Saturday, December 01, 2018

5 Tips Tetap Fit Bagi MomBlogger Ala Rey


#BPN_D12 - 5 Tips Hidup Sehat Versi Saya


Assalamu'alaikum :)

Ibu tidak boleh sakit, terlebih ibu rumah tangga yang menekuni dunia blogger, kayak saya.
TIDAK BOLEH!

Pernah gak dengar atau baca tulisan seperti itu sebelumnya?
Saya rasa semua bakal setuju tentang hal itu.

Oleh karenanya, penting banget bagi seorang ibu rumah tangga atau IRT untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya.
Meskipun untuk itu, butuh perjuangan lebih.
Mengingat keseharian saya yang selalu disibukkan dengan anak bayi, mengurus si sulung yang sudah duduk di kelas 2 SD tapi kegiatannya ngalahin pak RT hahaha.

Belum lagi ketambahan urus rumah, meanwhile saya kudu ngeblog tiap hari, blog walking, balas komen, kunjungan balik, optimasi media sosial buat branding.

Iyaaa...
Gak perlu menganggap saya hebat kok.
Karena dalam dunia nyata, saya juga puyenggg hahahaha.

Gak jarang, saya jadi kurang tidur karena itu, dan deg-degan saat mulai merasa badan gak enakan.
Terutama jika tenggorokan mulai serak, saya takut banget kena flu atau batuk, karena saya gak mau menularin anak-anak.

Jadinya, gak ada cara lain, melainkan harus ngeh akan kondisi tubuh dan kesehatan, tahu batas kemampuan tubuh, dan memberikan kesempatan untuk beristrahat lebih, saat tubuh mulai memperlihatkan tanda-tanda kelelahan yang berarti.

Setidaknya, ada beberapa cara yang saya lakukan untuk menjaga kondisi SAYA GAK BOLEH SAKIT! yaitu:


1. Membiasakan minum air hangat, terutama saat bangun pagi hari.

Kebiasaan baik ini mulai saya terapkan sejak hamil anak kedua. Waktu itu, di awal kehamilan saya sempat batuk parah sampai-sampai ngeflek yang bikin saya shock berat.
Baca : #ReyStory - Akhirnya Positif Juga Dengan Penuh Drama
Ke dokter dan diberi obat batuk herbal, namun ternyata gak bisa langsung mengusir batuk yang parah, sementara saya menjaga agar perut gak terlalu tergoncang hebat karena batuk.

Saya jadi ingat cara mama saya mengobati batuk dengan mudah. Beliau selalu mengkonsumsi air hangat jika mulai terasa batuk, dan Alhamdulillah batuknya cepat sembuh.

Sayapun mengikuti cara beliau, dan Alhamdulillah batuk saya perlahan sembuh.
Dan kabar baiknya, kebiasaan minum air hangat tersebut berlangsung hingga sekarang.

Bukan hanya saat bangun pagi, hampir setiap saat saya minum, air hangat selalu jadi pilihan saya.
Padahal sebelumnya, saya doyannya air es.

Alhamdulillah, karena kebiasaan tersebut, daya tahan tubuh saya jadi lebih baik, dan bahkan jarang terkena batuk.


2. Rajin konsumsi madu asli.

Selain air hangat, madu juga menjadi asupan sehat saya dalam menjaga kesehatan tubuh.
Tapiii, sebisanya sih minum madu yang asli, karena madu yang biasa dijual dipasaran itu, udah banyak campuran ini itunya.

PR juga sih mencari madu asli, kalau saya minum madu Odengnya Oriflame.
Baca : Tips Melawan Flu Selama Hamil Dan Menyusui #AlaRey
Sedari kecil memang saya sudah familier dengan madu, dan dulu tuh malah madunya pakai madu hutan.

Bukan hanya saya, si kakak dan pak suami juga rajin konsumsi madu, Alhamdulillah daya tahan tubuh kami terjaga gegara minuman manis legit tapi enak ini.


3. Cukupi waktu tidur.

Nulisnya 'cukupi waktu tidur', bukan 'tidur yang cukup' hahaha.

Karenaaaa, gak mungkin banget saya bisa tidur yang cukup.
Secaraaaa, punya bayi jadwal tidurnya berantakan, abis magrib dia bobo, eh giliran pukul 9 malam dia bangun lagi dong.

Lalu begadang sampai dini hari hiks.

Jadi bagi beberapa teman yang kepo, kapan saya tidurnya, sesungguhnya tantangan dari rajin update blog dan lakuin semua kerjaan as a blogger itu, salah satunya adalah kurang tidur, makanya saya siasati dengan mencukupi waktu tidur.

Di malam hari, jika pak suami lembur gak pulang, saya tidurnya pukul 12 malam.
Itupun gak bisa langsung tidur, karena si bayi guling kiri kanan, sekali saya tidur bisa-bisa dia kejedot dinding atau kakaknya yang nangis kejedot si bayi hahaha.
Setidaknya saya bisa tidurnya pukul 1 malam dan bangun pukul 4 pagi.

Waktu tidur saya cuman 3 jam dong, dan sungguh saya gak kuat kalau kurang tidur, makanya saat pagi, sebelum si bayi bangun (jika saya beruntung, karena biasanya sih dia ikutan bangun juga pas Subuh dan sukses bikin saya rempong gendong sambil masak bahkan gak jarang nyusuin sambil masak, hiks), saya kejar semua kerjaan rumah, termasuk masak hingga buat makan malam.
Setelahnya saya bangunin si bayi, dimandiin, disuapin, lalu dikelonin lagi sambil emaknya ikutan bobo hahaha.

Dengan begitu, waktu tidur saya bisa tercukupi, meskipun sebenarnya gak normal, lol.
Tapiiii... even saya gak ngeblog, tetap juga sulit tidur dengan normal, karena jam tidur si bayi yang kacau balau.

Setidaknya, harus diakali agar waktu tidur jadi tercukupi.


4. Banyak makan sayur dan buah, hindari diet yang berlebihan.

Saat ini, meskipun saya kadang sedih melihat lemak di perut, tapi saya masih ogah untuk diet.
Secara, gimana mau diet?
Dikit-dikit gemetaran banget kalau gak ngemil.
Hmm... rakus ama pengaruh nyusuin emang beda tipis yak hahaha.

Lucky me, saya punya malaikat tak bersayap called papidady alias pak suami, yang tidak pernah meninggalkan rumah sebelum kulkas terisi sayur mayur yang banyak, buah yang banyak, dan pastinya gak ketinggalan cokelat ama kacang :D

Jadi, hampir tiap hari saya masak sayur yang banyak, kalau lapar, ya makan lagi, tapi sayur doang, ga pakai nasi dan ikan.
Btw, meski gitu saya tetep penuh lemak hiks (ya iyalah Rey, itu cokelat emang gak bikin lemak? lol)

Karena banyak makan sayur dan buah, tubuh saya jadi lebih sehat, BAB teratur dan porsi kerakusan berkedok menyusui hahaha, jadi lebih bisa disalurkan dengan sehat.


5. Minum vitamin.

Yang ini sih gak tiap hari, tapi jika saya mulai merasa tubuh butuh asupan vitamin, maka Lemon UC 1000 jadi andalan saya sejak 11 tahun lalu (semoga pihak Lemon UC 1000 liat postingan ini dan ngasih endorse hahaha)

Yup, vitamin C sudah jadi andalan saya sejak saya mengenal dunia kerja.
Andalan saya sih Lemon UC 1000.

Eh postingan ini, semacam endorse vitamin ya, boleh juga nih kalau jadi endorse *ngarep hahaha.

Setidaknya, 5 hal itu yang menjadi andalan saya, dalam menjaga tubuh tetap fit meski sejujurnya, saya kayak orang yang super sibuk, eh bukan kayak sih, emang sayanya sekarang super sok sibuk, lol.

Kalau teman-teman, punya tips apa nih buat menjaga tubuh tetap fit?
Share di komen dong :)

Semoga curhatan receh ini ada manfaatnya :)


Sidoarjo, 01 Desember 2018

Wassalam



*Artikel ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge  (Day 12)
 #BloggerPerempuan 
#BPN30dayChallenge2018

54 comments:

  1. Nomor 4 setuju banget.. " hindari diet yang berlebihan " hahhaa... (Ngelesnya tukang makan ini mah..😂😂😂😂)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaa... you know exactly what i mean hahahaha *jago kan saya ngelesnya hahahah

      Delete
  2. Aku nomor 3 yang suka kurang banyak. Kebanyakan yang dipikirin jadi waktu tidurnya tersita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh, ayo bobo mbaaa... saya malah kalau bisa, pengen bobo yang banyak hiks

      Delete
  3. Yang nomer 1 dan 2 belum terbiasa nih. Kalau yang nomer 1 biasanya minum air biasa langsung dari galon, jadi tidak hangat, padahal banyak yang bilang minum air hangat setelah bangun tidur itu bermanfaat banget.

    Entah kenapa ya aku nih nggak suka minum madu padahal ya tahu lho manfaatnya banyak banget bagi kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu gitu mba, ga suka ama madu, air hangat juga rasanya gimanaaa gitu, ya gara2 hamil kemaren, jadinya terbiasa sampai sekarang, orang2 malah ditambah jeruk nipis di pagi hari, tapi saya kurang suka, ribet soalnya hahaha

      Delete
  4. Jangan lupa senyum dan syukur. Karena kebahagiaan yang sesungguhnya adalah dari dalam kesadaran sendiri. Orang lain hanya bisa melihat, yang menjalani tentu saja setiap pribadi

    ReplyDelete
  5. Makan sayur itu memang sangat pengaruh jg bagi daya tahan tubuh. Alhamdulillah kalo sering makan sayur jadi gak mudah sakit spt flu pilek demam atau batuk dll.
    Yg jarang ku lakukan itu nomer 2, karena udah kadung ragu yg jual madu semuanya ngeklaim asli hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sulit banget cari madu asli, saya beli punya oriflame, semoga aja beneran asli hahaha

      Delete
  6. Nahh itu diaaa... kalau ngerjain semua sendiri rasanya 1 hari 24 jam ga cukup yaaa... mana mbak rey rajin banget nulis dan blogwalkingnyaa...

    kalo mau pernah dengar madu manuka ga mbak? aku belum pernah nyoba sih, tapi ibu2 millenial lainnya suka beli madu manuka sampe nitip jastip Aussie, mahalnya aduhaiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwowwwwww,,, beli di Ausieee hiks, udah kebayang harganya mbaa hahaha.
      Iyaaa, harus banyak dopingannya nih :D

      Delete
  7. Waaaah uc1000 aku dan suami jg andalan bgt mbaaak. Jadi kalo udah tanda ngedrop lgsg beli deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ada temennya ternyata, itu favorit saya sejak 11 tahun lalu :D
      Dulu kepincut gegara liat miss universe, secara merasa diri kayak miss universe *lalu ditimpuk botol lemon UC100 hahahaha

      Delete
  8. Diet karena tekanan juga bisa jd down dan biki sakit sih. Hahahaha kudu berdasarkan niat hati yang tulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, bener. Mendingan ga usah diet yang berlebihan deh :)

      Delete
  9. Mom rey kesayangan akuuh.. sama banget nih cara menjaga kesehatannya. Aku tiap pagi air hangat campur madu dan lemon. Enak banget ke badan. Tapi aku masih susah makan sayur. Jadi dibanyakin makan buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lemon saya belum pernah nih, rempong soalnya hahaha *anaknya pemalas :D

      Delete
  10. Kalau saya biasanya perhatikan asupan makanan dan minuman. Olahraga juga teratur. Tapi, yang masih jadi PR adalah masih suka begadang :D

    - Myra -

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh saya masih berusaha mba untuk itu huhuhu

      Delete
  11. Wah aku belum melaksanakan yang nomer 1 nih. Bagusnya lagi pakai perasan lemon ya mbak? Biar sekalian langsing hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, banyak banget yang pakai perasan jeruk nipis.
      Katanya banyak manfaatnya, sayanya males, ribet hahaha

      Delete
  12. Aku pun kebanyakan sudah melakukan semua poin di atas. Yang belum cuma nomor 1. Kalau pagi kebiasaanku minum susu soalnya. Hahaha. Betul banget nih. Emak nggak boleh sakit. Harus sehat selalu.

    -Farida Asadi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh saya jarang minum susu, takut makin bulet wakakaka, tapiiii minum cokelat panas, yaelah sama aja yak haha

      Delete
  13. Alhamdulillah, daku berusaha untuk mencukupi kebutuhan waktu tidur. Soalnya kalau nggak, selain sakit kepala, pikiran pun nggak fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget deh itu, emang sebelum jadi emak2, jangan sampai suka begadang, rugiii, entar kalau udah jadi emak, gak bisa tidur yang cukup dan nyenyak haha

      Delete
  14. No 4, salut deh, ada papidady yang selalu siap menuhin kulkas dengan sayur dan buah...biar keliatan seger terus..

    Thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, mungkin beliau kasian sayanya ga ada yang bantuin, sendirian di rumah :)

      Delete
  15. Klo pagii sore aku dah rutin olah raga mba Jalan cepat lumayan lah sekarang gk terlalu cepat lelah..juga rutin makanan buah2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah olahraga saya belom bisa, digandolin bayi mulu soalnya hiks

      Delete
  16. Punya anak bayi bikin waktu tidur berkurang. Giliran anak udah tidur, eh emaknya malah main hp. Jadi aja waktu tidur berkurang. 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dah, giliran anak bobo, lupa hentikan scrol-scrol hahaha

      Delete
  17. Kalau aku tetap enjoy meski kondisi sedang membingungkan. Padahal akunya panikan, haha.

    ReplyDelete
  18. Aku pun sama mba suka konsumsi madu. Aku ngga konsumsi suplemen vitamin tambahan, cukup Madu, Air putih dan tidur cukup tentu dibantu juga sama pola makan yang sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, madu itu beneran membantu buat saya :)

      Delete
  19. Wah masih banyak nih prku buat hidup lebih sehat. Berantakan banget soalnya anaknya diriku. Nggak doyan minum, madu juga jarang. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wewww... ayo banyakin minum air putih bumil :)

      Delete
  20. Aku jarang banget minum madu. Terus diet yang berlebihan juga ga bagus untuk kesehatan ya.
    Terima kasih untuk tips ya, mbak. Sehat selalu ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, diet itu menyiksa, mending perlahan ganti ke makanan sehat :)

      Delete
  21. Aku tuh tidur yang kurang banget hiks. Ya mau gimana lagi kadang masih bangun nenenin plus ngerjain dedlen atau bikin pesenan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, tos mba, tapi diusahain dibayar di waktu lain, misal siang hari, seadanya waktu :)

      Delete
  22. Aku gak terllau suka madu, jd gak bisa nelen hehe.
    Oo air hangat bagus ya dikonsumsi setelah bangun? AKu biasanya minum air putih aja :D
    Btw tengkyu tipsnya mom :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, apalagi ditambah jeruk nipis, tapi saya gak sih hahah

      Delete
  23. Duh, aku enggak berani nulis tips sehat karena gaya hidupku saat ini jauh dari sehat. Huhuhu

    Tapi aku juga konsumsi madu sih, cuman waktu tidur itu loh yang susah banget didapat

    ReplyDelete
  24. nomer 1 & 2 hampir gak pernah dilakukan wkwkwkwk.. nomer 5 juga gak, karena gak terlalu suka madu yang langsung diminum gitu �� nah kalau tidur nih, huhuhu itu juga kurang banget! apa lg semenjak hamil anak ke 4 ini, semakin susah tidur, padahal ya udah capek banget sebenernya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAdu dikasih pada teh atau minuman lain juga enak mba :)

      Delete
  25. kalau saya minum perasan lemon hangat
    air putih
    di kantor baru sarapan..yg ringan aja
    klu minum vitamin C saya udah jarang..biasanya sy dapat dr buah
    karena saya tiap hari harus makan buah
    klu ga berasa ada yang kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya vit C, diminum pas lagi terasa mau drop banget mba, soalnya ga boleh sakit hahah

      Delete
  26. Jadi momblogger tuh kerjaannya emang banyak nggak habis habis. Hehheh. Aku mau mencoba ah bangun tidur minum air anget anget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba, apalagi kalau anak masih bayi, hhh :D

      Delete
  27. Ini kebanyakan juga saya lakukan. Tapi yang minum air hangat di pagi hari itu yang enggak. Nggak suka minum anget soalnya.

    btw, mbak kok kuat sih minum UC1000 lemon, aku nggak kuat asemnya, bisanya cuma minum yang orange aja. nggak terlalu asem kalo ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sekarang udah ga sesering dulu mba, jadi kuat aja.
      Meskipun kadang-kadang juga milih yang orange, asal jangan yang apel, agak aneh rasanya :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...