Tuesday, October 20, 2020

Tampilan Blog Favorit A La Rey

Tampilan Blog Favorit A La Rey

Sharing By Rey - Tampilan blog favorit itu kayak gimana sih?
Kalau menurut saya sih beragam sih ya, tergantung selera personal pembaca.

Namun yang pasti, sekece apapun tampilannya, yang paling fast loading, dan responsive, pastilah yang paling diminati, iya nggak?

Setidaknya itu buat saya sih, si pembaca blog, yang jujur lebih menyukai bacaannya, ketimbang tampilannya.
Karena blog memang kan berisi tulisan buat dibaca, bukan video buat ditonton.

Meskipun memang nggak menampik, kalau tampilan yang unyu juga bikin betah mata sambil bacain tulisannya.
Apalagi kalau warnanya favorit banget buat saya, yaitu pink, atau rainbow, duh rasanya tuh jadi makin bahagia betah bacain tulisannya (yang menarik, teteup!, hahaha).


Tampilan Blog Favorit A La Rey


Zaman now, tampilan blog teman-teman itu beragam, cantik dan unyu-unyu banget.
Baik yang gratisan, apalagi yang berbayar.

Eh enggak ding, saya dong udah beli 2 template berbayar, dan keduanya nggak kepake, saking saya kurang suka dengan tampilannya pas dipasang ke blog ini.

Tampilan Blog Favorit A La Rey

Biar kata, pas liat di tampilan blog orang cantik, pas dipasang ke sini, kok jadinya aneh ya?
Padahal ya dengan tampilan warna mostly pink loh, which is pink adalah warna favorit saya. 

Dan setelah saya pasang, edit sana sini, akhirnya kembali lagi ke template dan tampilan sejadul sekarang, karena rasanya nyaman aja, dibanding yang baru.

Awalnya saya pikir, mungkin karena saya belum terbiasa aja, nyatanya enggak juga sih.
Karena hal itu saya bandingkan dengan kunjungan saya di blog lainnya, jujur saya lebih nyaman dengan tampilan blog yang responsive ketimbang tampilan blog yang unyu menggelegar.

Menurut saya, tampilan blog yang favorit a la saya itu adalah:


1. Ukuran dan jenis fontnya pas di mata


Mau sesederhana apapun, atau sebagus apapun, yang paling utama itu adalah ukuran dan jenis font atau tulisan di blog tersebut, baik tampilan mobile maupun web.

Sebijaknyalah memakai ukuran dan jenis font yang ramah di mata, jangan terlalu kecil kek semut, juga nggak terlalu gede kek iklan, hahaha. 
Yang pas aja di mata, ukurannya sih tergantung jenis font-nya, dan jenis font-nya sebijaknya yang formal aja, karena kadang yang melungker-melungker gitu bikin mata cepat lelah bacanya.


2. Warna font dan backgroundnya pas di mata


Paling aman memang warna gelap dengan background terang, atau sebaliknya.
Misal, warna tulisan hitam atau abu gelap, dengan background putih, atau sebaliknya.

Saya paling sedih kalau lagi blog walking ketemu blog dengan warna font lembut, dan background putih pulak, ya ampooonnn, ini mata rasanya makin berkedut, saking sakitnya, hahaha.

So, warna font dan background yang kontras itu penting banget buat saya as a blog reader. 


3. Responsive


Maksud dari responsive bagi saya adalah, blognya menampilkan beberapa tampilan widget yang penting, baik secara tampilan mobile maupun web.  

Tampilan Blog Favorit A La Rey

Seperti widget archives blog, ini penting banget buat saya, karena saya paling suka ubek-ubek isi blog orang, apalagi kalau jadi langganan blog walking saya, widget archives itu penting, karena biasanya saya bakalan baca tulisan-tulisannya yang terdahulu, dan untuk bisa memilah mana yang udah saya baca, mana yang belum, biasanya saya mulai dari tulisan paling awal.

Salah satu blog yang udah khatam semua tulisannya saya baca, karena gampang nyari tulisan terdahulu adalah, blognya Mba Fanny Dcat Queen,  meskipun tampilan homepage blognya tanpa widget, tapi pas di klik masuk ke postingan, dengan mudah kita bisa menemukan archives di bagian sampingnya, di mana tersusun rapi semua postingan terdahulu berdasarkan waktu postingan.

Asyiknya juga, widget archives-nya berbentuk hirarki, yang mana kalau di klik postingan per bulannya, halaman nggak bakal kebuka yang baru, alias bisa dibuka dengan drop down ke bawah.

Dengan begitu, saya bisa dengan mudah mengingat, sampai di postingan mana, tulisan yang sudah pernah saya baca dan mana yang belum.

Responsive lainnya menurut saya adalah yang bisa di klik kanan, tapi seandainya nggak bisa pun, saya lebih suka yang kalau di klik, bakalan terbuka di tab atau window baru (saya buka melalui laptop soalnya), kayak punya Creameno tuh, biar kata kagak ada widget archives lengkap di tampilan postingannya, tapi ada menu bar di atas yang kalau kita klik, bakalan terbuka di tab lain.


4. Fast loading dan nggak banyak iklan mengganggu


Sebenarnya kalau ini sih juga tergantung sinyal internet kali ya, biar kata fast loading-nya super cepat, kalau kecepatan internet lemot, ya podo wae.

Tapi selama ini, Alhamdulillah sih belum ada blog yang loading-nya bikin saya ngantuk, even ada iklannya bejibun.

Ya iyalah, saya pake adblock soalnya hahahaha.
Kecuali buka pake hape sih, tapi memang saya jarang banget blog walking pakai hape sih, kecuali memang niat cuman buat baca-baca aja, no komen.

Sejujurnya, saya pakai adblock bukan nggak pengen support teman blogger yang pakai iklan, cuman masalahnya saya sering banget browsing dan munculnya di web-web berita, yang sudahlah iklannya berlapis, pakai ketutupan video pulak.

Karenanya, saya pakai adblock, jadi sama sekali nggak pernah merasa diganggu iklan, dan jadinya kadang nggak bisa mendatangi blog teman yang menolak adanya adblock, hahahaha. 


5. Tampilan unyu tapi nggak berlebihan

  
Dan yang paling terakhir yang saya sukai dari tampilan sebuah blog adalah, yang unyu tapi nggak berlebihan, ada sentuhan pink atau colourfull, asalkan tulisan utamanya tetap menggunakan font dengan warna yang kontras.

Beberapa tampilan blog yang saya suka, dan pengen saya tiru adalah, tampilan blognya Grace Melia, Diana Rikasari (ini sih lebih ke suka ama colourfull-nya), siapa lagi ya? 
Sebenarnya banyak sih, cuman memang yang lain nggak selengkap responsive-nya blognya Grace.

Ada yang udah unyu banget, tapi archives-nya hilang atau nggak muncul.
Ada juga yang responsive sangat, tapi nggak ada warnanya selain hitam putih (anaknya nornor ama warna, khususnya pink, hahaha) 


Tampilan Blog Favorit Itu Seperti Apa?


Seperti apa ya?
Menurut saya sih sejujurnya balik lagi ke selera masing-masing untuk tampilannya.

Tampilan Blog Favorit A La Rey

Namun yang pasti adalah, tampilan blog yang paling menarik untuk dikunjungi adalah, tentunya yang blognya selalu update dengan tulisan-tulisan baru, hahaha.

Ye kan.
Apalah gunanya tampilan sekece maksimal, tapi nggak ada isinya, terus buat apa sering dikunjungi, ye kan?

Atau minimal, kalau belum ada tulisan baru, masih ada tulisan-tulisan lama yang mudah diakses untuk dibaca.

So, sebenarnya untuk blogger pemula, daripada menghabiskan waktu untuk bolak balik gonta ganti template dan mempercantik blognya, mendingan habisin waktu buat menulis dan menulis di blog.

Karena sebagus apapun tampilan blognya, kalau isinya cuman satu atau 2 postingan, abis baca itu, masa iya didatangin lagi buat liatin tampilan unyunya aja? hahaha.

Atau, sah-sah aja sih mempercantik tampilan blog, tapi jangan lupa buat diisi dengan tulisan baru sesering mungkin, selain untuk melatih kemampuan menulis, pun juga memberikan karya baru kita kepada pengunjung blog kita, agar mereka betah.

Iya nggak?
Iya in aja deh :D


Sidoarjo, 20 Oktober 2020


Sumber : pengalaman dan opini pribadi
Gambar : canva edit by Rey

23 comments:

  1. Tampilan favorit gue mah..huruf gede..hahahahaha soalnya mata sudah minus gede baca yang imut2 mah ampuun..

    Jarak antar baris jangan rapet ..pusing bacanya..

    Kalo buat blog sendiri mah tergantung temanya..πŸ˜‚πŸ˜‚ yg pasti kudu cepet dan sederhana.. soalnya dengan 60-70% pengunjung dengan mobile, tampilan desktop yang luar biasa bagus pas masuk ponsel ya cuma begitu begitu juga πŸ˜‚πŸ˜‚

    Jadi ngapain juga terlalu fokus ke tampilan ..

    😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Bapak! tergantung tema juga sih, kalau yang umum memang enakan yang super simple, yang penting enak di mata.

      Cuman kalau ciwi-ciwi memang kadang pengen ada sentuhan yang unyu-unyu gitu hahahaha

      Delete
  2. Jaman aku awal2 ngeblog dulu tiap minggu ganti tema mbak, biar ga bosen, waktunya malah abis buat mempercantik tampilan daripada buat nulis, maklum waktu itu blognya isinya curhatan ga jelas doang.

    Setelah tau ternyata bisa menghasilkan uang dr blog, aku udah jarang bgt ganti2 tampilan, sampe saat ini lebih suka tampilan yg simpel, ga banyak warna, ga ribet, (ga mau ribet utak-atik tampilan lebih tepatnya).

    Yang penting ukuran & jenis fontnya pas dan ga kebanyakan iklan aja sih hahahha, kalau aku sendiri nyaman dgn tampilan yg minimalis, mudah2an pengunjung blogku juga nyaman hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha syamaahhh say, jadi kek friendster ajah :D

      Iya ya, ganti template itu ngabisin waktu banget :D

      Delete
  3. kalo tema tampilan di blog aku pertama cuma gonta ganti dari bawaan yg ada di blogger, kemudian diberi saran oleh teman untuk ganti tema biar lebih kece. Awalnya bingung untuk edit2 html-nya, tapi akhirnya bisa jg hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edit-edit html itu llumayan banget menyita waktu :D

      Delete
  4. Waahh dulu nih awal-awal serius nulis blog sering banget ganti template. Seru sih soalnya biar gak bosen tapi emang capek karena otak-atik terus jadinya malah salah dikit jadi error hahaha

    Tapi, abis baca ini langsung cek blog sendiri, apakah yang Mba Rey sebutin udah ada apa belom trus langsung tambah2in hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, saya sering tuh, kebanyakan utak atik malah makin eror, kalau enggak jadi makin lemot :D

      Delete
  5. Ngomong-ngomong masalah tampilan blog, saya sendiri suka yang warna putih, bersih, responsive dan fast loading juga tentunya, ya putih itu terlihat kece lah.

    Nah ini yang punya mbak Rey setia banget sama warna pink gak mau ganti gitu dengan warna putih juga, hehe, dari pertama kali kenal blog Reyneraea.com hingga sekarang masih pink-pink aja tampilannya...

    Namun kalo ngomongin konten, mbak Rey jagonya lah... Top pokoknya.

    Nice post. Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, bisa aja, saya nulisnya cuman curcolan aja :D
      Kalau pink, nggak tahu kenapa, rasanya bukan saya banget kalau nggak ada warna pink :D

      Delete
  6. Menurutku, perubahan zaman juga membawa pengaruh pada kesukaan tampilan blog, Kak. Dulu aku suka tampilan yang unyu-unyu, cursor cantik, ada snowflakesnya, dll. Eh, semakin ke sini, kok lihat yang seperti itu malah jadi pusing ya 🀣
    Sekarang lebih suka tampilan yang minimalis, yang nggak banyak pernak-pernik, dan ukuran tulisannya nyaman dibaca seperti blog Kak Rey ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iyaaa kursornya warna pink, terus banyak kedip-kedipnya hahahaha :D

      Sekarang maunya yang simple aja, tapi tetep ada elemen pentingnya, plus ada sentuhan pink hahaha

      Delete
  7. Setuju sama mba Rey, tampilan blog itu nomor dua, yang penting rajin update hahaha. Saya pribadi suka tampilan yang minimalis dan gampang navigasinya :D -- dan menurut saya, blog mba Rey termasuk blog yang mudah <3

    By the way, mba Rey sudah baca blog saya dari awal lho hahahaha, cuma mungkin mba nggak sadar. Sebab saat saya check post-post jadul saya, ada banyak komentar mba di sana. Saya pun kaget melihatnya :)) I thank you a lot, mba. Lavvv ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh kalau blognya Eno, kayaknya udah 95% saya baca semua tulisannya, meski masih ada post-post yang mungkin terlewat, dari awal dulu saya udah jatuh cinta ama blog Creameno, saking tulisannya ringan, tapi asyik banget dibuat kayak forum diskusi gitu :)

      Delete
  8. Dulu aku gonta ganti template karena suka lihat tampilan blog yang bagus atau unyu, tapi sekarang jarang ganti karena sudah nemu yang pas. Tapi menurutku memang yang penting artikel banyak dan font tulisannya harus jelas. Sebab kalo terlalu kecil agak susah bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kaaannn... ga laki, ga perempuan, semua suka yang unyu, tapi sekarang template Mas Agus udah kece tuh :D

      Delete
  9. sama kayak mas agus, duluuuu banget awal ngeblog karena lagi belajar juga, jadi cukup sering ganti template, dan menyesuaikan keinginan aja.
    trus dulu tuh penasaran kok bisa ada kursor bentuknya lucu lucu, kayak yang dibilang lia. coba kepo kepo aja, ternyata memang ada caranya hahaha

    aku juga jarang komen dari hape, kecuali saat lagi bosan menunggu atau emang lagi ga bawa laptop, cuman kadang layar hape kecil jadi agak susah
    kadang waktu aku komen blog mba rey dari hape, di tempatku muncul yang kayak permainan games mbak, alias yang centang centang foto, dan dihape suka geser sendiri

    kadang memang yang bikin sebel waktu BW adalah internet tadi, kadang aku bingung, yang lemot jaringan internetku atau kecepatan blog yang aku kunjungi memang begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya dulu itu semua blogger berlomba mempercantik blognya dengan yang kedip-kedip ya :D

      Nah loh, kenapa ya itu? saya nggak pasang moderasi atau apapun loh, biasanya itu kalau kebanyakan komen dalam 1 waktu.
      Meski ga ada moderasi atau apapun, tetep diminta centang-centang gambar :D

      Delete
  10. Aku suka sama blog yg responsif, n teratur.
    Label, arsif, n yg gak kalah penting yaitu about. Karena aku kalo BW, yg pertama, aku buka about.

    Kebayang kita mampir di satu blog, tapi, gak tau yg kelolanya siapa...

    Satu lagi, kalo buka blog, durasinya gak lama, karena pasti aku ninggalin. Buang wkt 😊

    Apalagi penuh dgn iklan yg amat menggangu
    pandangan..

    Terus, paling penting adalah artikelnya menarik utk dibaca.

    Jujur aja, di blog reyneraera ini banyak artikel yg berisi. Banyak tema yg dibahas..
    bikin aku suka kangen utk kembali lagi ke blog ini dari kesibukan kantor utk baca2.

    Menurutku, blog ini sdh termasuk bagus dlm tampilan, teratur, n lengkap.

    Sukses, n sehat sll y mba rey😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awwww... bisaaaaakkk aja nih bikin tersipu-sipu hahaha.
      Etapi bener ya Mba, paling nggak asyik kalau kita datang ke sebuah blog, tapi nggak tahu penulisnya siapa, kan minimal kita tauk, dia ini laki atau perempuan hahahaha

      Delete
  11. Kayaknya semua sudah dirangkum kak Rey. Tapi kalo ada tampilan blog favorit, salah tiganya kak Eno, kak Jane, sama kak Lia. Tiga itu yang bikin betah kalo main ke blognya. Mulai dari tampilan, komposisi warna, sampai widgetnya yang fungsional. Kalo masalah responsif, saya yakin kebanyakan template sudah mendukung itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe banget.
      Ketiganya itu pas banget buat pengunjung 2 gender.
      Laki masuk, perempuan juga :D

      Kalau saya teteup, kudu ada pink-pinknya hahahaha

      Delete
  12. Kalau baca blog tuh aku suka banyak maunya, Mbak. Mau baca blog yang tampilannya unyu tapi minimalis, yang responsif, dan yang fast loading. Tapi sayangnya blogku sendiri aja masih kurang mencerminkan itu semua. Yang paling utama di bagian fast loading itu. Bheuh lemot banget blogku, Mbak Reeeeey πŸ˜‚. Tapi mau ganti template juga akunya yang males πŸ˜…. Kapan-kapan lah kalau ada uang beli yang premium aja, sekalian minta dipasangin sama empunya.πŸ™ˆ

    Yang bagian responsif itu yang paling aku suka kalau ada widget archive, label, sama search. Soalnya kadang ketika main ke blog orang, aku suka sekalian sambil nguprek-nguprek tulisan lamanya atau cari-cari topik tertentu. Jadi menurutku tiga widget itu perlu banget supaya pembaca bisa betah lama-lama ada di blog kita sambil ngepoin tulisan-tulisan lama.πŸ˜„

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)