Tuesday, February 18, 2020

5 Alasan Saya Rutin Menulis Di Blog Setiap Hari

Alasan rutin menulis setiap hari di blog

Sharing By Rey - Alasan saya rutin menulis di blog setiap hari sebenarnya simple, meski hasilnya bikin saya sedikit terkenal, khususnya di antara sesama blogger *tsah *awas kepalanya membesar lol.

Ye kan, jangankan sebagai mom blogger (bahasa kerennya) atau ibu rumah tangga nyambi jadi blogger (bahasa lebih jelasnya,lol), bahkan zaman sekarang, para blogger yang masih single-pun, pada akhirnya sering juga diserang rasa bosan menulis rutin di blog.

Apalagi mamak-mamak IRT, dengan anak lebih dari satu, nggak ada seorang pun yang bantuin, even itu pak suami atau keluarga, boro-boro ART, lol.
Dikarenakan pejuang LDM (long Distance Marriage).


Sumpah ya, saya bisa nulis tiap hari, meski keteteran nggak bisa sering balas komen sampai berhari-hari, itu dengan penuh pengorbanan, salah satunya ya mengorbankan waktu tidur enak-enak di malam hari.

Seperti tulisan ini, saya tulis di tanggal 18 Februari 2020 pukul 1.37 malam, sebenarnya udah telat banget karena biasanya saya menulis untuk 2 sampai 3 hari ke depan, namun dikarenakan sejak Jumat malam saya staycation alias menginap di hotel PMI aka rumah mertua, lololololol.

Meskipun saya bawa laptop ke sana, dan tetep menulis meski menahan hati yang nggak enak banget, karena ibu mertua melihat langsung saya ngendon mulu di kamar di depan hape dan laptop, serasa saya mager melulu, lol. Akhirnya saya nggak bisa nyelesaikan beberapa tulisan, karena sebagian juga butuh foto, yang mana baru bisa saya selesaikan sore tadi, haduh.

Kadang bahkan saya break my own rules, dengan mencuri-curi buka hape saat menyuapin si adik, terus saya sounding, bahwa
"Mami sambil kerja ya dek."
Lalu keterusan scroll medsos, lol.

Ya, meskipun dengan penuh perjuangan, yang mana kadang saya memikirkan bukan lagi kaki di kepala dan sebaliknya, tapi ini mah kaki di plafon, lewatin kepala, lololol.

Tapi, in the end of time, misal kayak malam hari yang tenang seperti ini, sambil menulis seperti ini, entah mengapa saya merasa tenang, mungkin juga karena saya baru bangun tidur kali yak, lol.
Iya, tadi saya ketiduran sekitar pukul 8 malam, dan bangun di pukul 11 malam.

Yup.
Jam tidur yang kacau adalah salah satu pengorbanan yang harus saya jalanin.
Sebenarnya, alasan saya rutin menulis setiap hari di blog itu sederhana, di antaranya :


1. Saya suka menulis


Saya sukaaaa banget menulis!
Dan lucunya, saya baru sadari akhir-akhir ini.

Saya semacam tersadarkan, betapa saya sejak kecil sangat menikmati kegiatan menulis.
Saya sukaaa banget pelajaran mengarang, bahkan hal itu saya terapkan di pelajaran lainnya.
Jika ada soal esai dan saya bingung, biasanya nalar saya berjalan, lalu saya menjawab pertanyaan itu dengan panjang, meskipun salah, lol.


Lalu saat kerja, semua yang berteman dengan saya di medsos pasti sudah nggak heran, betapa saya itu lemah dalam perhitungan, nggak heran saya ikut mata kuliah Kalkulus satu yang mana isinya matematika umum, saya bahkan harus mengulang 3 kali, justru saya bisa melewati mata kulian Kalkulus 2 dan seterusnya itu tanpa mengulang.

Dan saya baru sadari, saya lebih ke penalaran atau logika kayaknya ya, eh atau kebalik ya? Pokoknya saya lebih mudah mengerti kalau dengan menulis, ada ceritanya.
Dibanding pelototin angka.

Sungguh ajaib saya lulus teknik sipil dengan IPK yang membanggakan juga dong.
Meski akhirnya menganggur setahun hingga akhirnya diterima bekerja.

Dan saat kerja, saya selalu menikmati pekerjaan yang ada alur ceritanya, saya suka utak atik jadwal proyek, bikin analisa, bikin kesimpulan.
Sebuah pekerjaan yang jarang dilakukan oleh kontraktor menengah terutama di bagian proyek jalan atau proyek rumah.

Karena sudahlah njelimet, biasanya orang proyek selalu ogah mengikuti jadwal yang sudah susah payah saya bikin, hiks.

Tapi, saya menikmati proses analisa tersebut, menikmati bikin laporan yang sejujurnya kadang saya malas banget berpatokan sama akunting yang bahkan 25perak selisih kudu dicari sampai ketemu.
Saya mah, bahkan selisih puluhan ribu, diselipin aja di biaya lain-lain, hahahaha.

Dan hasilnya, laporan yang yang jujur banyakan ngarangnya itu, amat sangat membantu menyenangkan bos besar, lololololol.

Padahal mah itu hanya permainan kata-kata berpadu dengan angka, yang menjelaskan bahwa aslinya proyek kita ini nggak seuntung yang kita bayangkan, lolololol.
Ya ampun saya ngakak!

Bahkan setelah saya jadi ibu rumah tangga, dan mulai menjalankan beberapa usaha rumahan, saya hanya menikmati bagian menulisnya, saya sukaaa banget menulis di facebook, terutama saat bisnis Oriflame, saya selalu takjub saat membaca ulang tulisan saya di tahun 2014 lalu 2016, tahun di mana saya berbisnis Oriflame, yang mana saya harus bisa selalu mencuri perhatian orang agar mau daftar oriflame, salah satunya dengan saya bermain kata-kata layaknya motivator, lolol.

Karena itulah, saya jadi punya banyak kenalan, i mean benar-benar kenal nama saya, melalui facebook tersebut.

Yup, saya secinta itu terhadap menulis, terutama menulis opini, jadi jangan heran kalau tulisan di blog ini kadang sepanjang kereta api, saya bahkan nggak sadar loh nulis sepanjang itu, saking menikmatinya, hahaha.


2. Saya menetapkan goal sebagai penyemangat


Semua blogger pasti setuju, menulis sendiri setiap hari di blog itu hampir terdengar semacam mission imposible.
IYA KAN?
Iyain aja deh! lol.


Saya juga yakin, saya bukanlah satu-satunya yang suka menulis, bahkan kebanyakan blogger, apalagi yang benar-benar membuat blog untuk menulis, bukan agar punya blog saja, tentunya karena ingin menulis, dan suka menulis ye kan?.

Hanya saja, waktunya yang tidak memungkinkan.
Demikian juga saya, karenanya saya menetapkan goal untuk itu.

Hal ini sebenarnya saya pelajari dari 'obrolan' saya dengan para mahasiswi S2 Psikolog Unair, yang mengatakan bahwa energi saya terlampu besar, karenanya saya harus bekerja lebih keras agar energi saya tersalurkan, dan agar bisa tersalurkan dengan baik, saya harus punya goal untuk itu, sebagai penyemangat dan sebagai pemuasnya kali ya.

Karenanya, mulai lah saya mencari cara, gimana ya agar saya semangat ngeblog setiap hari?
Uang?
Itu pasti!

Masalahnya blogger itu sama kayak freelancer, yang mana uang masuk nggak serutin karyawan kantoran.
Salah satu caranya mungkin performa blog.

Awalnya menulis setiap hari membuat saya berharap trafik ke blog saya meningkat dan DA/PA yang selalu jadi patokan fee job blogger juga ikutan cepat naik.

Kenyataannya? nggak semudah itu Markonah! (eh maap ye yang punya nama gitu, lol).
Nyatanya trafik naik sih, tapi kayak siput banget, lalu DA/PA? malah naik turun bikin kesal.
2 hal tersebut malah menyumbang aura negatif dalam semangat menulis saya, karenanya saya putuskan untuk nggak peduli dengan itu, namun tetap saja saya memperhatikan hal-hal yang bisa mendongkrak page view maupun DA/PA.

Misal menulis dengan kaidah SEO on page dan off page, meski mungkin masih jauh dari sempurna, lol.
Hingga akhirnya suatu hari nggak sengaja saya klik alexa bar yang terpampang di browser saya, betapa senangnya saya melihat progres yang signifikan khususnya di tahun ini, yang mana saya masih rutin menulis setiap hari, sejak awal tahun sampai hari ini.

Iya, memperkecil alexa rank akhirnya saya pilih sebagai penyemangat, senang rasanya melihat alexa rank blog www.reyneraea.com ini terus meramping, meskipun setelah sampai di angka awal 3000an, segalanya jadi lebih berat.

Beberapa hari lalu, alexa rank blog saya ini menyentuh nilah 2900an, namun sayang naik lagi ke angka 3000an sampai sekarang saya nulis artikel ini.

Memangnya apa faedahnya alexa rank, Rey?
Ada dong, nggak mungkin banget sesuatu diciptakan tanpa faedah, lol.
Saya rasa, alexa rank itu dipengaruhi oleh trafic serta rutinnya update blog.

Nggak melulu tiap hari, saya melihat blog sahabat kesayangan saya creameno juga udah sangat ramping alexa rank-nya, padahal blognya terbilang lebih baru ketimbang saya.

Blog ini sendiri, sejak rutinnya saya menulis setiap hari, mengalami peningkatan trafik berdasarkan laporan Google Analytic.
Bukan hanya pageview yang meningkat, tapi juga Avg. Session Duration pun jadi lebih meningkat, serta bounce rate menurun, meskipun belum sekeren lainnya sih.

Kalau menurut saya, artikel baru setiap hari, khususnya hal baru, bukan tulisan copasan, atau hal yang sudah ada di blog lain, membuat pembaca jadi senang mengunjungi ulang blog ini, hal ini saya liat dari laporan Google analytic, di mana returning visitor-nya cenderung tetap bahkan bertambah.

So, hal-hal demikianlah yang bikin saya selalu punya 1001 alasan untuk selalu menghadirkan tulisan baru setiap hari di jam yang sama, yaitu pukul 06.30.

Meskipun jujur, saya kudu mengorbankan banyak hal untuk itu, salah satunya jam tidur yang kacau hahaha.


3. Menganggap menulis di blog sebagai jobdesc profesi


Saya sudah menganggap, bahwa saat ini profesi saya adalah blogger, so saya menganggap ngeblog itu ya kerja, jadi kerja itu kan kudu ada job desc-nya, kudu dikerjakan setiap hari, kalaupun ingin libur, ya kudu dipersiapkan, agar kerjaan kita selesai dan tidak terbengkalai karena liburan.

Maklum mantan karyawan sejati, lol.

Iya, dengan anggapan itulah, saya mengharuskan diri sendiri untuk ngeblog setiap hari, yang rutin adalah menulis artikel, lalu balas komen (yang sudah numpuk banget itu, hiks!), berkunjung ke blog lain, optimasi media sosial sebagai penunjang SEO off page.


Iya, banyak! lol

Ya anggap saja bekerja, mana bisa sih kerjaan kantor ditunda? mau dipecat? lol.
Itulah yang bikin saya selalu mengusahakan rutin menulis setiap hari di blog ini.


4. Membantu saya fokus pada hal positif


Mungkin beberapa teman tahu, saya melewati tahun yang berat di sepanjang tahun 2019 lalu, merasa depresi, selalu berantem dengan suami, jadi ibu monster bagi anak.

Duh, sungguh tahun yang kelam buat saya.
Bersyukur saya dipertemukan dengan anak-anak mahasiswi psikolog Unair tersebut, masukan mereka benar-benar berarti buat saya.

Awalnya saya heran, saya merasa marah-marah melulu karena saya capek loh, emangnya nggak capek apa urus anak sendiri itu?
Kalau cuman asal urus sih mungkin bisa, tapi ini saya juga punya goal buat anak, dia kudu jadi anak yang sholeh, anak yang punya semangat, intinya bisa seimbang dalam hidupnya.


And believe me! itu berat.
Saya capek dan merasa depresi, suami nggak paham malah ngajak berantem, makin depresilah saya.

Eh ini malah diminta agar saya menambah kerjaan saya, apa nggak salah nih?
Usut punya usut, mereka menyimpulkan dari pengalaman saya saat kerja kantoran.
Saya tuh kalau kerja lebay banget, tap enaknya di sayang bos tanpa kudu cari muka, lol

Saya pernah pingsan bolak balik saat kerja di proyek dulu, lucunya, saat sadar, saya bangun langsung hadap komputer lagi, lol.
Saya menolak disuruh pulang, ya kali kalau saya pulang besoknya kerjaan saya selesai.
Jadi saya memutuskan melanjutkan kerjaan saya.

Itulah kenapa, mereka menyimpulkan semangat bekerja saya itu besar, itulah yang mendorong saya mampu melakukan hal-hal yang bahkan tubuh saya nggak sanggup, namun karena selalu dilakukan, lama-lama tubuh saya ikut beradaptasi dengan pikiran saya.

Makanya, saya pakai semangat itu untuk menulis setiap hari.
Hasilnya?
Saya capek banget bookkk, lololol.
Karena capek, saya bahkan nggak punya energi buat berantem ama pak suami, hahaha.

Alhamdulillah, saya membaik, suamipun sedikit demi sedikit ikut membaik.
Yup, biar bagaimanapun beliau sebenarnya punya basic lelaki yang baik, hanya sayang nggak setangguh si Rey (semoga beliau nggak baca, lololol) eh emang nggak pernah baca sih, hahaha.

See?
Ternyata dengan kita melakukan hal positif, semua hal di sekeliling kita jadi ikutan positif, dan Alhamdulillah, keadaan yang awalnya bikin saya kesal, dengan pola tidur si kecil yang ngasal, malah menguntungkan saya.

Jadi, saya udah nggak mau maksa dia tidur saat dia nggak mau tidur, toh pagi, setelah si kakak berangkat sekolah, kami langsung siap-siap bobok sambil kelonan berdua, hahaha.

Yup, rutin menulis setiap hari di blog sungguh sangat membantu saya untuk fokus ke hal positif saja, dan mengurangi hal negatif (sudah capek banget sih tepatnya, kagak punya energi lagi buat hal negatif, lol)


5. Yakin tidak ada hal positif yang sia-sia


Menulis rutin tiap hari? dipaksakan pula, enggak ah!
Apalagi nggak rutin menghasilkan!

Saya rasa itu adalah pemikiran banyak orang zaman sekarang, melihat hal yang nggak kunjung menghasilkan, jadi mutung dan memilih memulai hal lain yang langsung menghasilkan.


Ini juga yang bikin mertua saya kasih ide buat jualan.
Etdah, beliau nggak tahu apa, saya nggak bakat jualan langsung, saya tuh bakatnya nulis, hahaha.

Tapi, saya sering banget membaca dan intipin blog yang udah terkenal, nggak cuman di negaranya, tapi juga menginspirasi, seperti blog milik Linda Ikeji.
Saya rasa semua blogger pasti kenal siapa dia.

Coba deh berkunjung ke blognya, tampilannya tuh sederhana banget, isi artikelnya juga sederhana banget.
Tapi dia menduduki alexa rank nomor 20 di Nigeria dong (padahal biasanya rangking segitu dikuasai ama web berita atau website besar), dan 3000an di dunia, dengan DA/PA/SS : 68/55/1%

Tahu nggak sih, Linda Ikeji dulu bahkan tidak pernah menyangka kalau dia bisa hidup dari blognya seperti sekarang, dia hanya menulis dan terus menulis.
Butuh waktu bertahun-tahun sampai akhirnya blognya mendapatkan penawaran kerjasama lalu akhirnya dia membeli domain sendiri.

Semua hal yang dia dapatkan sekarang, sama sekali tidak terjadi dalam semalam dua malam, pun juga tidak melulu lancar.
Satu hal yang pasti adalah, karena dia konsisten.

Jadi, kalau kita nggak secerdas Sugeng.id dalam menulis sebuah konten, atau se update Maxmanroe hingga performa blognya fantastis.
Jangan patah semangat!

Tetaplah konsisten, percayalah, tidak ada suatu hal yang kita kerjakan akan berakhir sia-sia, terlebih jika itu adalah hal yang positif.


Begitulah, 5 alasan saya rutin menulis di blog setiap hari.
Bukanlah hal yang penting sih, tapi semoga bisa bermanfaat buat teman-teman yang mungkin saat ini masih merasa kesulitan buat konsisten.
Sudah ya, etdah, tadi niatnya nulis dengan singkat dan padat, pas di cek udah 2000an kata dong, lolol.


Sidoarjo, 18 Februari 2020

@reyneraea untuk #TuesdayTechno


49 comments:

  1. Tumben, saya dapat koment di Number One, padahal saya koment di pukul 21.36 WIB, pada sembunyi kemana nih para teman teman blogger. :)

    Lojerr..lojerrr. lojerrr Mas Agus Warteg.Masuk.

    ohy....tekad dan semangat Mbak dalam menulis dan menjadikan blogger sebagai bagian dari aktivitas yang menarik, saya acungi jari jempol deh.

    Dan saya akui kalau semangat Mbak itu mengebu- ngebu sekali dalam menulis dan saya mau kasih tantangan sedikit nih.....

    tantangannya adalah menulis juga. :)

    Judul artikelnya adalah " optimasi media sosial sebagai penunjang SEO off page "

    saya pikir Mbak pasti bisa dan rela berbagi kepada kami pengalaman dalam bidang " optimasi media sosial sebagai penunjang SEO off page ".

    # Kabar Gembiranya : tadi saya search di Google dan belum ada yang bahas tentang itu.

    Saya tunggu artikelnya dengan rasa tidak sabaran. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwaoowww.. aku setuju banget sama kang nata..

      cusss mbaaaa.. ku tunggu tulisannya.. wekekek..

      Delete
    2. Hahahaha, padahal Kang Nata ama si Mbul udah sering optimasi medsos juga loh :D
      Siap, insha Allah siapin mood hahahaha

      Delete
  2. Aku ga kebayang kuatnya menulis blog setiap hari. Perlu dicontoh nih menulis blog kayak kerjaan. Jangan menunda-nunda. 'Mau dipecat lo!'

    ReplyDelete
  3. Saya juga jarang menulis tiap hari karena kadang terbentur waktu di dunia nyata. Lagi pula belum dapat penghasilan jadinya nulisnya santai aja.😀

    Kalo blognya mbak creameno bisa ramping Alexa nya mungkin karena sering minum obat pelangsing kali.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya, kalau udah punya goal jadi lebih semangat kok, dan lama-lama jadi habbit, sama sekali nggak kerasa bagai kerja :)

      Delete
  4. Semangat Blogger yang luar biasa, walaupun adsblocker menutup tampilan iklan, tapi Blogger punya maksud lain selain iklan. Udah kayak laham lagi bangun rumah aja ya. Bayangin di depan rumah ada iklan, iklannya di cabut. Kan masih bisa jualan sambil nulis ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iyaaa.. kebanyakan blogger wanita lebih memilih jalur lain selain adsense :)

      Delete
  5. Wuih blog saya disebut :))) hihi, grafik blog saya masih jauh banget kalau dibanding blog mba Rey ~ dan tingkat kerajinan saya update juga masih jauuuh mba, kadang masih malas-malasan jadi nggak update beberapa hari :"D

    However, saya pun menggunakan blog sebagai media saya mencurahkan energi yang saya punya hehehe semisal lagi nggak bisa tidur, yasudah tulis post atau blogwalking saja. Atau saat sengggang dan bingung mau apa, yaaa buka blog ujung-ujungnya. Sekarang, apapun itu lari ke blog untuk menyalurkan energi dan entah kenapa happy sendiri hanya dengan tulis satu post, atau sekedar blogwalking ke sana ke mari :D

    Semoga tahun ini cita-cita mba untuk blog mba tercapai yap (apapun itu) :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saling menginspirasi aja :)

      Asyik banget tuh ya, daripada bingung mau ngapain, mending ngeblog aja ya :)
      Tapi masih rajin update itu mah :)

      Aamiin, sebenarnya bahkan tahun ini saya menurunkan target postingan loh, malah jadi semangat hahaha

      Delete
  6. Keren Bunsay. Aku pengen juga ikh nulis setiap hari. Cuma itu belum bisa mengorbankan banyak waktu lagi di malam hari. Rasanya aku sudah lelah wkwkw ��. Tapi tulisan ini menginspirasi bun rey.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bun, aselihnya ya lelah bund, tapi waktunya disesuaikan juga kok, dan memang saat ini nggak ada jalan lain selain dijalani :D

      Delete
  7. Keren banget Mbak Rey ini emang. Udah rajin nulis tiap hari, setiap tulisannya gak ada yang pendek lagi. Kalo saya perhatikan diatas 1000 kata semua. Amazing. Tularin semangatnya dong mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, kalau nulis curhat memang kadang kurang terkontrol panjangnya hahaha

      Delete
  8. Saluuuut. Aku kadang aja mikir, ini si Rey ide ceritanya ga abis2 yak, tulisannya slalu panjang pulaaa :D. Aku yg suka menulis, jd ngerasa ga secinta itu Ama bidang tulis menulis Rey hahahaha.

    Eh tapi, setelah resmi resign ntr, aku udh bikin target Rey, update blog dari yg skr 2 Minggu sekali, hrs bisa seminggu sekali. Ttp g mau tiap hari, Krn Niche ku trveling. Dan aku ga setiap hari jalan hahahahaha. Juga Krn aku bikin target utk pencapaian lain sih , seperti financial, investasi dan target ke anak2. Makanya target blog supaya ga terlalu berat, aku bikin seminggu sekali aja.

    Semoga bisa kayak kamu, yg tulisannya panjang tp ttp selalu enak dibaca :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya Mba, paling sulit tuh traveling, salah satu caranya memang kudu dibagi-bagi postingannya, kayak Creameno itu loh Mba, bahkan 1 postingan khusus membahas 1 bangunan.

      Jadinya, bahan tulisan jadi banyak dan pembaca juga bisa lebih detail nangkapnya :D

      Delete
  9. Mbak Rey ini memang blogger panutanku. Pengen rasanya bisa nulis setiap hari seperti Mbak Rey, tapi sepertinya otakku ini gak nyampe deh. Yasudah lah, satu bulan update 2-3 kali syudah Alhamdulillah. Hehehe.

    ReplyDelete
  10. halo mba rey, jumpa lagi sama saya.. hehehe.. udah lamaa bnget kayaknya gak mampir kesini, ketinggalan banyak deh blm baca tulisannya. bingung aku tu mau komen yg mana dulu.. ahaha..

    mba rey panutanq banget deh ah kalo udah nulis odop. ke-konsistenannya patut diacungi jempol. udah gitu ide tulisannya menarik utk dibaca semua.

    kalo aku, yaa cencuuu tidak shanggup.. wekekek..

    udah ah komennya.. mau baca postingan yg lainnya dulu.. 😁

    ReplyDelete
  11. Baca ini, saya jadi kangen nulis rutin lagi di blog *hiks*

    ReplyDelete
  12. Saya salfok kalau Mbak cerita soal "drama rumah tangga". DI balik itu semua tapi Mbak bisa nulis terus itu luar biasa. Mbak orangnya kuat bangteee. semoga Pkasu lebih menghargai, dan lebih perhatian lagi aamiin #ehakusoktau XD btw aku jadi mau niruin semangatnya Mbak Rey. Anggap aja ngeblog kayak kerjaan ya, mesti tiap hari. hehe. btw soal di rumah mertua juga itu sangat saya rasakan. gak bisa megang laptop lama-lama hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, insha Allah hal baik akan berakhir dengan baik :)

      Delete
  13. bingung mau komen apa, yang pasti saya salut banget sama semangat ngeblognya mbk rey. walaupun sibuk ngurusin anak dan rumah sampai mengorbankan waktu tidur segala, tapi blog tetap lancar jaya. memang kalau sudah suka menulis, mau capek kayak gimanapun tetap bisa dinikmati.
    saya yang masih muda dan banyak nganggurnya gini jadi malu banget, tapi juga jadi semangat habis baca ini. moga-moga aja ketularan semangatnya mbk rey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, memang kuncinya cintai dulu apa yang kita kerjakan, itu yang bikin kita selalu nggak mau nyerah :)

      Delete
  14. Menulis itu membuat konsistensi dalam mengupdate web sangat berpengaruh bagi pembaca mbak :). Apalagi jika informasinya menarik pasti banyak banget yang suka bacanya. Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  15. salut banget sama mbak/buk rey.. blognya udah keren banget.. banyak yg page one juga.. makasih udah jadi inspirasi buat saya.. untuk tetap konsisten ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa aja Mba, masih terus belajar kok ini :)

      Delete
  16. serasa disentil,,"para blogger yang masih single-pun, pada akhirnya sering juga diserang rasa bosan menulis rutin di blog." heheu.. iya banget ini,, penyakitnya suka lemah motivasi...

    thanks for sharing bu rey. Helpful post as always...

    ReplyDelete
  17. Kereeeeen.. Aku niche blognya bookreview gitu, jadi nulis kalau udah beres baca bukubuku. Is it possible to write everyday for me? Pengen deh bisa nulis blog tiap hari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nggak apa-apa, bisa dijadwalkan seminggu sekali juga kok, asal kalau bisa postingnya di hari dan jam yang sama :)

      Delete
  18. Salut buat Kakak yang selalu bisa mempertahankan eksistensi dirinya sebagai seorang mom blogger. Tetap semangat ya Kak...

    ReplyDelete
  19. Wah, pantes mbaknya alumni teknik. Keras bener kehidupan kampusnya, jadi kuat banget ngeblog. Saya walaupun anak kimia, yang akrab juga sama dunia laporan praktikum, tetep nggak kuat buat ngeblog :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sebenarnya nggak keras-keras amat sih, kalau dinikmati akan lebih ringan :)

      Delete
  20. Tulisan mba rey sangat membantu banget mba. Saya ngeblog belum pernah menentukan target seperti mba.

    Biasanya asal nulis ngalor ngidul.

    Tapi kayaknya sekarang harus ada target deh biar ga terlalu terlena dan bisa membuat mimpi menjadi kenyataan

    ReplyDelete
  21. Salut sama kamu yang bisa ngisi blog setiap hari, Rey. Apalagi sambil ngurusin 2 bocil dan ngurusin kerjaan rumah. Makasih udah nulis soal ini dan bikin saya jadi semangat mau nulis di blog lagi biar nggak jadi sarang laba-laba. Saya cuman bisa ngisi blog doang, nggak ngerti soal da/pa apalagi alexa rank. Lemot saya mah ...😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, semangat Mba, yang penting nulis dulu, masalah DA/PA mah nanti mengikuti kok :)

      Delete
  22. inspiratif banget, aku malu blogku ngga keurus. makanya lagi nyari mood untuk bisa nulis setiap hari seperti k Rey.

    ReplyDelete
  23. aku ngeblog karena suka nulis, samaan mbak
    dari kecil karena dasarnya suka baca dan mikir "ohhh aku bisa bikin tulisan kayak gini ", ya iseng-iseng bikin cerpen dan kirim ke majalah nasional dan dimuat, jadi lebih percaya diri kalo aku bisa nulis hahaha

    jaman sekolah dulu ikutan semacam karya tulis ilmiah, KIR itu butuh penalaran dan suka baca, nulis nyusun kalimatnya juga, dan juara 1, yaelahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeenn Mba, berbeda dengan saya, jujur malah rasanya saya belum pernah punya prestasi nulis gitu hihihi

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)