Tuesday, September 21, 2021

Jadi Work From Home Mom, Begini Tipsnya Agar Tidak Jenuh

arti work from home

Sharing By Rey - Arti work from home mom memang kadang dianggap sesuatu yang lebih keren oleh beberapa orang khususnya para ibu.

Bagaimana tidak ya, work from home itu artinya kita sebagai ibu, bisa dekat anak-anak setiap saat, tapi juga masih bisa menghasilkan uang, meski dari rumah saja.

Secara ya, kita semua pasti setuju ya, kalau yang namanya ibu-ibu, terlebih mantan pekerja kantoran atau sebelumnya jadi wanita karir, punya penghasilan sendiri.
Maka ketika memutuskan di rumah saja mengasuh anak-anak, hal pertama yang dirindukan adalah, gaji bulanan yang lenyap dari biasanya, hehehe.

Saya sudah pernah sharing tentang hal ini, bahwa wanita atau istri yang punya penghasilan sendiri itu, punya lebih banyak pilihan dalam hidupnya, ketimbang yang enggak punya penghasilan.

Meskipun ya, nggak mutlak semuanya seperti itu sih ya, hanya saja seringnya seperti itu.

Meski mungkin, dengan menjadi stay at home mom, atau ibu rumah tangga, semua kebutuhannya dipenuhi suaminya, dan bahkan keuangan rumah tangga, si ibu yang handle.
Masih ada rasa kurang sreg dari para ibu mantan wanita karir tersebut.


Itulah mengapa, ketika saya memutuskan resign dari kantor dan memilih di rumah saja mengurus anak-anak, sejak awal saya nggak pernah bisa tinggal diam.
Berbagai hal saya rencanakan dan realisasikan, semuanya demi agar bisa punya penghasilan sendiri kembali, namun tetap bisa berada di dekat anak-anak, jadi bisa dengan mudah mengawasi mereka.


Beberapa Jenis Profesi Work From Home Mom A La Rey


Setidaknya ada berbagai profesi yang pernah saya jalankan, ketika tak lagi jadi working mom di kantoran, dan kemudian beralih profesi menjadi work from home mom atau ibu yang bekerja dari rumah.

Di antaranya:


1. Jualan baju online


Selang beberapa bulan saya resign ketika si kakak masih bayi, saya mencoba untuk jualan online baju-baju anak.
Dengan modal 500ribu, saya membeli beberapa stock pakaian anak, untuk dijual di facebook.  
 
Dan ternyata lumayan juga tantangannya.
Karena saya pengen beda, saya uploadnya foto produk sendiri, pakai si kakak yang jadi model, astagaaa ternyata foto produk itu nggak semudah keliatannya.
Terus nggak ada yang laku pula, selain dibeli ama kakak ipar saya yang nyemangati saya untuk jualan.


2. Jualan frozen brownies online


Gagal menjual baju online, saya pikir masalah saya adalah karena kalah bersaing, dan terpikirkan oleh saya untuk menjual produk sendiri, lalu terciptalah sebuah camilan yang masih terbilang jarang saingannya kala itu, yaitu frozen brownies.

Menjalani masa berkutat dengan cokelat, telur, tepung, mengemas potongan brownies, berbarengan dengan ide penjualan, kemasan, dan sebagainya.

Sungguh hal itu sangat menguras waktu dan tenaga saya, sehingga saya jatuh sakit, dan jadi malas untuk meneruskannya.


3. Bisnis MLM Oriflame

 
Merasa usaha frozen browniesnya kurang berkembang karena ilmu bisnis saya cetek bahkan nggak ada sama sekali, jadilah saya mencoba keberuntungan di bisnis Oriflame.

Hanya setahun bertahan, lalu memutuskan berhenti dan kembali bekerja, tapi ternyata kerja kantoran udah nggak nyaman lagi buat seorang ibu kayak saya, karena lagi-lagi masalah anak mencuri begitu banyak perhatian.

Akhirnya saya resign untuk kedua kalinya, lalu memutuskan berbisnis Oriflame kembali, dengan strategi baru.
Nyatanya memang saya belum rezeki di bisnis MLM sih ya.


4. Menjadi Mom Blogger


Sampai akhirnya saya dipertemukan dengan passion saya, yaitu menulis.
Menulisnya pun bukanlah penulisan yang benar-benar menguras pikiran, karena saya memilih menulis di personal blog, which is gaya tulisan saya tidak terikat aturan manapun.

work from home artinya

Jadi, ya lebih enjoy aja menulis.
Hingga saat ini, udah kurang lebih 3 tahunan saya menjalani profesi blogger, rutin menulis setiap hari.

Dan Alhamdulillah, sejak 3 tahunan lalu, saya juga udah mulai merasakan pemasukan dari profesi work from home mom ini.


Tantangan Work From Home Mom


Mungkin orang berpikir, enak ya bisa bekerja sesuai passion, di rumah aja pula.
Eits, jangan salah.
Semua itu juga bukannya tanpa tantangan loh, jika menjadi work from home mom di mana saya harus bekerja dan mengerjakan semuanya seorang diri.

Iya, karena saya LDM alias long distance marriage dengan papinya anak-anak, jadinya ya semuanya diurus sendirian, tanpa ada yang bantu.

Dan tantangannya adalah:


1. Nyaris nggak ada waktu istrahat


Punya 2 anak lelaki, satu berusia 10 tahun yang sudah mulai butuh perhatian lebih dan serius, pun juga si kakak harus sekolah online selama pandemi ini, benar-benar menguras waktu dan pikiran saya banget.

Ditambah si adik yang berusia 3 tahunan, selama pandemi ini jarang keluar rumah, teman bermainnya ya kalau bukan si kakak, ya maminya.

Karenanya, saya baru bisa bekerja dengan fokus di malam hari, itupun kadang kalau saya belum tidur, ya anak-anak juga nggak bakal tidur.
Jadilah, menannti mereka tidur, yang ada saya nyaris nggak punya waktu buat istrahat. 


2. Lelah karena pikiran dipaksa multitasking


Karena hidup saya, nyaris nggak pernah bisa istrahat dengan puas dan cukup, mau tidur intip ponsel dulu, takut ada hal penting yang ketinggalan, bangun juga demikian, kejar-kejaran dengan waktu, melawan kantuk, karena di siang hari saya harus mengurus anak-anak, menyiapkan makanan dan memastikan mereka sehat dan baik.

Lelahnya nggak usah ditanya, super lelah, dan nggak jarang otak saya nge-blank gitu, saking otak selalu dipaksa berpikir tanpa jeda, dan bersamaan.


3. Bosan hingga jenuh


Dan dari semua hal kelelahan yang saya alami, setidaknya karena bekerja dari rumah, masih bisa diakali dengan mencuri waktu tiduran sebentar, jika kantuk tak terkira.
Namun, ada satu lagi tantangan yang harus dihadapi, yaitu... bosan hingga jenuh dengan aktifitas yang semuanya di rumah melulu.

Iya kan, karena masa pandemi ini, mengubah semuanya, untuk selalu di rumah aja.
Kalau dulunya, saya masih bisa me time dengan ikut event blogger hampir setiap weekend.

Nah sekarang malah semuanya, harus dilakukan di rumah saja.
Setiap hari berkutat dengan itu-itu saja, lelah, capek, kurang istrahat.
Rasanya kok lama-lama jenuh banget.

Tapi nggak boleh dibiarkan kan ye.


Tips Agar Tidak Jenuh Menjadi Work From Home Mom


Saya rasa, sebenarnya bukan hanya saya ya yang mengalami kejenuhan di masa pandemi ini, bahkan para ibu lainnya, yang punya kegiatan lain juga.

Namun memang nggak ada yang bisa kita lakukan, selain menyikapinya dengan baik dan solutif.
Kalau saya, punya beberapa tips yang selalu saya lakukan, di sela-sela rutinitas saya sebagai work from home mom blogger, di antaranya adalah melakukan hobi saya, yaitu:


1. Menonton film


Nonton film adalah salah satu hobi saya, karenanya ketika merasa jenuh, saya tinggalkan sejenak rutinitas kerjaan saya, sejenak melupakan blog, dan mulai menonton film-film kesukaan saya.

Agar lebih berfaedah, saya biasanya mencatat judul film yang saya tonton, agar bisa sekalian dijadikan bahan tulisan di blog ini *teteup, hahaha.
 

2. Membaca buku


Ini mah hobi masa kecil saya ya, seringnya terlupakan setelah dewasa dan dikepung berbagai kegiatan sebagai work from home mom blogger

Tapi, saat saya benar-bemar merasa jenuh, ternyata membaca masih work banget loh untuk mengobati rasa jenuh saya.

Kadang saya membaca buku-buku yang sedikit berat, sebagai bahan tulisan juga *teteup lagee, hahaha.
Tapi kalau udah benar-benar jenuh, saya lupakan tentang bahan tulisan, dan asal membaca novel atau bacaan ringan, kayak karya si mama cantik Thessalivia yang ada di Gramedia Digital ini, saya udah baca separuh dong, and i am so proud of being her friend *halah udah sok keminggris, ngaku-ngaku pulak, hahaha.

Semangat tante sasa! thessalivia

Siapa yang udah baca karyanya? ada tuh di GramDig dengan judul 'Semangat Tante Sasa!"


3. Bernyanyi 


Another hobi yang mengganggu ketertiban telinga orang sih sebenarnya, hahaha.
Saya tuh suka banget nyanyi, biar kata suara kayak polusi pendengaran, hahaha.

Kalau udah jenuh depan laptop, semua ide numpuk sampai eneg mau nulisnya, yang ada saya buka Youtube, cari musik karaoke kunci female, terus saya nyanyi deh, nggak peduli suasana, untung di sini jauh dari tetangga, hahahaha.


4. Main game online


Okeh baiklah, ini hobi yang nyandu sebenarnya, hahaha.
Dari semua hobi saya, ada 2 yang selalu bikin saya lupa waktu, tapi sekaligus paling efektif dalam mengatasi sekaligus menghilangkan kejenuhan yang ada.

yaitu nonton film dan main game, hahaha.
Kekanakan banget sih, tapi work banget buat saya. 

Nggak tahu lagi deh menggambarkan, betapa addict-nya saya sama game, makanya nggak sering-sering sih, hanya sesekali ketika jenuh melanda.

Dulu saya tuh punya komputer, cuman untuk main game melulu.
Semua game yang ada saya cobain.
Baik game perang-perangan, game bikin rumah, membangun kota, bikin kafe, mall, sampai game yang sederhana seperti solitare, semua disikat, hahahaha.

Biasanya nih, game jenis solitare yang sederhana gitu, seringnya saya mainkan, ketika ngantor.
Apalagi, dulu kan saya pakai komputer di kantor, jadi nggak masalah di komputer ada game kan.  

Nah sekarang tuh, mau install game, duh takut laptopnya nggak kuat, demikian juga di HP, takutnya nge-hang atau rusak, padahal laptop dan ponsel itu barang wajib saya dalam bekerja kan ye.

Lalu saya kenal situs https://plays.org/ dong.
Ada yang udah tahu juga?


Tentang Game Online plays.org


Saya tuh baru tahu tentang situs game ini akhir-akhir ini, dan beneran jadi kayak obat jenuh banget tahu nggak sih.

Game Online plays.org

Karena, di situs ini, penuh games online beragam, yang sama sekali nggak bikin laptop jadi berat, juga nggak perlu pakai login atau bikin akun segala.

Zaman sekarang kan banyak tuh game online, tapi tahu sendiri kan, semua games online yang ada tuh, mengharuskan kita untuk install aplikasinya, penuh dong memori HP atau Laptop.
Udah gitu, ada game online yang mengharuskan kita untuk daftar bikin akun dulu, duh ribet banget deh.

Nah, di plays.org ini, kita nggak perlu daftar, nggak perlu install aplikasi, dan asyiknya itu, situsnya nggak ada iklan sama sekali, jadi nggak ada yang mengganggu sama sekali saat saya main game online di sana.

Game yang adapun beragam, dari yang sederhana, hingga yang butuh konsentrasi menyenangkan.
Buat anak-anak juga ada game edukasi.

Dan setidaknya ada 3 game online yang sering saya mainkan di www.plays.org ini, di antaranya:


1. Classic Solitaire


Hehehe, i know, ini receh banget, tapi sumpah saya tuh suka banget main game sederhana tapi bikin otak refresh gini.

game online classic solitaire gratis dan seru

Selain itu, game Classic Solitaire ini, bikin saya jadi kayak bernostalgia ke masa-masa masih kerja kantoran dulu, di mana dulu kalau udah jenuh, saya pasti main solitaire sejenak, lalu lanjut bikin laporan lagi, hehehe.


2. Penguin Cafe


Kalau game online receh kayak Classic Solitaire terasa kurang nampol, saya biasanya cari yang lebih menantang, yaitu game favorit saya tentang management membangun sebuah bisnis.

game online gratis Penguin Cafe

Nah Penguin Cafe ini salah satunya, di mana gemes banget tampilannya para penguin, pun juga memainkan si Penguin bisa melayani costumer di cafe-nya tuh, bikin bahagia banget dah apalagi pas berhasil menaklukan tantangan dan naik level.


3. Guardians Defenders of Mathematica

 
Nah, seringnya kalau saya nge-game, kan suaranya kedengaran tuh ama anak-anak, udah deh mereka datang pengen ikutan main, biar lebih berfaedah, saya ajak deh anak-anak main game edukasi, macam Guardians Defenders of Mathematica ini.

game online plays.org matematika

Seru banget sih mainnya, bikin anak jadi belajar matematika, penjumlahan dan semacamnya, karena permainannya hanya akan menang, kalau bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Masih banyak dong macam permainan yang ada di situs plays.org tersebut, Temans bisa lihat seluruh macamnya di bagian footer websitenya, atau bisa mencari tahu game online terbarunya.

macam-macam game online di plays.org

Demikianlah, beberapa hal yang saya lakukan, sebagai tips agar tidak jenuh meski menjadi work from home mom yang kesehariannya di rumah saja.

Karena arti menjadi work from home mom blogger itu memang mengasyikan, tapi kalau tanpa jeda kadang juga bikin jenuh, dan itu yang bikin konsistensi blogging terganggu.

So, pandai-pandai deh menyiasati agar tidak jenuh, salah satunya ya dengan main game online di plays.org tersebut.
Ada yang juga pernah main game online tersebut?

Sidoarjo, 21 September 2021


Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • Website https://plays.org/
Gambar: Dokumen pribadi, Canva edit by Rey dan dari situs terkait.

54 comments :

  1. Tapi katanya intinya kalau banyak duit sejenuh apapun akan kandas dengan sendirinya..🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau banyak duit, pas jenuh ya beli es krim yang banyak Kang, trus nonton, main game, hilang jenuhnya hahahaha

      Delete
  2. Work from home sangat menyenangkan! Bisa ngatur waktu sendiri, bisa disambi, dan tidak banyak terikat peraturan yang tidak esensial. I love working from home!

    ReplyDelete
  3. Sampai ke main game saya minta ampiuuunnn .... Karena nenek lansia ini buta masalah game. He he. ... selamat beraktivitas, ananda Rey.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, saya suka banget Bu, main game.
      Cuman memang setelah punya anak, membatasi banget, karena bisa lupa waktu, sementara yang kudu dikerjakan kan segambreng :D

      Delete
  4. Buat aku mah baca novel dan nonton drama korea udah jadi me time yang berharga banget mbak, kelar nonton atau baca biasanya mood ku jadi lebih baik dan lelah berkurang hehe. Minimal jadi lebih semangat deh yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, baca novel tuh menyenangkan.
      Kalau Drakor saya jarang sih, biasanya film, soalnya suka kepikiran kalau belom selesai nonton semuanya, hahahaha

      Delete
  5. saya malah pengen bisa WFH loh mba hahahaa tapi belum bisa nih sampai beberapa tahun kedepan :( kalau aku mah main game dan nonton drakor

    ReplyDelete
  6. Saya nggak pernah main game online. Hanya game konvensional yang susun2 balok, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhihi, cobain yang plsys.org, ini tuh praktis banget dan banyak pilihannya :)

      Delete
  7. dari duluuuu taun nggak enak pengen punya butik, gayah bener hahaha
    soalnya aku seneng belanja, jadi kepikir kenapa nggak buka sendiri
    malah sampe sekarng belum terealisasi, next kudu diniatin punya bisnis kecil kecilan dulu

    dulu kalau kerjaan longgar di jam kantor, aku suka buka game online mbak, sekarang enggak lagi, apalagi bos suka tiba tiba berdiri di belakang aku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau dulu ngantor, meja saya menghadap ke dinding, jadi aman banget.
      Saat bos datang, udah keliatan banget tuh di pintu, bisa langsung auto dimatikan hahaha.

      Tapi dulu juga banyakan main pas istrahat sih, kalau enggak mana bisa, kebanyakan kerjaan hahaha

      Delete
    2. kalau posisi mejanya strategis mungkin masih bisa curi curi kesempatan ya
      kalau posisi meja kayak aku yang dari belakang jalan umum, agak riskan juga
      bos besar kalau jalan suka ga ada suara kaki, ehhh nongol aja di sebelahku hhahaha

      Delete
    3. Waaahh kalau belakangin jalanan bahkan mau ngelamun dikit pun sulit ya hahahaha

      Delete
  8. Maen game online itu memang sesuatu ya mba, sesuatu yang menyenangkan wkwkwk... game online saya cuma satu dari dulu yaitu candy crush hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Candy crush juga salah satu favorit, tapi kalau udah mulai level tinggi bawaannya kesal aja ga menang-menang hahahaha

      Delete
  9. wah aku dulu suka nih main game online, apalagi jaman the sims masih terinstall ^^ tp sekarang cuma baca buku di sela2 aktivitas atau dengerin musik sambil nyambi kerjaan

    ReplyDelete
  10. Cerita kita hampir serupa. Memutuskan untuk resign dan bekerja dari rumah. Dulu sebelum ngeblog saya juga jualan baju muslim lalu akhirnya lebih senang nulis di depan laptop. Untungnya anak-anak sudah besar dan bisa mandiri, jadi kegiatan nulis saya tetap lanjut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu mendambakan keadaan anak-anak telah mandiri Mba, tapi saat ini mencoba menikmati yang ada aja dulu, yaitu baru nulis 1 baris, eh anak udah jejeritan hahahaha

      Delete
  11. Benar banget ya kalau WFH tuh jadinya waktu kayak nggak ada batasannya. Mungkin dikira toh dari rumah. PAdahal kan tetap aja namanya kerja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba, harus banget manajemen waktu yang ketat sebenarnya :D

      Delete
  12. Balada work from home kalau bagiku saat sinyal tak bersahabat. Bisa cranky aku wkwkwkw

    ReplyDelete
  13. Bacanya penuh penghayatan, kagum dengan mbak Rey yang semangat terus kerja cari duit lewat online. Udah nyobain berbagai bisnis, dari jualan baju online modal 500 juta eh 500k,
    Ikut bisnis Oriflame, sampai jualan brownies dan gorengan. Eh Endingnya plays.org.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakak, kan memang diriku aslinya tuh kayak bukan perempuan, sukanya main game.
      Parahnya lagi, dulu pas pacaran, di rumah si pacar kan nyewain PS gitu, dan tebak apa yang saya lakukan kalau main ke rumahnya?
      Ya main PS lah, ibu masak di dapur pun kucuekin, sungguh calon mantu tak beradab wakakakakaka

      Delete
    2. Calon menantu teladan ya gitu.🤣

      Delete
    3. wakakakakaka, untung ya masih mau di approve jadi menantu :D

      Delete
  14. WFH buatku menyenangkan bingiiiiit, Mbak.... Yah, tetep ada aja tantangannya ya, sambil momong 2 anak balita.... Tapi dibanding ngantor dulu di Jakarta, duh, waktu abis di jalanan.... Hamba jadi sering bengek :D kalau WFH gini, waktu yang tadinya terpakai untuk perjalanan bisa digunakan buat yang lain kan, bisa buat me time juga, main game ya....

    ReplyDelete
  15. Hehehe iya banget ya, yang paling dirindukan setelah resign dari kantor itu adalah gaji bulanannya 😁😁 Tapi setelah dipikir-pikir lagi, kenikmatan work from home jauh lebih besar kalo dibandingin ama gaji bulanan.

    Eh btw, aku juga sering loh main game di plays.org ini.. Enak gak perlu install-install ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gaji bulanaaannn oh gaji bulanan, apalagi ketambahan TeHaeR hahahahah

      Delete
  16. Mpo suka banget dengerin Spotify biar tidak jenuh selama work from home

    ReplyDelete
  17. Betul nih, harus diatur juga ritme hidup kita ketika berada di rumah terus menerus. Plus kalau punya kerjaan digital macam blogger ya, laptop dan hape kayaknya udah lengket kayak perangko, ga bisa ditinggal hehehee..

    Pernah juga loh mengalami kebosanan seperti itu. Ada masa ketika aku menghilang dari berbagai update medsos. Untungnya punya grup support blogger, ngeliat teman2 pada aktif update blog dan medsos lama2 terpanggil kembali hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya ya Mba, kadang kalau kita ikut grup, lama-lama terpanggil buat aktif lagi :D

      Delete
  18. multitasking ini hal yang paling banyak dilakukan para wanita ya, gak cuma mereka yg kerja di rumah aja. Tapi kejenuhan selama work from home harus bisa diatasi dengan me time yang menyenangkan seperti main games. Wah aku belum pernah nyobain main games di plays.org nih

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah aku ga pernah jenuh si mba.. hehe.. Paling juga kalau ga dibuat rencana malamnya kebingungan deh mau apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaaa... saya iri :D
      Kalau saya lelah tepatnya, saking bahkan waktu tidur pun saya nggak punya, kebanyakan yang harus dikerjakan hehehe.
      Jadi, sesekali ngegame bisa bikin refresh dan mental membaik :)

      Delete
  20. Main game online sangat menyenangkan tapi efeknya bisa bikin lupa waktu.
    Setelah beberapa kali mencoba keberuntungan di bisnis online akhirnya menulis yang jadi pilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya paling bagus di website game kayak gini, gamenya nggak bikin nyandu :D

      Delete
  21. Aku banget ini. Jenuh bekerja di rumah karena ternyata banyak hal yang mesti dilakukan di rumah ya Mba. Semangat terus WFH mom

    ReplyDelete
  22. Iya mbak, work from home justru melelahkan ya jika tidak bisa membagi waktunya dengan benar. Karena otomatis kalau kerja di rumah, kita jadi serabutan. Multitasking kalau bisa diminimalisir karena kerjaan bukannya malah bener tapi kitanya stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, ternyata memang enakan kerja di luarm beneran kita bisa tahu batasan waktu kerja :)

      Delete
  23. Dari sekian banyak tantangan WFH satu yang bikin saya paling keder adalah multitasking itu, Mba ;( Saya bukan tipe orang yang bisa fokus kalau dipaksa ngerjain dua hal sekaligus, jadi kalau nyuci baju ya nyuci baju dulu sampai selesai, baru dilanjutin sama kegiatan lain.

    Betul sih saya jadi lebih fokus sama apa yang lagi dikerjain, tapi ruginya ya itu tadi, lumayan buang-buang waktu, hmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaaa, duh kadang mau meledak kalau semua harus ditangani dalam 1 waktu

      Delete
  24. Sekarang jd full time blogger berarti ya
    Cita2 saya itu bisa nulis tiap hari yg sampai skrg belum tetealisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. insha Allah, setelah anak-anak lebih mandiri, pengen lebih serius ngeblog lagi :)

      Delete
  25. Aku sbnrnya ga maniak game sih, dan cendrung game fav ku juga yg jadul Rey hahahaha. Solitaire pasti tau. Tapi kalo skr ini aku mainnya cuma candy crush, toy blast , farmer saga dan candy crush jelly hihihihi...

    Tapi semua games tadi aku install sih aplikasinya. Enak memang kalo ga perlu install biar ga menuhin storage Yaa. Ntr aku coba liat2 deh games yg ada di plays.org ini :D. Kali Nemu games jadul juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. candy crush itu kesukaan saya juga Mba, duh saya mah suka semua game, dasar maniak game, untung sekarang bisa direm :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top