah yaaa. aku ga terlalu merhatiin soal follower biasanya, krn lbh mentingin like dan engage ama yg komen :D. msh jauh dr angan2 utk bisa swipe up hahahaha

    ReplyDelete
  8. Saya sudah nggak aktif lagi di IG mbak, dulu hanya sebatas punya saja, tapi setelah tak bisa upload foto yg entah kenapa, sekarang jadi malas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, kebanyakan memang blogger lebih sreg ke blog saja :)

      Delete
  9. Hoalah jadi ini toh yang dimaksud 'loop' pantes kok beberapa orang blogger di timeline IG yg saya ikuti kok posting tentang loop beginiii. Setelah ikut loop gini berapa hari mbak rey yang dibutuhkan buat sampai ke 10K followers?

    Saya cuma 500 followers ignya dikit bangetttttt wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wowww lama mba hahaha.
      Kalau 2k ke 5K itu cepet, kalau ga salah 1 bulan atau kurang gitu deh.
      Tapi sampai ke 10K, kayaknya 3 bulanan deh

      Delete
  10. Aku pernah ikut tapi ga kuat mba.. hahaha

    ReplyDelete
  11. Nah ini saya ikut follow lop, ada beberapa. Kadang gak daftar ternyta ke angkut di Grup yg sedang running, ya udah ikut posting bannernya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya malah ga usah banyak ngetag dan berakibat spamming ya mba, nggak enaknya adalah kebanyakan posting trus di arsipkan jadi ER makin anjlok :)

      Delete
  12. Apalah daya followers ku yang cuman 300an, Mbak. Dikit banget. Berasa kurang gaul deh aku, Mbak Rey.😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gapapa mba, masih banyak cara buat branding kok :)

      Delete
  13. waduh saya sepertinya angkat tangan duluan nggak bisa terlalu lama online untuk bw pun saat ini saya hanya senin kamis, makasih sudah memberi informasi tentang instagram loop ini

    ReplyDelete
  14. Iya pengin juga bisa swipe up mb rey, etapi loop² an gni diadakan seminggu 2-3 x dah terbantu bgt aku, meskipun naiknya gak banyak, tapi ada progress lah🤣, awal² bisa 100an org saling follow, tapi lama kelamaan jadi puluhan😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iyaaa.. sekarang makin sedikit yang bisa kejaring, kalau mau ikutan yang Australia, itu agak banyak yang folow, tapi kalau ga difolbek bakal di unfol :)

      Delete
  15. IG saya dari dulu segitu-segitu saja mba Rey hahahaha, belum pernah ikut follow loop. Terakhir update-pun 2 minggu lalu kayaknya :3 mba Rey hebat banget bisa sampai 10k, butuh effort besar cencunyaaah!

    Tapi cari following dari 7500 itu yang nggak aktif apa nggak pusing mba? Haha, saya membayangkannya sudah pusing duluan. Memang mba Rey ini semangatnya nggak bisa dilawan. By the way selamat ya mba sudah bisa swipe up! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhahaah, bangeeett puyengnyaa..

      Apalagi belum ada aplikasi yang bisa deteksi akun mana yang nggak aktif, terpaksa deh diliat satu-satu hahaha

      Delete
  16. Bunda Rey, ikut promosi aja yang sehari atau mau yang seterusnya rencananya? Soalnya menarik ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bun, sebenarnya ngiklan itu cara cepat dapetin like, nah seberapa banyak like yang kita butuhkan, tergantung berapa fee sih kalau saya.

      Bisa juga dapetin banyak like dalam beberapa hari, bisa juga dalam sehari langsung banyak.

      Tapi kalau buat naikin ER, mending ikut yang manual, tapi sering2.
      kalau saya kunjungi akun temen, like postingannya sebanyak2nya.
      Biasanya temen2 bakal balas juga kok tanpa kita minta.

      Atau bisa juga ikutan like for like gitu.

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)