Tuesday, August 27, 2019

Menambah Follower Instagram Gratis Melalui Follow Loop


Ketika Follower Instagram Jadi Hal Yang Penting


cara menambah follower instagram secara gratis


Assalamu'alaikum :)

Sharing By Rey - #TuesdayTechno - Follower instagram gratis rasanya suatu hal yang banyak dicari orang-orang zaman now.

Ye kan, terlebih bagi para pemburu rupiah melalui job dengan modal akun instagram, siapa coba yang nggak tergiur, cuman posting sebuah foto atau video di akun instagram kita, rupiah bakalan mengalir ke rekening kita.

Hal ini mah sama banget dengan iklan yang sering digembar gemborkan para pelaku bisnis online MLM (termasuk saya, dulu), bahwa hanya mendulang rupiah melalui medsos itu bisa banget.

Apalagi caranya cukup upload aja.
Ye kan, siapa coba yang nggak suka upload foto di akun medsosnya? Apalagi kalau upload pamer tapi dibayar??

Saya juga mau, meski sekarang tetep idealis pilih-pilih nilainya, lol.

Iya, gara-gara rupiah bisa mengalir dari sebuah upload-an di akun medsos Instagram, hampir semua orang tiba-tiba berlomba memperoleh follower instagram terbanyak, karena salah satu syarat buat mendapatkan job tersebut ya dari banyaknya jumlah follower yang ada di akun instagram kita.

Dan bukan hanya para pendulang rupiah dari medsos murni, para blogger pun ikutan beramai-ramai mengejar follower instagram terbanyak, karena bahkan untuk job blogger pun mulai diberlakukan syarat minimum follower instagram.



Meskipun, ada juga beberapa blogger yang tetap idealis mempertahankan follower murni yang bertumbuh secara normal, bukan hasil kejar mengejar follower, lol.

Tapi ya gitu, seidealis-idealisnya kita, sering pula ngomel saat membaca syarat job blogger kudu ada minimal follower instagram yang pastinya jauh di atas follower akun para idealis.

Kalau saya pribadi, masih sama dengan keinginan yang pernah saya tuliskan di postingan tentang membeli follower instagram terdahulu, pengen punya follower 10K, biar bisa suip ap.. suip ap.. hahaha.

Tapi tentu saja saya ogah kalau beli follower, bukan cuman sayang duit, tapi sayang akun juga entar kenapa-kenapa, di banned atau malah hilang, kan berabe jadinya.
Yang bener saja, akun instagram yang sudah saya miliki sejak 5 tahun lalu, masa iya harus hilang begitu saja?

Selain 10K buat suip ap..suip ap.. Ada bonusnya pula, di mana saya bisa ikutan campagn beberapa job buzzer dengan syarat follower yang seringnya nggak manusiawi bagi fakir follower kayak saya, lol.


Menambah follower instagram gratis melalui follow loop


Setelah lama termenung memikirkan bagaimana cara membuat konten yang bagus, biar para teman mau dengan suka rela follow akun saya.

cara menambah follower instagram secara gratis
unsplash

Karena sesungguhnya salah satu teori mengatakan, content is the king!
Kalau mau orang-orang follow akun instagram kita secara suka rela, maka pastikan isi feed akun kita bermanfaat bagi orang-orang tersebut.


Duh ye, sebagai mamak dengan tingkat kreatifitas terbatas, sungguh begitu sulit untuk membuat sebuah konten yang bagus dan konsisten.

Maka mau nggak mau saya kudu pakai cara lain, dan bertemulah saya dengan yang namanya follow loop instagram.


Apa itu follow loop instagram?


Follow loop instagram adalah kegiatan saling follow antara akun instagram, yang biasanya dikelola oleh satu akun, dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi pesertanya.

Di Indonesia sendiri, sejujurnya hingga saat ini, belum terlalu banyak akun-akun instagram yang mengelola kegiatan seperti ini.

Jadi saya pertama kali ikutan kegiatan follow loop ini, bersama akun instagram yang empunya ada di Australia dan Amerika.
Alhasil, follower dan following akun instagram saya sekarang, kebanyakan bule, lol.


Bagaimana cara kerja follow loop instagram?


Secara umum, syarat-syarat mengikuti kegiatan ini hampir sama satu sama lainnya, meskipun dikelola oleh akun-akun dari negara yang berbeda.


Di antaranya :

  • Kita harus follow akun page penyelenggara, biasanya mereka punya akun khusus yang follower-nya sering di follow lalu unfollow lagi, karena hanya peserta follow loop-lah yang akan di follow oleh akun page tersebut.
  • Harus follow akun admin atau penyelenggara follow loop tersebut. Dan admin terbebas dari kewajiban untuk follback kita.
  • Kebanyakan, untuk penyelenggara follow loop di luar negeri, mewajibkan peserta untuk follow beberapa akun ghost, yang mana salah satu penghasilan si admin mengelola follow loop tersebut adalah, dengan menerima para ghost untuk perpartisipasi dalam follow loop, yang pastinya kudu bayar dong. Kelebihan jadi ghost, kita bakal di follow oleh semua peserta follow loop, tanpa berkewajiban untuk follow back, serta para peserta dilarang unfollow para ghost.
  • Komen di postingan dengan tema daftar, dan harus tag minimal 3 orang teman kita.
  • Mem-posting banner yang ditentukan selama 24 jam di akun instagram kita sesuai petunjuk yang ditentukan.
  • Wajib follow semua list akun yang ada di follower akun page, lalu komen lagi di banner utama akun page, dan tentunya sambil tag teman lagi.
  • Setelah semua dilakukan, akun instagram kita bakalan di folbek sama akun page dan tentu saja orang-orang bakal meng-follow kita.


Pengalaman Mengikuti Follow Loop Luar Dan Dalam Negeri


Awal mengikuti follow loop tersebut, gara-gara liat banner yang dipasang beberapa teman blogger di akun instagramnya.

cara menambah follower instagram secara gratis


Dan berbekal iseng, saya ikutan follow akun page yang dikelola orang dari luar negeri, saya lupa tepatnya siapa, kalau nggak salah saya ikutan yang dari Australia di akun @women_follow_loop, lalu merembet ke akun lain yang kayaknya sih di Amerika atau Kanada ya, yang jadwal loop-nya sekitar pukul 1 atau 2 malam di Indonesia, huhuhu.

Pertama kali mulai ikutan, sekitar bulan Juni atau Juli ya? lupa hahaha.
Dan sungguh perkembangan follower saya saat itu meningkat tajam. 

Awalnya, follower saya cuman sekitar 2000 saja, suliiitt banget bisa naikin follower.
Udah coba berbagai cara, termasuk follow banyak akun blogger dan dikasih kode biar folback dengan saya kasih boom like di akunnya.

Eh nyatanya cuman sedikit yang folback, huhuhu.

Dan setelah ikut follow loop?
Awalnya saya bisa mendapatkan follower hingga ratusan sekali sesi follow loop.

Meskipun, waktu awal-awal ikutan saya bingung banget dengan bahasanya, dan dengan pedenya saya follow semua akun follower si akun page.

Langsung deh saya kena tegur berkali-kali, hahahaha.

Tapi seiring waktu, saya berusaha memahami cara kerjanya, baru deh saya tahu dengan jelas, bahwa yang di follow bukan akun follower-nya, tapi para following-nya.

Tapi sejujurnya, setelah saya mengikuti semua ketentuan tersebut, follower yang saya dapatkan lebih sedikit.
Sepertinya memang, para peserta follow loop tersebut, banyak juga yang nggak komit folbek, mending follow akun yang nggak ikutan, masih mau folbek.

Setelah beberapa kali ikutan follow loop luar negeri, saya juga ikutan follow loop dalam negeri yang ternyata perkembangan follower yang saya dapat jauh lebih sedikit, lololol.


Kelebihan Dan Kekurangan Mengikuti Follow Loop


Adapun kelebihan yang saya rasakan dalam mengikuti follow loop baik luar maupun dalam negeri, adalah :

1. Jumlah follower bertambah dengan cepat


Tidak dipungkiri, follow loop memang cara gratis dan mudah untuk menaikan follower instagram, dan itu terlihat dari akun saya @reyneraea, yang semula hanya punya follower 2000-an.
Sekarang sudah naik hingga 8500-an follower.

Sebuah angka yang dulu hanya dalam angan-angan saja :D

2. Persentase real follower tetap tinggi menunjukan bahwa follower kita bukan akun bodong


Berbeda dengan cara menaikan follower instagram melalui beli follower, jumlah persentase real follower yang bisa di cek di website ini, masih menunjukan angka yang wajar.

Untuk akun saya sendiri, masih ada di seputar nilai 87%.

follow loop instagram


Sedang kekurangan mengikuti follow loop instagram adalah,

1. Engangement Rate akun akan turun dengan drastis


Ye kan, namanya juga follower naik drastis, mana follower-nya berasal dari lokasi dengan perbedaan waktu yang mencolok.

Jadilah, saat mereka update, saya masih tidur.
Sementara saat saya upload foto di siang hari, mereka masih tidur karena di lokasi mereka masih malam.

Jadinya sulit ketemu interaksinya, dan hal tersebut amat sangat berpengaruh terhadap engangement rate akun.

Solusi : imbangi dengan perbanyak interaksi dengan akun lain, minimal kalau postingan kita nggak muncul di feed mereka, mereka bisa masuk untuk balas interaksi melalui profil kita.
Bisa juga dengan rutin mengikuti instagram walking, atau semacam saling setor list url posting-an instagram, dan saling 'komen like' di postingan tersebut.

2. Daftar following akun juga naik drastis


Namanya juga follow loop, semacam lingkaran saling follow, otomatis kita juga haru nge-follow akun orang lain, minimal follow back, belum lagi ketambahan wajib follow akun admin dan para ghost, yang makin hari daftarnya makin panjang saja, menuhin daftar following kita. 

Padahal, untuk saya misalnya, target ikutan follow loop ini agar bisa mencapai follower 10K, padahal kita hanya punya jatah sebanyak 7500 akun yang bisa jadi following kita.

Itu berarti ada sekitar minimal 2500 akun yang bakal suka rela follow kita meski kita nggak folbek.

Itu juga yang menjelaskan, banyak banget akun yang hari ini nge-follow kita, eh sehari atau 2 hari kemudian, kita di unfollow.

Karena dia butuh space buat daftar following baru, memancing agar orang lain bisa folbek dia.

Solusi : Rajin-rajin cek daftar orang yang nggak folbek kita, bisa manual, bisa pula memakai aplikasi yang banyak terdapat di playstore, seperti : follower chief, unfollow, dan lainnya.
Segera unfollow akun yang tidak folbek kita, demikian pula akun-akun yang sudah lama tidak aktif, agar bisa memberi ruang buat akun yang lebih aktif untuk bisa kita follow.

3. Lelah dengan akun-akun yang tidak komit


Bukan cuman akun orang di Indonesia, akun para bule juga banyaaakkk banget yang nggak mau komit folbek.
Alhasil, lelah rasanya habis nge-follow abis itu bersih-bersih lagi, padahal harus ada jeda untuk unfollow biar akun kita nggak kena banned oleh instagram.

Solusi : No pain no gain kakak, nikmati saja, lol.


Tips Aman Dari Banned Instagram Serta Blacklist Akun Page Dalam Mengikuti Follow Loop Ala Rey


Setelah kurang lebih 2 bulan mengikuti berbagai follow loop dari berbagai akun page baik dalam ataupun luar negeri, setidaknya saya sudah mulai menemukan celah agar tidak ribet dalam mengikuti follow loop tersebut, di antaranya :

1. Agar tidak kena banned dari instagram 


Di awal ikutan follow loop instagram, akun saya pernah di banned ama instagram, ya ampun, pucat pasi deh saya, secaraaaa akun itu udah saya buat sejak tahun 2014 lalu, masa iya nggak bisa digunakan lagi?

Saya nggak bisa folback orang selama berhari-hari, alhasil follower jadi ikutan turun.

Mengenai cara bagaimana hingga akhirnya saya bisa mengembalikan akun hingga bisa folbek orang lagi, bakal saya tulis secara terpisah aja ya :)

Oleh karenanya sebaiknya : Follow akun orang secara perlahan dan diberi jeda, jangan membabi buta kayak saya, bukan hanya follow ya, dalam 'like' dan 'komen' juga harus diberi jeda, demikian pula untuk unfollow akun orang.

Caranya, sejak sebelum waktu follow loop tiba, segera men'cicil' follow akun ghost,serta akun peserta lainnya, sehingga saat waktunya tiba, kita tidak perlu ribet follow lagi secara cepat. 

2. Agar Jadi Prioritas Akun Page


Karena saya sudah berkali-kali ikutan, saya jadi kayak salah satu prioritas akun page, mereka rajin banget mencolek saya untuk daftar, bahkan seringnya akun kita nggak diperiksa lagi, apa sudah follow akun ghost atau belum, hahaha.

Oleh karenanya sebaiknya : patuhi peraturan yang ada ya, ikuti semua intruksi, jangan telat posting banner, kalaupun memang benar-benar telat, sebaiknya minta maaf dan tetap posting saja agar admin tahu kita memang tidak sengaja telat posting dan kita serius mengikuti follow loop.

Atau dengan kata lain, 'jaga attitude'


cara menambah follower instagram secara gratis
Di follow kakak, insha Allah semua teman blogger
saya folbek, kalau belum saya folbek, mohon colek ya :)


Demikianlah sekilas tentang aktifitas saya dalam menambah follower instagram melalui follow loop , kalau temans ingin menambahkan, atau berdiskusi, atau bertanya tentang hal yang belum jelas, cuusss di kolom komentar ya.

Semoga manfaat :)

Sidoarjo, 27 Aug 2019

95 comments:

  1. Terima kasih mbak infonya awal penasaran follow loop iru gimana, jdi tau skrang, follower ig saya jugaa sikit huhuhhh syedihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, ayo ikutan, banyak kok yang follow loop dalam negeri :)

      Delete
  2. Oalah gitu to Mbak? Baru ngerti kita dibatasi 7,5K untuk following kita. Pantes, aku kok diunfollow bloher-bloher ngehits yg udah 10K. Lha aku jarang update IG �� makanya diunfollow buat nyari follower baru ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba, jadi mereka tuh semacam follow orang biar kepancing di folbek, beberapa hari kemudian mereka unfoll buat cari yang lain lagi.
      Karena meskipun udah ada aplikasi yang bisa tahu siapa yang unfollow, tapi nggak semua pake :)

      Delete
  3. Selain 10K buat suip ap..suip ap.. Ada bonusnya pula, di mana saya bisa ikutan campagn beberapa job buzzer dengan syarat follower yang seringnya nggak manusiawi bagi fakir follower kayak saya, lol.

    nah ini, syarat job blogger ditambah sosmed terus, jadi mau gamau ikut loop deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener mba, bahkan para blogger pun dituntut pake follower IG segala huhuhu

      Delete
  4. Sepertinya saya harus download app untuk tahu siapa yang gak follow saya deh 🤣🤭,,,"bersih bersih", terimakasih mb re artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba, coba deh, dan nanti bakal terkejut kalau liat siapa aja yang unfol hahaha

      Delete
  5. Apa maksudnya ini say "target ikutan follow loop ini agar bisa mencapai follower 10K, padahal kita hanya punya jatah sebanyak 7500 akun yang bisa jadi following kita"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya target saya yang cuman mau ngebut sampai 10K saja.

      sedang kalau kita ikut follow loop kan kita kudu folbek orang2, kalau enggak mereka bakal unfol.

      Nah kuota following kita itu maks 7500 orang.
      Kalau udah follow 7500 orang, kita ga bisa lagi follow orang :D

      Delete
    2. Jadi kalo follower 10K, maksimal following 7,5K. Begitu kah say?

      *Masih gak mudeng 🙈

      Delete
    3. follower kita ga terbatas say, tapi following kita yang cuman dibatasin 7500 orang saja.

      yang jadi masalah adalah, kalau kita ikut follow loop dan ingin pertahanin jumlah follower, berarti kita kudu folbek semua orang yang ngefollow kita kan.

      kalau ga difolbek, lama2 follower turun lagi, karena orang2 juga sering ngecek siapa saja yang belum folbek dan mereka langsung unfol juga :)

      Delete
  6. HAHAHA..saya mungkin termasuk yang idealis Mba rey, folower bertumbuh secara normal :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sama mbaaa, saya pun demikian aselihnya dulu :D

      Delete
  7. Wah ini yg aku rasain banget mbak, untuk ningkatin followers mah baru sebatas follow temen-temen blogger dan ngarep di followback hehe belum pernah ikut follow loop, asik nihh dicobaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener, itupun kadang udah di follow nggak di folbek juga hiks

      Delete
  8. Kok kayaknya ribed ya hehe... Tapi makasih infonya, mungkin nanti mau nyoba juga.
    Selama ini saya kurang perhatian ke ig saya, alhasil ya gitu deh, followersnya stuck di angka 500 aja naik turun hahaha.... *tragis

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya aja kok mba, lama-lama jadi ngerti juga, :)

      Delete
  9. hahaha.. mbaaaaa..
    aku pun akhirnya ikutan loop2an ini :D
    padahal awalnya ku berpikir idealis.. pingin followers ig tuh ya temen2 yang kenal aja, minimal sesama blogger lah.

    etapi lama kelamaan kok ya butuh followers banyak.. hahaha.. karena beberapa tawaran job mengharuskan punya followers sekian ribu. sedangkan followers aku aja gak nyentuh angka seribu. wkwkwk..

    selain itu ikut loop2an juga supaya bisa swipe up.. kan enak jadinya kalo mau promote blog, gak perlu klik link di bio.. haha..

    aku baru ikutan loop2an 2 kali sih.. lumayan juga nambahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha suip ap itu juga bisa jadi jalan mudah memperkenalkan blog :)
      Kalau link di bio terlalu rempong, apalagi sekarang orang lebih suka liat IGs ketimbang feed.

      Sama kok, dulu juga saya idealis banget, milih2 folbek, tapi berharap di follow hahahah

      Delete
  10. Waaaa saya baru tau ada begini-beginian, itupun karena pernah lihat IG mba Rey update beginian hihi sejujurnya saya nggak paham cara mainnya makanya waktu itu cuma kasih like saja :D thankfully mba Rey sudah followback saya juga :P

    By the way sepertinya persyaratan untuk sosial media job sepertinya semakin sulit ya sampai harus ada followers IG sekian dulu (ini juga saya baru tau) karena biasanya saya nggak begitu peduli sama followers IG saya hihihi maksudnya biar bertambah pada waktunya saja (mana saya juga jarang update) :D

    Tapi saya doakan akun mba Rey bisa dapat 10.000 followers ya, as soon as possible agar dapat SWIPE UP secepatnya hahahaha. Sudah punya rencana belum mau swipe up apa untuk pertama kali mba? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa maafkaaaannn.. baru folbek, sungguh saya baru tahu kalau udah di follow setelah saya iseng ngecek follower yang belum saya follow melalui aplikasi, dan untungnya akunnya sama dengan nama yang dipakai di blog, jadi saya langsung ngeh.

      itulah untungnya kalau konsisten pakai 1 nama hehe.
      Ada beberapa teman yang akhirnya colek saya, baru saya ngeh kalau itu teman blog loh, saking namanya beda ama blognya :)

      hahaha, masih berjuang nih buat 10K, semakin dekat semakin sulit karena saya kudu memutuskan teliti satu2 akun pasif yang saya follow untuk di unfoll demi memberi ruang akun aktif yang mau saling follow :)

      Nanti kayaknya link pertama yang bakal saya jadiin swipe up ya link postingan ini hahahaha

      Delete
  11. pengen dong nambah follower tapi masih belajar cara main instagram wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ayoooo, ikut yang Indonesia dulu loh, followernya lebih mudah interaksinya :)

      Delete
  12. ok, krn kamu aku jd ngerti Rey, cara kerja follow loop ini :D. ada banyaaaak ngeliat bannernya seliweran di akun2 temenku soalnya. jujur aja, sampe skr aku blm mau ikutan sih. mungkin krn mikir ribed duluan, lagian aku blm kepikiran utk ngejar follower krn memang ga sampe monetize akun sosmed dan blogku kan.

    tp setidaknya hrs ngerti yg lg trend macam loop ini, jd ga buta2 amat kalo ditanya temen lain hahahahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ikutan mbaaa, soalnya mba udah punya modal, tanpa ikutan gini nanti juga follower bakal naik karena fans mba Fanny dari blog juga banyak, dan apa yang mba share di medsos selalu beda.

      kalau saya mah terbatas, tiap hari di rumah, bingung mau share apa, jadi pakai cara beginian dulu deh hahahaah

      Delete
  13. Ewooowww... followers-nya keyennnn cekali.... minder nih IG saya,hahaha.....

    Followers IG saya cuma beberapa biji yg asli,Sisanya beliiiii cuyyyy....😊😆 .

    setelah beli,eeee....followersnya kok menyusut yah.... ? aneh, rugi anak muda beli folowers.😆😃

    trik naikin followersnya boleh juga nih...👍😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya kang, salah satu kerugian beli follower itu gitu, banyak yang akhirnya followernya hilang karena akun follower itu bodong dan dihapus ama IG.
      Ayoo ikutan follow loop hahaha

      Delete
    2. Ikutan Indonesia Saling Follow dulu, Kang Nata. Saya jadi pendiri sekaligus adminnya. Makanya terpaksa ngilang dari peredaran blogging selama 2 bulan karena fokus membangun pondasi Follow Loop antimainstream yang khas Indonesia.
      Insya Allah akan saya bantu Kang Nata agar paham cara kerja follow loop kami seperti apa. Saya belum tulis postung-an tentang Indonesia Sali Follow di blog, hu hu. Baru sempat blogwalking sekarang inni setelah acara saling follow sedang berlangsung dan selesai besok untuk lanjut ke saling komen atau saling like.
      Hayu ikutan, Kang. Mbak Rey juga ikutan,. loh. Bagusan nanti saya gabungkan di grup yang sama, hi hi. Enaknya jadi admin itu bisa mantau ratusan orang dan ngatur. Pusingnya jika ada yang gak kooperatif.

      Delete
    3. hahaha bener kang Nata, mba Rohyati keren banget bisa tetep sabar ngadepin banyak orang, kalau admin lainnya mah udah galak aja tuh hahahaha

      Delete
  14. Wiihhh tengkyuuu sharing pengalamannya Mba.
    Followe IG udah 8K!! Mantaappp

    ReplyDelete
  15. Kayaknya saya belum bisa ikutan diskusi. Praktekin aja belum sama sekali hehehe. Saya masih mempelajari dan mempertimbangkan caranya. :)

    ReplyDelete
  16. Keren udah mau 10k. Ayo lanjutin, haha ... Saya banyak cerita soal ikutan follow loop dari luar hingga di Indo. Akhirnya saya cukupkan sampai di sini saja. Ada yang di follow, g mau follback. Ada yang follow duluan udah di follback, dia unfoll. Giliran saya unfoll orang karena g kenal dan g akan berinteraksi, dimarahin orang via DM. Haha ... saya aja woles di unfoll 200an orang enggak ada tuh yang saya DM balik dimarahin gara-gara unfoll saya.

    Yang jelas semua terserah yang punya akun, kembali lagi ke tujuan pengen follower banyak, buat apa. Saya malah kapok ikutan ini, biarlah saya fokus nulis aja. Ntar kalau masalah job, insyaallah ada aja kok, meski follower enggak sebanyak yang lain. Asal satu dulu, konsisten nulis. Seiring personal branding, adakalanya job akan datang tanpa nyari dulu. Sebelumnya memang kudu konsisten dulu aja nulis. Ini pengalamanku sih.


    Saya sih pengennya punya follower yang suka rela follow bukan karena keharusan atau kepentingan tertentu, makanya saya udahan ikutan beginian. Buat Mbak Rey . Go 10 k. Cocok kok jadi influencer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya mba, banyak dramanya juga sebenarnya ya, sama aja kayak di Indonesia.
      Saya sih Alhamdulillah belum kena marah karena unfol orang, yang ada saya kena marah karena balas ngetag dia wakakakak.

      Tapi mungkin karena udah siapin mental ya cuek aja :D

      Duh, bukan jadi inpluser saya maahh, 10K itu hanya buat suip ap.

      Setelah itu kudu berjuang mempertahankan sambil naikin ER, PR banget tuh.

      Bener sih mba, saya pun seringnya dapat job via email atau rekomendasi orang.

      Kebanyakan yang dari IG job buzzer, tapi sebenarnya enakan job blogger, lebih puas karena emang kudu nulis sesuai passion :)

      Semangat mbaaa :)

      Delete
  17. Nah bener banget. Konten yg bgus akan bnyak followersnya. Cuma masalahnya kita kan ga slalu sempet bkin konten yg bgus di IG. Soalnya fokus kita jg k blog. Kita ga punya bnyak wktu u/ optimalin smuanya dg sekaligus. Apalagi kita punya anak kecil. Rasanya itu remponggggg cinnnn. Nah, Bun Rey followers aku kan udah 5000 tapi aku kok ngerasa jd beban ya ke diri aku sendiri. Followers 5000 tpi kok yg like n komen sdkit. Berat mempertanggungjwabkannya huhuhu. Klo slalilu ikut list IW aku ga snggup rasanya. Jdi aja aku bru mentok di 5000 terus. Ksh masukan dong baiknya gimana? Kayaknya beban itu hrus aku awasin ya. Tp bngung caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bun, atuh maaahh, lagian IG itu ga kayak blog.
      Blog meski kita tinggalin 1-2 hari, traffic masih aman, lah IG, sehari ga update ER turun, ampun deh kayak dikejar setan kitanya hahaha

      Kalau saya kembali lagi ke niat awal aja bun.
      Medsos cuman buat penunjang blog, baik IG FB ataupun twitter.

      kalau ada job buzzer nyangkut, saya anggap itu bonus.

      jadi meski sekarang follower saya terlihat banyak tapi ER saya terjun bebas, saya nggak jadiin beban.

      tetep sama, saya menganggap rezeki itu dari Allah, bukan dari IG hahaha.

      Kalau menurut saya, mending bunda ikut yang loop dalam negeri aja bun, perkembangannya dikit, tapi pemilik akun masih lebih manusiawi karena zona kita sama, ketimbang ikut loop luar yang zona waktu beda.

      Mending fokus di blog aja bun, udah bagus banget temanya, tinggal ditingkatnya sampai akhirnya bunda punya pembaca sendiri, dan pembacanya dengan sendiri bakalan follow bunda di medsos :)

      Delete
  18. Aku pernah ikut beberapa kali follow loop, tapi sekarang mau follow yang aku mau aja, deh. Walau bukan akun bodong, kadang kontennya kurang sesuai, terutama yang dari luar negeri. Jadi, sekarang kalau mau follow, yang memang bikin senang aja. Hehe. Tinggal PR bersih-bersih following sebelumnya, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw iya mba, yang lupa saya tambahin tuh kekurangannya masih ada 2 poin :

      4. feed jadi penuh gambar wanita pamer CD dan Beha aja hahahahaha.
      5. DM penuh dengan sapaan akun yang pic nya ganteng banget terus bilang "hy beautiful, how are you?"
      wakakakkaakakak

      Semangat mba, semuanya kembali ke niat personal kok, medsos buat having fun, jangan sampai biki tertekan :)

      Delete
  19. wah.. dari 2000an bisa tembus 8000an? maknyuss itu mbak, bisa buat jualan hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha belom bisaaa, masih kudu perbaiki nilai ER :)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. ah, ini persis trend #followforfollow di twitter bertahun tahun lalu. sekarang udah ganti jadi metode "mutualan" kalau disana mah XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah? saya belom pernah ikutan sih di twitter, soalnya lebih sering buka IG hihihi

      Delete
  22. wow salute. Bagi saya yang bisa ikutan follow loop adalah orang yang sabar akan segala rintangan dan sepertinya bukan saya hahaha. pernah baca ig follow loop tapi saya termasuk yang nga sanggup baca kalau di omelin orang gak dikenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw kok bisa diomelin mba? kalau kita ikuti peraturannya nggak bakal diomelin kok, saya dulu awal-awal kena tegur karena emang belum paham, abis pakai bahasa Inggris, dan sebagai aselih Indonesia (alesaaann) saya bingung baca aturan mainnya, tapi setelah berkali2 jadi paham sendiri :)

      Delete
  23. Kalau saya kok masih mempertahankan yang murni aja. Lagian IG saya juga sebatas pelengkap saja.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah kita udah temenan ya kak di IG hheh, aku baru tau nih ada istilah follow loop

    ReplyDelete
  25. mbak follow dong Anissa kkk..https://instagram.com/aulianisa.2901?igshid=ghb25r8thlj9

    Ntar pasti follback lagi nyoba jualan mbak. Makasih

    ReplyDelete
  26. Pantesan aku sering lihat beberapa teman share follow loop ini, tapi aku belum pernah ikutan mbak. Boleh juga nih dicoba :)

    ReplyDelete
  27. Bukannya pandang sebelah mata follow loop dlm negeri, tp jika dibandingkan dgn yg luar negeri jujur aq merasa yg di luar negeri jauh lbh simpel dan gak ribet, meski gitu aq ttp sih ikut follow loop dlm negeri, mesti sabar ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya ada yang ga ribet juga dalam negeri, yang @connectingmama tuh, simple banget, cuman kadang adminnya kurang teliti sih, kadang kita udah posting, lupa di follow hehehe

      Delete
  28. Baru tau lho kalau ada batas maksimal following tiap akun. Makasih infonya mbak... :D

    ReplyDelete
  29. Saya nih, sekarang lagi rajin-rajinnya ikut loop2an, segala dari mulai loop Australia, Inggris sampe Amerika sa ikuti semuanya, hahaha

    ReplyDelete
  30. Peraturan dari IG memang nggak ada tapi dr dr forumnya aku baca maksimal follow unfollow itu sehari 200 akun. Jadi ya atur2 aja yg ikut mega follow loop kalau bisa yg 48 jam. Kalau 24 jam susah ngatur jedanya atau pilih yg nggak pakai banyak loop. Aku pernah nyoba tapi lama2 nggak tlaten. Sekarang break dulu, entah besok2. Sekarang followersku masih 3000-an aja sih hahaaa. Yg bikin males tu kadang 1 loop host & ghostnya banyak banget padahal mereka nggak follow back. Trus nandainnya gimana di aplikasi unfollow kan susah. Soalnya habis 1 sessi aku pasti bersih2 siapa yg nggak folbek sebelum ikut loop selanjutnya. Kalau yg luar negeri ghost tu bayar makanya mereka ngecek ke kita. Satu lagi yg malesin drama! Belum lama aku omel2in bule yg sok2 protes aku nggak folbek. Padahal dia yg nggak folbek smp 48 jam, nah kan kejaring sama aplikasi unfollowku. Padahal dia bukan host & ghost. Aku sih nggak takut, tetep ngotot nggak mau follow dia hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, dramanya juga banyak ya.
      Sekarang makin males kayaknya orang-orang ikutan, sayapun udah mulai nggak seaktif dulu.

      Saya ikut, tapi cuman nunggu orang follow baru saya folbek :D
      Kalau dulu saya follow duluan, tapi lama2 capek juga ga bisa folbek karena ngasih jeda biar ga ke blokir lagi :D

      Saya biasanya kena notif juga dan biasanya ga saya cek langsung saya follow, toh juga 24 jam atau 48 jam saya unfol lagi wakakakaka.

      Lama2 bakalan ketemu selanya kok mba, saya malah kayaknya sering nge unfol ghost, tapi biasanya saya kasih jeda misal seminggu, terus saya ga ikutan di akun yang sama dalam beberapa hari.

      sekarang banyak kok akun follow loop gitu, bahkan ghost pun harus kerja keras ngecek follower, karena pasti banyak yang unfol :D

      Delete
  31. Kayaknya perlu saya coba nih. Mengingat akun IG saya belum ada followernya sama sekali..ckckck..
    G ribet kan mbak pakenya.. n bisa maksimal jika pake smartphone.

    ReplyDelete
  32. Aku belum pernah coba ikutan follow loop ini sih kak, hehehe emang agak kudet sih, masih pake cara lama follow-followin orang duluan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhihihihi ayo cobain, yang loop Indonesia tuh :)

      Delete
  33. AKu belum pernah ikutan mbak, trus males ngecek2 siapa yang belum filbek juga hihihi. Paling aku folow-folowin orang aja selama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya mba, dramanya di cek orang belom folbek atau unfol :)

      Delete
  34. Aku sih bukan peminat IG Loop ya kak, soalnya aku emang mau follow yang sesuai selera aku aja. Kalau ditanya kan bisa di mute, kalau berujung di mute ngapain di follow kan ya.
    Ya ini sih selera aja ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, semuanya kembali ke personal kok :)
      Ada yang memang menggunakan medsos buat hobi saja.
      Ada pula yang menggunakan buat hobi yang dikembangkan secara marketing :)

      Delete
  35. Wuih, banyak followernya. Aku masih gak ngerti nih dengan Follow Loop. Dan aku juga orangnya gak sabaran sama yang gak komit folbek. Jadinya masih belom ikutan Follow loop ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba, salah satu tantangannya orang2 ga folbek atau unfol :)

      Delete
  36. Aku dulu ikutan follow loop pas blm sebooming skrng, awalnya krn suka insomnia barengan sama blogger namanya mbak D.Trus aku liat dia suka posting gambar F4F aku nanya itu apa dijelasin deh akhirnya ikutan. Nah niatku dulu bukan krn ktiteria job, tapi krn fitur swipe upnya haha. Kalau job pun aku msh pilih2kalau dibayar under ratecard (kecuali komunitas atau kerjaan dr teman) aku gk mau. Sesungguhnya aku malah gk terlalu suka "jualan" IG, servisku ke klien adalah blog plus PV blog, IG cuma pelengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syamaaahh mbaaaa...
      jangankan IG, kadang blog juga job milih2 sesuai rate nya hahaha.

      Karena emang kita beneran kerja keras buat medsos, jadinya kesal aja gitu ya kalau dibayar kayak ga manusiawi gitu.

      Meskipun mungkin kita belom jadi selebgram, tapi setidaknya kita beneran bekerja untuk itu.

      Saya juga nerima fee rendah kok, tapi kecuali dari komunitas sesama blogger :D
      atau temen.

      Dan setuju, saya lebih sreg ke blog, lebih mudah dan mungkin karena di blog saya bebas jadi diri sendiri, hehehee

      Delete
  37. Aku sempet ikut beberapa dan memang susah juga untuk pastikan selalu dapat. Well, kita harus bener-bener awasi yaaa mba

    ReplyDelete
  38. Aku juga ikutan ini. Memang sih banyak yang unfol tapi alhamdulillah sampe sekarang masih bertahan di 10K.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh kece mba, saya masih berjuang nih buat 10K :D

      Delete
  39. Iya nih aku juga lihat di Instagram lagi gencar-gencarnya follow-loop ya, cuma aku belum ikutan takut tidak bisa konsisten hehehe....tapi manfaatnya banyak juga ya mba....terutama bagi yang suka nyari job lewat Instagram pasti follower cepat nambah, job pun menghampiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau job juga masih agak sulit kita raih dengan cara follow loop mba, soalnya follow loop bikin ER IG turun banget.

      Tapi memang ada juga beberapa klien yang ga mempermasalahkan ER tapiiiii, fee nya ya kadang bikin sedih.

      Kalau fee gede, biasanya bukan cuman follower aja, ER juga di cek.

      Kalau saya terus terang kejar 10K buat swipe up sih, manfaat banget buat kita para blogger :)

      Delete
  40. Woow...
    Aku sering denger loop ini, tapi belum pernah ikutan karena masih ada banyak pertimbangan.
    Ahhaha~
    Jadi followernya stagnan aja..di angka 2000an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi gapapa mba, kejar bangun ER aja juga bisa kok.
      Semangaaatt :)

      Delete
  41. Hahahaha, akun Instagram aku juga bisa nambah follower gara-gara ikutan follow loop , kalau gak yang gitu² saja

    ReplyDelete
  42. Kalo kebanyakan juga nantinya kualitas mutualannya jadi menurun mba. Sekedar like2 postingan aja.
    Eh di IG like udah mau dihapus yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan di hapus kayaknya bang, tapi dihide ama IG, kalau ga salah sih, kapan hari saya baca.

      Iya bang, semakin banyak follower, semakin kita kudu kerja keras, agar feed kita merata muncul di semua akun follower.

      Kalau enggak ya menjatuhkan ER karena persentase interaksi jadi sedikit :)

      Delete
  43. Ak bacanya kok senyum-senyum sendiri ya mba, ak ikut juga follow love memang membantu bgt tapi bener yg mba tulis kita beda waktu hihihi dan kesel jika kita di unfollow mangkel hati ini

    ReplyDelete
  44. Aal ikut follow loop luar negeri juga saya banyak kesandungnya, salah follow follower bukan following karena bingung bedain bahasa da IG saua pakai bahasa Indonesia. Lama-lama bisa juga dan bingung kala beroleh follower sampai ribuan. Tapi pada akhirnya saya lelah ikut gituan karena banyak yang gak folbek atau malah unfollow saya. Mending dirikan follow loop sendiri dengan aturan ribet tetapi sebetulnya untuk menyaring orang sabar yang komit. Fokus saya pada silaturahim makanya ada kontrol. Lama agar peserta bisa selamat dan terlihat alami, juga agar adminnya gak harus pantau akun terus.
    Idealisme saya adalah banyak orang baik berkumpul di Indonesia Saling Follow, padahal itu melelahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha saya dulu awal-awal gitu mba, ya ampun saya semangat banget ngefollow akun2 follower nya, alhasil ditegur bolak balik, saya bingung salahnya di mana, nanti saya baca perlahan baru ngeh, ealaaaa, ternyata yang di follow followingnya hahaha.

      Etapi serius loh mba, kayaknya lebih banyak peluang kita di folbek kalau follow akun follower mereka ketimbang follow followingnya.

      terlebih sekarang udah mulai males orang ikut gituan, terlalu banyak Ghost sih menurut saya.

      Punya mba Rohyati bagus sebenarnya mba, cuman orang-orang masih belum terbiasa aja, karena bahasanya beda dengan biasanya.
      Tapi kalau konsisten semacam mengajarin lainnya mengenai bahasa tuh.

      Keren sih mba, semangat selalu, pasti suatu saat bisa semakin besar akunnya :)

      Delete
  45. wah aku juga kemarin baru cobain ikut follow loop ini mbak di ig, tapi aku ikutan yang penyelenggaranya di Indonesia aja, soalnya kalo ikut yg luar negeri gitu rada males liat feed nya, kadang ada yang terlalu terbuka pakaiannya, hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa, pokoknya kenyang deh liat orang nyusuin dengan vulgar atau pamer bokong dengan vulgar hahaha

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)