Monday, September 16, 2019

Wisata Belitung Timur Yang Tidak Boleh Terlewatkan Untuk Dikunjungi


Wisata Belitung Timur


wisata belitung timur
Source : PegiPegi, edit by Rey


Assalamu'alaikum :)

Sharing By Rey - Wisata Belitung Timur merupakan beragam keindahan dari Indonesia tercinta ini.

Itulah mengapa, meskipun traveling keluar negeri itu begitu menggoda, rasanya impian traveling yang paling ingin lebih dulu saya realisasikan adalah, berkeliling Indonesia.

Salah satunya, menikmati keindahan yang ada di wisata Belitung Timur.


Tentang Belitung Timur


Apa yang ada di benak temans jika mendengar daerah Belitung?
Laskar Pelangi!
Ahok!
Pemandangan alam yang cantiknya amazing!

Belitung Timur adalah sebuah kabupaten yang terletak di propinsi Kepulauan Bangka Belitung - Indonesia.Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran kabupaten Belitung, dan sebagai pusat ibu kotanya terletak di kota Manggar.

Tidak dipungkiri, Belitung Timur mulai banyak dilirik wisatawan, seiring dengan booming-nya karya Andrea Hirata, terlebih saat filmnya berjudul Laskar Pelangi beredar dan mampu menghipnotis banyak penontonnya.


Tentang Wisata Belitung Timur


Andrea Hirata tidak hanya sukses membawa nama Belitung ke kancah nasional bahkan internasional melalui buku maupun filmnya, namun memang keindahan alam Belitung Timur itu memang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Ada begitu banyak wisata yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi di Belitung Timur, di antaranya :


1. Musium Kata


Saat mengunjungi Wisata Belitung Timur, mulailah dulu pada wisata buatan yang nggak kalah menariknya untuk dikunjungi, salah satunya adalah Musium Kata.

wisata belitung timur
source : pegipegi

Bangunan musium ini sebenarnya adalah rumah masa kecil sang penulis novel laskar pelangi, Andrea Hirata. Yang seiring waktu, karena ketenarannya, rumah tersebut dijadikan sebuah museum dengan nama 'Museum Kata'

Di dalam museum ini, pengunjung bakal disuguhkan dengan banyak kata-kata inspiratif, serta gambar bernilai artistik seni, karya Andrea Hirata.
Musium Kata terletak di desa Lenggang, kecamatan Gantung, Belitung Timur


2. Replika SD Laskar Pelangi


Puas menikmati karya-karya Andrea Hirata di Museum Kata, jangan lupa untuk mampir sekalian di wisata buatan Replika SD Laskar Pelangi yang berada di desa yang sama dengan Museum Kata.

wisata belitung timur
source : bangkatour.com

Bangunan replika SD Laskar pelangi sesungguhnya adalah lokasi syuting film laskar pelangi yang diangkat dari novel karangan Andrea Hirata.

Selain bisa berswafoto dengan background replika SD yang keren, kita juga bisa mencari tahu nilai sejarah dari bangunan SD Muhammadiyah tersebut.


3. Klenteng Dewi Kwan Im 


Klenteng ini terletak di desa Burong Mandi, kecamatan Damar, dengan jarak tempuh kurang lebih 75km dari bandara Hanandjoedin.

wisata belitung timur
source : bangkaguide.com

Klenteng dewi Kwan Im ini merupakan klenteng yang terbesar serta tertua yang sudah dibangun lebih dari 300 tahun yang lalu di pulau Belitung.

Karenanya, klenteng ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Batam.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini, di antaranya berswafoto dengan latar Klenteng yang indah maupun patung dewi Kwan Im, maupun sekadar iseng meramal masa depan


4. Kampoeng Ahok


Masih ada di sekitaran Belitung Timur, jangan lewatkan untuk mampir sejenak di sebuah tempat wisata bernama Kampoeng Ahok, yang terletak di desan Lenggang, kecamatan Gantung.

wisata belitung timur
source : pulaubangkabelitung.com

Kampoeng Ahok adalah sebuah bangunan rumah dengan arsitektur Melayu Belitung yang dibangun oleh Ir. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Adapun hal yang bisa dilakukan di sini adalah tentu saja bisa berfoto dengan background rumah traditional Belitong, menikmati jajanan khas Belitong atau sekadar membeli souvenir.


5. Pantai Punai


Pulau Belitung, tentu saja tak lepas dari beragam wisata pantai, salah satunya adalah pantai Punai yang terletak di desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak, Belitung Timur.

wisata belitung timur
Source : disbudpar.belitungtimurkab.go.id

Pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung pariwisata seperti : toilet, bungalow, mushola, kamar bilas maupun panggung hiburan.

Karakteristik pantai Punai adalah berpasir putih dengan batu-batu besar khas Belitung serta pepohonan rindang yang tumbuh di sepanjang garis pantai.

Jika ke sini, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti menikmati kuliner khas Belitong serta minum air kelapa muda.
Bisa pula melakukan aktivitas di pantai, seperti snorkeling, sunbathing atau sekadar melihat sunset yang indah.


Menikmati Wisata Belitung Timur Dan Menginap Pada Hotel Di Belitung


Dengan berbagai keindahan wisata Belitung Timur, saya rasa sangat sulit bagi kita untuk mengabaikannya.
Dan memilih destinasi liburan di Belitung Timur amat sangat direkomendasikan.

Untuk menikmati wisata Belitung Timur yang menarik, kita bisa mencari penginapan hotel di Belitung dengan mudah.

Salah satunya dengan memanfaatkan beragam promo menarik dari PegiPegi.


Apa itu PegiPegi ?


Pegipegi adalah perusahaan yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat dan tiket kereta api melalui situs web, atau melalui aplikasi gratis di Android dan iOS.
Pegipegi secara fokus membantu mengelola kebutuhan liburan atau perjalanan bisnis masyakarat Indonesia.

Dan untuk masalah pemesanan atau booking hotel murah di Belitung, penginapan murah di Belitung, PegiPegi adalah pilihan terbaik
PegiPegi bisa diakses melalui website-nya, atau dengan menginstal aplikasinya di android maupun iOS.


Selain beragam kemudahan yang ditawarkan, hal menarik lainnya adalah promo menarik yang sering diadakan oleh PegiPegi, seperti potongan harga yang bisa didapatkan dengan memasukan kode promo yang berlangsung, seperti ini.

hotel murah di belitung
Promonya masih ada loh, buruan manfaatin deh

hotel murah di belitung
Bisa juga dapetin double diskon, dari hotel tertentu


hotel murah di belitung
Diskonan rate kamarnya belum digabung dengan diskon promo loh :)

hotel murah di belitung


hotel murah di belitung
Kupon promonya bisa dimasukan di halaman pembayaran terakhir,
lihat potongannya, lumayan banget kan, double diskon pula :)

Lumayan banget kan promo diskonnya, hanya di PegiPegi dah yang nggak pelit kasih double discount kayak gini.

So, acara liburan kita ke wisata Belitung Timur, udah nggak pusing lagi buat nyari penginapan murah di Belitung berkat PegiPegi

Kalau temans, ada yang pernah booking hotel dan dapatin diskon berlipat dari PegiPegi?
Share dan kita #PegiPegiYuk :)

Sidoarjo, 16 September 2019

111 comments:

  1. alhamdulilah sudah ke sana semuanya

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke Belitung. Semoga bisa main di tempatnya Laskar Pelangi. Jadi pengen ngecek promonya PegiPegi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, ayo mbaaa, kita pergi barengm pengen ih traveling bareng mamak-mamak blogger aja :D

      Delete
  3. Dulu pas single pernah kesini, memang alamnya indah banget. Orang sekitar juga ramah-ramah. Pengen kesini lagi deh rasanya setelah punya anak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktunya kembali ke sini nih, btw dari Sumatra emang lebih dekat ya?

      Delete
  4. Kebetulan aku orang bangka, tapi masih satu provinsi bangka belitung, jd bangga sama artikel inih: ')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh serius? orang Bangka emang cantik-cantik ya :)

      Delete
  5. Wah sama dong mbak rey, aku juga pengen keliling indonesia, belum semua kota dikunjungi, paling jauh baru ke sorong...
    ke belitung timur pun belum pernah, ternyata destinasi wisatanya bagus-bagus ya, akomodasinya juga nggak ribet yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorong mah jauh banget hahaha.
      Asyiknyaaa yang udah keliling, saya masih kudu menunggu beberapa waktu lagi deh :)

      Delete
  6. wah ada yang kurang diselipin foto mbak rey yang lagi bergaya santai di hotel, wkwkwkwk, biar makin tergoda orang ikut liburan ke belitung hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya ya..
      Saya malah jarang narsis santai di hotel, soalnya jarang bisa santai, yang ada anak lompat2an hahaha

      Delete
  7. Waaah mau ke museum Kata. Huhuhu
    Semoga tahun depan bisa jelajah Belitung.. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Saya suka banget dengan museum kata. Tempatnya asyik buat duduk-duduk dan mencari inspirasi.

    ReplyDelete
  9. wahhhh, salam dari aceh kak. jadi pingin nih suatu saat kesana, hehee. aminn

    ReplyDelete
  10. Mupeng bangeet banget bangettt k Belitung.
    Apalagi aku baca hampir semua novelnya Andrea Hirata

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah aku sudah pernah menikmati beberapa destinasi wisata di belitung timur, hanya saja belum ke klenteng dewi kwan im.. belitung memang sangat indah dan sukses membuat aku selalu rindu untuk kembali.. InshaAllah suatu hari nanti akan kembali ke belitung timur dan eksplore belitung barat jugaaa.. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh Belitung emang kece yak, nggak terlalu lebay Andrea Hirata mengangkatnya lebih luas lagi :)

      Delete
  12. Ahh langsung teringat Laskar Pelangiii

    Aku blom explore kesana, sellalu gagal dan ga bersahabat dengan waktu. Semoga buldep bisa mengikuti Festival TIK disana dan berkesampatan ikot. Mau ket tempat1 ituuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhhh malah udah mau ke sana, asyik ya mba, di sana pemandangannya cantik banget :)

      Delete
  13. Duh salah satu mimpi saya nih bisa jalan-jalan seluruh Indonesia. Ke Belitung apa lagi pengen banget. Secara ngefans sama laskar pelangi hehehehe

    ReplyDelete
  14. Dari Pegi2 udah sering sih dapat promo hotelnya. Pokoknya kalo libur mesti deh berburu promo dulu haha.
    Denger Belitung emang langsung keingat Laskar Pelangi dan Ahok :)
    Pengin ke Pantai Punai di Belitung, aku suka lihat pantai apalagi yang pasirnya putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantainya cantiiikkk cantik ya mba, unik karena banyak batuannya.
      Bener mba, promo hotel pegipegi kece banget deh :)

      Delete
  15. kemarin malam baru aja ada yang nawarin untuk trip k Belitung, sayangnya suami tuh udah pernah kesini waktu outing sama kantornya, ak jd berpikir ulang kalo mau ngajak kesini hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajaknya di wisata yang belum sempat di kunjungi kemaren aja hihihi

      Delete
  16. Belitung salah satu daftar tempat tujuan yang ingin saya sambangi bareng keluarga, asyik banget bisa ke sana. Saya sudah lama tahu tentang Museum kata. Pantainya cakep, dan satu hal lagi, saya pengen napak tilas jejak Laskar Pelangi, ha ha.
    PegiPegi asyik banget kasih promo gitu, diskon dobel dari pilihan hotel. Semoga bisa kesampaian pergi bareng PegiPegi. Aamiin. Mbak Rey juga, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mba, bakalan keren abis kalau kita bisa sama-sama ke musium kata ini mba :)

      Nanti masalah hotel, tinggal buka pegipegi aja :)

      Delete
  17. Ah..membaca ini ku jadi teringat mimpi lama yg blm terwujudkan. Belitung...ingiiin sekali kudatangi, rerutama pantai2 indahnya.. semoga segera ya..

    ReplyDelete
  18. Belitung salah satu tempat yang ingin saya kunjungi. Trims unruk ceritanya mba

    ReplyDelete
  19. Kalau saya ingin ke kampungnya Ahok aja deh. Penasaran banget dengan suasana kampungnya mantan gubernur jakarta itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kampung Ahok itu kayaknya cuman rumah panggung sederhana gitu, tapi karena itu disain sendiri, jadi daya tarik tersendiri :)

      Delete
  20. Belitung memang salah satu destinasi wisata yang masuk di daftar kunjungan kami. Meski blm tahu kapan terlaksananya. Hehehe... Tapi dengan adanya itenary dan kemudahan yang diberikan PegiPegi semua itu sudah bikin tenang ya. Tinggal kumpulkan uang saja hehehe

    ReplyDelete
  21. Sama dengan mba Okti Li.
    Belitung masuk bucket list nih
    Semoga bisa ke sana, segera :)
    Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba Anna, kita bareng ke sana, saya juga ikut hahahah

      Delete
  22. Cantik banget belitung yah. Kenal belitung juga dari Laskar Pelangi hihi. Fokus ke diskonnya dong gak nanggung-naanggung.

    ReplyDelete
  23. Jadi kangen Belitung. Pantainya indah sekali ya Mba. Bening. Berapa kali pun ke sana rasanya tak puas... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, indah banget dan ngangenin, ga kalah kayak Bali :)

      Delete
  24. Bener banget mbak ketika nmaa Belitong disebut yang muncul dibenak saya pertama kali adalah cerita tentang laskar Pelangi. Nyatanya disana bnyk tempat wisata yang layak dikunjungi, pastinya mengundang banyak wisatawan berlibur ke Belitong yang mbak. Apalagi saat ini PegiPegi memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk booking tiket wisata dan penginapannya....wow pastinya makin bnyak yang berkunjung kesana. TFS mbak.

    ReplyDelete
  25. Keren semua tempatnya mbak. Kalau ada kesempatan ke Belitung Timur, wajib semuanya dikunjungi

    ReplyDelete
  26. Bagus-bagus ya tempat wisatanya, pengen kesana juga euy lihat langsung sekolah Laskar Pelangi, soale aku suka filmnya.

    ReplyDelete
  27. duh kalo denger Belitung udah kebayang deh pantainya disana, belum kesampean juga nih trip ke Belitung padahal pengen banget, apalagi bisa snorkeling. banyak pilihan tempat wisata yang bagus viewnya ya mba.

    ReplyDelete
  28. Suka tempatnya, bawa anak2 pasti seru.

    ReplyDelete
  29. Jadi makin mupeng saya ke belitung mba, jujur belum pernah kesana sebelumnya pantainya cantik-cantik kta teman yg pernah ke sana

    ReplyDelete
  30. Wah, banyak juga ya tempat yang bisa disinggahi di Belitung Timur ini. Yang aku tahu cuma pantai dengan batu-batu besar itu dan SD replika Laskar Pelangi. Mana dari yang aku baca di blog temen, di sana kuliner-kuliner di sana juga enak-enak. Ada kedai kopi terkenal. Lupa deh apa namanya.

    ReplyDelete
  31. belitung emang ngangenin mba. Hehhe.Aku pas ke sana memang menikmati banget perjalanan dan keindahan alamnya dan pantainya luar biasa indah :)

    ReplyDelete
  32. Belitung jadi terkenal sejak film Laskar Pelangi ya. Banyak yang udah ke Belitung nih. Tinggal aku yang belum. Kapan yaaa.... Pengen juga pelesiran ke sana.

    ReplyDelete
  33. Saya belum pernah ke Belitung dan pingin banget ke sana, tapi kan nggak asyik kalau pergi sendiri, maunya lengkap sepasukan jadi tabungannya kudu banyak dulu hahahaa

    ReplyDelete
  34. Di otakku, dengar kata belitung pasti ingat laskar pelangi. Dan karena saya suka banget sama novel laskar pelangi, saya pun pengen suatu saat bisa ke belitung :)

    ReplyDelete
  35. Pengen jalan jalan ke Belitung. Ada saudara di sana, tapi belum ada rejeki nih. Moga selanjutnya bjsa ngetrip ke Belitung dan ke tempat shooting laskar pelangi

    ReplyDelete
  36. Destinasi wisata di Belitung Timur banyak juga dan beragam jenisnya. Ada juga ya wisata Kampung Ahok. Tapi yang paling bikin mupeng tuh pantainya, bersih banget di sana

    ReplyDelete
  37. Yeay dari tahun lalu pengen banget jalan ke Belitung mbak, apalagi dengan berbagai destinasi wisata yg bagus di sana. Ntar beli tiketnya pakai pegipegi lebih banyak diskon ya mbak.

    ReplyDelete
  38. Wah Belitung destinasi wisata yg pengen aku kunjungi jg nih...

    ReplyDelete
  39. Sejak ada film Laskar Pelangi, SD replikanya jadi favorit buat dikunjungi. Memang pantainya juga Indah dan pengen juga saya ngunjungin ke sana

    ReplyDelete
  40. Pernah ke Belitung dan memang bagus banget ya destinasi wisata di saya. Sayangnya waktu ke sana tak sempat mampir ke kampung Ahok karena kelamaan main dan snorkling di Pulau Kepayang dan berenang juga di danau bidadari. Next mau lagi ah ke belitung.

    ReplyDelete
  41. Sudah lama ingin ke Belitung tapi belum kesampaian. Memang keren wisatanya.

    ReplyDelete
  42. Bangka belitung ini udah masuk bucketlistku. Tp pengennya ke sana kalau anak2 udah gede aja, jd lebih enak.

    Pertama pengen ke sekolah dan pantai laskar pelangi, trus pengen ke patung dewi kwan im. Sisanya makan2 aja lah nyicipin wisata kuliner seafood

    ReplyDelete
  43. Nah ada museum kata, perlu banget nih dikunjungi, apalagi untuk yang kerjanya sebagai penulis ya, bisa dijadikan sumber referensi

    ReplyDelete
  44. Belitung memang indah ya mbak? semoga suatu saat bisa beruntung bisa ke sana.

    ReplyDelete
  45. Jadi pengen main, tapi jauh. :( :(

    ReplyDelete
  46. Penginapan di Belitung Timur ini child friendly kah mbak?

    ReplyDelete
  47. Wahhh mantapp nih, udah mampir ke sekolah laskar pelangi :D, udah lama banget ga pulang kampung :(, di belitung. Padahal ada bapa sama ibu disana, heummh kapan lagi bisa kesana kan ya haha

    ReplyDelete
  48. Aku belum pernah ke sana, padahal ada sepupu di Belitung hehehee...
    Moga-moga bisa ke sana ah, secara belum pernah ke tanah Sumatera :)

    ReplyDelete
  49. Traveling ke Belitung Timurnya bikin kepengen Mbak. Bisa mampir ke sekolah laskar pelangi juga.

    ReplyDelete
  50. Nice travelling & article. Belitung selalu identik dengan laskar pelangi, sayang, kok ga diangkat lagi ya pariwisata kota Belitung melalui film lokal berkualitas

    ReplyDelete
  51. Penasaran dengan Belitung saat film Laskar Pelangi booming. Pengen ke sana

    ReplyDelete
  52. Pengennya sih, ke sekolah replika laskar pelangi itu. Sama ke pantainya. Keren banget kayaknya.

    ReplyDelete
  53. Bisa wisata ke Belitung Timur dengan banyak diskon dari pegi pegi, oke juga tuh...

    ReplyDelete
  54. Wisata k Belitung boleh juga, ada diskon dari pegi pegi lagi

    ReplyDelete
  55. pengen berkunjung ke sini, terutama ke SD nya Laskar Pelangi ini. Pantai-pantainya juga bagus ya mbak, semoga ada rezeki dan kesempatan nantinya. aamiin

    ReplyDelete
  56. Seperti kebanyakan orang, saya kenal lebih dalam dengan Belitung gegara Laskar Pelangi. Pengen banget lah bisa ke sana suatu hari nanti. Apalagi pantainya bagus-bagus, yaa. Boleh juga nih kalau pesan tiketnya via Pegipegi. Jadi lebih hemat :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)