Hujan Ketika Magrib di Surabaya, Bakso Bratang dan Kenangan

hujan dan bakso bratang

Ampun deh judulnya, nggak keren banget yak!. Intinya pengen bercerita tentang kejadian sore tadi ketika saya harus keluar untuk membeli beberapa bahan yang memang udah habis.

Oonnya si Rey juga nih, udahlah tahu beberapa hari ini, Surabaya selalu dilanda hujan setiap menjelang magrib sampai menjelang pagi. Tapi tetap aja niat buat keluar ditunda sampai sore.

Dan benar saja, hari ini hujan malah turun sejak pukul 1 siang, deras banget. Saya sedikit tenang, karena kirain kan kalau hujannya siang, sore nanti bakalan berhenti hujannya. Jadi saya dan anak-anak bisa keluar naik motor, karena tujuan kami ada beberapa, selain belanja, ambil uang di ATM dan beli makan malam.

Maka santailah saya menikmati hujan, sambil menyetrika seragam anak-anak, ditemani nonton kartun bareng anak-anak.

Kami siap keluar di pukul 4 sore, lega banget rasanya karena hujan telah reda, hanya tersisa sedikit genangan air di jalan depan tempat tinggal kami.

Seketika kami naik motor bertiga dan berangkat menuju sebuah swalayan yang berada di daerah Barata Jaya.

FYI, di dekat tempat tinggal kami sebenarnya ada Super Indo dan Hypermart, bahkan dekat banget, bisa jalan kaki aja. Tapi, kami jarang banget belanja di situ, alasannya saya belanjanya sambil nyetok jajanan sekolah si Adik.

Nah, kalau beli jajanan sekolah kan, harus yang kecil-kecil kemasannya, manalah ada jajanan kemasan kecil harga 2000-3000an di kedua supermarket tersebut. Yang ada tuh swalayan-swalayan lokal, salah satunya yang paling dekat adalah swalayan Sakinah. Tapi si Adik udah bosan banget jajanan dari sakinah, makanya cari di tempat lain deh.


Belanja di Reny Swalayan dan Kehujanan

Kami mulai berkendara dengan tenang, sampai akhirnya di jalan Menur Pumpungan, saya mulai menyadari kalau ternyata di situ mulai hujan lagi, gerimis kecil.

surabaya sore
Cuaca Surabaya sore tadi

Tapi, makin ke depan kok ya makin deras, akhirnya kami berhenti di depan RS Bedah Manyar, secepatnya pakai jas hujan, biar nggak basah-basah banget.

Dan ternyata, hujannya makin deras dong, kami cuman pakai jas hujan atasannya doang, males banget pakai celananya. Alhasil celana kami naikan sampai di lutut, untung aja masih ketutupan jas hujan yang panjang, jadi betis saya aman, hahaha.

Sampai di swalayan, Alhamdulillah hujannya sedikit mereda, jadi gerimis aja.

Dan Alhamdulillah di swalayan sana ternyata sepi, parkiran motor juga sepi dan enak banget buat markir dalam keadaan basah kuyup pakai jas hujan.

Setelah kami buka jas hujan, dan diletakan dengan rapi, masuklah kami ke dalam swalayan. Hanya butuh sekitar 30 menitan, karena belanjanya juga nggak banyak-banyak amat. Cuman jajanan sekolah si Adik, susu kotak sekolah si Adik, beberapa mie, spageti dan keperluan dapur lainnya yang habis.

Pas mau bayar juga enak, nggak antri karena sepi, dan kasirnya dapat Mbak-Mbak yang ramahnya masya Allah, semoga Mbaknya selalu sehat dan sukses karena bekerja dengan ramah dan baik, aamiin. 

Setelah bayar, kamipun keluar, dan ternyata di luar hujan lagi dong. 

Untunglah anak-anak mau aja saya minta pulangnya pakai taksi online aja. Si Adik juga langsung setuju juga. Jadinya langsung order taksi online dan Alhamdulillah juga, meskipun lagi hujan, dapat yang harganya belasan ribu aja.

Langsung deh semua barang belanjaan, jas hujan yang dipake si Kakak serta helm si Kakak saya isi di kantung buat sekalian dibawa pulang naik taksol. Jadi sedikit bete, kok ya pas berasnya habis di swalayan itu, padahal rencananya mau beli beras sekalian, kan pas ya kalau naik taksol.

Setelah menunggu sedikit lama, datanglah taksolnya, anak-anak segera naik beserta kantung-kantung belanjaan. Setelah itu mereka pulang deh.

Saya juga ikutan bersiap, pakai jas hujan lengkap. Sayangnya baru aja mau keluar parkiran, eh adzan magrib berkumandang. Karena udah terbiasa sejak dulu, ketika adzan nggak boleh keluar dulu, jadinya saya nunggu deh. Sampai akhirnya adzannya selesai, saya langsung bersiap keluar parkiran.

Eh ternyata, adzan dari masjid lain baru berkumandang dong, astagaaahh, hahahaha.

Aneh juga sih, bisa-bisanya masjid berdekatan, tapi waktu adzannya bisa beda sampai 5 menitan gitu, hahaha.

Saya baru keluar dari parkiran motor ketika adzan kedua selesai, tujuan pertama adalah mencari ATM BNI, saya nggak punya duit sama sekali dong di tas. Untungnya pas nunggu taksol saya ingat lupa bawa dompet koin, jadinya minta duitnya si Kakak. Untung aja si Kakak punya 2000an, kalau enggak malulah akoh nggak bisa bayar parkiran, hahaha. 

Karena tujuan saya ada 2, yaitu ambil uang di ATM dulu, baru deh beli makan dan pulang. Udah nanya anak-anak sebelum mereka pulang duluan, dan mereka setuju untuk beli bebek goreng aja.

Kami selalu langganan bebek goreng purnama yang ada di Ngagel, jadinya saya putuskan untuk ke arah Ngagel, sambil mencari ATM BNI di sepanjang jalan.

Ternyata, hujan kembali deras ketika saya keluar dari parkiran, rempongnyaaa minta ampun. Hari sudah gelap, sementara air hujan membasahi kacamata minus saya.

Gara-gara itu, saya sempat salah jalan dong dan nyasar di gang-gang kecil perkampungan Ngagel. Untungnya saya bisa ikut beberapa kendaraan yang lewat, dan akhirnya nemu jalan gede lagi. Sayangnya sampai di daerah makam pahlawan, saya nggak lihat ada tanda-tanda ATM BNI. Karenanya nekat cari sampai ke Darmokali dong, jauh amat, tapi nggak nemu juga ATM BNI, hiks.

Hujan tetap turun dengan lumayan deras, saya naik motor perlahan, takut nabrak karena nggak keliatan jelas di depan apa, orang kacamatanya penuh air, hahaha.

Sampai hampir mendekati Keputran dong, akhirnya saya putuskan kembali aja, cari di bagian Ngagel lainnya, tapi ternyata nggak nemu juga.

Ujung-ujungnya nemu di mana cobak?

Depan Untag, hahaha.

Alhamdulillahnya lagi, pas nemu ATM yang sepi, parkirnya sepi, nggak ada tukang parkir, tapi tetap aman karena pagarnya cuman dibuka sedikit aja, cukup buat lewat 1 motor tapi kudu pelan-pelan.

Dan karena ATMnya sepi, saya berani masuk ruangannya hanya buka helm doang, tetep pakai jas hujan dan netes di mana-mana, hehehe.

Etapi, alasan saya nakalan masuk sama jas hujan, karena emang kondisi lantai dalam ruangan ATM itu juga basah, keknya yang lain juga masuknya sambil pakai jas hujan.

Setelah ambil duit dan menaruhnya di tempat yang aman, sebagian ditaruh di laci depan tas biar mudah ambilnya buat beli makan.

Sebelum keluar dari ATM, saya sempatkan dulu mengelap kacamata dengan tisue yang sempat kebawa. Lalu kemudian memastikan nggak ada yang tertinggal baru deh keluar lagi menembus hujan yang tak kunjung mau berhenti.

Sesampainya di jalan, mulai deh saya bingung, ini mau beli makan apa yak?. Kalau beli bebek goreng di tempat biasanya, kok kejauhan, balik lagi dong.

Akhirnya saya ingat kalau nggak jauh dari situ ada juga yang jual bebek goreng Purnama, dan kami pernah makan di situ di bulan Agustus tahun lalu. Dulu sih lumayan lah, baik rasa dan harganya.

Maka pergilah saya ke lokasi yang ada di seberang jalan, tapi baru juga putar balik di jalan depan Untag, eh keliatan jelas deh ada bakso langganan saya dan anak-anak juga, yang masih buka dan sepi pelanggan.

cabang bakso bratang

Seketika saya mampir deh, ye kan lagi hujan kek gini, males banget kalau antri. Selain itu, bakso tersebut bukan sekadar menjadi salah satu langganan saya dengan anak-anak. Tapi juga punya ksiah tersendiri dari kenangan masa lalu.

Astagaaahhh, si Rey ganjen hujan-hujan, wakakakakak.


Hujan, Bakso Bratang dan Kenangan Masa Lalu

Jadi ceritanya, bakso Bratang itu dulunya menjadi salah satu bakso favorit saya, ketika masih kuliah di tahun 2000an silam (ampuuunnn tuwahnya akoh, wakakakakakak).

Dulu, bakso Bratang itu ada 2 lokasinya, kayaknya sih yang pusatnya ada di depan Terminal Bratang Surabaya. Dan you know, sampai sekarang masih ada dong bakso itu.

Nah, cabang lainnya itu ada di jalan samping kampus Itats, dekat dengan perempatan atau pertigaan ya dulunya, lupa saya, hahaha.

Dari banyaknya bakso di Surabaya, bakso Bratang ini jadi favorit saya, karena baksonya emang kerasa banget dagingnya, kenyalnya pas, dan kuahnya juga nggak eneg-eneg banget.

Selain itu, harganya murah, dan saya lewatin mulu kan setiap hari kalau mau kuliah.

Tapi, yang lebih mengena di hati sebenarnya bukan hanya rasanya, tapi momen ketika dulu makan di bakso Bratang, eaaakkk.

Ya pegimana bisa terlupakan ye, di bakso Bratang ini yang menjadi saksi ketika saya harus mentraktir beberapa teman hanya karena ketahuan saya udah jadian pertama kali punya pacarsama si Kakak pacar.

Etapi jadi bete juga karena ingat, dulu tuh abis jadian, si kakak pacar bilang untuk jangan dikasih tahu ke siapa-siapa. Saya juga nggak nanya alasannya kenapa, malah menyimpulkan mungkin nggak mau ditagih traktiran sama teman-temannya.

Soalnya saya kan ditagih tuh sama teman-teman kuliah, berasa horang kaya nggak sih, jadian aja kudu traktiran, wakakakak. 

Belakangan saya curiga, dia sengaja melarang saya ngomong ke lainnya, karena dia masih mengharapkan mantan pacarnya dulu, astagaaaahhhh.

Bukan hanya menjadi saksi mentraktir beberapa teman di bakso Bratang. Tapi di situ juga jadi saksi tempat makan bareng saya dengan si Kakak pacar, selain di Soto Cak Har yang kala itu masih jualanan di simpangan jalan depan kampus ITATS.

Dan dasar emang kami tuh dari dulu orangnya nggak kreatif, jadinya kalau makan di luar, nggak pernah nyobain yang lain, itu-itu saja mulu.

Sampai akhirnya kami lulus, lalu kerja.

Sebelum nikah pun sering banget kembali ke bakso Bratang itu, kalau pas pengen makan bakso. Sampai akhirnya saya resign jadi IRT dan ikut paksu di Jombang. 

Btw, dulu tuh di Jombang masih belum terdepan kayak sekarang, cari makan yang sesuai selera aja susah. Jadinya kami cuman makan bakso, sate doang di sana, hahaha.

Dan untungnya bakso di Jombang tuh ada yang enak, namanya Bakso Mama. Gara-gara bakso Mama, ketika kami sedang di Surabaya, udah nggak pernah lagi cari bakso.

Lalu akhirnya kami balik lagi dan tinggal di Sidoarjo, tapi masih juga tidak sempat ke bakso Bratang. Alasannya, kalau ke daerah dekat ITATS mah, kami prefer makan soto Cak Har, hahaha.

Dan akhirnya kembali tinggal di Surabaya, pas banget pulak dekat dengan kampus ITATS, mulailah saya mengajak anak-anak untuk semacam mengenang masa-masa kuliah maminya dulu. Bukan cuman intipin bekas kos maminya dulu. Kami juag mencari tempat makan langganan dulu, sayangnya semua udah hilang tak berbekas, hehehe.

bakso bratang
Bakso Bratang cabang Semolowaru

Ketika menyusuri jalan samping ITATS mencari bakso Bratang tersebut, kami tidak menemukannya. Ada sih mie ayam, tapi bukan bakso Bratang.

Sedih sebenarnya.

Sampai kami bela-belain ke bakso Bratang depan terminal, dan takjub karena masih buka dong, ya ampuuunnn, itu udah lama banget, dan tempatnya masih sama kek dulu, hahaha.

Sayangnya, pas kami niat ke sana, eh tutup.

Nyebelin rasanya.

Suatu hari, secara nggak sengaja kami lewat di jalanan depan Untag, dan betapa sumringahnya kami ketika membaca plang Bakso Bratang.

Auto mampir dong!

Dan ternyata menunya masih sama kek dulu, rasanya sih masih persis, dengan bakso yang kerasa dagingnya, kenyalnya juga pas. Ada gorengannya, serta yang dulu saya sukai selain bakso adalah es kacang hijaunya.

Salut sih, karena nggak ada yang berubah, meski tempatnya pindah, dan kayaknya yang jual juga beda (kayaknya sih, nggak asyiknya si Rey ini, dia jarang merhatiin mukanya orang, jadi lupa, muka yang jualan bakso Bratang dulu tuh gimana?, hahaha).

Sejak menemukan kembali si bakso Bratang ini, kami jadi sering ke situ loh, sejujurnya saya lebih suka taste-nya, khususnya kuahnya bakso Solo yang ada di dekat Unair sono. Tapi anak-anak selalu suka sama bakso Bratang ini, kalau si Kakak sih suka es teler dan kacang ijonya. Kalau si Adik, suka baksonya.

Nggak nyangka sih ya, saya bisa mengenalkan makanan-makanan yang penuh kenangan dari mami papinya ketika dulu.

Zaman-zaman maminya masih jadi wanita cupu yang terlalu polos, wakakakak. Zaman-zamannya, papinya masih gondrong, sampai rambutnya saingan sama si Rey.

Apalagi sore tadi kan ye..

Pas banget, hujan ketika magrib di Surabaya, eh mampir ke bakso Bratang, tiba-tiba aja kenangan masa lalu menyeruak begitu saja.

Jadi senyum-senyum sendiri, sayangnya rasanya udah nggak sama kek dulu, hahaha.

Udah ah, intinya begitu cerita sore saya.

Bagaimana cerita Temans? 

Btw, udah musim hujan rutin nih, di Surabaya banyak lokasi yang banjir, stay fit ya Temans. 


Surabaya, 11 Februari 2024

3 komentar :

  1. Bakso itu makanan pemersatu bangsa memang 😄😄. Kayaknya aku jarang deh nemu bakso yg ga enak. Rata2 pasti enak, setidaknya yg paling biasa pun masih bisa dinikmati.

    Apalagi kalo baksonya ada banyak kenangan ya Rey.

    Aku jd inget zaman di Aceh ada penjual bakso yg kliling komplek. Dia orang Jawa Tengah, baksonya yg aku inget enaaak banget. Pokoknya kalo dia lewat kami pasti beli.

    Tapi itukan zaman aku msh SD yaa 😅. Blm tahu banyak jenis bakso.

    Setelah pindah jkt, beuuugh ternyata baksonya lebih bervariasi, dan jauuuh lebih enak 😂😂.

    Cuma ya itu, aku ttp ga bisa ngelupain bakso di Aceh dulu, krn memang ada kenangan di sana. Makan bareng babysitter paling sering ☺😍. Jadi tetep aja, mau seenak apapun bakso di jkt, di solo, tapi bakso zaman aku kecil dulu itu tetep berkesan 😄

    BalasHapus
  2. Hujan makan bakso itu paling nikmat sekali. Aku memang bukan oenggemar bakso. Tapi kalau cuaca adem, hujan sangat bisa sekali menikmati bakso

    BalasHapus
  3. yaampun di surabaya masih sering ujan ya, di jember kadang-kadang mbak, kadang siang panasss banget, ehh sore jam 5 an ujan deress. Kalau udah ujan deress waduhh ngerii

    apalah aku yang termasuk kurang referensi kalau soal kuliner bakso, tau nya pasti itu aja itu aja, jarang banget aku kuliner ke tempat jauh kalau mengenai bakso. Kalaupun sampe ke lokasinya yang jauh, biasanya bukan karena ada menu bakso, tapi menu masakan yang lain

    aku kalau makan bakso ga kenyang hahaha, mungkin aku anggapnya kalau camilan, jadi kalau makan siang temen kantor ngajakin makan bakso, aku jarang maunya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)