Tuesday, September 15, 2020

Alasan Mengapa Jarang Ikut Lomba Blog

Alasan Mengapa Jarang Ikut Lomba Blog

Sharing By Rey - Siapa yang paling suka ikutan lomba blog? 
Saya dulu suka loh.

Bermula dari awal serius ngeblog, saya liat ada postingan lomba blog di sebuah postingan blog.
Dengan pedenya saya ikutan aja dong.

Sampai akhirnya, beberapa lama saya baru ngeh, etdah ternyata itu lomba blog SEO, hahaha.
Ajaibnya, pertama kali publish, saya bisa beruntung ada di page 2 google.

Tapi seiring waktu, astagaaaahh makin ke belakang, makin dan makin ke belakang banget, hahaha.
Ya iyalaaahh, belakangan saya baru ngeh kalau lomba blog SEO itu sadis banget persaingannya.

Btw, postingan ini terinspirasi dari hasil ngintip blognya si Bapak Anton, gegara akhir-akhir ini sering banget update blogpost dan temanya itu menarik banget buat di komen, apalagi kalau bukan tema seputar blog, tapi yang ringan-ringan, dibahas dengan bahasa yang mudah dimengerti, seperti salah satu postingannya, 'Ikut Lomba Blog? Maaf, Tidak Minat!'

Baru aja baca judulnya, saya langsung balik ke sini, buka dashboard dan mau nulis juga ah tema serupa, daripada pusing mikirin mau nulis apa buat besok, hahaha.


Pengalaman Ikut Lomba Blog


Intinya, waktu awal-awal serius ngeblog, saya tuh lumayan sering ikutan lomba blog, bahkan rela beli produknya buat dokumentasi pribadi, dicoba sendiri, pakai duit sendiri.

Alasan Mengapa Jarang Ikut Lomba Blog

Lalu, menulis dengan seksama, dan akhirnya... KAGAK MENANG LAH! hahaha.

Sampai akhirnya saya bosan ikutan lomba blog, mungkin bisa dikatakan mutung kali ya.
Gimana dong, kadang kalau liat pemenangnya tuh bikin sakit hati.

Jadinya suudzon sama jurinya, dan bertanya-tanya, itu penilaiannya udah bener nggak ya? bukan hanya melibatkan nepotisme? :D

Karena memang di beberapa pemenang yang saya cek blogpostnya, ya sebelas duabelas sama saya, bahkan bisa dibilang saya masih lebih niat dengan melampirkan foto produk dokumentasi pribadi, dan lebih ada kisahnya atau story telling (si Rey sok menilai diri, hahaha)

Ya kecuali memang ada beberapa blogpost yang pantas menang, salah satunya dinilai dari infografisnya, dan sejak saat itu saya makin mutung.

Ye kan, saya tuh kalau yang namanya disain-disain, suka melipir ke sudut aja, kurang kreatif saya mah, bener tuh kata si Eno, sebijaknya kalau kita membeli karya disain grafis seseorang, jangan ditawar!
Ide itu nggak serta merta muncul gitu aja soalnya, dan art itu adalah bakat.

Namun, meski mutung, saya masih juga sesekali ikutan lomba blog, kok bisa?
KARENA DIBAYAR LAH! hahaha.
Ya meskipun bayarannya dulu tuh bikin ngakak, ada juga yang cuman dikirimin produk, tapi lumayan kan, ketimbang beli sendiri produknya.

Sampai akhirnya, kalau sekarang-sekarang temans liat saya ikutan lomba blog, off course itu berbayar (terlalu jujur), hahaha.


Alasan Mengapa Jarang Ikut Lomba Blog


Alasan jarang ikutan lomba blog? ya udah terjawab di atas sih ya sebagian, namun alasan lengkapnya kira-kira:

1. Lomba blog itu bikin otak mendidih


Iya, lebay tapi it's true! hahaha.
Ye kan, buat apa ikutan lomba, kalau nggak menang? mending saya asal nulis kek gini lah, bebas dan mengalir, nggak diikat ini itu.

Alasan Mengapa Jarang Ikut Lomba Blog

Jadi, saat saya ikut lomba blog dan nggak dibayar itu, saya bertekat kudu menang, segala postingan pesaing saya pelajari, data-data saya kumpulin, belajar utak atik canva meski ya tetep aja gitu-gitu aja hasilnya.

Karenanya, meski hasil artikelnya beasah aja, tetep aja saya butuh 2-3 hari buat nyelesainnya.
Sungguh menyiksa, terlebih kalau saya harus ada prioritas lain, seperti wajib posting setiap hari.

So, nggak jarang setelah tulisannya ke-publish, saya auto tepar saking capeknya.
Lalu saat pengumuman nggak menang bahkan juara hiburan aja, itu rasanya nyeseeekkk, hahaha.


2. Lomba blog itu menghabiskan waktu


Ya kurang lebih sama dengan di atas, saking pengennya saya untuk menang, bukan cuman otak rasanya mendidih, tapi juga ngabisin waktu banget.

Ngerjakan 1 artikel berhari-hari, duuuhh itu waktunya kalau saya gunakan buat nulis blogpost dan bewe ke teman-teman udah menyenangkan banget.


3. Lomba blog itu bikin sakit hati


Ya gitu deh, saya kadang heran dan mencoba berpikiran positif, karena heran aja gitu, kenapa lomba blog itu dimenangkan oleh 4L, alias Elo Lagi Elo Lagi!

Alasan Mengapa Jarang Ikut Lomba Blog

Maksudnya, setidaknya hadirkanlah pendatang baru di deretan pemenang lomba blog, saya yakin, meski banyak yang asal, tapi bisa juga kan dinilai dari hal lain, misal segi cerita atau apa kek, masa yang dinilai cuman cantiknya doang, yang menang ya yang template blognya muter-muter gitu, hahaha.

Atau pemenang lomba blog yang asalnya dari lingkaran itu lagi, kan jadi bikin suudzon plus sakit hati.
Biasaaaahhh, yang kalah lomba nyinyir, wakakakaka.
*Biarin!


Apalagi ya, kayaknya itu aja deh alasan mengapa saya jarang ikut lomba blog, karena mungkin bukan passion-nya kali yak, saya ngeblog juga buat dapetin duit, tapi saya maunya dilakukan dengan fun, dan ikut lomba blog itu sungguh sangat nggak fun buat saya.
 
Meskipun demikian, saya masih juga ikutan beberapa lomba blog kok, ya itu tadi berbayar, hahaha.
Dan saya tetep ngerjainnya menganggap itu job, bukan lomba blog.

Jadinya tetep saya kerjakan sebaik dan selengkap mungkin, meski nggak berharap banget menang, toh nggak menang juga udah dapat duit, hahaha.


Manfaat Ikut Lomba Blog


Meskipun ikut lomba blog itu nggak fun, buat saya.
Tapi saya tetap salut kok dengan teman-teman yang ikutan lomba blog, apalagi yang benar-benar niat.
Kayak Rizka Edmanda, kalau ini mah memang selain template blognya keren, story telling-nya ngena dan fotonya bagoesssss....
Kata si Diah, ada fotografernya, hahaha.

Atau si Mba Arda Sitepu ya, yang dari medan?
Itu kalau bikin konten lomba blog, niatnya kek orang mau skripsi.
Dari kumpulin bahan cari di buku, maupun googling, alhasil kontennya kayak wikipedia, saking lengkapnya, hahaha.

Atau yang paling favorit, yang saya ikutan kecewa kalau dia nggak menang.
Yaitu si Tya!
Duh dia mah memang jiwa seninya kek mengalir di seluruh aliran darahnya, sehingga kalau bikin info grafis tuh ya, entah mengapa, meski sederhana, tapi eye catching banget, bukan eye catching norak kek warna pilihan si Rey, tapi komposisi warnanya tuh pas banget.

Mereka-mereka itu sering saya baca kontennya, makanya nggak sakit hati saya kalau mereka menang teros, justru sakit hati kalau mereka nggak masuk sama sekali di daftar pemenang, meski cuman hiburan, hahaha.

Alasan Mengapa Jarang Ikut Lomba Blog

Dan sesungguhnya, ikut lomba blog itu ada manfaatnya loh, meski saya juga bisa dapat manfaat tersebut tanpa ikutan lomba blog, seperti :
  • Trafik meningkat, mau trafik banyak? bikin aja artikel di awal-awal waktu lomba, dijamin semua yang mau nulis, pada berkunjung buat nyontek, wakakakaka. 
  • Seperti kata bapak Anton di blognya, kalau bisa sebagai tempat menilai kualitas tulisan kita, meski saya sih kurang begitu setuju banget dengan hal ini, karena sebenarnya pemenang blog itu ya sesuai kesukaan jurinya atau selera juri. Beda lagi ya kalau ikut lomba blog penulisan artikel yang tema pemerintahan, biasanya tuh yang menang adalah konten yang paling lengkap kap kap dan tulisannya memang berbobot.
  • Dapat hadiah, kalau menang sih, hahaha. Saya tuh pernah ikut lomba blog gara-gara disuruh si Diah, waktu saya curhat pengen punya kamera Mirrorless, udah deh saya begadang siang malam, ujung-ujungnya kalah huhuhu. Btw sampai ada yang hadiahnya mobil loh.
  • Kalau menang bisa dipamerkan sebagai achievement di blog kita, lalu saya tersadar, saya juga pernah 4 kali menang lomba blog ternyata hahaha, dan kesemuanya? berbayar lah, hahaha.
 
Demikianlah alasan mengapa saya jarang ikut lomba blog, biar kata hadiahnya menarik, saya kebanyakan mikir, dan udah takut begadang tanpa hasil duluan, hahaha.
Padahal, menurut para langganan pemenang itu, mereka sering menang lomba, tapi juga lebih sering kalahnya, hanya saja kita tahunya mereka menang terus.

Salut deh.
Tapi tetep saya malas ikutan lomba blog kalau nggak dibayar :D
Kalau temans? ada yang suka ikutan lomba blog nggak? 


Sidoarjo, 15 September 2020

#TuesdayTechno

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

29 comments:

  1. kalau blogger yg menang lomba blog gitu biasanya blogger orang dalam (itu menurut aku sih, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etapi beneran ya, kadang bikin saya suudzon, soalnya ya 4L gitu, padahal yang lain juga masih ada yang juga bagus :D

      Delete
    2. Maaf maaf aja nih,,,saya dulu sering tuh ikut lomba blog,,,tapi sekarang males,,,karena apa? Karena yang menang orangnya itu itu aja,,,kalau liat yang menang juara 1,2,3 orangnya ya itu lagi, itu lagi,,,paling berubah di posisi juaranya aja,,,dan sayapun curiga, apa iya itu yg menang orang dalam? Gak tau deh,,,wkwk

      Delete
  2. aku juga udah jaraaanggg ikutan lomba blog.
    Makin ke sini udah capek mikir macam2 wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaann, diserahkan ke yang masih kinyis-kinyis aja, beneran menyita pikiran deh kalau lomba blog, jauh lebih mending tulis sponsored post :D

      Delete
  3. Kak Rey, maksudnya dengan ikutan lomba tapi dibayar itu gimana? Ini istilah baru banget untuk aku karena selama ini baik lomba blog atau lomba-lomba lainnya kan cenderung peserta yang harus bayar uang pendaftaran dulu. Makanya aku kaget, kok ada lomba yang pesertanya malah dibayar, enak banget dong wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacam buzzer say, jadi sama kayak di medsos yang biasanya di IG, peminat kuis atau giveaway itu udah dikit loh, alhasil brand yang biasanya punya target follower, dan engangement, bayar buzzer biar ikutan giveawaynya.

      Sama kayak lomba blog, semakin ke sini makin banyak yang males ikutan, karena mungkin orang-orang bete, pemenangnya 4L.

      Jadinya ya gitu, target backlink dan segala macam yang brand butuhkan dari lomba blog itu nggak nyampe, sehingga beberapa brand memilih bayar buzzer, untuk ikutan meramaikan, sekaligus ikutan woro-woro gitu :D

      Ya salah brand juga sih, mbok ya pilih pemenang itu beragam, jadi kan yang ikut tetap antusias, saking yang menang udah kedetect itu-itu mulu, apalagiiii pemenang itu biasanya punya kenalan orang yang bekerja di bagian adminnya, meskipun penilaiannya adil, tetep bikin orang suudzon.

      That's why kalau brand yang udah pengalaman tuh, mereka pegang sendiri project lomba blog tersebut, dan dikasih syarat siapa aja yang nggak boleh ikut lomba, biar nggak bikin suudzon pemirsaahh hahaha

      Delete
    2. Oalah, aku ngerti sekarang, ternyata semacam dibayar jadi tim hore gitu ya. Enak juga kalau gini 🀭
      Terima kasih atas penjelasannya kak Rey 😍

      Delete
  4. Bulan ini aku lagi menanti pengumuman lomba blog yang sedang kuikuti, Mba Rey huahaha πŸ™ˆ

    Aku sebetulnya jarang bangettt ikut lomba, sesekali aja itu pun hanya untuk hura-hura sih. Cuma pengen tau aja, bisa nggak ya nulis sesuai tema yang diberikan. Itu juga milih-milih banget lombanya, nggak tiap kali ada lomba pasti ikutan. Karena betulll, nulis artikel lomba itu menguras waktu! Lelah hayati hamba tuh kalo nulis buat lomba πŸ˜‚

    Tapi aku salut sih dengan teman-teman yang rutin ikutan lomba blog, terus langganan menang pulak. Pasti ada kesenangan dan tantangan sendiri untuk mereka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh semoga menang ya Jane, aamiin.

      Bangeeettt, nulis artikel lomba itu, udah kek mau sekarat rasanya, bebannya berlipat-lipat buat saya.

      Mending kejar job aja hihihi.

      Iyaaa, katanya kalau udah pernah menang itu, jadi tahu selanya.
      Salah satunya kenali jurinya, karena juri memilih sesuai selera dan pengetahuannya :D

      Tapi ya gitu, saya udah terlalu mutung, mungkin juga job jauh lebih ringan dan pasti dibayar ketimbang lomba kali ya :D

      Delete
    2. Semogaa menang yaa Mba Janeee!! πŸ’–πŸ’–

      Delete
  5. Tapi kan kalau menang dapat predikat: Pemenang dua lomba....

    Tapi kalau mau menang kudu komersial ya..

    Sama, saya juga tidak minat, kecuali menulis saja. Melihat apa yang kita tulis ternyata bermanfaat bagi orang lain sudah jauh sekali tinggi nilainya ketimbang uang. Itu juga salah satu alasan adsense saya copot kecuali di blog wordpress saya.

    Saya setuju dengan artikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iyaa sih, tapi kalau menang :D

      Betul sekali, membantu orang itu udah luwar biasa rasanya :)

      Delete
  6. dulu pernah beberapa ikutan lomba. tapi tidak pernah menang. Setelah baca artikel para pemenang, akhirnya aku sadar jika gaya tulisanku kurang cocok untuk ikut dalam lomba.

    Aku juga merasa kalau pemenang lomba blog seringnya orang-orang itu lagi. Yaa mungkin karena mereka sudah spesialisasi ikut lomba. Jadi terbiasa menang mbak rey :D

    oyaa, satu alasan lagi kenapa aku jarang ikut lomba, yaitu syarat dan ketentuan yang cukup banyak dan ribet. Apalagi jika S&K nya dicantumin dalam poster. Tulisannya jadi kecil dan tidak jelas. Informasi yang ingin disampaikan malah tidak tersampaikan dengan baik...huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya tuh, memang kriteria pemenangnya itu sulit ditebak, kecuali kita kenal bener selera juri, karena kadang saya baca postingan yang juarapun (menurut selera saya) B aja.

      Jadinya kan sulit ditebak, kecuali yang biasa menang.
      Nah kalau udah tahu siapa yang menang, buat apa ikutan? ngabisin waktu, dan pikiran ajah kan :D

      Delete
  7. Aku dulu sering banget Mba Rey ikutan lomba blog, lomba-lomba yang menarik dan tidak ada syarat2 SEO yang susah-susah pasti saya ikutin hehe. Tapi ya sama gak pernah menang, sedih banget padahal udah pede banget :(

    Pencapaian terbesar di lomba blog itu sih masuk nominasi menang alias 5 besar tapi ini untung sih dapet duit iya, sertifikat iya, trus dipajang di pameran gede dan ditampilin di puncak acaranya hehe lumayan banget tapi cuma sekali itu doang. Sisanya ambyarrr hahaha

    Sempet kepikiran kayak Mba Rey, kok yang menang itu-itu terus... sampe bosen liat namanya hahaha kok ya gak kasihan sama blogger-blogger kecil lainnya ya tapi yasudah mau apalagi ya kan... sampe akhirnya gak pernah lagi deh ikutan lomba blog

    ReplyDelete
  8. Sama dong mbk rey, sama males ikut lomba blog. Soalnya kalau saya males ngurusin persyaratannya dan nulis dengan batasan itu nggak nyaman. Walaupun kadang pengen juga waktu liat info lomba blog gitu, tapi pada akhirnya selalu enggak jadiπŸ˜‚
    Salut juga sama blogger-blogger yang rajin ikutan lombaπŸ‘πŸ‘
    Mungkin suatu hari saya dapat hidayah untuk ikut lomba blog juga dengan senangat😁

    ReplyDelete
  9. Dulu aku pernah ikut lomba blog mbak dan Alhamdulillah menang, cuma hadiahnya bukan duit tapi domain. Eh setahun kemudian habis suruh perpanjang. Ogah akunya dan akhirnya domainnya expired.

    Saya juga pernah ikut lomba SEO. Jujur saja waktu itu aku ikut saja karena pengin coba, padahal ngga tahu SEO sama sekali. Pertama ikut ya lumayan dapat di halaman tiga, makin lama makin nyungsep kayak mbak Rey hahaha 🀣

    Memang sih ada lomba yang kadang pemenang nya itu kok orang yang dekat dengan jurinya, jadinya kan su'udzon ya. Ya udahlah ngga usah ikut lomba lagi, sampai sekarang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  10. Aku mah fix, ngeblog untuk kesenangan. Menulis apapun yg disukai. Lagi emood ya nulis, klo gak y mesti lamaaa :D

    Macam aku yang pemalas ini bagaimana mau ikut lomba blog? ehh..

    Klo ikut lomba kayaknya kudu kerja ekstra spt penjelasan artikel di atas...

    Tapi angkat jempol buat blogger2 yg rajin ikutan lomba..

    ReplyDelete
  11. aku juga jarang banget ikut lomba blog, apalagi lomba SEO karena capek hati. pernah seniat itu bikin konten dan aku sudah ((merasa)) punyaku kece badai lalu kalah sama yang grafisnya ala-ala, tulisannya mubeng mubeng ra nggenah terus aku kapok. sekarang ikut lomba yang kira-kira bisa jadi internal link aja buat blogpost aku yang lain hahaha

    ReplyDelete
  12. Mba Rey, template blog yg muter2 itu kayak gimana sih mksdnya? Hehehe..

    Ternyata ikut lomba blog itu melelahkan yaa.. Aku sampai skrng blm pernah donk ikut lomba blog. Takut ga kekejar aja waktunya buat riset n siapin tulisannya.. 😁

    ReplyDelete
  13. Huaaa mba Rey habis baca ini jadi berterima kasih banget karena mba Rey mau ikutan lomba di blog saya πŸ˜† even kirim artikel ke saya. Seriously saya nggak tau kalau lomba bisa semenyebalkan ituuu mba. Jadi nggak enak saya karena merepotkan teman-teman, namun terharu sebab yang ikut ada banyak (menurut saya 27 itu banyak) 🀧 mana kebanyakan teman-teman mba Rey pula yang tadinya saya nggak kenal ~

    Eniho, saya pribadi belum pernah ikut lomba. Sebab merasa nggak bisa menulis serius ala peserta lomba πŸ˜‚ hehehe. Dan soal pilih pemenang, itu pun kadang saya bingung pilihnya alhasil kalau nggak pakai comment picker, saya akan minta bantuan sohibal sohibul untuk pilihkan πŸ˜† sambil berusaha adil seadil-adilnya dengan harapan nggak ada yang kecewa πŸ˜‚ habis baca post mba, saya jadi was-was ada yang kecewa nggak ya dengan pilihan saya πŸ™ˆ hahahaha.

    Eniho, suka post ini mba πŸ˜πŸ’•

    ReplyDelete
  14. Nomor 2 dan 3 itu bener buanget mbak, wkwk.. Nggak cuma lomba blog aja sih, lomba puisi juga aku sering ikut, tapi belum pernah menang sama sekali, huhu..

    Sebenernya, ini faktor hoki juga sih mbak, dan mungkin memang kerja kerasnya dia buat merangkai kata si lomba blog itu tadi.

    Hah.. tapi kalo aku sih ikutan lomba blog yang bener-bener aku tertarik sama temanya, bukan hadiahnya, dan semampu otak juga, siap ngerjainnya atau enggak, masalah menang atau enggak, abaikan lah, yang penting bisa dapet harapan atau voucher apa gitu, wkwk..

    ReplyDelete
  15. hehehehe inilah alasan versi panjang yang selama ini mba rey bilang, ogah ikutan lomba blog.
    tapi memang kalau ikut lomba itu "perjuangannya" beda dengan kalau nulis apa adanya kayak nulis post biasa
    nama nama yang disebut kayak mba rizka, mba arda, sama mba tya udah nggak heran kalau misalnya mereka yang menang, karena memang baguuussss
    bahkan, dulu ada lomba blog shampoo mbak, awal pengumuman nama nama pemenangnya asing semua, setelah dibuka artikelnya, astagahhhhh jauh dari syarat ketentuan yang diminta, tapi bisa dimenangkan.
    aku aja yang cukup sering ikutan lomba nggak terima kalau mereka yang menang, karena memang jauh banget kualitas tulisannya sama blogger yang tulisannya ngena banget
    banyak blogger yang protes soal info pemenang ini dan akhirnya ada revisi pemenang lagi
    salah satunya mba tya tadi kayaknya yg dapet

    ReplyDelete
  16. Gw malah belum pernah ikut lomba. Malesss

    Nulis biasa yang gak ada beban aja jarang-jarang karena waktunya gak ada, kok nulis yang dikaish tema. Malesss...

    Gw bikin blog mah buat curhat. Biar pikiran rileks dan bisa menghibur pembaca. Syukur-syukur dapet temen di dunia maya. Itu udah seneng banget gw.

    ReplyDelete
  17. Saya dulu suka tapi sekarang males ah,,,gk pernah menang,,,trus perasaan yang menang orangnya itu itu aja wkwkwk,,,sekarang saya juga mau ikutan kalau lombanya ada embel embel "hadiah untuk seluruh peserta" wkwkwk

    ReplyDelete
  18. Rey, aku baru tau ada lomba tapi dibayar :D. Jd semua peserta dibayar dulu gitu?? Waaah enak jugaa hahahaha.

    Aku jujurnya ga suka ikutan lomba gini, apalagi kalo udh temanya beda Ama Niche blog ku :p.

    Seumur2 ya aku ikutan lomba blog hanya 1x, itu juga yg ngadain blogger, mba myra anastasia . Kenapa aku ikut? Krn hadiahnya 1 paket novel ilana Tan. Ya ampuuuuuun Krn hadiahnya novel aku lgs semangat Rey. Apalagi lombanya cm disuruh bikin cerita barang yg ga pernah lupa di bawa tiap pergi. Aku lgs ceritain sarung Fylly lah hahahaha. Dan menang juara 1 .. aku happy byangettttt dpt novel. Msh ada tuh Ampe skr :D.

    Eh pernah juga ikutan lomba, tp Krn bukan di blog aku mau. Suruh bikin naskah ttg pengalaman menginap di hotel mana aja, yg menang bakal dibikinin buku hasilnya. 2 naskahku menang dan msk di novel kompilasi Ho[s]Tel, bareng mas ariy :D.


    Tapi kayaknya aku udh males ikutan lagi. Kec kalo lombanya bukan di blog yaaa. Kalo disuruh nulis di blog, ga ah. :P. Apalagi kalo sampe ga menang

    ReplyDelete
  19. Pas awal-awal saya juga sering kali ikut lomba blog, dan seperti blogger pemula yang merasa tulisannya lebih bagus dari yang lain, saya juga sempat berpikiran negatif dengan jurinya.

    Meski jarang lagi ikut lomba blog, saya jadi rindu pas bikin tulisan untuk orang lain. Apalagi, saya juga orang yang cukup niat jika menyangkut lomba. Maunya, kalo ngga paling bagus, setidaknya bisa paling unik

    ReplyDelete
  20. Halo, Mbak Rey!
    Wah, aku baru tau kalau ada lomba yang malah ngasih bayaran ke pesertanya. Asik juga kayaknya ya. Hehe

    Aku baru sekali ikut lomba blog, dan nggak menang. Tapi, masih penasaran pengin ikutan sih kalau ada lomba-lomba lagi. Kalau ga menang, ya setidaknya dapat ilmu baru dan nambah postingan di blog. I have nothing to lose πŸ˜…

    Btw, salam kenal ya, Mbak! (:

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)