Saturday, September 11, 2021

McDonald's Surabaya yang Jadi Favorit A La Rey

Mcdonald's Surabaya

Sharing By Rey - McDonald's Surabaya atau yang biasa saya sebut McD Surabaya atau mekdih, merupakan salah satu restoran siap saji yang selalu jadi rujukan kami, ketika akhirnya pusing mutar-mutar di mana saja, dan bingung mau makan di mana.

Bukan hanya offline sih ya, dengan mengunjungi Mc Donald Surabaya, tapi saya juga sering memesan menu McD melalui mcdelivery Indonesia, ataupun GrabFood.

Ngga cuman di Surabaya dong, di kota mana saja.
Di Bali, kami bahkan pernah hanya mengandalkan McD Bali, untuk mengisi perut, selama 3 hari berada di sana, saking nggak tahu mau cari makanan halal di mana, hahaha.

Juga pernah di Jakarta, bayangkan...
Kota sebesar itu, harusnya kan makanan lainnya banyak ya.
Setelah kami mutar sana sini, dan si adik udah jejeritan lapar, ujung-ujungnya ke mana?
Yup, Mc Donald's terdekat lagi dong, hahaha.

mcdonald Jakarta
McD Kramat Raya Jakarta

Kok nggak KFC? Burger King? atau semacamnya?
Entahlah, yang jelas kayaknya kami, terutama saya, udah termekdih mekdih sejak awal, hahaha.


Pertama Kali Mengenal McDonald Surabaya


Btw nih ya, McD atau McDonald's bukanlah menjadi favorit, karena makanan sejak kecil.
Saya bahkan mengenal McD ketika pertama kali ke Surabaya, di tahun 2000.

Dan McDonald Surabaya pertama kali yang pernah saya kunjungi dan rasakan makanannya adalah McD JMP atau Jembatan Merah Plaza, yang sayangnya sekarang kayaknya udah tutup.

Waktu itu, saya diajak teman ketika bimbel di Teknos Surabaya, duh lupa siapa lagi ya namanya, hahaha.
Sepulang kuliah, kami naik angkot atau bemo atau Lyn O, setelah lama di angkot, saya lalu diajak turun di JMP yang dulunya tuh rame banget.

Teman saya tersebut langsung mengajak saya masuk McD dan mulai antri memesan menu McD, untung aja saya punya duit dong, karena akhirnya juga BDD alias bayar dhewe dhewe alias BSS alias bayar sendiri-sendiri, hahaha.

Masih keingat dong, pertama kalinya mengeringkan tangan pakai hand dryer, which is itu adalah pengalaman pertama saya makan McD sekaligus pakai hand dryer.
Sungguh si Rey katrok banget astaga, ketika takjub melihat tangannya kering, tapi jadi kasar, hahaha.

Dulu tuh kalau nggak salah, saya dan teman tersebut pesan paket panas McD.
Ayamnya gede, nasinya pas, minumnya soda dan pas banget banyaknya.
Dan harganya, seingat saya kurang dari 11 ribu dong, hahaha.

Dan kesan pertama makan ayam goreng McD adalah, astagaaa enak banget, seumuran kan saya nggak pernah makan ayam goreng jenis gitu, palingan ayam goreng kampung, yang kerasnya ampun-ampunan, hahaha.

McD terdekat
McD Semarang

Sejak saat itu, entah mengapa saya jadi addict sama McD.
Setiap kali ada duit, pasti makan di McD.
Minta traktiran, ya di McD.
Bahkan saya ngerjain beberapa tugas gambar Bestek, karena teman kuliah kebanyakan anak SMU dan nggak ngerti gambar, dengan bayaran 1 paket panas McD.

Sungguh harga dirinya si Mbak Rey ini, senilai paket panas McD, hahahaha.


Alasan Memilih McDonald's


Selain mungkin karena pertama kalinya saya mencoba jenis ayam goreng renyah itu ya McD, karenanya selalu aja bikin saya lebih memilih McD, karena rasanya, dah juga:


1. Karena harganya lebih terjangkau


Iya, menurut saya, makan di McD itu jauh lebih murah ketimbang di resto siap saji serupa.
Terutama, karena di McD tuh ada paket hemat atau paket panas, yang lebih terjangkau tapi juga lebih mengenyangkan.

no telp mcd
McD Jogja

Saya nggak tahu sih ya kalau KFC, A&W, Burger King dan sebagainya.
Tapi setiap kali kami makan di resto siap saji, selain McD, pasti pulangnya cemberut, soalnya mahal, dan kurang memuaskan, hahaha.

Kalau di McD tuh, meski namanya paket hemat atau paket panas, tapi masih lumayan lah mengisi perut, dan harganya juga masih terjangkau.


2. Rasanya lebih enak


Ini soal selera sih ya, tapi memang untuk saya, lebih suka ayam goreng McD ketimbang ayam goreng lainnya. Bukan hanya ayam gorengnya, menu lainnya juga lebih cocok di lidah dan dompet saya, hahaha.

Dan yang paling utama adalah, es krim McD tuh jauh lebih enak dan murah ketimbang lainnya, hahaha.


3. Tempatnya nyaman


Atuh mah, gimana dong ya.
Saya tuh sebenarnya nggak biasa makan di luar rumah, sejak kecil sampai keluar dari Buton, baru lebih intens makan di luar.

Jadinya, saya yang jijikan, selalu sulit diajak makan di tempat yang merusak selera makan, hahaha.
Di rumah, Alhamdulillah meski dapurnya sederhana, tapi selalu bersih, nggak ada lalat, peralatan makanpun dicuci dengan bersih.

Semua makanan ditutup rapat, biar nggak ada debu maupun lalat yang bisa menyentuhnya.
Lah, di luaran, terutama di pinggiran jalan.
Astagaaaa.. udahlah kebayang banget debu dan polusi dari jalanan menempel pada makanan, banyak lalat, bahkan dulunya tuh, sering banget kita makan ditemani bau got, hiks.

Jadi kalau mau makan ya, off course cari yang lebih nyaman dan bersih, seperti McD.

Etapi itu dulu sih, sekarang sih udah mulai mau diri saya diajak makan di pinggir jalan, hanya saja lihat sikon, karena ada anak-anak, dan saya nggak mau ngurus anak diare karena makanannya nggak cocok di perut mereka, hahaha.


McDonald's Surabaya yang Jadi Favorit A La Rey


Saking McD selalu jadi rujukan kami buat makan, jadinya hampir semua gerai McD di Surabaya sudah pernah kami datangi.

Dan selama ini yang jadi favorit adalah:


1. McDonald's Darmo


McDonald's Darmo Surabaya terletak di jalan  Jl. Raya Darmo No.43, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY.
Yang mana letaknya tuh di tengah-tengah kota yang paling sering kami lewati, ketika sedang keluyuran di Surabaya.

Jadinya, udah dipastikan, hampir setiap kali lewat pasti mampir.
Entah cuman beli es krim, atau beliin si kakak makan, khususnya waktu dia masih kecil dulu, karena si kakak picky eater sejati, tapi suka ayam goreng McD.   

Makan di tempat McDonald Darmo Surabaya pun nyaman, karena tempatnya lumayan luas, bisa di lantai bawah, maupun di lantai atas, yang paling disukai si kakak, karena ada tempat mainnya.

So, bagi kami, McD Darmo ini paling favorit dan paling sering kami kunjungi.

 

2. McDonald's Plaza Surabaya


Kalau di McD Plaza Surabaya atau Delta, memang lebih seringnya saya kunjungi ketika masih single dulu.
Atuh mah, gimana nggak sering ya, orang Plaza Surabaya tuh, udah jadi kayak tempat singgah wajib kami para anak kos.

Karena dulunya kami ngekos dekat Unair, which is bisa naik taksi ke Plaza Surabaya dengan cuman bayar 10ribu doang pakai taksi Bluebird.  
Kami perginya ber-4 dan perorang cuman bayar 2500 doang, seharga angkot, hahaha.

Sampai di Delta, kami ya makan, jajan, meski seringnya ditraktir Mbak kos yang kerjanya di Bank, jadi gajinya lebih gede, hahahaha.

Karena itulah, saya familier banget ama McD Delta ini, sampai akhirnya punya si Kakak, dan setiap kali ke Delta, ya makannya di McD.
Oh ya, letak McDonald's Plaza Surabaya ada di dalam Surabaya Plaza, Jl. Pemuda No.27-31, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY.


3. McDonald's Basuki Rahmat


Sebenarnya, kami makan di sini, lantaran McDonald's di Tunjungan Plaza tutup, padahal sebelumnya di sanalah tempat rujukan kami setiap nge TePeh, atau ke TP.

menu McDonald
McD Basuki Rahmat

Jadinya, ketika ke TP dan si kakak mau makan ayam goreng, ya terpaksa deh kita nyebrang ke McDonald's Basuki Rahmat tersebut.

Tempatnya juga asyik dan luas, meski seringnya sih penuh, hahaha.
Sama aja sih kayak McD Darmo, saking lokasinya strategis, maka kedua McD ini selalu saja ramai, khususnya di weekend.

Letak McDonald's Basuki Rahmat Surabaya ini, ada di depan Tunjungan Plaza, di samping Hotel Bekizar, Jl. Basuki Rahmat No.21-23, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY


4. McDonald's Mayjend Sungkono


Daerah Mayjend Sungkono Surabaya sebenarnya bukanlah daerah yang sering kami lewati, namun bukan berarti kami nggak pernah mampir ke sana.
Terhitung berkali-kali juga kami pernah mampir di sini, dan juga suka dengan tempatnya yang nyaman.

mc donald surabaya
McD Mayjend Sungkono

Mampirnya sih sering banget cuman beli ayam goreng buat si kakak makan, hahaha.
Dan maminya, seringnya lebih milih beli es krim doang.

Letak McDonald's Mayjend Sungkono Surabaya ini, ada di Jl. Mayjen Sungkono No.153, Putat Gede, Kec. Sukomanunggal, Kota SBY.


5. McDonald's Manyar Kertoarjo


McD Manyar Kertoarjo juga merupakan salah satu McD yang paling sering kami kunjungi.
Terletak di Jl. Manyar Kertoarjo No.15, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, di mana letaknya tuh dekat banget dari rumah eyangnya anak-anak alias rumah morotuo atau mertua.

Udah bisa dipastikan deh, setiap kali berkunjung ke rumah mertua, pulangnya pasti mampir di sini, karena paling dekat, dan dulunya tuh si kakak nggak mau makan masakan eyangnya.
Jadilah, ketika pulang, mampir dulu di sini, buat nyuapin si kakak.

mcdonald surabaya
McD Manyar Kertoarjo

Bukan hanya 5 gerai McDonald Surabaya tersebut yang pernah kami datangi, bahkan hampir semua gerai McD Surabaya, udah pernah kami kunjungi, selain McD Wiyung Surabaya.

Sementara McD Rungkut, Mulyosari, Graha Famili, Plaza Marina, semua udah pernah dikunjungi, meski nggak terlalu sering.

Tapi itu dulu sih, ketika si Kakak masih kecil di bawah 8 tahunan.
Kalau sekarang mah, mampir McD palingan buat beli es krim doang.

Atau paling banter, pas ada promo ayam goreng isi 5, segera deh saya pesan melalui mcdelivery Indonesia atau Grabfood, atau juga melalui no telp mcd.

Kalau Temans, ada yang samaan suka McD juga?
 

Sidoarjo, 11 September 2021


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: dokumen pribadi  

10 comments :

  1. sundae dan berger klo ke mekdih mah, ehhhh pesan online sih hehehe.
    soalnya klo ayam mungkin dah kecuci otak yang enak produk sebelah Bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, yang KFC ya?
      Iya ya, banyak banget yang lebih milih KFC, kalau saya ayam goreng pun tetep McD 😀

      Delete
  2. Huuuh ... Ceritanya makan enak. Sangat kena bagi temans di perkotaan. Kalau kami orang daerah, paling makan-makannya di rumah makan tradisiaonal (restauran padang). Terutama nenek2 dan Kakek2. He he ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwowwww, itu lebih mevvah Bu, hahaha.
      Kalau di sini lebih mahal makan di resto Padang ketimbang di McD :D
      Tapi ada sih beberapa warung Padang favorit saya banget, penyelamat saya ketika pertama kali datang ke Surabaya dan shock dengan makanan manis :D

      Delete
  3. aku sukaaaa
    jadi keinget waktu ke Bali, kalau males mikir mau makan dimana, melipirnya ya ke Mcd, udah ga pake mikir juga wes. tinggal pesen ini itu makan, lokasi juga gampang ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa, astagaaa.. dulu kami ke Bali tau 2013 deh kalau ga salah, medsos belom se canggih sekarang, bingung bener cari tempat makan, apalagi kan pertama ke Bali, shock liat menunya hahahaha.
      Jadinya mekdih lageee hahaha

      Delete
  4. Waaah saya suka semua menu McD, mba 😂

    Paling rutin beli ice cream Mcflurry-nya, ini bisa tiga hari sekali kadang. Wk. Terus varian seasonal burgernya juga enak-enak, dan ayam gulainya yang sudah nggak ada 🙈 Oh dan choco pie syukaaaa. Hahahaha.

    Saya sama seperti mba Rey, kalau bingung makan apa saat abroad, pasti melipirnya ke McD. Sudah semacam safe choices gitu lho, dan nggak perlu pusing lagi cari makanan 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya ya, hampir di setiap post jalan-jalan Eno, menemukan ice cream Mekdih hahaha.

      Btw welcome back Eno, astagaaa saya ketinggalan info nih :D

      Delete
  5. aduh, pas banget jam makan siang baca artikel ini. auto laper. auto pengen order gofood dari kantor dong.. wekekek.. udah berapa bulan ya aku gak makan mekdi? lumayan lama loh kayaknya sebelum ada PPKM2an terakhir deh..

    aku pun (dulu) dikit2 ke mekdi. apalagi jaman kuliah, depan kampus persis dong mekdinya gimana gak jajan mulu. ngerjain tugas pun di mekdi. bangkrut bener. :D

    etapi, dulu mekdi masih murah sih, kayaknya gak nyampe 20 ribu deh udah dapet paket komplit :D

    ReplyDelete
  6. Aku tuh kalo inget McD dan KFC, langsung inget adekku :D. Dia tuh sukanya ayam KFC, tapi kentang goreng dari McD. Jadi kalo beli, biasanya di KfC dan McD Salemba, yang mana lokasinya sebelahan. Nah dia beli ayamnya dulu di KfC, yg satuan, bukan paket, trus biasa pasti ditanya, ga sekalian Ama fries? Dan jawaban adikku, ntr aja beli di sebelah :p.

    Abis beli ayam, dia ke McD sebelah beli kentang goreng. Dan lagi2 ditanya, kentang aja? Ga pake ayam dll? Adikku jawab lagi, 'udah beli di sebelah' 😅.

    Tapi memang aku sendiri akuin, KFC itu cuma enak ayamnya, dan kentangnya msh tetep McD.

    Tapi khusus utk ayam spicy, aku LBH suka McD Krn beneran pedes. Kalo burger, 2-2 nya aku ga suka, ttp yg LBH enak flip burger hahahahah. ATO kalo yg franchise, burger king Lah. dulu Carl's Jr enak bgt, ntah kenapa makin kesini agak beda rasanya. Aku ga doyan lagi.

    Cuma ga nngertinya kenapa McD dan KFC ini beda rasanya Ama yg di Malaysia contoh aja. Apalagi pas mereka ngeluarin menu prosperity tuh. Aku ngerasain 2-2 nya, dan yg di Malaysia jauh LBH gede dan enak. Sementara yg di indo merica banget rasanya. Ga pas bumbunya. KFC sama aja, yg di Malaysia apalagi ada menu cheesy wedges, yg mana itu ga ada di Indonesia. Kadang bingung, katanya franchise gini resep udah distandarin, tapi kok ya beda2 juga.


    Cuma kalo skr yaaa, aku LBH sering beli McD, Krn anak2 doyan. Dan lagi aku suka Krn ada Apple pie di sanaaaaa :D. Suka bangetttt. Biasanya anak2 beli burger ATO ayam aku mah malah beli Apple pie 3 hahahahah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top