Thursday, September 24, 2020

Tetap Semangat Berkreasi Demi Menggapai Mimpi

Fun Talk #AyoMajuBersama

Sharing By Rey - Di masa pandemi ini, rasanya keterbatasan membuat banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menggapai mimpi.

Keadaan ekonomi yang lesu, keterbatasan dalam interaksi dan jarak, membuat banyak orang tidak sebebas biasanya dalam berkreasi.

Namun, tidak semua orang menyerah dengan keadaan ini, beberapa orang malah tetap semangat dan berani berkreasi untuk menggapai mimpinya, tak peduli dengan masa yang lebih terbatas selama pandemi ini.

Salah satunya adalah, Mas Erix Soekamti, seorang seniman yang juga merupakan salah satu pentolan band Endank Soekamti.

 

Fun Talk #AyoMajuBersama - Berani Berkreasi dan Gapai Mimpi


Rabu malam, 23 September 2020 kemarin saya ikutan menyimak tayangan IG Live dari Home Credit yang rutin mengadakan Fun Talk super faedah di setiap minggunya.

Fun Talk #AyoMajuBersama - Berani Berkreasi dan Gapai Mimpi

Dan minggu ini kebetulan hadir sebagai pembicara, Mas Erix Soekamti, yang banyak sharing mengenai segala usaha dan semangatnya, untuk terus berkreasi demi menggapai mimpi.
FYI, Mas Erix Soekamti adalah sosok seniman atau personal di balik grup band Endank Soekamti  dan juga pendiri Does University.

Ada beberapa hal yang dibagikan oleh Mas Erix, di antaranya kisah mengenai berdirinya Does University, yang mana terwujud dari pengalaman pribadi, sewaktu kecil susah mencari sekolah yang tepat, karenanya dibuatlah alternatif sekolah, sehingga anak-anak yang seperti Erix Soekamti di masa kecil, dapat mempunyai kemudahan dan kesempatan untuk belajar.

Mas Erix juga bercerita, bahwa banyak hal yang dia ciptakan justru berawal dari keterbatasan, seperti Does University, juga merambah beberapa production house.
Semuanya bermula dari hal-hal yang terbatas, memanfaatkan keterbatasan, dan memberikan solusi.

Secara garis besar, hal-hal penting yang diberikan Mas Erix adalah:

Keterbatasan mendatangkan ide


Keterbatasan sesungguhnya adalah sebuah kondisi untuk kita bisa lebih berkembang, karena keterbatasan justru akan menghadirkan banyak ide-ide kreatif.

Seperti Mas Erix yang menciptakan banyak hal menarik yang justru menjadi bisnis yang berkembang, di mana ke semuanya bermula dari hal-hal yang membatasinya.

Salah satu contohnya adalah, ketika merasa bahwa adanya studio musik itu malah membatasi kreatifitas, maka muncullah ide kreatif untuk melakukan hal yang unik dan anti mainstream, yaitu dengan bermusik dalam konsep studio outdoor.

Siapa sangka? dari keterbatasan, muncul ide dan malah keterusan menjadi sebuah jalan untuk meraih impiannya?


Segera eksekusi ide yang ada


Hal yang paling penting dalam sebuah ide adalah, merealisasikan ide tersebut, hingga idenya terpampang nyata. Bukan di angan belaka.

Karenanya, ketika ada ide, segera eksekusi dengan merealisasikan.
Kalau perlu pakai cara learning by doing, di mana hal-hal yang dibutuhkan, justru ditemukan dan dilakukan saat berlangsungnya eksekusi ide tersebut.

Kebalikan dari yang sering orang lakukan, saat ada ide mulailah merancang rencana.
Rancangan aja melulu, sampai-sampai lupa di realisasikan, hahaha.

Dalam eksekusi ide tersebut, Mas Erix justru semakin terpacu untuk lebih kreatif, agar semua masalah yang ditemukan saat realisasi ide, bisa ditaklukan.

Misal, dengan memikirkan alat-alat penunjang dalam rekaman konsep outdoor, seperti mic khusus, genset portable dan semacamnya. 
 

Hadirkan passion untuk mendukung semangat berkreasi


Hal yang paling penting dan mendasar, dalam semangat berkreasi demi menggapai mimpi adalah passion.

Yup, dalam merealisasikan ide, bukan tidak mungkin akan menemui beragam masalah, dan mungkin beragam tantangan yang kadang bisa mematikan semangat.
Karenanya, untuk memelihara semangat tersebut, selalu hadirkan passion dalam setiap kreatifitas kita.

Sehingga, saat merasa ingin putus asa dan menyerah, passion lah yang akan membangunkan kita untuk tetap semangat kembali berkreasi demi menggapai mimpi 


Ketularan Semangat Berkreasi Dari Erix Soekamti


Setelah mendengarkan sharing dari Mas Erix Soekamti, rasanya semangat saya kembali meletup-letup.
Yup, saya ketularan semangat dari Mas Erix.

Tetap Semangat Berkreasi Demi Menggapai Mimpi

Bahwa keterbatasan yang kita rasakan selama masa pandemi ini, sejatinya tidaklah memadamkan semangat kita untuk terus berkreasi demi impian.

Dan sebagai mom blogger, jujur saya memang kadang merasa ingin menyerah dengan keadaan sekarang.
Di mana sejak masa pandemi ini, sebuah hal yang cukup menantang untuk bisa terus ngeblog, karena saya juga seorang ibu yang harus mengurus dua buah anak saya seorang diri.

Jika sebelum pandemi, saya terbantukan dengan ngeblog saat si kakak berangkat sekolah, sekarang waktu untuk ngeblog semakin sedikit, karena saya harus mendampingi anak belajar online, serta mengurus adiknya dan juga mengurus rumah.

Namun, ngeblog adalah passion saya.
Seperti kata Mas Erix, keterbatasan bukanlah suatu hal yang bisa membunuh kreatifitas, justru dengan keterbatasan membuat kita jadi semakin terpacu untuk lebih maju menaklukan tantangan.

Karenanya, i won't give up hanya karena pandemi ini.
Saya akan terus ngeblog dengan rutin, dan tentunya tetap menjaga keseimbangan antara profesi ngeblog dan kodrat saya sebagai seorang ibu.

Seperti kata Mas Erix Soekamti, pada dasarnya kreatifitas adalah sebuah solusi.
Jika saya masih menemukan masalah dalam kegiatan ngeblog saya, itu berarti saya kudu lebih menggali lagi kreatifitas, agar menghadirkan solusi dari masalah tersebut.

Sungguh ya, saya benar-benar merasakan manfaat dari Fun Talk @homecreditid Rabu kemarin, dengan teman menarik Berani Berkreasi Dan Gapai Mimpi.

Di mana, hobi bermusik Mas Erix membawanya menjadi seseorang yang lebih kreatif.
Tentunya, hobi ngeblog sayapun harusnya bisa menjadi kreatif dan tetap semangat dalam menjalaninya.

Terimakasih banyak Home Credit Indonesia atas acara super faedahnya Fun Talk #AyoMajuBersama.
Btw, jangan lupa untuk selalu pantau akun instagram @homecreditid ya temans, karena setiap minggunya akan selalu ada acara berfaedah Fun Talk dengan berbagai narasumber yang super kece.

Kalau temans, tetap semangat juga kan berkreasi demi menggapai mimpi, meski dalam masa pandemi ini?


Sidoarjo, 24 September 2020

Sumber : Fun Talk #AyoMajuBersama di IG live @homecreditid
Gambar : Dokumen pribadi

69 comments:

  1. Saya banget de mba.
    Rencanaaaa melulu, realisasi ndak pernah..
    Apalagi menurut saya, saya ini bukan orang yang kreatif de..

    Haizzz..

    ReplyDelete
  2. pada saat pandemi seperti ini jangan pernah berhenti untuk produktif ya kak, terus melahirkan ide dan jangan lupa untuk segera dieksekusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, biar idenya segera direalisasikan :)

      Delete
  3. Mas Erix ini bukti nyata ya bahwa jangan menyerah terhadap keterbatasan. Buntiknya bisnisnya makin banyak. Senang deh ikut nonton sesi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olah kok buntik .. tadi mau bilang bukti wkwkwk.

      Beliau ini memang pantas dihadirkan menjadi nara sumber.

      Delete
    2. hihihih iya Mba, benar-benar beruntung bisa ikutan nyimak fun talknya :)

      Delete
  4. Masa pandemi gini memang harus kreatif ya mba. Harus terus berkarya walau situasi dan kondisi terbatas, gak seperti biasanya. Semangaatt ❤️

    ReplyDelete
  5. Apa yang disampaikan mas Erix banyak benernya, bener semua malah
    Aku baru tau kalau mas Erix adalah pendiri Does University. Apa yang selama ini jadi impiannya bisa diwujudkan secara nyata

    Beda sama aku hhahaha, ide aja ini itu tapi di otak, dannnnnn ga pernah kelakon. Apa kabar sukses? Jauhhh hehehe

    ReplyDelete
  6. Fun Talk @homecreditid ini bermanfaat sekali ya kak. 2 sesi nggak bisa ikutan jadi penasaran nanti siapa nih yang bakalan isi. Sosok-sosoknya beneran menginspirasi banget ya kak kayak erix soekamti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, kemaren-kemaren sempat penasaran juga, selalu hadirkan pembicara yang luar biasa :)

      Delete
  7. Semangat kreatif kawan. Benar banget jangan berpikir alat dulu. Berkarya saja dengan yang kita miliki

    ReplyDelete
  8. Home Credit ini acaranya sangat bermanfaat ya mb rey, semoga menumbuhkan semangat kreatifitas juga bagi orang lain. Mengingat masa pandemi begini semuanya dituntut lebih kreatf dan inovatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, selalu hadirkan fun talk yang bermanfaat :)

      Delete
  9. Sama banget nih. Demen ngeblog tapi waktu terbatas karena harus ngurus si kk qdenya dan rumah juga.
    Tetap semangat deh untuk kita semua. Hehe

    ReplyDelete
  10. Biasanya memang seniman punya banyak cara untuk survive. Orang-orang yang gak berhenti berkreasi tanpa batas akan menemukan 'emas' nya di suatu waktu.
    Salut deh sama mas Erix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener Mba, ibarat terus maju, akhirnya cepat sampai di tujuan :D

      Delete
  11. Biasanya memang seniman punya banyak cara untuk survive. Orang-orang yang gak berhenti berkreasi tanpa batas akan menemukan 'emas' nya di suatu waktu.
    Salut deh sama mas Erix

    ReplyDelete
  12. Wujudkan ide, jangan hanya sebatas rencana. Itu jadi cambuk buat saya. Selama ini saya banyak ide, tapi minim wujudnya. terima kasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  13. Banyak cara dan pasti ada jalan ya di tengah keterbatasan seperti situasi saat ini. Yang penting selalu berusaha dengan kreatif pasti ada peluang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, kreatif mendatangkan ide dan peluang :)

      Delete
  14. dimasa sekarang yang penuh keterbatasan dan tekanan ini, ajaibnya kreatifitas muncul loh mba. tinggal mengupgrade kreativitas supaya menghasilkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, selalu ada jalan, meskipun serba terbatas :)

      Delete
  15. Memang selama pandemi semua merasakan efeknya ya kak Rey.. tapi bagi mereka yang kreatif dan penuh solusi, Pandemi ini melahirkan jalan keluar yang solutif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, salut dan bikin ikutan semangat ya :)

      Delete
  16. kreatif memanfaatkan waktu yg ada untuk selalu melaksanakan hal2 produktif yg bermanfaat.. semangat! semoga kita semua selalu sehat dan bahagia.. Aamiin..

    ReplyDelete
  17. Seru banget ya kelihatannya, banyak yang komen waktu live. Minggu depan apa ya temanya? ��

    ReplyDelete
  18. Setuju kak setiap ada ide harus segera dieksekusi ya. Sebelum akhirnya menguap bersama angan aja. Atau boleh juga untuk sementara dicatat lalu di lakukan. Learning by doing.

    ReplyDelete
  19. Dalam keterbatasan pasti ada jalan keluar ya mbak dan bersyukur bisa semakin kreatif. Di masa pandemi ini, saya juga belajar untuk selalu memiliki ide dan berpikir kreatif.

    ReplyDelete
  20. KAlau ser=seorang punya karakter ulet, keterbatasan akan memaksanya berkembang. Saya jadi ingat tanaman yang terhimpit di bawah polibag. Beberapa tetap tumbuh sampai akhirnya saya tahu dan merawatnya atau membuangnya.
    BAca ini sambil mengingat kalau sebentar lagi waktunya berkebun.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya ya Mba, malah tetep tumbuh dengan gagahnya :D

      Delete
  21. Suka banget dengan keterbatasan mendatangkan ide, dan eksekusi segera idemu. Setuju Mbak Rey, kl untuk berkreativitas emang gak mesti berada di saat yg kondusif melulu ya, justru saat-saat sulit banyak melahirkan orang-orang hebat seperti Mas Erix n Mas Bambang ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalau nggak berbatas jadinya mager hahaha

      Delete
  22. "segera eksekusi" kayanya hal terlemah saiyah. suka nunda2 sesuatu haha.. keburu adem idenya, terus terlupakan begitu saja :)

    ReplyDelete
  23. Setuju dengan Erix Soekamti yang kreativitasnya lahir bermula dari hal-hal yang terbatas, memanfaatkan keterbatasan, dan memberikan solusi.
    Memang pandemi melahirkan banyak peluang jika kita mau memanfaatkan kesempatan ya Mbak Rey, bukan berarti menyerah untuk kalah!
    Semnagat terus ngeblog kita, Mbak Rey!!

    ReplyDelete
  24. semangat mewujudkan mimpi dan terus berkreasi demi menggapai mimpi yang jadi nyata seperti orang hebat ini mas erix dari soekamti

    ReplyDelete
  25. Aih seru nih narasumber. Saya ikutin media sosialnya Mas Erix Soekamti juga. Kayaknya awalnya karena dengar cerita tentang beliau dari teman. Si teman itu tuh mengidolakan dan termotivasi banget sama Mas Erix.

    ReplyDelete
  26. Seneng ya kalau mendengar cerita inspiratif, menjadi mood booster sendiri deh pasti.

    ReplyDelete
  27. Wah keren banget mbak narasumbernya, mas Erix Soekamti. Beliau termasuk orang kreatif deh. Aku pun di masa pandemi merasa lebih banyak waktu untuk berkreatifitas, melakukan dan mencoba hal baru. Ternyata emang ada hikmahnya ya semua itu. Aku yakin mbak Rey pun begitu :-)

    ReplyDelete
  28. kalau punya mimpi emang harus dieksekusi sih ya ga bisa cuma rencana doang, yang ada nantinya malah menguap aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi betul sekali, kudu segera direalisasikan :)

      Delete
  29. Yuk kita selalu semangat kak dlm menggapai mimpi dan cita-cita. Tabrak semua masalah yg ada..dan qt jadi pemenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, pasti bakal ada jalan keluar jika nemu tantangan :D

      Delete
  30. Acara yang seru nih, jadi ingin ikutan yang acara selanjutnya. Nambah ilmu banget sepertinya.

    ReplyDelete
  31. Dari kemarin banyak banget yang share ini, dan akhirnya nyoba ikutan pas sesi yang ini. Sangat bermanfaat sekali sharing dari home creditnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikutan, banyak kisah menarik dan bertabur hadiah :D

      Delete
  32. Betul banget, seharusnya ketika ada ide langsung dieksekusi. Terkadang ide sudah ada, tp lama dieksekusi dan tdk dilakukan akhirnya ya hanya menjadi sebuah ide saja 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iyaaaa, kadang kalau kelamaan idenya jadi melempem hihihi

      Delete
  33. Tapi bener sih, di saat dlm kesempitan, disitu biasanya ide2 segar dan kreatif keluar :D. Liat aja pas kita semua bingung masker di mana2 abis dan mahaaal luar biasa, eh malah ada ide memakai masker kain dan jd booming. Trus muncul ide2 lain kayak face Shield , penyimpan masker sementara di saat makan, semuanya jadi ide bagus dan malah laku keras kan.

    Dalam pergaulan, aku jg LBH seneng kumpul Ama orang2 yg semangat Rey. Ada dulu di kantor, atasanku yg semangaaaaat banget kerjanya. Dan dia slalu ceria apapun kondisinya. Jadinya pas sdg down, tapi ketemu dan ngobrol Ama dia, ga tau Napa, jadi kebawa loh Ama semangatnya. Itu kenapa aku LBH suka berteman dengan org yg ceria gini. Krn aku sendiri gampang moody, cepet down. Jd butuh teman yg bisa memberikan semangat itu :D. Supaya ketularan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener Mba, semacam orang yang nggak suka digenjet keterbatasan, jadi saat terasa sesak, mereka selalu berusaha melompat setinggi mungkin, hingga bisa keluar dari himpitan dengan ide-ide menarik :D

      Delete
  34. mager itu yang bikin ngapa-ngapain jadi stuck ya, padahal banyak yang bisa dilakukan di masa pandemi, harus semangat pokoknya

    ReplyDelete
  35. Kusuka pernyataan ini :
    Keterbatasan sesungguhnya adalah sebuah kondisi untuk kita bisa lebih berkembang, karena keterbatasan justru akan menghadirkan banyak ide-ide kreatif.

    Berasa banget pas kerja menjelang deadline tiba-tiba muncul ide yang tak teebayangkan sebelumnya. Hmmm jadi mikir, ini emang kreatif apa malas yak karena selalu menunda mengerjakan sesuatu wkwkwwk

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)