Tuesday, August 24, 2021

Mengubah Permalink di Blogger Tanpa Adanya 404 Not Found

Ubah permalink blogger tanpa error 404 not found

Sharing By Rey - Permalink atau url blogpost ini penting banget dalam sebuah artikel, di mana akan membawa siapapun yang mengkliknya, ke halaman artikel yang kita tulis.

Sayangnya, kadang kita salah tulis sehingga ketika sudah diterbitkan, ternyata kurang SEO atau semacamnya, namun ada cara mengubah permalink di blogger tanpa kehilangan traffic yang sudah ada, atau munculnya error 404 not found.

Btw, sebelumnya mau woro-woro (baca: pengumuman) dulu ya, bahwa saya buka pakar atau ahli SEO, saya hanya seorang blogger yang sering kepo dengan apa yang dilakukan oleh blogger lainnya, sehingga performa dan traffic ke blog mereka tuh fantastika, hahaha.

Karena itu, ketika saya udah mulai melihat pasar dalam menghasilkan uang dari blog mulai tidak melirik blog saya, mulai deh saya mencari tahu target pasar yang diinginkan klien, dan tentunya mau nggak mau saya harus mengikuti arus pasar tersebut, karena saya adalah blogger yang juga orientasinya adalah DUIT, hahaha.

Jadi begitulah, sejak 2 mingguan kemaren, saya lagi senang-senangnya audit blog sendiri, mencari tahu masalah yang mungkin ada di ke-3 blog saya.
Dan tentunya, berusaha berkaitan dengan DA/DP/DR hingga page view atau traffic ke blog-blog tersebut.

Dari situlah, saya mulai mengedit beberapa hal yang ada di semua blog tersebut, termasuk salah satunya adalah mengubah permalink blog, yang kebanyakan nggak sesuai dengan SEO meski tipis-tipis ya.

Nah, setali tiga uang (ini maksudnya apa ya? ada tali trus diikatkan 3 uang gitu ya? kalau uang merah yang banyak enol-nya mau dong, loh! fokus Rey, hahaha), pas buka facebook, ada teman blogger yang bingung dengan permalink blognya, yang udah terlanjur di post, padahal masih belum diedit, sehingga url blogpostnya kacau balau.


Saya sarankan buat diubah deh, tapi ybs nggak tahu caranya, dan kemudian terbersitlah, mengapa saya nggak tulis aja caranya, meskipun sebenarnya tulisan cara mengubah permalink di blogger tanpa adanya error 404 not found, serta kehilangan trafik itu, udah banyak banget.

Tapi kan, akan lebih afdol, kalau kita kasihin url postingan kita sendiri, buat bantuin teman lainnya yang kebingungan dengan permalink blognya, ye kan?


Apa itu Permalink Blogger dan 404 Not Found?


Permalink adalah Permanen Link (Tautan Permanen) adalah sebuah rangkaian url/link/tautan yang bersifat permanen di dalam blog, dan berfungsi untuk membuka atau menuju ke halaman artikel di blog yang tentunya harus bisa diakses melalui Internet.

Permalink atau url dari halaman blog itu adanya di halaman posting maupun halaman statis. 
Pada dasarnya permalink seharusnya bersifat unik, di mana penamaannya, nggak boleh ada yang sama. 
Baik di dalam blog kita, maupun blog orang lain.

Seperti namanya, yaitu permanen link, memang sih seharusnya tidak boleh dan bisa diubah. 
Hal ini dikarenakan mesin pencari seperti google, akan mengindex url atau permalink awal yang telah kita publish.

Karenanya,  ketika diganti dengan berbagai alasan, maka bisa dipastikan url awalnya bakal berstatus 404 atau tidak ditemukan, atau error 404 not found.
Etapi beda ama 404 not found yang viral di medsos itu ya, hahaha.

Masalahnya, yang sering terjadi adalah, kadang kita lupa mengatur permalink tersebut, terlebih kalau kitanya menulis dengan SEO idealis, maupun SEO tipis-tipis kayak si Rey ini.

Maka seringnya, permalink atau url blogpost itu, wajib di edit dulu, agar sebisa mungkin disamakan dengan salah satu keyword utama.

Jika tidak diedit, maka secara otomatis, permalink akan mengambil potongan judul artikel pertama.
Kalau judulnya berisi semua keyword sih, bagus-bagus aja.

Terutama kalau judulnya juga nggak panjang-panjang amat, karena itu mempengaruhi panjang karakter permalink atau url blogpost, di mana karakter permalink yang terlalu panjang tuh kurang bagus di mata SEO.


Cara Mengubah Permalink Blogger Tanpa Ada Error 404 Not Found


Nah jika memang permalink blogpost kita udah terlanjur di post, terlebih memang udah terindex mesin pencari atau google, atau bahkan udah ada data trafik hingga ada komennya di postingan tersebut.

Kalau diubah tuh ya, meskipun bisa diubah, pastinya jadi takut kan ye, jika data trafiknya hilang, komennya juga hilang, serta lebih parahnya lagi bisa jadi error 404 not found.

Itu juga kekhawatiran saya kok, meskipun sebenarnya saya udah pernah baca di blognya siapa ya dulu, kalau nggak salah di blog Mba EwaFebri, bahwa permalink yang sudah terlanjur dipost itu, bisa diubah melalui setting dashboard blogger atau blogspot.

Namun karena nggak pernah dipraktikan, jadi saya pikir meskipun bisa diubah, tapi data-datanya yang udah didapat dari postingan tersebut bakalan hilang.

Sampai beberapa waktu lalu, saya nekat aja gitu ubah permalink, karena pas saya ngecek kesehatan blog saya, ternyata ditemukan error 404 not found.

Dan setelah saya ubah, voilaaahhh.... ternyata nggak ada data yang hilang dong, error 404 not found-nya yang menghilang, tapi data trafik, komen tetap utuh, bahkan ketika saya memeriksa index url baru di GSC, eh ternyata cepat keindex lagi dong.

Sooo happy!

Dan beginilah cara mengubah permalink di blogger atau blogspot, tanpa adanya error 404 not found, maupun kehilangan data trafik serta komentar yang udah ada.


1. Copy dan pastekan url lama di tempat yang aman.


2. Buka dashboard blogger.


3. Klik postingannya, sehingga masuk ke draft blogpost.


permalink blogger tanpa error 404 not found

4. Klik tanda segitiga di samping 'Preview' di bagian kanan atas, lalu klik 'revert to draft'


404 not found

5. Klik 'links' di bagian samping kanan, lalu klik 'Custom Permalink', dan tulis permalink yang ingin kita ubah.


permalink blogger

6. Setelah itu, jangan lupa klik 'Publish' agar postingan dapat terpublish kembali dengan url atau permalink yang baru.


Mengubah Permalink di Blogger Tanpa Adanya 404 Not Found

7. Copy permalink atau url yang baru kita ubah, mulai dari tahunnya, misal: '2021/08/peluang-bisnis.html'


8. Kembali ke dashboard.

Lalu klik 'Settings' di bagian kiri bawah, lalu cari 'Errors and redirects' - 'Custom redirects'

Mengubah permalink di blogger

9. Klik 'Custom redirects' lalu 'Add'.

lalu pastekan url atau permalink lama di mulai dari tahunnya, misal, 2021/08/macam-peluang-bisnis-di.html, di bagian kolom atas.

Di bagian kolom bawah, pastekan url atau permalink yang baru diganti, dimulai dari tahunnya juga.
Lalu, centang tulisan 'Permanent' dan 'Ok'

error 404 not found

10. Klik 'Save' dan selesai deh.

permalink blogger

Agar permalink baru tersebut cepat diindex google, saya juga memintakan untuk diindex secepatnya melalui Google Search Console, namun jika nggak mau juga bisa aja kok.

Beberapa permalink blogpost yang saya ubah nggak saya index di GSC kok, dan keesokan harinya, iseng saya cari di google, eh udah keindex dong.

Lalu bagaimana dengan data trafik hingga komentar yang udah ada?
Ya tetap ada kok, sama sekali nggak hilang.

Dan yang paling penting, kita nggak perlu manual mengganti backlink dengan permalink lama yang sudah kita sebar.

Karena ketika orang mengeklik permalink lama tersebut, secara ototmatis akan redirect ke permalink baru, dan pastinya error 404 not found akan teratasi dengan baik.

Mudah bukan?
Dan ini juga bisa kita gunakan untuk memperbaiki artikel lama yang kacau dong, saya sejak beberapa hari lalu, iseng memperbaiki begitu banyak artikel-artikel lama, yang dulunya tuh saya kalau posting, hanya asal nulis dan klik publish.

Alhasil, permalink yang tertulis semuanya kacau balau.
Setelah tahu cara ini, segera deh saya ganti biar bisa lebih SEO friendly, dan tentunya meski permalink blogpost atau artikel yang sudah terlanjur saya publish itu diubah, datanya juga nggak berubah serta error 404 not found, bisa dihindari atau teratasi.    

Ada yang udah pernah nyobain?

Sidoarjo, 24 Agustus 2021


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: screenshoot dasboard dan canva

2 comments :

  1. Belum pernah cobain mbak sampe ke tahap ini. Memang pernah ngerubah permanent link, itupun palingan selang satu jam setelah aku publish. Dan nggak aku update juga di GSC

    ReplyDelete
  2. Wah mbak Rey sekarang berubah menjadi Masta SEO, sungkem mbak.🙏

    Belum dicoba sih tapi aku jarang utak atik link, soalnya jarang pengunjung dari google.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top