Saturday, September 18, 2021

5 Mall Terbesar di Surabaya yang Sering Dikunjungi

Mall terbesar di Surabaya

Sharing By Rey - Bagi saya, tak ada mall terbesar di Surabaya yang bisa bikin saya nyasar.
Karena entah mengapa ya, jika ke mall tuh, saya seolah mendapatkan berbagai kemampuan yang biasanya saya nggak mampu.

Misal, kuat muterin mall berjam-jam bahkan kadang sambil gendongin anak-anak.
Dari si kakak bayi, sampai usia 6 tahun, which is kalau digendong, rasanya mau patah pinggang biasanya.

Tapi entah mengapa, kalau di mall tuh, nggak kerasa kayak biasanya.
Anteng aja gitu saya jalan keliling mall sambil gendongin anak-anak.
Palingan pas pulang, baru deh betis sakit sampai seminggu lamanya, hahaha.

Bukan hanya kuat keliling mall, tapi kemampuan saya mengingat setiap lorong, atau sudut mallpun, tiba-tiba meningkat.
Ini sangat bertolak belakang, ketika saya berada di luar mall, bahkan kalau lagi naik takso online, terus supirnya nanya, di mana letak rumahnya, auto hang dong saya, berpikir keras pagarnya yang mana? hahaha.

Mall memang udah jadi kayak tempat khusus kami buat refreshing, tempat yang aman buat mood saya, yang nggak suka kalau main tapi kudu keringatan, bau rokok, dan semacamnya.

Paling aman tuh main ke mall, meskipun itu dulu sih.
Sekarang sih memang mikir banget main ke mall, karena pandemi yang tak kunjung selesai.

Surabaya memang bisa dibilang sebagai kota penuh mall, semakin tahun mall-mall baru mulai memenuhi segala sudut kota pahlawan ini.

Bukan hanya mall baru bermunculan, tapi mall lama pun sibuk berbenah dan memperluas bangunannya, sehingga menjadi mall terbesar di Surabaya yang sering bikin nyasar banyak orang.
 
Dan 5 mall terbesar di Surabaya tersebut adalah:


1. Tunjungan Plaza Surabaya


Tunjungan Plaza, atau biasa disingkat dan disebut TP oleh masyarakat Surabaya dan sekitarnya, adalah sebuah pusat perbelanjaan terbesar kedua di Surabaya, setelah Pakuwon Mall dengan PTC (Pakuwon Trade Center) di Surabaya.

Mall terbesar di Surabaya Grand City

Bukan hanya itu, Tunjungan Plaza Surabaya juga menjadi plaza yang paling populer di masyarakat kota Surabaya.
Mall ini berdiri sejak  tahun 1986, dan seiring perkembangannya, mulai diperluas dengan membangun tahapan-tahapan selanjutnya, hingga terakhir dibuka Tunjungan Plaza VI pada tahun 2017 lalu. 

Tunjungan Plaza Surabaya terletak di Surabaya Pusat, yaitu di jalan Jend. Basuki Rahmat Surabaya, dan mengarah hingga ke jalan Embong Malang, Surabaya. 

Tunjungan Plaza Surabaya kini punya 6 bangunan utama, yang saling berhubungan yaitu TP 1 sampai 6, yang mana luas totalnya mencapai sekitar 18 hektar.
Nggak salah ya banyak yang bilang, kalau ke TP itu buat olahraga, hahaha.

Tunjungan Plaza Surabaya saat ini berada di bawah naungan PT. Pakuwon Jati Tbk, yang mana juga termasuk menaungi Pakuwon Trade Center dan Pakuwon Mall yang berada di wilayah permukiman Pakuwon Indah, Surabaya Barat.

Konsep yang diusung oleh Tunjungan Plaza Surabaya ini adalah merupakan family mall yang menyediakan semua kebutuhan keluarga di dalam satu tempat.

Sayangnya sih cuman buat kalangan atas ya, menurut saya.
Karena bahkan di sana cuman ada 1 swalayan, yang mana juga barangnya lumayan mihil buat dompet dan rekening saya, hahaha.

Meskipun demikian, Tunjungan Plaza ini merupakan salah satu mall favorit saya buat refreshing.
Terlebih, saya punya trik tertentu agar bisa ngadem di TP, tanpa membuat kantong jebol meski ngemall mulu.


2. Pakuwon Mall Surabaya


Pakuwon Mall Surabaya didirikan pada November 2003, dan sama dengan TP juga berada di bawah naungan PT Pakuwon Jati Tbk. 

Mall terbesar di Surabaya Pakuwon Mall

Supermal Pakuwon Indah terdiri dari tiga lantai dengan penyewa tenant yang lengkap dan memang terkenal sebagai perusahaan besar, skala nasional maupun internasional.

Merupakan bagian dari kawasan Pakuwon Mall Superblok, dengan 30 hektar,  dirancang oleh seorang konsultan arsitektur kelas dunia, DP Architect Singapore.

Dibanding dengan TP, saya memang lebih suka ke TP dengan berbagai alasan, yaitu... TP lebih dekat ke mana-mana karena berada di tengah kota, jadi kalau mau ngemall, pulangnya bisa mampir di rumah mertua.

Selain itu, yang bikin kami jarang ke Pakuwon Mall ini adalah, kalau bawa motor tuh nangis benerrrr parkirnya di sonoooo jauh banget dari mall-nya, hahaha.

Ini bertolak belakang dengan TP, di mana di sekitarnya bertebaran parkir motor yang tidak resmi tapi aman.

Akan tetapi, memang sih, untuk kelengkapannya, di Pakuwon jauh lebih lengkap, baik belanja fashion, hingga grocery shoping, karena ada 2 atau 3 super market ya di dalamnya.
 

3. Galaxy Mall Surabaya


Galaxy Mall merupakan pusat perbelanjaan terkenal di Surabaya, yang didirikan pada tahun 1996.
Sama seperti TP dan Pakuwon Mall, Galaxy Mall Surabaya sekarang menjadi lebih luas, setelah dilakukan penambahan luas bangunan yang unik, karena menyebrangi jalanan utama.

Mall terbesar di Surabaya Galaxy Mall

Dulunya, mall ini juga mirip TP, masih lebih kecil, dan isinya bisa dibilang cuman golongan Chinesse aja. Tapi setelah diperluas, mall terbesar di Surabaya Timur ini, menjelma jadi mall yang jadi jujugan etnis multi kultural, alias semua orang jadi suka main ke sana.

Saya sendiri jarang sebenarnya main ke sini, meski dulu waktu kuliah, mall ini adalah mall yang paling dekat dengan kos saya.
Tapi karena citranya, di mana yang main ke sana cuman golongan tertentu saja, jadi males mau ke sana.

Galaxy Mall terdiri dari Galaxy Mall 1, 2, dan 3, yang berdiri di area seluas 62.000 m2, dan menjadikan mall ini masuk dalam salah satu mall terbesar di Surabaya.


4. Grand City Mall Surabaya


Salah satu mall jujugan kami banget nih, karena letaknya masih dalam selemparan kolor dengan TP, Delta atau Plaza Surabaya, dan rumah mertua saya, hahaha.

Mall terbesar di Surabaya Tunjungan Plaza

Grand City Mall Surabaya ini dikembangkan oleh PT Hardayawidya Graha, dan dibangun di atas lahan seluas 4,5 hektar.

Di klaim juga sebagai mall yang paling komplit, meskipun ya mirip-mirip sih ya ama TP, Pakuwon dan Galaxy Mall, which is komplit sih komplit, tapi mihil, hahahaha.
Meskipun demikian, saya suka banget ke sini, karena lebih sepi, adem dan nyaman aja sih.


5. Ciputra World Surabaya


Yang ke-5 adalah Ciputra World Surabaya, yaitu salah satu mall terbesar di Surabaya yang dikembangkan Ciputra Group.

Mall terbesar di Surabaya Ciputra world

Berlokasi di CBD Mayjen Sungkono, mall ini dibangun dengan konsep superblok di atas lahan seluas 9 hektare.

Di dalamnya juga lumayan lengkap, meski tetap aja, lengkap buat yang berduit.
Kalau buat yang kayak saya mah, ini mall lengkap buat cuci mata dan ngadem, hahaha.

Karena anak-anak bebas bergerak di lantainya yang bersih, adem dan sepi, tanpa khawatir keringatan berlebih dan bikin kulitnya ruam.

Demikianlah 5 mall terbesar di Surabaya yang sering kami kunjungi, yang katanya juga bisa bikin nyasar banyak orang, saking luas lokasinya.

Kalau Temans, mall di Surabaya mana nih yang jadi favoritnya?
Share yuk.
    
Sidoarjo, 18 September 2021


Sumber: 
  • pengalaman pribadi 
  • wikipedia
Gambar: canva dan dari berbagai sumber

8 comments :

  1. Jangankan anak muda, nenek-nenek seperyi saya pun kalau ngemall sering lupa diri. He he .. Belanja soal belakangn. Yang penting cuci matanya. terima kasih telah berbagi, ananda Rey.

    ReplyDelete
  2. Aku cuma numpang lewat pas ke Surabaya, boro2 mampir ke mall :D. Tapi kalo liat bantuk2nya, apalagi yg galaxy mall, aku langsung keinget Ama mall kelapa gading, mall jajahan ku di sini 😅. Miriiiiiip, dan MKG juga mallnya mayoritas Chinese. Tapi aku suka Krn komplit dan ga semahal Grand Indonesia, atau plaza Indonesia yg udah jelas2 mall nya the Have 😁. Ini feelingku galaxy mall dan MKG sama nih developernya.

    Yg Ciputra, lebih mewah di sana Yaa , drpd Citraland di JKT :D. Yg di JKT biasa banget. Jujurnya ga terlalu seneng aku datangin Krn rame, dan toko2nya aku ga terlalu suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, Btw saya pernah ke GI dong di Jakarta, lalu keluar lagi karena bingung mau ngapain, dan nyasar pula hahaha.
      Emang saya cuman jagoan mall di Sby aja :D

      Delete
  3. Dari sekian banyak Mall yamg ada di Kota Surabaya cuma TP doang yang baru aku kunjungi yang lainnya boro2...Karena memamg jauh.🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  4. Tunjungan tetep favorittkuuuuu polllll
    dari kecil udah sering main ke sini, sampe gede juga masih demen kesini
    dari yang jamannya masih ga gede banget, sampe sekarang TP 6 sampe pegel kaki, tetep seneng
    pokoke the best dah

    bener tuh mbak, awal pakuwon muncul dulu, aku kesana dan masih sepi tenant waktu itu, sepiii banget, dan jalan aja di dalam mall udah wowww jauhh dan gede wkwkwkwk.
    tapi tetep secapek capeknya kaki jalan muteri TP emang seneng hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, eh dulu waktu awal PTC tuh banyak banget artis datang loh, hampir tiap minggu artis datang :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top