Thursday, December 06, 2018

5 To Do List Action Di Tahun 2019


#BPN_D17 - 5 Hal Yang Ingin Dilakukan Di Tahun 2019

Assalamu'alaikum :)

Subhanallah...
Entah harus sedih atau bahagia, tak terasa ternyata kita sudah sampai di akhir tahun lagi.
Sedih karena begitu cepat waktu berlalu, dan semakin sedikit waktu saya di dunia ini sedang deretan dosa masih banyak huhuhu, astagfirullah.

Bahagia, karena hingga saat ini Allah masih memberikan saya kesempatan, mendiami raga ini, mendampingi anak-anak tercinta.
Masha Allah, maka nikmat mana yang harus saya dustakan :')

Di akhir tahun seperti ini, biasanya kita bakal teringat akan resolusi di tahun lalu untuk tahun ini. Dan jika ingat itu, masha Allah... saya malu banget.
Rasanya, gak ada satupun yang bisa saya penuhi akan resolusi itu.
Baca : Resolusi Yang Berat Untuk Tahun 2018
Salah saya juga sih, siapa suruh bikin resolusi gak detail dan jelas. Jadinya gak tercapai kan.
Maka dari itu, agar kesalahan tersebut bisa diminimalisir di tahun 2019 , insha Allah jika diberi umur panjang, aamiin.

Saya bakalan bikin beberapa to do list, yang nantinya akan di catat di sebuah jurnal kapan realisasi hal tersebut.

Ada beberapa to do list yang akan saya lakukan di tahun depan, insha Allah, yaitu :



1. Bikin Jadwal Harian

Saya itu orangnya pelupa, parah!
Tapi anehnya saya enggan menulis, hahaha.

Padahal, dalam dunia kerja, saya punya banyak buku tulis biasa yang murahan gitu, tapi saya bawa ke mana-mana layaknya lebih penting dari dompet.

Di dalam buku tersebut, ada beragam info yang tulisannya kacau balau, tapi amat sangat penting bagi saya. Termasuk di antaranya jadwal harian saya.

Maka dari itu, membuat jadwal harian itu bakal jadi list nomor 1 saya.

Selain bisa diliat tiap saat, pun untuk mengatur waktu saya sebaik mungkin.
Secara, saya sedikit malu saat banyak teman-teman di Instagram yang DM saya bertanya gimana sih tips manajemen waktu yang baik agar bisa posting blog setiap hari atau yang biasa di sebut ODOP?

Saya malu karena sesungguhnya, waktu saya pun belum sama sekali ter manaj dengan baik. Saya ngeblog dengan waktu yang acak adul.
Sebisanya, kapanpun.
Kebanyakan sih sambil nyusuin anak, itupun dengan resiko pinggang encok atau laptop / handphone nya di tendang si bayi hahaha.

Dengan jadwal harian, insha Allah saya bisa menentukan waktu saya dalam ngeblog, atau mengurus media sosial saya.



2. Patuh Pada Jadwal Harian

Pada faktanya, saya sebenarnya sudah sering bikin jadwal harian, khususnya waktu dulu sedang fokus berbisnis Oriflame.
Saya punya jadwal yang sangat rapi, bangun dan tidur jam berapa, buka laptop jam berapa.
Bahkan jadwal buka laptoppun di jembreng dengan detail, misal.
Hari ini saya harus ngapain? harus bahas materi apa? targetnya gimana? evaluasinya gimana?

Sayangnyaaa....

Saya gak patuh ama jadwal saya sendiri, hahaha.
Yang terjadi adalah, saya selalu melampaui jadwal tidur saya, yang harusnya maksimal pukul 11 malam, eh seringnya bablas sampai pukul 1 malam.

hasilnya? saya kurang tidur dan sungguh itu menyiksa banget.
Makanyaaa... patuh terhadap jadwal bakalan jadi hal penting banget buat saya jalankan di tahun depan.

Semoga diberi kekuatan, aamiin :)


3. Olahraga (apapun) seminggu sekali

Ya ampuuun, saya kangen masa-masa 2 tahunan lalu, masa-masa saya rajin jogging, seminggu 2 kali saya keliling komplek sendirian selepas sholat Subuh.
Hasilnya? daya tahan tubuh saya lebih baik, bajupun jadi lebih layak pakai, gak ketat kayak 'lepet' , lol.

Semenjak hamil, saya jadi malas jalan pagi, secara saya mabok berat berbulan-bulan.
Sewaktu kandungan berusia 7 bulanan, saya sempat rajin kembali, meski hanya jalan pagi beberapa meter. Namun, setelah si bayi lahir, boro-boro deh.

Sampai-sampai saya beli jump rope , dengan maksud bergerak atau olahraga ringan di rumah saja. Gak perlu keluar rumah.
Eh yang ada, belum juga apa-apa si bayi udah nangis, nemplok dan saya risihnya bukan kepalang gegara lagi keringatan, lengket dan si bayi nangis minta nyusu, *sigh.

Sejak saat itu saya jadi malas olahraga, even cuman bergerak dikit.
Memang ya, sesuatu yang baik itu kudu dibarengi niat yang kuat.
Semoga di tahun 2019 nanti, niat saya berolahraga, dalam jenis apapun bisa lebih kuat dan mengalahkan semua alasan yang ada, aamiin


4. Mengganti camilan dengan sayur atau buah

Saya sadar diri sih, kebiasaan ngemil saya memang sungguh sangat sulit dihilangkan, tapi minimal bisa diubah jadi yang lebih sehat, dan syukur-syukur bisa sedikit berkurang.

Iya, saya suka banget ngemil, terlebih sekarang sedang menyusui (alesan deh lol).
Rasanya, kalau di kulkas gak ada camilan, saya bakal kejang-kejang kayak sakaw (gayaaa.. semacam tau aja, gimana itu sakaw, haha).

Camilan saya juga kurang sehat banget, kebanyakan sih cokelat, di tambah kacang dan es krim, kadang juga saya kumat bandelnya, bosan ama camilan manis, lalu melipirlah saya beli Ciki-cikian muahahaha.

Lucky me, si kakak sudah saya cuci otak sejak kecil, dengan anggapan, kalau mami boleh makan ciki-cikian sesekali, karena mami gak sakit-sakitan kayak kakak.
kalau kakak sering sakit makan ciki-cikian.

Jadinya, saya bebas makan ciki-cikian, tanpa khawatir si kakak juga minta, muahahaha.

Di tahun 2019 nanti, insha Allah saya bertekad untuk lebih peduli hidup sehat. Mengganti camilan kurang sehat tersebut dengan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur.
Terus terang saya agak sirik dengan teman-teman yang badannya tetap sehat, kulitnya segar, meski dengan pulasan seadanya.
Ditambah lemak yang gak menumpuk kayak lemak di perut saya, bikin semua baju terlihat ketat di badan saya huhuhu.

Dan ternyata, orang-orang seperti itu menerapkan gaya hidup sehat, dengan rajin mengkonsumsi jus buah maupun sayur.

Semoga di tahun 2019, saya kuat melawan godaan setan, untuk malas mengeluarkan blender buat ngejus sayur dan buah, aamiin :)


5. Mendalami Ilmu Parenting Semoga Lebih Sabar


Ini mungkin ditulis pada nomor ke-5 , tapi sebenarnya ini yang lebih utama.
Saya butuh banget ilmu yang bikin saya bisa lebih sabar dalam mengasuh dan mendidik anak-anak saya.
Subhanallah, begitu banyaknya tantangan saya sewaktu hamil dan melahirkan, ternyata itu belum seberapa dibandingkan dengan mengurus anak yang sudah masuk sekolah.
Benar-benar butuh kesabaran tingkat dewa, huhuhu.

Alhamdulillah, sejak menekuni dunia blogger, saya jadi sering main ke blog teman lainnya, dan sering beruntung bisa membaca beberapa artikel parenting yang setelahnya saya jadi semacam tercerahkan, semakin banyak bersyukur dan mendongkrak sedikit rasa sabar saya.

Semoga di tahun 2019, saya diizinkan untuk bisa menekuni dunia parenting secara mendalam.
Bukan dulu bertujuan agar saya menjadi ibu yang sukses mendidik anak-anak jadi nomor satu.
Hanya supaya saya bisa jadi ibu yang lebih sabar dan selalu punya rasa syukur dengan semua tantangan dalam mengasuh anak-anak saya, aamiin.

Kalau teman-teman, apa aja nih to do list yang bakal dilakukan di tahun 2019?
Share yuk :)


Sidoarjo, 06 Desember 2018

Wassalam



*Artikel ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Blog Challenge  (Day 17)
 #BloggerPerempuan 
#BPN30dayChallenge2018



58 comments:

  1. Nomer 1 sampai 4 aku banget mbak, terutama olahraga dan mengganti camilan dengan sayur dan buah. Kalau nomer 5 belajarnya pelan-pelan aja deh, sampai dikasih rejeki punya anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah, semoga segera dimampukan dan diizinkan dapat amanah punya anak ya mba :*

      Delete
  2. Aamiin, semoga Alloh ijabah doanya mom Rey.
    Waktu cepat sekali berlalu, rasanya masih banyak yang berjalan gak sesuai harapan, semoga di tahun 2019 bisa kita perbaiki dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  3. Mbak aku juga mau rencanain rajin olahraga di taun depan, hoho. Moga kesampean deh. Pengen hidup sehaaaat gak banyak jajan wkwk :D menuju 30 soalnya,
    Sekalian rajin pakai krim krim emak2 biar gak muncul keriput haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wajib banget tuh rajin pakai skincare, minimal hidup sehat deh, tapi biar kulit tetep terjaga mending mulai rajin deh, jangan kayak saya, telat rajinnya hahaha

      Delete
  4. Ta ta tapiiii ku klo cuma ngemil sayur dan buah tetep asa kayak ada yg kurang, biasa klo sayur n buah ya manis abis itu lidah pengenya nyemil yg adin asin #tu kan gagal dietnya muahaha

    Aku pun klo ngeblog keteteran bingit mb rey, si bayik kn lg ga mau ditinggal bentar msunya ditemani, hahaaa adegan gejet ditendang ato direbut bayik mah itu familier bgt, maksnya ngeblog pas bayi bubuk, e pas kita ngantuk bayi bangen haaaaaa

    Trus sama bingit tu yg pinginnya tidur cepet biar paginya fres, e mendadak pas bayi merem mlh strimingan film ma pak su nyampe jm 1 pagi atas nama me time wakaaaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk... sssttttt... jangan ingatin dong wakakak
      Ini aslinya ngepush diri dengan menulis biar malu kalau dilanggar haha

      Beneran tuh, kalau ngemilnya buah dan sayur, mulut gatal banget pengen yang asin2, giliran yang asin2 habis setoples eh pengen yang manis lagi hahaha

      Delete
  5. Mbaak.. semoga rencananya di 2019 bisa terrealisasi ya. Buatku jg. Sering bgt aku bikin rencana kayak gini. Harusnya sih bisa karena simple bgt, tapi kadang suka kelupaan ditengah tahun.. biasa, semangat diawal mentok diakhir. Haha, semoga bisa istiqomah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, sebenarnya sama mba, tapi gak mau kapok, soalnya ditulis aja selalu lupa, apalagi ga ditulis.

      Saya pernah nulis mau sering olahraga di awal tahun 2016, emang iya sih 2 bulan saya konsisten bulan ketiga males.
      Nantilah bulan ke 12 baru ingat lagi hahahah

      Delete
  6. Duuh tiap tahun nyusun resolusi tp di tengah jalan selalu gugur. Kendalanya satu, ga istiqomah. Smoga satu hal aja deh di tahun depan yg bs terealisasi yaitu istiqomah. Doakan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, hehehe iya mba, beneran paling sulit bagian istiqomahnya :D

      Delete
  7. Hampir sama nih sama keinginanku di tahun depan. Tapi kalau aku emang harus mempunyai jadwal harian yang benar-benar memprioritaskan hal yang berguna bagi hidupku.

    ReplyDelete
  8. Masalah olah raga ini aku masih PR banget. Tapi kalau nggak sempat, aku jalan kaki aja di depan gang. Lumayanlah badan diajak bergerak.

    ReplyDelete
  9. nomor 3, dan 5 tosss mbak. Sama gitu things to do kita :)

    ReplyDelete
  10. Nomor 4 terasa berat 😭😭😭 padahal kemarin saya sempet yang lumayan makan tuh sehat gitu, ngolah sendiri. Kok sekarang males banget sih.. Berat badan naik dan gak sehat juga. Hadeeh..

    ReplyDelete
  11. Aku kemarin pertengahan tahun jg menerapkan yang nomor 4 mbak. Karna nggak suka sayur jadi lebih sering bikin smoothies buah campur oat gitu haha tapi cuma bertahan 2 bulanan sih karna males ribetnya

    Semoga keinginan di tahun 2019 nya bisa terlaksana ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaaa... ribetnya itu yang jadi tantangan, kalaupun ga ribet, mahal hiks

      Delete
  12. kelimanya resolusi yg beraat buat sy hahaha...sy gak pernah bisa bikin jadwal harian apalagi patuh. olahraga angin2an. suka camilan manis n sering nggak sabaran ngadepin anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, itu saya juga mbaa, makanya menantang diriii :D

      Delete
  13. AMIN.
    Semoga semuanya terkabul dan terwujud ya Mom..
    Aku pun pengen lebih sabar menghadapi Abang bayik nih..

    ReplyDelete
  14. Setuju mbak, nomor 5 itu yang utama...jadwal mah selalui menyesuaikan dan disesuaikan...;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, harusnya itu ditaroh di nomor satu hehehe

      Delete
  15. Aku juga mbak udah banyak banget rencana yang mau dilakukan tahun depan. Hehehe beberapa sama nih dengan mbak rey. Semangat!!!

    ReplyDelete
  16. Wah aku belum ada resolusi euy buat tahun depan. Yang tahun ini aja nggak jalan euy. Tapi pastinya pengen lebih memperbaiki diri aja buat tahun depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu, aslinya resolusi saya taun ini juga gak jalan, tapi tetep di evaluasi, dan penyebabnya karena saya gak tulis di buku, jadi lupa hahaha

      Delete
  17. Nomer dua nih yang penting, mematuhi jadwal harian hehehe. Kadang itu yang susah.

    ReplyDelete
  18. Nomor 5 nih...yg berats,,anak tambah besar, musti makin sabaaaar.
    Semoga bisa kita ya Mbak Rey

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu, anak saya saja masih lebih kecil dari anak mbak Dian udah bikin istigfar mulu, hiks

      Delete
  19. waduh aku malah belum bikin resolusi tahun depan nih mba rey... hmm untung mampir disini jadi mulai ngotret-ngotret deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sekalian evaluasi resolusi 2018 ya :D

      Delete
  20. Sebenarnya dari semua itu harus konsisten ya mbak, karena kadang walau sudah dibuat panjang kali lebar suka kurang konsisten. Rajin diawal dan tengah sudah lesu, ini aku banget deh.

    ReplyDelete
  21. Semangat Mba Rey ����. Semua planning juga impian memang perlu ditulis ya mba agar pencapaian nya terukur. Sehingga kita jd bisa juga mengevaluasi diri apakah ada kekurangan serta kelebihan dari sikap kita.

    ReplyDelete
  22. Semoga bisa terlaksana semua ya Mba Aamiin. Kalau saya termasuk yang susah taat jadwal harian mba hehe beberapa kali bikin dan ditinggalkan

    ReplyDelete
  23. Kalau aku biasanya olahraga didalam rumah tiap hari mbak. Main loncat tali..minimal 500 lompatan. Alhamdulillah gobyos ama keringat... efeknya tubuh jadi enakan walaupun nggak kurus2... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah, saya udah beli dong jump rope gitu, trus pernah 2 kali lompat tali.
      Enakan sih,tapiiii pas keringat2an eehhh si bayi nangis minta mimik, ampunnn risihnya lengket hiks

      Delete
  24. Pantes email jam 1/2 12 malem, masih sempat pula dibalesin. Ternyata masih melek jam segitu.
    Salut lo, dirimu tiap hari ngeblog sampe jam 1 malem gitu bisa tetep fit.
    Kalo saya mah, kibarkan bendera putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwkwkwk... tidur pukul 9 malam juga ga memungkinkan say, si bayi gak mau tidur dulu hiks

      Delete
  25. Mirip mirip sama aku nih mbaa cita citanya punya jadwal harian teratur, trus olahraga juga, haha asli udah mager duluan mentang mentang menyusui kan katanya membakar kalori juga ya kaan.. Tapi tetep butuh kardio sih yaa buat nguatin jantung dan paru paru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, olahraga ini kayaknya resolusi saya tiap tahun, semoga taun ini lebih malu kalau ga dilakukan hahaha

      Delete
  26. wahhh samaan suka ngemil kalau saya lebih ga sehat mbak. suka makan gorengan...

    kalau to do list saya bangun rumah untuk orang tua, liburan ke pulau bintan dan aceh. Kalau ada uang lebih mau ke Aljerbaizan

    ReplyDelete
  27. saya juga pelupa parah lho mbak. sampai suami gemes kalau saya lupa-lupa. akhirnya sekarang semua hal saya catet. sehari mau ngapain aja, seminggu, sebulan, semuanya. detail. targetnya apa, pencapaiannya gimana. saya tulis semua.

    kalau penting buanget, saya tulis di sticky note, terus saya tempel di balik HP. biar nggak lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah saya pernah mba, terutama yang mengenai pekerjaan.
      Hape saya penuh deh ama kertas, soalnya hape yang paling sering di lirik ya :)

      Delete
  28. Aku belum bikin nih to do list 2019. Tapi resolusi sih sudah ada. Mudah-mudahan terealisasi to do list nya ya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...