Senin, Desember 10, 2018

Pekerjaan Domestik IRT Favorit


#BPN_D21 - Pekerjaan Rumah Tangga Yang Saya Sukai


Assalamu'alaikum :)

Rey dan pekerjaan rumah tangga?
Musuhan banget!
Entahlah, semacam saya ini gak cocok jadi emak-emak, cocoknya jadi bapak-bapak kali ya, lol.

Sejujurnya, pekerjaan rumah tanggalah yang membuat hidup saya sebagai ibu rumah tangga kurang menyenangkan, saya kurang suka pekerjaan domestik rumah tangga.
Terutama di dapur.
Ya ampun, bete banget kalau udah lama-lama di dapur, lebih bete lagi kalau liat kulit tangan mulai kasar, hiks (emak manja, lol).


Meskipun demikian, ada beberapa pekerjaan domestik rumah tangga yang saya sukai, minimal bisa saya lakukan dengan senang hati dan ikhlas.
Meskipun sebenarnya semua pekerjaan rumah tangga akhirnya saya lakukan sendiri dengan selalu berpegang teguh bahwa apapun yangs aya lakukan dalam pekerjaan domestik rumah tangga, menjadi pahala tersendiri buat saya, dan Alhamdulillah saya bisa belajar untuk lebih ikhlas.

Pekerjaan tersebut adalah :


Menyapu lantai dan halaman

Yang ini mungkin basicly dari sifat saya yang jijikan, jadi agak puyeng juga ngelihat yang kotor-kotor.
Baca : 5 Fakta Tentang Saya Yang Kadang Sulit Dipercaya
Paling bete kalau jalan di lantai lengket atau berdebu apalagi sampai berpasir, so hampir tiap saat saya mondar mandir dengan sapu, hahaha.
Terlebih saat si bayi udah mulai merangkak, rasanya bukan hanya lantai, hampir semua sudut ruangan bebas debu dan kotoran.

Secara, saya trauma banget, waktu bayi si kakak Darrell sempat kena muntaber dan dirawat berhari-hari di rumah sakit.
Melihat tangannya di infus, oleh suster yang o*n karena berkali-kali tusuk cari pembuluh darahnya.
Sumpah, saya jadi trauma banget kalau anak sakit karena yang jorok-jorok.

Juga mungkin dikarenakan karena waktu kecil bapak selalu mewajibkan kami untuk bantu mama bersih-bersih, dan saya selalu kebagian nyapu lantai dan halaman
 
Bukan hanya lantai rumah, halaman pun tidak luput dari target bersih-bersih saya.
Rasanya puas banget kalau melihat lantai selalu bersih, dan halaman pun bersih.
Terutama di musim penghujan seperti sekarang, halaman bersih bakal jadi salah satu prioritas saya, demi para nyamuk sedikit minder mampir ke tempat kami hahaha.


Mengepel

Selain menyapu, mengepel juga merupakan bagian pekerjaan yang saya sukai.
Meskipun jujur bukan pekerjaannya yang bikin saya suka, tapi hasilnya hahaha.
Selain bolak balik memegang sapu, bolak balik pegang gagang pel juga saya lakukan sejak si bayi mulai belajar merangkak.

Dan proud of myself, bahkan di bawah meja yang biasanya jarang saya bersihin, sejak si bayi merangkak semua jadi kinclong.
Secaraaaa... si bayi suka banget menjatuhkan mainan bahkan makanannya di lantai, lalu di pungut lagi dan di makan, saya sebagai emak yang parno kan jadi merinding kalau lantai kotor.

So, punya bayi bagi saya adalah, lantai harus kinclong di pel, dari teras hingga dapur kotor.
Alhamdulillah, karena itu anak-anak selalu terpelihara kesehatannya.
Jadi meskipun sebenarnya capek banget, tapi terbayarkan dengan melihat anak-anak tersenyum aktif dan sehat, Alhamdulillah.



Lap perabotan

Kurang lebih sama dengan mengepel, mengelap perabotan juga favorit saya, soooo pembokat ya saya, lol.
Dan iyes, sejak si bayi merangkak, bukan hanya atas meja yang saya lap, juga kaki meja, kaki perabotan, pintu lemari, pintu rumah, dinding yang berdebu.
Ya ampuuunn, saya kalau jadi pembokat kayaknya disayang majikan banget ya, hahaha.

Meskipun capeknya teramat sangat, tapi melihat anak merangkak ke sana ke mari di lantai yang kinclong, keluar masuk bawah meja, buka tutup pintu lemari atau rak, lalu di lain kesempatan memasukan tangannya ke mulut, atau menjilat dinding lemari *tepok jidat.
Saya gak perlu terlalu khawatir dengan sedikit-sedikit kudu nyuciin tangan si bayi.

Meskipun kegiatan lap mengelap tersebut mulai berkurang sejak si bayi mulai belajar berjalan, dan keinginan explore-nya sudah ganti ke tempat lain, jadi kegiatan elap mengelapnyapun pindah tempat.

Bukan hanya mengelap perabotan karena debu, di dapurpun tidak luput dari kegiatan elap mengelap saya. Jadi mungkin bisa terjawab mengapa saya benci masak.
Soalnya bikin kerjaan lap mengelap jadi makin panjang.
Secara saya eneg banget liat dapur penuh minyak, dindingnya penuh minyak atau bumbu masakan, kompor yang sudah berkerak karena jarang di lap.
Ampun deh, rasanya jadi gak selera makan.


Meskipun pekerjaan domestik favorit saya adalah di sekitar bersih-bersih, namun jangan bayangin rumah saya senantiasa bersih, rapi dan wangi.
Atuh mah, saya manusia pak, bu!
Gak ada tombol dan baterai di punggung saya yang menandakan saya robot.
Jadi ada juga masanya rumah berantakan, dan kotor, khususnya halaman.

Tapi hal tersebut gak berlangsung lama, karena saya jijikan melihat hal yang kotor-kotor.


Kalau teman-teman, apa nih pekerjaan domestik rumah tangga yang menjadi favoritnya?
Share yuk :)

Semoga manfaat.


Sidoarjo, 10 Desember 2018

Wassalam



*Artikel ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge  (Day 21)
 #BloggerPerempuan 
#BPN30dayChallenge2018

54 komentar:

  1. Kebalikannya aku nih mbak Rey. Justru aku gak suka beres-beres, tapi sukanya masak-masak. Apa aja dibikin hayuu.. haha. Soalnya suka makan juga.. hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi kalau masak aja tanpa harus cuci piring pasti asyik nih :)

      Hapus
  2. Saya malah suka nyetrika mom Rey, soale kayak lagi disauna..hahaa
    Kalau bebenah kan kita harus ya, tiap hari, karena ada anak-anak yang membutuhkan tempat yang bersih untuk bermain didalam rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyetrika kurang suka, tapi dikerjain juga sih teh hahaha.
      Btw ada loh orang yang demi kewarasan dibiarin aja rumah berantakan :D

      Hapus
  3. Aku mau maen ke rumah mba Rey dong, mau ngaca di lantai yang kinclong ah :D

    Kalo saya apa ya yang faforit, paling nyuci piring, nata kasur dan nyikat kamar mandi plus WC wkwkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo ke siniiii :*
      Ih kalau saya sebenarnya paling bete kerjaan yang bikin tangan basah, soalnya bikin tangan jadi terkelupas dan kasar hiks

      Hapus
  4. Mba rey aku lebih suka masak daripada beres2 rumah..punya bayi beres beres rumah jadi berasa gak kelar2 ...tetep semangat mba rey.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, masak bikin tangan kering hahaha.
      Kalau beberes wajib sih, soalnya bayi lagi sibuk explore, takut apa2 dimasukan ke mulutnya :)

      Hapus
  5. Sebenarnya aku nggak suka segala hal pekerjaan rumah tangga. Tapi apa daya sebagai seorang perempuan harus bisa semuanya. Paling suka sih nyapu sama ngepel. Kalau nyetrika itu nggak suka. Capek soalnya. Hehehe.

    BalasHapus
  6. Samaaaaa dari statusku sebagai ibu rumah tangga, aku tu paling ga suka sebenernya ama ngerjain kerjaan rumahnya. Apalagi ngerjain kerjaan rumah sambil direngekin ama anak. Pengen rasanya lambaikan tangan pada kamera wkwkwk. Pekerjaan yang paling ga aku suka di rumah itu masak. Tpi tetep dikerjain biar hemat wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkw... yang paling top, goreng-goreng sambil nyusuin bayi bun hahaha

      Hapus
  7. Aku suka masak dan nyapu aja. Kalo beres beres kadang suka capek aja kebanyakan barang. Nyapu dalem rumah, nggak tahu kenapa aku nggak suka nyapu halaman. Dari kecil sampai sekarang udah gitu. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi, saya juga tetep masak sih, eh semua kerjaan rumah saya kerjain ding :D

      Hapus
  8. Pekerjaan rumah sih sebenarnya saya kerjain semua, apalagi yg berhubungan sama air. Tapi yang paling males itu malah nyetrika.. hahaha... panas.. panas.. panas.. ! Hahhaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahahaa, saya malah bete ama kerjaan yang berhubungan dengan air :)

      Hapus
  9. Kalau gak suka dan punya biaya mah gampang. Pekerjaan Rumah Tangga bisa dialihkan ke PRT.
    Kalau saya sih semua suka saja. Apalagi Pak Ustadz bilang pekerjaan rumah tangga kalau dilakukan dengan ikhlas itu jadi ibadah yang pahalanya berlipat sepanjang masa. Insyaallah. Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, itu deh masalahnya teh, namanya ibadah pasti penuh tantangan :D
      Pakai PRT gak semudah itu juga sih teh kalau saya.
      Seumur2an belum pernah pakai PRT, kecuali saat di rumah mertua dulu, itupun mertua yang ngatur, saya bayar doang.
      Baru denger drama PRT saya langsung keder, bikin depresi banget.
      Makanya saya jadi IRT, kalau cari PRT semudah itu, gak bakal saya di rumah kali ya hahaha

      Hapus
  10. Saya malah gak suka nyapu ngepel hehe. Saya lebih suka masak dan beresin kamar yang berantakan, walau yang lain gak suka tetep sih dikerjakan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaaa... suka ga suka ujung-ujungnya dikerjain juga :D

      Hapus
  11. Haha saya justru nggak suka pekerjaan yang bagian bersih2 kecuali menyapu lantai.. lebih sukanya masak, mencuci piring , pakaian asalkan bukan menjemur dan menyetrika hehe

    BalasHapus
  12. Haha saya justru nggak suka pekerjaan yang bagian bersih2 kecuali menyapu lantai.. lebih sukanya masak, mencuci piring , pakaian asalkan bukan menjemur dan menyetrika hehe

    BalasHapus
  13. Haha saya justru nggak suka pekerjaan yang bagian bersih2 kecuali menyapu lantai.. lebih sukanya masak, mencuci piring , pakaian asalkan bukan menjemur dan menyetrika hehe

    BalasHapus
  14. Saya malah lebih suka di dapur. Kalau urusan ngepel, biarkan jaid kerjaan suami aja hahahaha

    BalasHapus
  15. Sepertinya dapur perlu sedikit direnovasi dan harus ada ketersediaan sarung tangan buat masak deh...wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mba, tapi gak juga deh, kalau dapurnya jadi cantik, makin ogah masak deh saya :D

      Hapus
  16. Kalo aku favoritnya juga nyapu mbaa samaa ga betahan aku sama yg ngeres ngeres kalo istilah ornag Jawa XD sbnrnya masakpun suka to dapur skrg sempit jdnya...ya gitu dehXD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener mba, itu penyebabnya, saya ga suka kalau lantai kotor, kaki ga nyaman gitu :D

      Hapus
  17. Saya suka ngepel juga Mbak...karena bau wanginya itu bikin enak diciumnya..hahaha
    Terus lihat lantai kinclong itu rasanya nyaman juga di pandangan

    Kalau nyapu halaman suka juga, jangan nyapu luar aja. Rumahku pojokan jadi halaman luarnya panjang juga hahaha. kan nyapunya jadi lama

    BalasHapus
  18. Saya paling suka nyapu lantai sih, ga cape hahaha

    BalasHapus
  19. Punya anak baru bisa merangkak tuh emang kudu bersih yaa.. Apalagi anak saya tu suka jilatin lantai. Ampun deh ga bisa ditinggal meleng dikit.

    Sama mba rey, aku lebih suka beberes rumah ketimbang masak2 di dapur. Nyuci juga suka sih.. (antara suka atau terpaksa sih ya) haha

    BalasHapus
  20. Sapu dan pel lantai aku masih ok. Cuci baju selama pake mesin juga OK. Yang males itu nyetrika baju ya ahhaha. Masak aku maunya yg praktis saja kalau lagi ngga ada IRT. Ngga hobby masak tapi hobby makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kalau masak ala-ala spaghety gitu, saya juga doyan mba, cepet soalnya hihihi

      Hapus
  21. Lah samaan lagi, hanya kita beda kota aja nih. Kalo nggak udah kuajak ngopi sering sering karena berasa nemuin soul sister. Aku paling benci juga sama urusan dapur, tapi sangat suka beberes rumah apalagi mengepel.

    BalasHapus
  22. Aku baru lancar jawab kalo ditanya pekerjaan RT apa yg gak aku suka hahahaa. Pinginnya kedip2 aja trus semua beres gituu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw.. pakai tongkat harry potter bisa ga ya?

      Hapus
  23. Saya lebih suka ngepel daripada nyapu xD soalnya suka nyebelin kalo nyapu debunya balik lagi balik lagi kaya g ada abis-abisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, biasanya saya tutup pintu dulu mba, atau kalau engga langsung di pel 2 kali :)

      Hapus
  24. Aku lebih suka nyapu dibanding ngepel karena harus ketemu air wkwkwk...klo elap2 juga aku ga suka ketemu debu mba :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngepelnya gak kena air kok mba, pakai tangkai pel hihihi

      Hapus
  25. Kalau aku sukanya nyupir, alias cuci piring. Jangan disuruh setrika lama-lama, bisa emosi saya. Hahahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wewww... itu yang paling saya benci, bikin tanga kasar dan rusak hahaha

      Hapus
  26. Setrika kok nggak kak? Daku sih suka, apalagi sambil dengerin musik atau nonton drakor, wkkwkw

    BalasHapus
  27. Aku malah suka mencuci piring hehehe. Kalau mengepel aku sih no hahaha. Entah kenapa dibayanganku itu ribet banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wewww kebalik mbaaa..
      Saya mah lebih suka ngepel, tinggal celupin air, terus tarik2 deh tongkatnya di atas lantai hahaha

      Hapus
  28. Kok saya ngak nemu Job Bersihin TOILET Mbak, apa Job Tersebut khusus buat Pak Suami ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk itu msuk ke bersih2, tapi sama-sama sih, pak su bersihin toilet satunya, saya juga satunya wkwkwkw

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)