Kenali Bahan Baku Baja Ringan untuk Rumah Impian yang Kokoh

bahan baku baja ringan

Rangka Baja Ringan BlueScope Zacs®️

Belakangan ini, kepopuleran penggunaan material baja ringan untuk kontruksi bangunan semakin meningkat. Bukan hanya dipakai untuk berbagai konstruksi gedung bertingkat, bahkan penggunaannya merambah pada proyek perumahan.


Saya ingat ketika masih duduk di STM jurusan bangunan, ketika praktik di proyek perumahan, hampir keseluruhan konstruksi atapnya menggunakan material kayu atau sejenisnya.

Bertahun-tahun kemudian, setelah lulus kuliah Teknik Sipil, saya kembali berjodoh dengan pekerjaan di proyek pembangunan rumah. Dan betapa kagumnya saya melihat kemajuan teknologi, di mana bahan bangunan juga telah berinovasi menjadi super praktis, namun tetap bahkan lebih kokoh.

Salah satunya penggunaan material baja ringan sebagai konstruksi atap, dinding, hingga interior rumah. 


Mengapa Harus Pakai Material Baja Ringan?

Tidak salah sih, mengapa makin banyak orang yang menggunakan material baja ringan. Dibanding dengan material lainnya, baja ringan memiliki berbagai kelebihan di antaranya:


1. Lebih ringan

Material baja ringan jauh lebih ringan ketimbang material lainnya, misal kayu. Hal ini tentunya akan lebih praktis dalam hal pengangkutan maupun pemasangannya.

Juga akan membantu mengurangi beban konstruksi yang dipikul oleh pondasi maupun kolom dan balok.


2. Pemasangannya lebih praktis dan cepat

Pemasangan material baja ringan pada konstruksi rumah atau bangunan jauh lebih mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan material ini lebih ringan dan lebih mudah pemasangannya dibandingkan material lainnya.

Jika pemasangan cepat, tentunya akan mempengaruhi biaya yang dibutuhkan, karena semakin lama pemasangan, maka biaya pekerja dan lainnya akan membengkak.


3. Material baja ringan lebih kokoh dan tahan berbagai hal

Material baja ringan biasanya didesain dengan ketahanan terhadap cuaca dan lainnya. Baik tahan terhadap karat yang menyebabkan korosi, tahan rayap yang menjadi biang kerok material lapuk, juga tahan terhadap api.

Seperti yang kita ketahui, rangka atap kayu misalnya, selalu menjadi momok ketika ada percikan api di dalam rumah.

Selain itu, material baja ringan juga lebih tahan terhadap jamur dan lumut yang dapat merusak konstruksi sebuah bangunan. 


4. Material baja ringan lebih cocok di segala cuaca

Material baja ringan punya reflektivitas dan emisivitas yang baik, di mana mampu memantulkan sinar matahari. Juga dapat menyerap panas dengan baik, sehingga tahan terhadap kelembaban maupun cuaca panas. 


Mengenal Keunggulan Baja BlueScope Zacs®️ sebagai Bahan Baku Baja Ringan Unggulan

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh material baja ringan, maka minat konsumen akan material ini semakin meningkat.

bahan baku baja ringan
Baja Ringan BlueScope Zacs®️

Dan ketersediaannya di pasar pun semakin beragam.

Namun, satu hal yang pasti, tidak semua jenis baja ini sama kualitasnya. Konsumen harus lebih jeli dalam memilih baja ringan, khususnya dengan mengenali bahan baku yang digunakan.

Bahan baku baja ringan sangat mempengaruhi kualitas dari produk baja ringan tersebut.

Pastikan memilih material dengan bahan baku yang digunakan dalam baja lapis BlueScope Zacs®️. Karena material ini punya keunggulan di antaranya:

  • Baja lapis BlueScope Zacs®️ punya ketahanan karat yang terbaik . Hal ini terbukti dari uji ketahanan karat yang dilakukan, dimana dilakukan dengan menggores silang di permukaan plat, kemudian disemprotkan kabut garam selama 1000 jam tanpa henti.
  • Baja lapis BlueScope Zacs®️ mengandung lapisan pelindung karat AZ100. Lapisan sangat penting dalam melindungi atap agar selalu tampil prima di segala cuaca.
  • Baja lapis BlueScope Zacs®️ bersertifikasi resmi. Sertifikasi menggunakan teknologi standart Australia, yang memang sudah terbukti 100 tahun dalam menjamin kualitas, karena pionir dalam bidang baja lapis. 
  • Baja lapis BlueScope Zacs®️ terjamin kualitasnya untuk jangka panjang. Ada jaminan ketebalan baja inti dengan perpaduan alumunium seng, dan minimum pelapis 100gr/m2 dengan 4 lapisan superior yang tahan karat dan tahan lama.
bahan baku baja ringan
Stiker Biru Steel Supplied By BlueScope untuk produk asli BlueScope Zacs®

Dengan segala keunggulan tersebut, penggunaan baja ringan dengan bahan baku dari baja lapis BlueScope Zacs®️, tentunya akan memberikan jaminan konstruksi yang kokoh dan nyaman dalam jangka panjang.


Cara Mengenali Bahan Baku Baja Ringan yang Asli Pada Baja Lapis BlueScope Zacs®️

Sudah tahu kan bagaimana keunggulan bahan baku baja lapis BlueScope Zacs®️. Namun, kita harus jeli mengenali ciri-cirinya agar tidak salah pilih produk yang palsu.

Begini cara kenali bahan baku baja ringan BlueScope Zacs®️ Asli:

1. Dengan cara mengecek branding text dari produk BlueScope Zacs®️ dan terdapat Sticker Steel Supplied By BlueScope (Sticker Biru), dengan detail:

a. Kode atau keterangan mengenai identitas merek produk BlueScope Zacs®️.
b. Ada keterangan diproduksi oleh NS BlueScope Indonesia.
c. Ada keterangan waktu produksi dan tanggal produksi.
d. Terdapat logo SNI lengkap dengan kode SNI

branding text blueccope zacs
Branding Teks Produk

Selain mengecek keterangan branding text dari produknya, konsumen juga bisa menghubungi Call Center BlueScope Zacs®️ untuk memastikan material baja lapis BlueScope Zacs®️ itu asli atau palsu.

Demikianlah cara mengenali material bahan baku baja ringan BlueScope Zacs®️. Memang harus teliti ya, demi mendapatkan rumah impian yang kuat dan kokoh menggunakan material baja ringan terbaik.

Selain kualitas bahan yang digunakan, diperlukan tukang yang ahli dan berpengalaman. Kita bisa cari tukang baja ringan BlueScope Zacs® yang memang sudah berpengalaman dalam mengerjakan pemasangan material baja ringan.

Sumber: 

  • https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/kenali-bahan-baku-baja-ringan-dan-genteng-metal-untuk-hunian-kokoh-dan-tahan-lama

Gambar: https://bluescopezacs.id

6 komentar :

  1. Merupakan salah satu inovasi terbaik saat ini dalam dunia konstruksi, apalagi harganya lebih terjangkau, dan bagus untuk bagunan-bagunan semi permanen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangunan permanen juga bagus kok :) Dan lebih efisien dan kuat

      Hapus
  2. Ada yang sat-set-sat-set dengan harga terjangkau, didukung pula dengan kualitasnya juga oke ya kak, memang bisa jadi pilihan nih, buat membangun apa aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerr, kalau dihitung-hitung jauh lebih hemat juga, karena awet :)

      Hapus
  3. Baca tulisan Mbak Rey auto lihat ke atas , ke atasp rumah
    Karena rumah yang sekarang saya tempati terbuat dari baja ringan, full
    Sehingga gak tau kenapa, ketika Sumedang beberapa kali digoyang gempa
    (lumayan gede), saya merasa tenang, gak takut rumah berlantai 3 ini rubuh atau apa

    BalasHapus
  4. Menentukan bahan dasar untuk kanopi rumah dan tiang penyangga rumah dan juga ruko-ruko memang penting banget dengan pemilihan produk baja ringan yang tepat agar gak gampang berkarat dan rusak. Beruntungnya ya sekarang sudah ada produk baja ringan dari BlueScope, sehingga benar2 berharap bisa menjadi pilihan para pengembang/developer properti rumah, dll.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)