Thursday, October 01, 2020

Hari Lansia Internasional 2020, Saat Kita Lanjut Usia

Hari Lansia Internasional 2020

Sharing By Rey - Ada yang ngeh nggak? kalau hari ini adalah Hari Lansia Internasional?
Yup, setiap tanggal 1 Oktober, selalu diperingati sebagai hari Lansia Internasional (International Day of Older Persons).

Sejak ditetapkan di Sidang Umum PBB, setiap 1 Oktober berdasarkan resolusi No. 45/106 tanggal 14 Desember 1990.
Btw, hari Lansia Internasional ini berbeda dengan Hari Lansia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.

Dan, penetapan Hari Lansia Internasional ini, merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan of Action on Aging ("Vienna Plan"), yang diputuskan di Wina tahun 1982, dengan resolusi No. 37/1982, yang melahirkan beberapa kesepakatan untuk mengundang bangsa-bangsa yang belum melaksanakan, agar menetapkan hari bagi lanjut usia.

Adapun latar belakang terbentuknya Hari Lansia Internasional ini adalah, karena mengingat orang tua selalu punya peran penting dalam masyarakat.
Baik sebagai pemimpin, maupun penjaga tradisi. 

Akan tetapi, kebanyakan para lansia jadi sangat rentan dengan banyak yang jatuh miskin, menjadi cacat atau menghadapi diskriminasi di sisa hidupnya.


Orang Tua Kita Yang Telah Lansia 


Saya nggak pengen bahas yang berat-berat meski judulnya berat.
Saya cuman pengen curcol aja deh.
Karena hari Lansia Internasional ini, membuat saya rindu serindu-rindunya sama orang tua saya.  

Hari Lansia Internasional 2020

You know lah, udah hampir 5 tahun saya nggak bisa ketemu ortu saya.
Dan sedihnya, ortu saya tuh tipe orang yang suka tertutup, jarang bisa ditelpon, boro-boro video call
Bukan hanya itu, orang tua saya, khususnya mama, paling nggak suka difoto.

Jadi, selama hampir 5 tahun ini, saya hampir melupakan bagaimana wajah mama dan bapak.
Untungnya kakak saya kadang curi-curi motret mama jika sedang mengunjungi mereka.
Dan setiap kali kakak saya mengirimkan saya foto terbaru mama dan bapak, hati saya sedih banget rasanya.

Mengapa coba mama dan bapak saya terlihat makin tua?
Lalu saya terhenyak oleh jawaban hati sendiri.
"Woi Rey, bukan hanya mereka yang tua, kamu jugah!"
Hahahaha.

Dan saya mencoba mengingat, tahun kelahiran bapak dan mama saya.
Mereka lahir di tahun 1954 dan 1955, means bapak udah berusia 66 tahun dan mama 65 tahun.
Uwooowww, makanya mereka udah terlihat tuwah, huhuhu

Yang paling bikin hati ngenes itu, saat melihat rambut mama, hampir semuanya sudah memutih.
Saya jadi teringat di saat saya kuliah, hingga saya mudik hampir 5 tahun lalu.
Terakhir kali saya pulang, rambut mama memang banyak yang memutih, tapi masih ada yang hitam.

Dan mama paling suka menyambut saya pulang, karena saya adalah satu-satunya anaknya yang paling rajin jika disuruh cabutin ubannya.

Lalu saya berpikir, akankah saya masih bisa mencabutin ubannya nanti?
Mungkin kebalik kali ya? 
Saya bakal mencabuti rambut hitamnya, saking rambut putihnya udah makin banyak, hiks.

Kangen banget ya Allah.

Satu hal yang saya syukuri, dan tak pernah lupa saya panjatkan dalam doa saya, karena kedua orang tua saya Alhamdulillah masih sehat dan masih kuat untuk beraktifitas sendiri.
Sungguh saya nggak berani membayangkan, gimana nantinya kalau mama dan bapak udah lanjut usia banget?

Hari Lansia Internasional 2020

Saat mungkin keduanya udah nggak kuat beraktifitas sendiri?
Sementara saya terpisah ribuan KM dengan mereka?
Dan kakak saya masih harus bekerja?

Jujur, saya belum bisa memikirkan gimana-gimananya?
Seharusnya sih saya bisa membayar orang buat merawat mereka nanti, kaerna saya begitu jauh dari orang tua sendiri.
Tapi saat ini hal tersebut masih sangat sulit saya lakukan, karena saya sendiri masih harus berjuang mencari uang untuk diri sendiri dan anak-anak, huhuhu.

Semoga Allah selalu membukakan pintu rezeki-Nya seluas-luasnya untuk saya ya, aamiin.


Mengingat Saat Kita Lanjut Usia Nanti 


Lalu saya jadi mengingat, kira-kira seperti apa ya saat kita semua, khususnya saya ternyata dipanjangkan usianya hingga menjadi lansia nanti?

Hari Lansia Internasional 2020

Btw, untuk di Indonesia, ukuran Lansia itu dilihat dari usianya, jika dulu usia lansia itu setelah masuk 60 tahun, sekarang ditambah lagi, bahwa lansia adalah memasuki usia 65 tahun.
Masih ada waktu lebih dari 20 tahunan lagi untuk saya mencapai usia Lansia.

Akankah di waktu itu saya masih sehat?
Akankah saya masih bisa produktif?
Akankah saya malah merepotkan anak-anak saya?

Kadang ngeri juga mikirinnya, melihat kedua orang tua saya masih bisa bertahan dengan pensiunannya.
Bagaimana dengan saya?
Ah malah ribet ya mikirnya hahaha.

Intinya, peringatan hari Lansia ini, bukan hanya mengingatkan kita bahwa Lansia itu butuh dilindungi.
Bukan juga hanya dengan memikirkan untuk bisa menyenangkan kedua orang tua kita, jika masih ada dan sudah masuk usia Lansia.

Tapi juga memikirkan diri kita sendiri.
Bagaimana kita di masa Lansia nanti, jika memang berusia panjang?
Bagaimana caranya agar kita masih bisa menjadi sosok lansia yang mandiri.

Tentunya, lansia yang masih sehat, lansia yang masih produktif.
Lansia yang tidak melulu bergantung dan menjadikan anak-anak sebagai sandwich generation

Gimana caranya?
Tentu saja dengan rutin menjaga kesehatan dari apa yang menjadi asupan tubuh kita, apa yang kita lakukan pada tubuh dan pikiran kita.

Dan tentu saja berbanding dengan apa yang kita persiapkan di masa lansia kita nanti, agar kita tetap produktif dan semangat menjalani hidup.

Hari Lansia Internasional 2020

Anyway, selamat hari Lansia Internasional atau hari lansia sedunia 2020.
Semoga para lansia tetap mendapatkan perlindungan dalam menjalani hari tuanya.
Semoga orang tua kita bisa tetap sehat dan semangat.
Dan semoga kita semua bisa mempersiapkan diri menjadi lansia yang sehat dan produktif.

Demikianlah.


Sidoarjo, 1 Oktober 2020

#KamisSehat

Sumber :
  • Wikipedia
  • https://www.liputan6.com/global/read/4075766/hari-internasional-orang-lanjut-usia-perjalanan-menuju-kesetaraan-usia diakses Oktober 2020
Gambar : Canva edit by Rey

12 comments:

  1. Haloo Cantik sudah lama tidak koment disini....Maklum sibuk berkarier eehh salah Berkelir maksudnya...不 不 Tapi kalau membaca tulisan ini hampir setiap hari kok....Nahloo mau koment saja ada rayuannya dulu yaa..不 不 不

    Baru tahu saya ternyata tanggal 1 oktober ini menjadi hari langsia sedunia. Bicara soal langsia saya cuma bisa berharap, Jika saya menjadi langsia nanti ingin selalu dekat dengan anak2 saya, yaa tentunya mereka juga sudah besar dan punya pasangan, Hingga bisa memberikan cucu2 yang imut serta lucu.

    Selain itu jika saya langsia nanti, Saya ingin selalu sehat dan terlihat gagah agar bisa banyak bercerita dan bercengkrama dengan cucu2 saya nantinya.

    Dan teruntuk para langsia dimanapun anda berada baik dirumah atau dipanti jompo semoga dirimu bisa tetap sabar dan tentunya punya semangat untuk berjiwa sehat agar bisa lebih Khusyu dalam mendekatkan diri pada Allah.S,W,T. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Ustadzzz, ke mana ajah dirimu, duhhh kita-kita kangen loh, blognya juga jarang update, lagi rajin berkarir aja nih hahahaha.

      Iya, mau bahas hari Pancasila udah terlalu mainstream, jadi bahas lansia aja, sekaligus mengingatkan kalau kita tua nanti, apakah muka kita nggak keriput yak? hahahahahaha

      Kalau kangsat masih gagah dan bisa gendongin cucu-cucunya ya :D

      Delete
  2. Asyiik.. hari gue diperingati. Gua kan sudah lansia, jadi makasih makasih gue dirayain..

    Ada yang ngasih kado ga neh...ditunggu..wakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kado buat anak kecil kong....Buat ente gw mah ooogaahhhh ngasih...Uni Rey juga mikir dua kali kayanya kalau ngasih ente kado..不不不 Kaaboorr..

      Delete
    2. Wkwkwkwkwk, tunjukin dulu KTPnya, lansia kan 65 taon :D

      Delete
  3. Yang aku tahu sih tanggal 1 Oktober itu hari kesaktian Pancasila mbak, ternyata berbarengan juga dengan hari lansia ya.

    Jadi tahu umur mbak Rey pas bilang masih 20 tahun lagi jadi lansia. Oh ternyata segitu ya.

    Harapan saya sih penginnya kalo lanjut usia nanti ada uang pensiun sendiri sehingga tidak merepotkan anak, tapi yang lebih penting lagi sehat sih.

    Soalnya kadang aku lihat di kampung ada juga orang lansia yang jualan di pasar. Mungkin anaknya tahu tapi kehidupan mereka sendiri juga pas pasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, mau bahas hari Pancasila tapi kok terlalu mainstream, mending yang jarang dibahas aja, biar nambah pengetahuan baru :D

      Aamiin, setidaknya kita masih bisa produktif dan menghasilkan sendiri ya :D

      Delete
  4. Waduh baru tau hari ini hari lansia sedun [international]:D...
    Yang aku tau mah hari kesaktian Pancasila...

    Sayang, aku udah gak punya kakek n nenek. Mama n papa pun juga dah gak ada..Jadi inget deh, masa2 indah ma nenek, kakek. Rindu sangat mama n papa...

    Selamat hari lansia untuk semua lansia...

    Moga kita juga bisa hidup bahagia bersama pasangan sampai lansia...
    co cuiiiit.....:D

    ReplyDelete
  5. Prasaan aku dah komen di post ini semalem, tapi koq ada ya?

    Komen lagi deh

    Jadi kemaren tgl 1 Oktober itu hari kesaktian Pancasila, dan ternyata juga hari lansia international...

    Baru tau aku ada hari lansia international pas baca post ini 五

    Jadi keingetan nenek, kakek yg udsh pada gak ada. Kenangannya masih membekas, krn sll dimanja mereka. Minta apa aj dikabulkan.

    Moga kita2 juga bisa dikasih umur panjang, sehat, kuat, biar sampe nenek2 hepiii

    ReplyDelete
  6. nahh aku baru tau ada hari lansia hehehe
    seneng kalo liat ada lansia yang masih aktif, aktif olahraga, aktif ikut pertemuan, aktif makan makanan sehat. alias masih bugar gitu. terlihat banget gaya hidupnya sehat
    aku berpikir "besok besok semoga terus diberi kesehatan biar juga aktif seperti mereka"

    ReplyDelete
  7. Aku kadang salut Rey, Ama pemimoin2 negara kayak ratu Elizabeth, Mahathir Muhammad, yg usianya udh 90an tahun masih aktif banget dan luar biasa sehat. Ya Allah aku bisa kayak gitu ga yaaa. Tapi rasanya ga , Krn makan aja aku msh berantakan polanya huahahahaha. Boro2 makanan sehat. Sementara ratu Elizabeth aku pernah baca pola makannya super sehat. Duuuh , saluuuut lah bener.

    Mama papaku , trutama papa sih yg amaaat disiplin jaga makan. Makanya di umur skr 66, papa masih sanggub ngurus bisnis2nya. Walo udh bbrp kali minta aku utk kesana turun tangan juga, tp aku liat toh tanpa aku papa msh kuat. Semoga sih ya para ortu kita bisa panjang umur tapi ttp sehat.

    Tapi yg pasti sih Rey, aku slalu inget kata2 alamrhum mertuaku, papa mama. Mereka tuh selaluuuu aja ingetin, kalo berdoa ke Gusti Allah, selalu minta, seandainya tiba waktunya kita hrs menghadap, semoga itu berjalan cepet dan tidak menyusahkan anak2 yg kita tinggalin. Dan Alhamdulillah papa mama mertua terkabul doanya. Krn 2-2 nya meninggal tanpa menyusahkan keluarga, jalannya cepet. Ga pake sakit lamaaa yg ngabisin banyak biaya. Dan jujurnya itu yg aku harapkan kalo nanti sudah tua. Ga menyusahkan keluarga :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)