Thursday, August 05, 2021

Hidupkan Lagi Lagu Anak Indonesia dengan Animasi 3D Hoala & Koala

Animasi 3D Hoala & Koala

Sharing By Rey - Lagu anak Indonesia yang begitu populer di masa kecil kita dulu, membuat saya merasa sangat bersyukur terlahir di zaman tersebut.
Sekaligus bersedih melihat kenyataan, di masa sekarang lagu anak Indonesia, tergerus oleh lagu anak berbahasa asing, hingga lagu dewasa yang begitu populer.

Hal ini juga semakin diperkuat dengan maraknya media sosial, yang menampilkan video-video pendek dengan musik-musik nge-beat, seperti di TikTok maupun Reels Instagram, yang kadang lagu tersebut terdengar asyik di telinga, namun sayangnya jarang yang paham kalau ternyata liriknya vulgar banget.

Seperti lagu Busta Rhymes dengan judul Touch, ini populer banget di media sosial, dan banyak orang tua yang memakai musiknya untuk keperluan konten, tanpa mereka sadari, ternyata liriknya vulgar banget, dan nggak pantas banget dinyanyiin deh kalau menurut saya sebagai seorang ibu atau orang tua.


Ketika Lagu Anak Indonesia Semakin Tergeser Oleh Lagu Asing


Apa yang ada di benak kita, jika mendengar nama Enno Lerian dan Trio Kwek Kwek?
Rasanya, kita-kita para generasi tahun 80 dan 90 akan gembira mengingatnya.

Hoala & Koala
Karater Hoala

Bagaimana tidak, mereka adalah salah satu bukti bahwa lagu anak Indonesia pernah merajai dunia anak-anak Indonesia.

Masa kecil yang indah, dengan hiburan yang sesuai dengan usia dan juga bahasa ibu pertiwi kita, betapa kita begitu beruntung?

Bandingkan dengan zaman sekarang, anak-anak saya misalnya.
Susah payah saya memutarkan lagu anak Indonesia yang sering dinyanyiin di playgroup.
Eh mereka malah lebih tertarik dengan lagu-lagu berbahasa asing yang memang merajai dunia media sosial di mana-mana.

Untuk lagu anak berbahasa asing, sebenarnya bukan masalah besar, namun alangkah baiknya jika anak-anak Indonesia juga bisa merasakan masa kecil yang indah, dengan ditemani lagu anak Indonesia dengan bahasa yang memang sering dipakai sehari-hari, yaitu bahasa Indonesia.

Karena lagu anak dengan bahasa Indonesia itu, lebih mudah dimengerti oleh anak-anak, terlebih liriknya mengandung pelajaran baik, yang sangat penting untuk anak-anak di masa pertumbuhannya.

Karenanya, kita butuh sebuah hal baru yang bisa bersaing dengan lagu dan musik anak berbahasa asing, agar anak-anak bisa merasakan bahagianya melewati masa kecil sambil berteman lagu anak Indonesia yang mudah dimengerti.

Dan saya merasa sangat bersemangat ketika mengenal Animasi 3D Hoala & Koala.


Tentang Animasi 3D Hoala & Koala


Hoala & Koala adalah teman bermain baru untuk anak-anak Indonesia, di mana menyajikan begitu banyak lagu anak-anak berbahasa Indonesia, yang ditampilkan dalam bentuk animasi 3D.

Lagu anak Indonesia Hoala & Koala
Karakter Koala

Hoala & Koala sendiri merupakan karakter musikal untuk anak, yang divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter layaknya anak-anak zaman now di era digital.

Hoala & Koala digambarkan sebagai sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga keduanya terus mengeluarkan banyak lagu anak-anak.

Karena keduanya digambarkan dengan karakter 3D, maka kita tak perlu khawatir karakternya akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak.
Karena mereka nggak akan tumbuh dewasa, apalagi akan mengalami perubahan suara.

Bukan hanya Hoala & Koala, ada banyak karakter lain yang ikut serta dalam animasi musik anak ini, dan juga mampu bernyanyi seperti Hoala & Koala.
Ada tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk dan lain sebagainya, di mana masing-masing punya karakter dan suara yang bervariasi. 

Dengan demikian, bukan hanya anak-anak yang terhibur dan bergembira bersama Hoala & Koala, tapi orang tuapun bisa menikmati animasi musik ini, tentunya sambil menemani anak-anak bergembira bersama.

Saat ini, Hoala & Koala telah mengeluarkan 5 album dan lebih dari 45 judul lagu anak-anak baru, dan semuanya bisa dinikmati melalui YouTube, Spotify hingga iTunes.

Hal ini sangat membahagiakan buat saya, karena akhir-akhir ini si adik memang sedang senang-senangnya nonton YouTube, dengan adanya Hoala & Koala, si adik malah bisa nonton YouTube dengan lebih berfaedah, karena jadi bisa bergembira sambil bernyanyi, dengan lagu-lagu anak Indonesia terbaik bersama Hoala & Koala.

Menariknya lagi, Hoala & Koala tidak asal dalam menggarap semua musiknya.
Karena melihat kenyataan di mana banyak musik anak-anak Indonesia yang tidak mendapatkan perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan.

Sehingga Hoala & Koala mengerjakan semuanya dengan serius dan matang, mulai dari melibatkan banyak musisi internasional untuk aransemen musiknya, hingga pemakaian alat musik yang tak biasa yang digunakan untuk lagu anak.

Dalam penggarapan album-album Hoala & Koala juga memakai alat musik seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, dan harpa. 
Pun juga digunakan  instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.
Kebayang kan gimana asyiknya musik Hoala & Koala?

Hoala & Koala memang ingin membuktikan, bahwa tidak selamanya musik anak-anak Indonesia yang sederhana, dibuat dengan balutan sederhana juga.
Kualitas vokalnya pun tak kalah jika disandingkan dengan musik ber-genre anak-anak di luar negeri.

Dan dengan keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre

Bukan hanya satu genre children pop yang diangkat, namun juga variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Oleh karena itu, saya rasa kehadiran Hoala & Koala sangat dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak, serta  menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak Indonesia. 


Dengan Animasi 3D Hoala & Koala, Lagu Anak Indonesia Bisa Hidup Kembali


Melihat kualitas dan konsep yang pas untuk anak-anak Indonesia, yang ada di animasi 3D Hoala &Koala, saya yakin masa kejayaan lagu-lagu anak Indonesia akan kembali hidup menemani anak-anak kita.

Lagu anak Hoala & Koala
Keluarga Hoala & Koala

Bukan hanya menemani dan menghibur anak-anak, Hoala & Koala bisa menjadi sarana bonding yang tepat bagi orang tua dan anak-anak.

Terlebih di masa pandemi ini, ketika semua merasa bosan karena di rumah saja, maka bermain dan bernyanyi bersama dengan Hoala & Koala akan jadi momen paling membahagiakan, bagi anak maupun orang tua.

Anak-anak akan bahagia karena bisa bernyanyi menirukan lagu yang dinyanyikan karakter dalam animasi Hoala & Koala, yang asyiknya tuh sarat akan nasihat sederhana yang mudah dipahami anak-anak, ini khas banget seperti lagu anak Indonesia di masa lalu.

Orang tua pun bisa bergembira menikmati musik yang indah dari Hoala & Koala sambil bermain bersama anak-anak.

Dan ini cocok banget buat saya, yang selalunya kurang kreatif dalam mencarikan permainan bersama anak-anak, daripada pusing mikirin ide bermain dengan anak yang baru, saya bisa langsung mengajak anak-anak nonton YouTube sambil menikmati lagu-lagu asyik yang dinyanyikan Hoala & Koala maupun karakter-karakter lainnya di Youtube lagu dan animasi anak.

Teman-teman lain juga bisa banget nih menikmati lagu Hoala & Koala bersama anak di rumah, selain musik dan lagunya asyik, Hoala & Koala juga mudah diakses dan cocok di era digital seperti sekarang.
Di mana YouTube, Spotify hingga iTunes memang bukanlah hal yang baru saat ini.  

Semoga, dengan hadirnya Hoala & Koala, akan menjadi titik balik hidup dan berjayanya kembali lagu anak Indonesia di negeri ini.
Dan tentunya dapat membantu anak-anak Indonesia, untuk belajar dan bergembira melalui lagu anak Indonesia yang lebih mudah dimengerti.

Sumber dan gambar : https://www.hoaladankoala.com/

19 comments :

  1. keren sih ini yang keidean untuk menghidupkan kembali lagu-lagu anak Indonesia pake konsep animasi gini, jadi pasti anak-anak tertarik nih, dan bisa memacu para pembuat lagu anak utk tetap berkarya

    ReplyDelete
  2. Semoga lagu anak-anak kembali dihidupkan dan berjaya seperti zamannya dulu..
    Iya, sebut saja Enno Lerian dkk nya..

    Sekarang ini anak2 kita sering disuguhi dengan lagu2 yang liriknya fulgar.
    Di beberapa aplikasi yg di sebutkan di atas.
    Waduh, aku termasuk salah orang tua yang kerepotan mengawasi anak saat menonton TV.

    Akhirnya, lebih sering mendownload lagu anak2 di youtube :D
    Syukurlah sekarang sdh ada konsep baru,(Animasi 3D). Inovasi yang sangat bagus. Aku pikir anak2 pasti tertarik. Semoga membuming.

    ReplyDelete
  3. Lucunyaaa itu karakter Hoala sama Koala hihi. Semoga ya dengan lagu-lagu anak Indonesia yang dianimasikan begini bisa menumbuhkan rasa kecintaan lagu2 Indonesia pada anak-anak. Jujur saya kangen bangeeet liat anak kecil nyanyi lagu-lagu anak berbahasa Indonesia ketimbang nyanyi berbahasa inggris/kpop

    ReplyDelete
  4. Seneng deh ada yang kepikiran buat bikin platform untuk anak-anak gini... Lagu anak emang kerasa kurang banget ya... Anak-anak jaman now lebih paham lagu2 asal negeri ginseng hehe

    ReplyDelete
  5. Langsung saya subscribe dong, hehehe. Soalnya anak-anak saya masih butuh lagu anak-anak. Kalau ini ikonnya koala zaman saya kecil ada si komo. Jadi inget lagu si komo lewat, hehehe

    ReplyDelete
  6. Iya bangeeet ni, Mbak rey. Duh anakku termasuk yg kemakan juga nyanyian akuh, lagi pengin nyanyi eee ternyata si anak ndengerin, dan hafal, waduuuuh.

    Aku yg mulai ngerem untuk tidak sering nyanyi nih.

    Aku jadi pgn nyoba, Mbak Rey hoala dan koala ini. Dengan nyanyian yang pas buat anak-anak kan juga jadi media pembelajaran juga buat mereka

    ReplyDelete
  7. Wah menarik ya lagu anak zaman now ada dimensi konsep animasi gini lucu dan imut bentuknya pastinya anak akan tertarik dan cepat hafal lagunya ya mbak

    ReplyDelete
  8. Sepertinya recommended nih Animasinya. Miris juga karena di youtube kebanyakan animasi 3d luar negri yang lagunya itu2 aja dan belum tentu cocok dengan budaya kita

    ReplyDelete
  9. auto nyari Hoala & Koala di YouTube

    dan kerennnn......saya suka, besok saya akan kirim linknya ke keponakan2 kecil

    mereka pasti suka juga

    ReplyDelete
  10. Bagus nih ada animasi yang 3D gini. Apalagi banyak lagu anak-anak. Perlu diunduh nih buat temen main anak di rumah

    ReplyDelete
  11. Jangankan ibu2 muda yang masih punya anak kecil, nenek2 seperti saya pun sangat merindukan lagu2 anak Indonesia diperdengarkan seperti dulu lagi.

    ReplyDelete
  12. lucu juga ya namanya: hoala dan koala
    ntar aku cobain deh ke ponakanku yang masih kecil-kecil
    biar bisa nyanyi bareng

    ReplyDelete
  13. Wah benar sekali, saya masih ingat lagu anak-anak dulu seperti karya eno yang selalu kami dengar setiap hari minggu pagi. Masih pagi belum mandi sudah denger2 lagu anak-anak di depan TV. Duh, sangat rindu masa-masa kecil dulu.

    ReplyDelete
  14. Semoga lagu anak Indonesia bisa segera hidup lagi ya mba. Kadang miris gitu anak jaman now tahunya lagi2 medsos seperti tiktok.

    ReplyDelete
  15. Mbak menarik banget nih animasinya dengan lagu-lagu begini ya anak-anak jadi suka banget kan y

    ReplyDelete
  16. Bener, ponakan saya sukanya lagu2 hits zaman sekarang berbahasa Inggris, agak sulit untuk diajak nyanyi lagu anak2. Sepertinya animasi 3D keluarga Hoala dan Koala ini bisa bantu deh. Mau aku rekomendasikan ke kakak ipar biar ponakan lebih seneng lagu anak-anak dan bisa nyanyi bareng2 nanti

    ReplyDelete
  17. aku belum nonton hoala dan koala
    ngomongin hoala dan koala, jadi keinget kalau dulu aku ga mau ketinggalan acara musik anak anak kayak tralalatrilili, terus dunia anak, sampe lagu lagu dan artis cilik aja hapal.
    makin tambah taun, popularitas lagu anak anak kok makin berkurang, anak anak sekarang malah demen nyanyi lagu orang gede

    ReplyDelete
  18. Huaaaah aku baru tahu nih :O. Coba ntr aku mau dengerin dulu lagunya, sebelum kasih tahu ke anak2. Anak2ku jujurnya juga LBH tahu lagu2 bule drpd Indonesia -_- . Mungkin salahku juga ga ngenalin mereka dengan lagu anak.

    Jadi pengen minta mereka tiap Minggu ngapalin 1 lagu anak deh, supaya ga taunya lagu2 bule itu :(

    ReplyDelete
  19. Baru dengar soal Hoala dan Koala ini, alhamdulillah ya jadi ada yang baru untk tontonan anak plus ada lagu anaknya juga. Biasanya sih anak2 suka animasi gini jadi cepat ingatnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top