Sunday, August 22, 2021

10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik yang Menegangkan

Rekomendasi film thriller

Sharing By Rey - Bulan lalu, saya menghabiskan hampir 3 minggu isolasi di kamar, dan menonton banyak film yang menegangkan untuk mengusir panik dan kebosanan.

Dan kali ini saya ingin berbagi 10 rekomendasi film thriller terbaik yang menegangkan, yang saya tonton ketika isolasi mandiri di kamar tersebut.

Sebelumnya jadi pengen cerita, sungguh aneh dong ya, mengingat dulunya sebenarnya saya tuh pecinta film action Hollywood gitu, lalu lama-lama kok jadi kurang suka action, karena adegannya terlalu penuh dengan kekerasan *halah.

Paling ngeri liat yang berdarah-darah, apalagi film thriller kan ye.
Saya jadi suka film drama, baik Korea, Hollywood maupun Indonesia.
Makanya, kok heran aja, tiba-tiba saya berani nonton thriller, pas lagi sakit pula, hahaha.

Terlepas dari saya yang nggak kuat liat film sadis berdarah-darah, sebenarnya film thriller itu asyik sih ya, ceritanya nggak bikin ngantuk, dan setiap detailnya menentukan ending film, bisa kita ngerti atau enggak.

Apalagi yang super menegangkan, jangan harap deh bisa ngantuk dan bosan kalau nonton film thriller menegangkan.
Dan ini 10 rekomendasi film thriller terbaik yang menegangkan, yang pernah saya tonton, adalah:


1. A Quiet Place 2


Memang si Rey ini seleranya rada aneh ya, saya dong nonton film ini yang bagian 2 dulu, padahal ya antara A Quiet Place 1 dan 2 tuh, saling berhubungan.

film thriller terbaik a quiet place 2

Tapi, untungnya sih, di part 2 justru diceritakan asal mula mereka bisa hidup dalam ketegangan tanpa boleh sedikitpun bersuara itu.

Film A Quiet Place 2 menceritakan asal mula keluarga Abbot menghadapi teror dunia luar, di mana para alien selalu mendatangi siapapun yang mengeluarkan suara sekecil apapun.

Karenanya, selama beberapa waktu sejak alien tersebut menyerang, keluarga Abbot yang terdiri dari sang ibu, Evelyn Abbot dan 3 anaknya, harus hidup dalam keheningan.

Di part ini, diceritakan pula, bagaimana Evelyn dan ke-3 anaknya akhirnya pergi dari tempat tinggal mereka, lalu menjelajah tanpa suara menuju tempat yang mereka yakini lebih aman dari mahluk mengerikan tersebut.

Film ini sukses bikin jantung berdebar-debar, gimana enggak?
Filmnya itu sepi banget, nggak boleh bersuara sama sekali, lalu ada adegan mereka lari dikejar si alien, dan anak keduanya menginjak sebuah perangkap besi yang dipasang seseorang.

Perangkap itu membuat betis sang adik robek besar, dan akhirnya si adik berteriak kencang banget, sambil dipeluk ibunya yang memohon agar anaknya jangan bersuara.

Doh ngilu, pegimana nggak bersuara cobak?
Kakinya luka lebar!


2. A Quiet Place 1


Film ini merupakan awal dari A Quiet Place 2, di mana di part 1 ini, keluarga Abbot masih lengkap, bersama sang ayah.

film thriller terbaik a quiet place 1

Sayangnya, anak ke-3 yang masih balita tewas diserang alien, ketika mereka pulang mengambil persediaan kebutuhan hidup dari sebuah supermarket.

Di perjalanan pulang, sang adik yang dibiarkan berjalan di paling belakang, ternyata membawa pulang mainan yang bersuara kencang, dan si adik tersebut menyalakan mainan itu, tentu saja si alien langsung menyerang dan membunuhnya.

Berbeda dengan part 2, di part ini filmnya jauh lebih sepi, bahkan nyaris nggak ada scene mereka bicara dengan suara normal.

Dan adegan yang paling menegangkan plus ngilu adalah, ketika si ibunya yang hamil dan waktunya lahiran, eh si alien malah datang ke rumahnya, jadilah si ibu melahirkan nggak boleh ada suara sedikit pun, hahaha.

Bukan hanya asal lahiran, ketika kontraksi dan suaminya masih sibuk cariin anak-anak mereka yang ada di luar rumah, eh si ibu malah turun tangga, lalu nginjak paku pula, tapi nggak boleh bersuara, hahaha.

Sumpeh ya, jantung rasanya mau copot nontonnya, hahaha. 


3. Bird Box


Film Bird Box ini, temanya mirip dengan A Quiet Place, di mana sama-sama menceritakan tentang survival dari mahluk asing.

rekomendasi film thriller bird box

Namun bedanya, di film ini, tantangan yang harus lakonnya hadapi adalah, mereka nggak boleh melihat dunia luar, karena melalui pandangan, mahluk asing akan membuat otak mereka terganggu, lalu mereka akan melakukan bunuh diri.

Film yang diperankan oleh salah satu idola saya, Sandra Bullock, yang aktingnya nggak usah diragukan lagi kan ye, sukses bikin jantung deg-degan, karena juga menceritakan perjuangan si Malorie (Sandra Bullock) yang mencari tempat yang aman, sambil membawa 2 anak balitanya.

Lalu di tengah jalan, mereka diserang oleh mahluk-mahluk tak kasat mata, ketika mereka sedang di sungai pula, dan nggak boleh buka mata pula, dohhh rasanya menegangkan banget.


4. Ready Or Not


Saya nonton film Ready or Not ini sebenarnya, hanyalah sebuah kekepoan semata, karena sesungguhnya film thriller yang sadis kayak gini, not my favorit banget!

rekomendasi film thriller menegangkan Ready or Not

Saya tuh paling ngeri liat darah, well mungkin masih bisa ditolerir sih, kalau darahnya itu, akibat tembak-tembakan, tapi kalau pake benda tajam, duuuhhh, atuuutttt!

Film ini bercerita tentang sepasang pengantin baru yang selepas menikah dan resepsi, bukannya menikmati indahnya malam pengantin, eh malah sibuk bermain petak umpet, dan yang bikin serem tuh, mereka main petak umpet beneran saling bunuh gitu.

Jadi, Grace yang diperankan oleh Samara Weaving, tidak menyangka kalau pernikahannya dengan seorang kekasih tampannya, yang kaya raya, Alex Le Domas, (Mark O'Brien), malah jadi petaka baginya, karena keluarga Alex ternyata punya sebuah ritual seram yang selalu mereka lakukan, ketika ada pengantin baru yang masuk ke rumah tersebut.

Jadilah, malam pengantin mereka berubah jadi malam mengerikan, dengan penuh darah dan adegan sadis, duh saya mah lebih banyak tutup mata nontonnya, hahaha.

Tapi meski demikian, film ini sukses bikin jantung deg-degan banget, saking tegangnya.
Bukan hanya tegang, saya juga jadi teriak-teriak, nyuruh si Grace kabur aja napa dari rumah itu, hahaha.


5. Extraction


Extraction adalah film thiller action Amerika Serikat yang sejujurnya paling saya suka, karena genrenya action, tapi super menegangkan dan bikin nggak bisa nafas tenang, hahaha.

rekomendasi film thriller Extraction

Adegannya tuh kayak awalnya tenang, lalu masuk ke intinya dan tegaaaaanggg mulu, sampai akhir, hahaha.

Film ini menceritakan tentang seorang tentara bayaran yang kalem nan tampan *tsah, hahaha.
Tyler Rake diperankan oleh Chris Hemsworth, yang mendapatkan tugas untuk menyelamatkan Ovi, anak dari seorang pengedar narkoba terbesar di India dan Bangladesh.

Ovi diculik oleh saingan besar ayahnya, dalam bisnis narkoba di sana, dan karena basic-nya narkoba, jadinya filmnya penuh dengan tembak-tembakan sadis, kejar-kejaran, ledakan dan semacamnya.

Yang bikin tegang itu, penonton, kayak nggak dikasih kesempatan buat nafas tenang, baru aja istrahat dari tembakan, eh mulai lagi dikejar-kejar.

Keren sih film ini, terlebih memang action barat tuh adalah genre film favorit saya. 


6. Fractured


Film Fractured ini berbeda dengan film-film yang saya ceritakan di atas, meski tetap ada genre thriller-nya, tapi film ini lebih ke misteri psikologis.

rekomendasi film thriller Fractured

Seru sih ya, ini film-film jenis kayak favorit saya Shutter Island, tapi versi sutradara yang baik hati, karena nggak bikin penonton jadi nggak bisa tidur, mikirin ending film di akhirnya. hahaha.

Jadi, film ini bercerita tentang perjuangan seorang lelaki yang begitu keras berusaha mencari anak dan istrinya, yang diculik untuk diambil organnya di sebuah rumah sakit di pinggiran kota.

Ray Monroe (Sam Worthington) nggak mau menyerah begitu saja, meski mengacaukan seisi rumah sakit, dia tetap berusaha mencari anak dan istrinya, yang beberapa jam sebelumnya telah selesai diperiksa di rumah sakit tersebut.

Dengan adegan-adegan menegangkan yang bikin sedikit bingung, akhirnya Sam berhasil menemukan istrinya yang berada di ruangan tersembunyi di rumah sakit tersebut.

Dan waktunya sungguh tepat, karena anaknya nyaris dioperasi di meja operasi, dan istrinya dibius oleh pihak rumah sakit.

Setelah membuat kekacauan, Sam akhirnya berhasil keluar dari rumah sakit, sambil membawa anak dan istrinya.
Namun, setelah hampir selesai, lah kok.... sungguh membagongkan, hahaha.

Kenapa Rey?
Tonton aja sendiri deh, bagus sih filmnya, meski nggak terlalu bikin tegang juga kayak film lainnya.


7. Underwater


Well, film underwater ini saya tonton hanya karena kangen ama akting si Kristen Stewart sih ya, namun not so bad juga kok, dan sangat bikin nafas tersengal-sengal, karena adegan ceritanya berada di dasar laut paling dalam.

rekomendasi film thriller Underwater

Ye kan, saya nggak bisa berenang, tapi nonton film beginian, yang ada saya ikutan megap-megap liatnya.

Film ini menceritakan tentang Norah (Kristen Stewart) yang ketika bertugas di sebuah laboratorium dasar laut, lalu tiba-tiba diserang oleh mahluk bawah laut, yang awalnya menyebabkan gempa dan bangunan lab mereka hancur.

Karena itulah, mereka harus berjalan di luar lab dan di dasar laut dengan menggunakan pakaian khusus, untuk menyeberang ke bangunan lainnya, yang masih utuh dan bisa membuat mereka bisa kembali ke daratan.

Dalam perjalanan itu, mereka harus berhadapan dengan mahluk dasar laut yang seram.
Bayangkan aja, lagi jalan di dasar laut pakai baju besi, ketemu monster, duh nggak bisa ngapa-ngapain dah rasanya, mana gelap banget kan ye, hahaha.


8. Don't Breathe


Film thriller menegangkan lainnya adalah Don't Breathe.
Ini film lumayan menegangkan juga sih ya, eh kok lumayan ya, sangat menegangkan deh.

rekomendasi film thriller Don't Breathe

Bercerita tentang 3 orang pencuri muda, yang sukanya mencuri di beberapa rumah mewah di Detroit.
Rocky (Jane Levy), Alex (Dylan Minnette dan Money (Daniel Zovatto).

Suatu hari mereka punya ide mencuri di sebuah rumah milik mantan tentara tua yang juga tuna netra.
Menurut info yang mereka peroleh, si kakek buta tersebut punya uang cash yang banyak di rumahnya, dan dengan kondisi matanya yang tidak berfungsi, tentu saja hal itu bikin ketiga pencuri muda itu semangat.

Namun sayang, mereka salah besar.
Kakek tentara yang terlihat tidak berdaya itu, justru membuat mereka kacau balau, dan mengakibatkan 2 orang tebunuh di rumah tersebut.

Bukan hanya itu, ternyata di dalam rumah tersebut, menyimpan sebuah rahasia besar si kakek di basement rumahnya.

Menegangkan, sekaligus menjijaykan sih, ketika ada satu adegan yang bikin pengen muntah, hahaha.
Tonton sendiri deh.
  

9. Get Out


Film Get Out bercerita tentang Chris Washinton (Daniel Kaluuya), seorang pria kulit hitam yang menjalin hubungan dengan wanita kulit putih Rose Armitage (Allison Wiliams).

rekomendasi film thriller Get Out

Sejak awal dia memang sudah diperingatkan, karena sangat jarang ada wanita kulit putih, menjalin hubungan dengan pria kulit hitam dengan tulus.

Namun, si Chris yang sudah dimabuk asmara, malah pergi mengikuti Rose kberkunjung di rumah orang tuanya yang jauh dari keramaian.

Di rumah tersebut, barulah Chris tahu ada begitu banyak rahasia yang disimpan oleh Rose dan keluarganya, yang mana nyaris saja membuatnya jadi korban.

Film ini bergenre thriller horor, dengan alur yang bikin tegang, meski ada pula scene yang nggak melulu tegang.

Saya suka sih, terlebih akting para pemainnya keren-keren juga.

 

10. The Invisible Man 2


Kalau saya perhatikan, film-film yang saya rekomendasikan di sini, memang punya plot twist tersendiri dalam menceritakan ketegangan dari film itu.

rekomendasi film thriller The invisible man

Ada yang memakai bawah laut, tengah hutan, nggak boleh bersuara, nggak boleh melihat, dan sebagainya.
Nah kalau film The Invisible Man 2 ini, memakai ketegangan ketika seseorang melawan orang lain yang nggak keliatan wujudnya.

Bayangkan kita sedang bersembunyi dari musuh, lah kok musuh tersebut ada di samping kita, saking ga keliatan.

Itulah yang dialami Cecilia Kass (Elisabeth Moss), yang pergi meninggalkan kekasihnya yang demikian posesif sampai jadi toksis padanya.

Ternyata kepergian Cecilia, membuat sang kekasih marah, dan memutuskan untuk jadi tak terlihat lalu memberi pelajaran kepada Cecilia.

Aslinya sih ceritanya standar, tapi karena lawannya ga keliatan, jadi tegang dan horor banget rasanya, hehehe.


Itulah 1o rekomendasi film thriller menegangkan yang baru saja saya tonton ketika isoman kemaren, masih banyak sih sebenarnya, tapi kalau saya tulis semuanya, kapan endingnya nih tulisan? hahaha.

Menonton film thriller selama masa pandemi dan PPKM darurat memang jadi sebuah hal yang menghibur sih buat saya.

Karena tegang, rasa bosanpun hilang.
Dan yang terpenting, saya bisa menjadikannya sebuah artikel tentang 10 rekomendasi film thriller Hollywood terbaik yang menegang dan nggak membosankan.

Ada yang udah pernah nonton salah satu film di atas?

Sidoarjo, 22 Agustus 2021


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: dari berbagai sumber

12 comments :

  1. Kayaknya aku tertarik nonton yg quiet place deh mba. Membayangkan bagaimana beraktivits tanpa suara

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha seru pokoknya, tapi yang lebih seru tuh, buat saya banyak pesan mengenanya di film ini, terutama yang QP 1, itu pesan parentingnya ngena banget nget buat saya :D

      Delete
  2. Dari daftar Mba Rey di atas aku cuma pernah nonton Bird Box, itu pun aku juga ikut merem-merem nontonnya wkwkwk padahal nggak ada makhluknya ya, cuma pas adegan bunuh dirinya itu lho so disturbing. Apalagi pas rumah mereka kemasukan orang asing itu astagaaa aku capek banget nontonnya 😭

    Aku penasaran sama The Invisible Man deh, katanya ini sebetulnya genre physchological thriller, yak.

    Btw, Mba Rey udah nonton serial YOU belum? Aku nonton itu karena kejebak sama premisnya. Film thriller berkedok drama romantis. Aku selesai nonton season pertamanya nggak kepingin lanjut wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iyaaa.. ganggu banget deh adegan-adegan bundirnya, nah iya ya.
      Sudah tau kondisinya lagi ga aman, pake acara nerima orang asing masuk rumah pula, saya yang nonton kesal banget waktu itu, sampai saya mikir, kalau nggak gitu ya ga greget Rey, hahaha

      Wah wah, gawat nih ditambahin serial thriller, bisa kacau dunia perblogan *kabooorrrr :D

      Delete
  3. dari semua film diatas aku belum pernah nonton Ready Or Not terlihat dari sampulnya menarik buat di tonton. Aku sudah nonton sih yang quiet place dan lagi nunggu serial terbaru yang kabarnya rilis 2023 quiet place 3 udah gak sabar banget ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru ngeh ada QP 3, jadi ikutan ga sabar.

      Iya sih, yang kedua ini juga belom tuntas ya, semoga yang ketiga bisa menceritakan bagaimana manusia bisa menang melawan mahluk itu :)

      Delete
  4. Banyak yg udah aku tonton, tapi rata2 di bioskop, sebelum pandemi.

    Naaah aku tuh sbnrnya suka banget nonton. Malah sebelum pandemi tiap bulan Ama suami pasti ada budgt ke bioskop buat nonton. Minimal sebulan 2x. Tapiiiii nth kenapa sejak pandemi, film2 western ini aku ga tertarik nonton di tv ATO aplikasi film berbayar. Aku LBH suka drakor. List drakorku aja udah nyaris 100, Rey :D. Sementara bule, bisa diitung pake 1 tangan, itupun kebanyakan bukan action/thriller.

    Mungkin nih yaaaaa, film2 action western gini ,aku LBH suka nontonnya di bioskop Krn efek suara yg dihasilkan sih. Sementara kalo nonton di rumah, feel serunya ga dapet :p. Aku ga pake home theater soalnya.

    Makanya sejak pandemi yg aku tonton mostly Korea πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, betul banget Mba, sound-nya film Hollywood itu juaraaak banget kalau di bioskop.

      Kalau drakor, visualnya itu kesukaan Asia banget, di mana yang namanya para pemainnya tuh mulus, gemesin, jadinya bahkan di layar ponsel juga udah menarik.

      Nah, kebalikan dengan film Hollywood, seringnya kalau main film wajah pemainnya jadi terlihat natural syekaleehhh hahahah.

      kalau saya juga suka Korea Mba, ada beberapa Thriller Korea juga yang saya tonton, cuman nggak saya masukin di list ini.

      Sejujurnya, saya suka Hollywood ketimbang Thriller Korea, soalnya mungkin karena sesama Asia kali ya, rasanya tuh kalau liat adegan sadis, sampai rambut saya hampir berdiri gitu saking merindingnya, jangankan yang memang sadis gitu, saya intip film The call aja gitu ya, intip doang, liat darah ngalir aja, bahkan sampai saya nulis ini, sambil merinding hahahaha.

      Kalau film-film di atas, adegan sadis yang bikin merinding tuh masih bisa saya redam, mungkin karena perawakan mereka tuh beda ama Asia, jadi nonton filmnya tuh berasa banget hahahaha

      Delete
  5. Beneran jantung rasanya mau copot pas adegan nginjek paku di A Quiet Place itu, Kak Rey 🀣
    Asli, ini film dari awal sama habis bikin nggak bisa nafas saking tegangnya wkwk. Keren banget sih film yang bisa memberi efek ke penonton sampai sebegitunya 🀣
    Begitu filmnya habis, langsung nafas sebanyak-banyaknya karena waktu nonton rasanya lupa nafas wkwk

    ReplyDelete
  6. Belum pernah nonton satupun dari film di atas. Tapi baca review dari mbk rey, kayaknya asyik juga buat ditonton filmnya

    ReplyDelete
  7. Hahaha Kak Rey..aku baru aja mau nulis tentang ini di blog tapi tulisan belom rampung juga dari awal bulan AgustusπŸ˜…

    Omong-omong..Aku nonton don’t breathe di bioskop, hasilnya gak sehat bgt buat jantung, padahal kebiasa nonton horror tapi entah kenapa film ini tuh ngeselin banget. Musuh manusia emang paling serem sih dibanding setan. Oiya kalo Kak Rey mau nonton film thriller yang sejenis, coba deh nonton IT, ini juga gak kalah mendebarkan πŸ‘ŒπŸ˜

    ReplyDelete
  8. aku sukakkk sandra bullock, udah cantik, pinter lagi.
    kalau thrillernya nggak horor banget, aku mah berani nonton sendiri mbak. tapi kalau huororrr aku takutt hahahaha
    entahlah, apalagi kalau nontonnya pas tengah malem

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top