Thursday, August 26, 2021

Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha di Masa Kini

Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha antara lain kecuali

Sharing By Rey - Beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha di masa kini ada beragam, antara lain kecuali hal-hal negatif yang menjatuhkan lawan usaha.

Salah satunya adalah, untuk sebuah perusahaan agar terus bisa bersaing, dengan cara memiliki sumber daya manusia yang tentunya berkualitas, punya kemauan keras untuk terus bertumbuh, dan paham akan perkembangan zaman yang saat ini terjadi dengan cepat. 


Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya pelatihan-pelatihan yang dilakukan, dengan menyesuaikan kebutuhan dari setiap perusahaan yang ada. 


Tantangan Persaingan Usaha Masa Kini Adalah


Di era penuh persaingan ini, segala perubahan terjadi begitu cepat, demikian juga dengan ilmu pengetahuan.
Demi memenangkan atau menyelaraskan persaingan usaha atau bisnis di masa kini, yang terasa kian ketat. 

Karennya, demi memastikan keberlangsungan sebuah usaha atau bisnisnya, perusahaan wajib memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimilikinya, punya kualitas yang baik.

Mengapa sih kualitas DM setiap perusahan yang ingin terus bertahan dan maju itu perlu diperhatikan?
Karena, ujung tombak sebuah perusahaan adalah SDM, yang bisa mengembangkan eksistensinya ke masa depan. 

Karenanya, adanya pelatihan serta pengembangan SDM setiap perusahaan itu jadi sangat krusial, demi kemajuan perusahaan.

Sayangnya nih, dengan adanya pandemi Covid-19 sekarang, menjadi salah satu hambatan agar bisa melakukan pelatihan-pelatihan SDM, yang biasanya dilakukan secara langsung.

Dengan banyaknya larangan berinteraksi secara langsung, ditambah dengan pengetatan dalam mengadakan acara yang ada kerumunannya, sukses menjadikannya sebagai salah satu kendala untuk mengadakan pelatihan-pelatihan SDM.

Namun, harus ada jalan keluar kan, agar  agar perusahaan tetap dapat melakukan pelatihan-pelatihan untuk bisa meningkatkan kualitas serta kemampuan SDM yang dimilikinya. 

Dan jawaban dari masalah tersebut adalah, pelatihan secara online. 


Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha di Masa Kini


Di masa kini, dengan dukungan teknologi sangat memudahkan siapapun, baik secara individu maupun kelompok, untuk dapat melakukan aktivitas,  walau tak perlu bertemu langsung.
Dan begitulah, dengan cara tersebut, pelatihan yang direncanakan, dapat dilakukan secara digital. 

Melalui apa?
Zaman sekarang, ada yang namanya Learning Management System (LMS). Dan demikianlah, LMS jadi salah satu cara untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan pelatihan maupun pembelajaran melalui digital.  

Salah satu LMS yang biasa dan rutin memberikan jasa pelatihan online, terutama untuk SDM-SDM di berbagai perusahaan yang ada di Indonesia, dan tentunya sudah punya track record yang berkualitas dalam memberikan jawaban dari kebutuhan pelatihan SDM atau karyawan sebuah perusahaan, secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru


Tentang LMS Ruangkerja by Ruangguru


Ruangkerja sangat paham, bahwa ada banyak kebutuhan mengenai proses pelatihan SDM untuk perusahaan di masa kini yang semakin modern. 

pelatihan lms ruangkerja

Dan ada banyak fitur yang bisa mendukung terjadinya proses pelatihan dan tentunya membuat proses pelatihan jadi lebih nyaman untuk diikuti oleh SDM atau karyawan perusahaan.

Dengan adanya teknologi mobile learning, ruangkerja menyediakan sistem pembelajaran dengan lebih simple maupun fleksibel, yang bisa dilakukan di mana dan kapan saja, tentunya menyesuaikan waktu karyawan ketika sedang tidak sibuk.

Mungkin kita jadi bertanya-tanya, Dengan sistem tersebut, apakah jadi efektif untuk para karyawan? Mengingat biasanya pelatihan memang selalu terstruktur dengan jelas, sehingga semua poin-poin pembelajaran tidak terlewat?

Ternyata, hal itu sudah diantisipasi dengan baik oleh ruangkerja. 
Menggunakan sebuah sistem learning journey, yang membuat para karyawan dapat belajar dengan gaya yang lebih terstruktur serta sistematis, hingga tak ada kebingungan dari karyawan, harus mulai dari mana saja? lalu sampai di mana saja?. 

Hal ini sangat cocok untuk para karyawan-karyawan yang sangat sibuk oleh semua pekerjaan yang harus dikerjakan untuk perusahaan.

Selain itu, ada juga fitur learning plan buat para karyawan, di mana didesain agar memudahkan perusahaan menyusun kelas-kelas pelatihan bagi karyawannya secara terstruktur serta sistematis.

Tentunya disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan setiap karyawannya. 
Sehingga membuat perusahaan tidak khawatir, ada karyawan yang mempelajari sesuatu dengan sia-sia, karena tidak sesuai kebutuhannya.
 
Tak perlu khawatir jika karyawan jadi bosan serta bingung, karena di aplikasi ruangkerja, semua desain dibuat dengan menarik, sehingga enak dilihat, serta mudah untuk digunakan, pun juga tak ada akses pelatihan yang berbelit-belit, hingga karyawan jadi lebih nyaman ketika belajar.
 
Hal menarik lainnya yang disediakan oleh fitur ruangkerja adalah, fitur kolaborasi. 
Yaitu adanya sebuah forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan dapat berkesempatan untuk berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. 

Dan juga mereka bisa bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang dipelajarinya, tentu saja hal ini menjadikannya lebih efektif dan efisien.
 
Juga ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.
 
LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.
 
Dengan ini, para peserta bisa memperoleh poin, di mana bobotnya bisa ditentukan langsung oleh perusahaan, sehingga peserta yang dapat menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. 

Semuanya dapat dikontrol dengan baik, tanpa adanya rasa khawatir akan pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal
 
Secara teknis memang ruangkerja lebih efektif, karena berdasarkan waktu yang sangat efisien untuk digunakan. 

Harganya berapa sih? 
Jangan sampai ruangkerja tidak mampu menghemat anggaran perusahaan untuk biaya pelatihan SDM atau karyawan? 

Tentu saja jawabannya adalah IYA
Karena ruangkerja punya sistem Cloud-Based, yang menjadi investasi perusahaan untuk lebih hemat. 

harga lms ruangkerja
contoh sertifikat ruangkerja

Subscription model melalui cloud ruangkerja, dapat membuat penghematan yang menjadi investasi perusahaan hingga mencapai milyaran rupiah, dibandingkan dengan cara membangun sistem sendiri. 

Karena waktu yang dibutuhkan dalam implementasi jauh lebih singkat, bahkan hanya butuh sekitar 2 minggu langsung bisa go live
Dan pastinya, dilengkapi SSL Security, konten serta data perusahaan, yang pastinya aman terlindungi di cloud ruangkerja.

So, Sekarang saatnya bantu para SDM atau karyawan agar bisa tumbuh dengan lebih baik, sehingga semua rencana maupun inovasi perusahaan untuk menghadapi semua persaingan usaha di masa kini, akan lebih muda dan bergerak maju, karena dilakukan dengan bersama-sama oleh SDM terlatih.

Dengan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, menjadi beberapa cara untuk menghadapi persaingan usaha di masa kini antara lain kecuali hal negatif
Karena hal ini membuat perusahaan lebih menghemat waktu serta pengeluaran perusahaan, juga memudahkan monitoring dalam pelatihan.

2 comments :

  1. Mantap dan berbobot, dengan LMS ruangkerja, pelatihan SDM saat ini lebih mudah dilakukan. Dan pastinya kualitas yang didapat pasti akan sangat berkualitas.

    ReplyDelete
  2. Kirain aku bahas menghadapi persaingan dagang kaki lima misalnya jualan cilok biar pembeli ramai.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top