Monday, August 23, 2021

Peluang Bisnis dari Masalah di Sekitar Kita

peluang bisnis

Sharing By Rey - Saya iseng buka Tiktok barusan, dan langsung terpampang sebuah konten, di mana menampilkan sosok pemilik Gojek si Nadiem Makarim, yang membagikan nasihat bisnis, di mana peluang bisnis yang bagus itu, adalah yang menjawab permasalahan.

Saya jadi merenung, iya juga ya, bukannya Gojek itu tercipta dari peluang bisnis yang dilihat pendirinya untuk menyelesaikan masalah kebanyakan orang zaman now, yaitu mager! tapi banyak maunya, hahaha.

Mau bepergian tapi malas bawa kendaraan, karena macetnya ampun-ampun, mau naik kendaraan umum, kok ya ribet nunggu dan jalan ke terminal, atau tempat mangkal kendaraan umum tersebut.

Lalu, oleh Nadiem yang memang mindset-nya udah terbiasa dengan uang, semua masalah itu membuat dia melihat sebagai sebuah peluang bisnis yang besar, sehingga terciptalah sebuah bisnis yang menjawab masalah kebanyakan orang tersebut, Gojek!


Peluang Bisnis dari Masalah Blogger


Akhir-akhir ini saya sedang tertarik banget untuk utak atik blog, biar bisa lebih SEO friendly, dan saya jadi menemukan masalah baru, di mana hal ini kayaknya jadi masalah kebanyakan blogger, yaitu ternyata utak atik blog itu ribet, hahaha.

Saya jadi teringat beberapa iklan yang saya lihat di medsos, di mana ada beberapa blogger yang menerima jasa benerin struktur blog.

Dan tetiba saya salut, betapa para blogger demikian adalah orang-orang yang pandai melihat peluang dari masalah blogger.

Meskipun awalnya saya bepikiran, bahwa lebay banget sih orang-orang ini, gitu aja kudu pakai uang, kenapa nggak dibagi aja sih ilmunya, biar blogger lainnya bisa menerapkannya juga.

Dasar si Rey ya, nyinyir aja.

Padahal ya, sah-sah aja sih ya, mengubah masalah blogger menjadi uang, dengan menjadikannya salah satu peluang bisnis.

Dan saya rasa, sebenarnya masih banyak sih ya peluang bisnis dari masalah yang sering dialami banyak blogger, di antaranya:


1. Peluang bisnis menjual artikel


Peluang bisnis untuk menjawab masalah blogger ini sebenarnya udah banyak dilakukan beberapa blogger ya, setau saya sih si Rini pemilik celotehdinihari.com, sejak tahun 2019 atau 2020 ya, saya kenal dia tuh, dan tahu kalau dia jualan artikel gitu, ada team-nya malah.

Ini keren banget sih ya, mengingat banyak banget blogger yang ngeluh kesulitan memposting artikel baru di blog, jangankan mau nulis setiap hari ya, nulis seminggu sekali aja sulit.

Karena banyak alasan sih ya, salah satunya waktu, salah duanya ide, hahaha.
Padahal ya, sebagus apapun performa blog, kalau isinya cuman bisa update sebulan 1 artikel, atau 2 bulan 1 artikel, duh google juga lama-lama nggak suka ama tuh blog yang sepi, hahaha.

Nah, dengan menjual artikel, kita bisa menciptakan peluang bisnis, dari masalah kebanyakan blogger ini.


2. Peluang bisnis membenahi struktur blog


Selama beberapa tahun serius ngeblog, saya juga udah membeli beberapa template blogger, dari yang unyu, sampai yang katanya paling SEO Friendly, nyatanya memang nggak ada template yang benar-benar 100% SEO banget.

Karena algoritma google atau mesin pencari itu selalu berubah, otomatis struktur blog dari template juga harus mengikuti.

Masalahnya adalah, tidak semua blogger mengerti hal demikian, apalagi kalau udahlah pusing liat kode-kode yang bikin ngantuk itu, waktunya terbatas pula, maka mengambil peluang dari masalah tersebut adalah keputusan cerdas menurut saya.


3. Peluang bisnis jasa backlink berkualias


Nah ini kayaknya udah ada juga ya yang lakukan, jadi dengan trend-nya nilai DA/PA blog harus tinggi, biar dapat job gitu, maka banyak blogger yang berlomba-lomba untuk ikutan menaikan DA/PA blog.

Dan seperti yang kita ketahui, DA/PA itu bersumber dari Moz, di mana berkaitan erat dengan backlink url blog kita yang tertanam di website dengan performa besar.

Sayangnya, nggak semua blogger bisa dan tahu caranya, terutama lagi ditambah dengan kendala waktu, bahkan yang ikutan kelas naikan DA secara cuma-cuma aja pada berguguran, saking nggak kuat ngikutin ritme coach yang ngajarin.

Hal paling mudah dilakukan adalah, pakai jasa tanam backlink aja, tapi jangan tanya saya, di mana tuh orang yang nyediain jasa itu?
Saya belom pernah soalnya, saya mah apa-apa sendiri, otodidak, hahaha.


4. Peluang bisnis menjadi perantara blogger dengan klien untuk kerja sama


Ini juga udah ada dan beragam ya, bahkan sekarang tuh udah mulai menjamur di mana-mana, terutama untuk kerja sama backlink.

Ada banyak wadah yang menampung kerja sama blogger dan klien.
Sisi negatifnya, rate card blogger makin menukik tajam, huhuhu.

Namun sisi positifnya sih, blogger lebih mudah mencari job, asal punya modal blog dengan performa yang kuat.


Masih banyak sih ya sebenarnya peluang-peluang bisnis yang bisa diciptakan dari masalah-masalah yang blogger alami, terlebih ya para blogger di Indonesia saat ini udah menjamur banget, baik yang benar-benar blogger, atau memang blogger musiman.

Saya sendiri, sebenarnya juga memikirkan peluang bisnis yang bisa saya ciptakan dari masalah yang saya sendiri alami.
Sayangnya sekali lagi, untuk saat ini saya lebih memilih fokus membangun 3 blog saya aja dulu, karena mengurus itu aja, sungguh menguras banyak waktu, di mana saya wajib banget menyeimbangkan waktu, karena i am a mom dari 2 anak yang saya jaga seorang diri, di week day.

Maybe some day, kalau anak-anak udah bisa lebih mandiri dalam melakukan kebutuhannya sendiri kali ya.


Peluang Bisnis dari Masalah di Sekitar kita


Lalu, bagaimana kalau kita nggak bisa mengambil peluang bisnis dari masalah blogger?
Orang kita bloggernya juga a la a la.

Peluang bisnis dari masalah blogger

Bisa kok, ambil aja peluang bisnis dari amsalah di sekitar kita.
Misal di masa sekarang banyak yang menjalani isoman tapi kesulitan untuk beraktifitas di luar, ya udah kita buka aja jasa panggilan melayani orang-orang yang isoman.

Baik jasa beliin ini itu, atau mungkin jual makanan praktis dan sehat khusus pasien isoman, dan semacamnya.

Intinya, bagaimana kita bisa melihat masalah yang banyak dikeluhkan banyak orang, sebagai sesuatu peluang bisnis, di mana kita bisa mengatasi atau membantu menyelesaikan masalah orang.

Dan nggak perlu ribet dengan model bisnisnya kudu ini kudu itu, cukup yang sederhana aja dulu, asalkan kita mau belajar sambil praktik, lama-lama akan terbentuk juga bisnis apa yang harus kita besarkan, sehingga ketika di usia matang, kita udah fokus besarin bisnis itu, nggak lagi lirik kanan kiri buat cari peluang bisnis baru yang artinya mulai dari nol lagi.

Demikianlah, ada yang punya ide peluang bisnis lainnya dari masalah blogger atau masalah lainnya?
Share yuk :)


Sidoarjo, 23 Agustus 2021


Sumber: Pengalaman dan opini pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

4 comments :

  1. Banyak juga ya mbak peluang bisnis dari blogger. Kalo jasa menulis artikel sudah agak lama tahun 2017 aku lihat ada orang yang share di grup Facebook.

    Artikel 500 kata dihargai 5k, 800 kata 8k dan seterusnya, katanya dijamin SEO.

    Kalo dilihat sepertinya lumayan ya, sehari ada 10 orang pesan 500 kata berarti dapat 50k, lumayan buat jajan dan beli micin eh mi instan.😄

    Kalo jasa backlink sudah lama sejak di mywapblog ada yang jual, misalnya 20 backlink berkualitas dihargai $10. Iyah, memang aku lihatnya situs luar sih.

    Kalo backlink blog lokal baru sekitar 2018 ada yang jualan.

    Kalo jasa benahi struktur blog baru tahu. Tapi kalo jasa bikin website udah agak lama sih, tapi kalo mbak Rey pengin bikin website tinggal hubungi pak Anton, nanti dikasih harga terbaik. :)

    Memang sih jangan sayang mengurus blog apalagi yang menghasilkan duit kayak mbak Rey. Tapi kalo website yang dari hosting kalo dijual lagi lebih mahal.

    Aku pernah lihat ada orang jual website seharga 100 juta. Edan, itu bisa buat beli mobil kan. Kirain tidak laku, eh tiga hari kemudian sudah ada yang beli.:)

    ReplyDelete
  2. Teoat mbak, udah beberapa kali buka bisnis, hampir semuanya merupakan solusi dari permasalahan yang sering saya dan beberapa teman hadapi.. Misal, "Kok susah bener ya nyari roll film di Indonesia?" kemudian buka toko roll film wkwwkkw

    Padahal ya pasarnya kecil gitu hahaha

    Dulu sering banget otak atik blog.. Dari yang ngerti dikit, jadi ga ngerti sama sekali T.T Padahal untuk struktur HTML aku lumayan ngerti, tapi ketika diuji dengan HTML blogger palaku mumet mbak hahaha

    ReplyDelete
  3. Masalah memang sumber peluang. Nice article mbak.

    ReplyDelete
  4. Setujuuu dengan peluang bisnis jasa kepenulisan. Sekarang ini banyak yang nyari juga, dulu aku sempet heran ehh kok bisa ya, ehh ternyata bisa.
    Lumayan juga kan dari hobi nulis terus buka jasa kepenulisan dan menghasilkan cuan plus membantu orang lain juga

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top