Tuesday, September 08, 2020

3 Hal Yang Menyenangkan Di Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Sharing By Rey - Komunitas Ning Blogger Surabaya, atau yang biasa juga disebut Komunitas Ning Blogger Suroboyo (NBS), adalah sebuah komunitas blogger yang bermukim di Surabaya dan sekitarnya.

Komunitas ini diketuai oleh sesepuhnya blogger Surabaya, yaitu Ning Yuniari Nukti (semoga orangnya nggak baca kata 'sesepuh'nya itu yak, lol).

Saya mulai mengenal komunitas ini sejak tahun 2018 lalu, bahkan bisa dibilang, komunitas ini atau sesepuhnya (diulang maneh! lol) adalah salah satu jalan saya mulai menekuni atau monetized blog ini.

Bermula si Ning Yuni mengajak saya untuk ikutan sebuah event di Surabaya, lalu setelahnya saya disuruh nulis dan dibayar ratusan ribu.

Kebayang nggak sih, saya sama sekali belum pernah ke event seperti itu, di sana udahlah kita dikasih maksi, di kafe pulak, kalau bukan event mikir-mikir dah saya makan di sana, hahaha.

Lalu dapat ilmu yang manfaat banget, dapat banyak kenalan, eh pulangnya dapat goodie bag yang isinya tas yang lumayan keceh.

Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Di situ saya mulai terbelalak akan profesi blogger.
Dan berpikir,
"Enak ya ternyata jadi blogger itu!"

Selang beberapa lama, saya jadi sering diajak datang ke beberapa event, makin kenal banyak blogger yang bermukim di Surabaya dan sekitarnya.

Hingga akhirnya, saya diajak masuk ke dalam grup WA NBS, dan makin bertambah guyub-lah saya dengan banyak blogger Surabaya.

Seperti beberapa grup blogger lain, ada banyak hal menyenangkan, eh bahkan lebih menyenangkan dari komunitas blogger lainnya, di antaranya:


1. Selalu Siap Tolong Menolong


Satu hal yang menyenangkan di dalam komunitas ini adalah, sangat kompak dan siap dalam tolong menolong.

Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Yang paling teringat tuh waktu kejadian pas papinya anak-anak kecelakaan di Lamongan dulu, kebayang nggak sih, saya nggak pernah ke mana-mana sendirian, plus ada bayi karena si bayi waktu itu baru berusia 1 tahunan.

Keluarga papinya anak-anak sama sekali nggak ada yang bisa diharapkan, even bapak ibunya berusaha naik taksi online kek, kagak ada sama sekali yang inisiatif dong, padahal ini masalah nyawa loh.

Dengan galau dan ga tahu mau gimana, saya minta info di WAG Ning Blogger Surabaya.
Dan di luar dugaan, masha Allahhhh, begitu banyak kepedulian mengalir, sampai-sampai beberapa teman blogger Lamongan, datang membantu saya jagain si bayi di RS.

Sumpah ya, saya tidak pernah merasa sedemikian harunya melihat ketulusan hati teman-teman di grup NBS, yang selalu siap tolong menolong, even belum pernah saling akrab banget.


2. Selalu Diadakan Kegiatan Yang Positif dan Bermanfaat


Di komunitas Ning Blogger Surabaya, selalu diadakan kegiatan yang bermanfaat sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi.

Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Bukan hanya secara online, jauh sebelum adanya pandemi, sebagian dari anggota NBS sering banget bikin acara kumpul-kumpul bersama.

Dan bukan hanya kumpul lalu ngegibah, tapi lebih dari itu, mereka selalu punya sesuatu untuk dipelajari, yang tentunya bermanfaat sebagai seorang blogger.

Entah itu optimasi blog, atau hal-hal yang berkaitan dengan blog dan medsos, misal: belajar SEO, belajar motret.
Sayangnya, untuk kegiatan ini, saya belum pernah sama sekali ikutan, karena you know lah mamak-mamak beranak tanpa ada yang gantiin urus anak kayak saya, jadinya nggak bisa ikutan ngumpul.

Ketika masa pandemi ini, di saat semua harus stay at home, kegiatan bermanfaat seperti biasanya tetap diadakan, tentunya secara online.

Baik dengan mengadakan sharing tentang kesehatan mental di IG Live @ningblogersuroboyo, hingga diadakannya challenge ngeblog dengan tema tertentu, yang suprisingly, udah berjalan hingga masuk bulan ke-3 dong.

Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi banyak anggota Ning Blogger Surabaya, karena seperti yang kita ketahui, kadang menulis di blog itu sulit direalisasikan dengan berbagai alasan dan kondisi.

Dengan adanya challenge ini, membuat banyak ning blogger yang semangat menulis lagi, dan membuat blognya jadi punya tulisan update terbaru, dan sarang laba-labanya bisa dibersihkan, hahaha.

Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Lebih kerennya lagi, ajang ini tuh udah kayak ajang saling menyemangati bagi sesama anggota NBS, karena semua hadiahnya adalah hasil sumbangan donatur yaitu para anggota NBS juga.

Oh ya, bukan hanya blogpost challenge, bulan ini juga ditambah dengan IG challenge, yaitu lomba motret dengan tema yang ditentukan.
Keren banget deh, bikin skill motret jadi sedikit terasah, daaannn yang pasti bikin IG feed jadi ke-update juga, hahaha.


3. Selalu Saling Bantu Masalah Tiap Anggota


Komunitas Ning Blogger Surabaya ini, seringnya aktif di WAG, meski nggak setiap hari, namun jika ada satu member yang membuka obrolan, baik itu share info terbaru di luaran, share info job, hingga share masalah apa aja, terlebih blog.

Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Jika ada 1 anggota yang bertanya, dijamin anggota lainnya dengan senang hati akan membantu mengajari atau ngasih solusi.

Saling sharing, untuk semua masalah.
Saling mendukung.
Saling guyub.

Pokoknya bangga deh bisa menjadi bagian dari grup blogger paling fenomenal ini, hahahaha.

Harapan saya, semoga ke depannya grup Ning Blogger Surabaya selalu kompak, selalu saling jaga, selalu saling support, dan saling membantu satu sama lainnya.

Dan tentunya, kita semua bisa menjaga nama baik grup kita yang fenomenal tersebut.

Komunitas Ning Blogger Surabaya (NBS)

Kalau temans, juga ikutan jadi anggota di sebuah grup blogger nggak?
Share dong keseruannya apa aja :)

Dan beteweeeee, kok jadi kangen yak ama para Nings ini, kapan cobak pandemi berakhir, kangen event blogger, biar bisa seseruan lagi :D


Sidoarjo, 8 September 2020


Artikel ini diikut sertakan dalam challenge 'Nulis Blog Bareng Ning Blogger Surabaya' bulan September 2020
dengan tema : Hal menyenangkan di komunitas NBS

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : dokumen pribadi  

11 comments:

  1. Kalo aku ikutan grup blogger di Facebook, hanya satu itu saja mbak tapi juga jarang atau kadang kadang saja share artikel disana.

    Enaknya ikut komunitas blogger apalagi blogger emak emak itu begitu, saling bantu kalo ada masalah, bantu jawab kalo ada yang bertanya, dan bisa jagain anak kalo ada yang lagi kena musibah.

    Makanya kalo aku lihat komunitas blogger kebanyakan yang emak emak di Facebook. Kalo bapak bapak sepertinya agak jarang bikin grup blogger, atau mungkin ada tapi aku ngga masuk kali ya? πŸ€”

    ReplyDelete
  2. Semoga pandemi virus Corona segera berakhir agar bisa kumpul-kumpul dan ikut event blogger dengan komunitas blogger. Komunitas Ning Blogger Surabaya ini komunitas blogger khusus untuk perempuan saja gitu, Mbak?

    ReplyDelete
  3. Holla, Kaaaak. Aku kambek. Setelah sekian lama wkkwkw


    Selalu bikin prngin, apalagi liat foto kopdar gitu....


    Aku masuk, tapi ntah itu grup bloger atau enggak, mungkn lbh tepatnya grup share ajaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  4. Seru ya mba kalau punya perkumpulan yang saling dukung satu sama lainnya, dan saling berbagi ilmu serta pengalaman. Hidup tentu akan terasa jauh lebih menyenangkan πŸ˜† hehehehe.

    Saya nggak ikut group mba, hanya blogging biasa. Teman-teman bloggers yang saya kenal sebatas melalui media blogwalking, however saya senang karena bisa kenal mba Rey dan teman-teman lainnya 😍 doa saya, semoga mba Rey dan Group NBS bisa selalu kompak dan menelurkan semakin banyak karya ke depannya πŸ˜†πŸ’•

    Semangat!

    ReplyDelete
  5. Wah.. Saya ikutan terharu bacanya. Sampai mau jagain dedek bayi juga. Gabung di komunitas kayak gitu pasti seru, nambah pengalaman, teman dan nambah uang pula.
    Saya ikut komunitas cuma melalui hape aja mbk, kalau ketemu langsung belom pernah.... Tapi berhubung saya emang sering di rumah dan jarang keluar jadi begini juga udah seneng😁 walaupun saya pasif banget sih.
    Ehe...

    ReplyDelete
  6. Waah keren Mba Rey. Pasti rasanya kaya punya saudara baru yaa.. tidak hanya bisa sharing masalah blog, tapi saling membantu kalau ada yg dibutuhkan.. Semoga makin kompak yaa NBS 😁

    ReplyDelete
  7. paling seneng kalau udah kumpul kumpul, ramenya minta ampun tapi seneng :D
    selama ini meskipun aku hanya jadi pembaca blognya mba yuniari tapi berasa kayak udah kenal lama aja, beberapa blogger surabaya kayak mba vika juga

    setujuu kalau temen temen di komunitas blogger ini sudah kayak sodara, saling bantu apalagi disaat waktu mba rey masih jagain si adek yang masih kecil, respect banget pokoknya

    kalau udah kumpul begitu fotonya ceria semua ya :D

    ReplyDelete
  8. Aku bacanya ikutan senang kak Rey :D
    Jarang sekali bisa bertemu teman yang seperjuangan dari dunia maya dan bisa kompak di dunia nyata.
    Dipikir-pikir, enak juga kalau punya teman dekat dalam komunitas gini, jadi kalau harus datang ke suatu event, bisa ada temannya :p

    ReplyDelete
  9. Wuih seru kompak yaa...sukses semua.
    Saya ikut KEB dan Blogger Perempuan cuma gak seaktif mbak Rey. Semua baik2 dan pintar2...

    ReplyDelete
  10. Kompak banget yaaa Rey. Kalo yg komunitas begini, aku ga ada ikutan. Cuma yg di FB tuh, komunitas emak blogger , blogger crony, tapi kayaknya tiap bikin acara aku ga datang. Dulukan msh kerja soalnya. Jd ga mungkin juga ikutan kalo ngumpul2.

    Tapi so far seneng sih kalo jd member dari sebuah komunitas yg memng sesuai Ama passion kita. Jadi bisa belajar LBH banyak juga, syukur2 bisa ketemu lgs Ama member yg lain

    ReplyDelete
  11. Wkwkw memang yah Mbak Yuni ini sesepuhnya.#eh (semoga nggak dibaca orangnya). Gara-gara diajak Mbak Yuni juga nih saya jadi bisa ketemu sama NBS. Senang sekali saya bisa ikut bagian dari komunitas ini, anak baru butuh banyak bimbingan dari senior-senior seperti mbak Rey ini.wkkwkkww

    Senang banget menimba ilmu bareng NBS 🀭

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)