Saturday, August 11, 2018

Bangga Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018


Assalamu'alaikum :)

Beberapa hari lagi, pesta olahraga Asian Games akan diadakan di Jakarta dan Palembang.
Dan sebagai warga negara Indonesia, saya ikutan bangga banget menjadi bagian dari negara tercinta ini.



Apa sih Asian Games itu?

Asian Games adalah, ajang perlombaan olahraga tingkat Asia yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali, dan kali ini Indonesia terpilih jadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.
Menjadi tuan rumah, itu berarti selama kurang lebih beberapa minggu ke depan, Indonesia bakal menjamu ribuan bahkan lebih orang dari berbagai negara yang ada di kawasan Asia.

Untuk itu beragam persiapan telah dilakukan oleh pemerintah, mulai dari sarana dan prasarana baik di ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Maupun di Palembang.
Semuanya dilengkapi dan dipercantik.
Secara, akan banyak orang asing dari negara lain yang berkunjung  ke negara tercinta kita, dan sebagai tuan rumah yang baik, tentunya kita gak mau kan jika ada hal-hal yang mengusik tamu-tamu kita?.

Selain sarana dan prasarana yang lengkap seperti transportasi yang nyaman, pembangunan infrastrukturpun telah jauh hari disiapkan untuk menyambut datangnya Asian Games tersebut.

Seperti, pembangunan renovasi besar-besaran di Gelora Bung Karno yang sudah selesai dan siap dipakai dalam kegiatan Asian Games. Kini stadion kebanggaan rakyat Indonesia, Gelora Bung Karno telah menjelma jadi salah satu stadion dengan kualitas pencahayaan gak kalah bersaing dengan stadion yang terkenal di dunia lainnya.


Bukan hanya di Jakarta, di Palembang pun pemerintah menggelontorkan banyak biaya untuk menghadirkan gelanggang olahraga yang bertaraf internasional, salah satunya Aquatic Center di Jakabaring Sport City, Palembang.


Selain sarana dan prasarana yang membanggakan tersebut, ada pula maskot Asian Games 2018 yang mencerminkan Indonesia banget.
Ada Kaka, Bhin Bhin, dan Atung.

Kaka adalah, maskot Asian Games yang digambarkan berbentuk seekor badak bercula satu yang memakai kostum tradisional dengan motif bunga songket Palembang. Sesuai karakter hewannya, Kaka melambangkan kekuatan.


Bhin Bhin adalah, maskot Asian Games yang digambarkan berbentuk seekor burung Cendrawasih yang indah, yang memakai kostum rompi dengan motif tradisional Asmat, Papua. Sesuai karakter hewannya, Bhin Bhin melambangkan strategi.


Sedang Atung adalah, maskot Asian Games yang digambarkan berbentuk seekor rusa Bawean, yang memakai sarung Batik Parang. Sesuai karakter hewannya, Atung melambangkan kecepatan.


Ketiga karakter maskot Asian Games tersebut begitu lucu, namun tetap mempresentasikan keindahan dan keragaman Indonesia di mata dunia, khususnya Asia.

Selain maskot lucu tersebut, logo Asian Games 2018 yang bertemakan 'Energy of Asia' juga sukses mencuri perhatian masyarakat negara di benua Asia lainnya.
Tema 'Energy of Asia' mencerminkan keberagaman budaya, bahasa, dan peninggalan sejarah Indonesia.

Masih banyak lagi hal-hal yang bikin saya pribadi, jadi merinding saking bangganya melihat betapa bangsa ini benar-benar bersolek dan bersatu menyambut pesta olahraga terbesar di Asia ini.
Semoga nanti, atlit-atlit Indonesia, anak-anak bangsa kebanggaan ibu pertiwi, bisa menyumbang lebih banyak kebanggaan dengan prestasi mereka di laga pertandingan Asian Games 2018 ini.






Dan apapun yang terjadi, rasa bangga saya sebagai warga negara Indonesia, tidak berkurang pada mereka sang atlit, juga pada negara tercinta ini.

Jadi, sudah pada nyiapin rencana mau nonton pertandingan cabang olahraga apa nih?
Share di komen yuk.




Sidoarjo, 11 Agustus 2018

Wassalam

Reyne Raea

4 comments:

  1. Saya pun merasa bangga banget, bukan hanya sama atletnya tapi juga pada semua orang yang sudah turut membantu. Salut banget semuanya kereen

    ReplyDelete
  2. banyak banget ya efek positif dari Asian Games ini, pereknomian meningkat, pembangunan cepat dan yang pasti indonesia semakin menunjukkan taringnya di dunia internasional

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...