Cara Menyingkat URL Dengan Bitly


Banyak blogger yang bertanya, gimana sih cara menyingkat url dengan Bitly?
Menjadi seorang blogger itu membuat kita jadi bersahabat dengan link dan URL (Uniform Resource Locator).

Link adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain (Wikipedia) atau sebuah fungsi dalam HTML yang digunakan untuk memudahkan user menelusuri seluruh isi atau informasi yang tersimpan dalam website yang bersangkutan. 

Sedang URL adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di internet. 
 Baca juga : #TuesTechByRey - Hootsuite, Rahasia Personal Branding Tanpa Ribet
Dengan kata lain, perbedaan link dan URL adalah, URL yaitu alamat sebuah website, sedangkan link yaitu tautan (jadi antar halaman dihubungkan dengan link).

Dunia blogger zaman sekarang semakin penuh tantangan, semakin rapat saingannya, mau gak mau sebuah url dan link menjadi sangat berharga untuk dibagi-bagikan.

Share di media sosial adalah salah satu cara untuk menyebarkan url kita demi mendulang trafic di blog. Namun sayangnya, gak semua media sosial bisa dengan mudah menyematkan sebuah link hidup. Salah satu contohnya adalah INSTAGRAM.

Instagram adalah sebuah media sosial yang menjadi senjata utama bagi para blogger, hampir semua klien yang mengajak blogger bekerja sama mewajibkan sang blogger punya akun instagram.
Gak sekadar punya akun, tapi juga punya batas minimal follower.
Padahal kita tau, membangun follower di instagram itu lumayan sulit untuk seseorang dengan prestasi biasa banget kayak saya misalnya, hiks.

Di instagram, ada 2 cara memberikan tautan hidup ke follower atau publik, yaitu, melalui kolom website di biodata akun, serta fasilitas swipe up di instagram story.

Sayangnya, untuk fasilitas swipe up atau follower maupun publik cukup menggeser kursor ke atas dan bakal diarahkan ke url yang dimaksud, hanya bisa dilakukan oleh sebuah akun dengan follower minimal 10,000 orang, fiuhhh...*lap keringat :D
Baca juga : #TuesTechByRey - Cara Online Di Instagram Tanpa Ketahuan Orang Lain
Selain itu, seorang blogger hanya bisa pasrah menuliskan url yang biasanya bikin sepet mata orang yang baca, dan pastinya hanya ada sedikit orang yang mau menulis manual url yang kita berikan.

Daripada berlama-lama galau gegara masalah url, mending url tersebut diganti saja menjadi sesuatu yang familier dan lebih singkat, salah satunya dengan aplikasi atau website Bit.ly

Cara menyingkat URL dengan bitly


Menyingkat url dengan bitly sangatlah mudah, bisa dilakukan melalui aplikasi yang diinstall dari Googleplay atau semacamnya, bisa pula melalui websitenya  https://bitly.com/

Caranya :
  • Buka website https://bitly.com/ , lalu klik SIGN UP untuk buat akun.



  • Daftar akun sebenarnya bisa dengan memakai akun twitter, facebook dan Google, namun agar lebih aman sebaiknya isi saja langsung dengan menggunakan email dan username.





  • Setelah akun jadi akan masuk ke halaman utama akun kita, untuk menyingkat URL postingan blog kita klik CREATE



  • Akan muncul halaman seperti di bawah, paste URL di kotak yang ada, lalu klik CREATE


  • Setelahnya URL yang sudah disingkat bisa di copy dan di berikan kepada yang membutuhkan atau di share melalui media sosial. Dari halaman utama akun bitly, kita juga bisa mengecek berapa jumlah klik dari url yang kita buat. Dan juga ada grafik jumlah klik setiap harinya.



Mudah bukan?

Kelebihan menyingkat URL dengan bitly adalah, kita bisa merubah URL dengan kata yang familier dan minim tanda macam-macam selayaknya URL di sebuah link.

Orang lain hanya cukup menghafal URL yang sudah kita singkat maupun kita ubah itu ditambah http://bit.ly/ di depannya.

Dengan bitly, bukan hanya orang lain yang mudah menulis URL kita, bahkan kita sendiripun akan lebih mudah menghafal URL tersebut.
Baca juga : #TuesTechByRey - Mengatasi Teman Facebook Yang Mengganggu, Tapi Gak Berani Di Unfriend
Kalau teman-teman ada yang sering menggunakan bitly untuk menyingkat URL blog post nya?
Share di komen yuk.

Semoga manfaat :)


Sidoarjo, 04 September 2018

8 komentar :

  1. aku kadang pakai bitly tapi kadang pakai url biasa aja. heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, biasanya saya yang penting-penting saja disingkat mba :)

      Hapus
  2. Mudah ya mba, aku sering pakai bit.ly terutama buat link kuis hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iya ya, biar mudah diingat dan ditulis :)

      Hapus
  3. Wah baru tau aku mbak, ini ternyata rahasianya. Makasih loh sharenya :D

    BalasHapus
  4. saya lagi uteg-uteg blog dan ini sangat bermanfaat terimakasih atas sharingnya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)