Tuesday, September 13, 2022

Tips Blogging Ala Rey Part 01 (Rate Card Blogger serta Performa Blog)

Tips Blogging Ala Rey Part 01 (Rate Card Blogger serta Performa Blog)

Tips blogging ala Rey ini bakalan berisi rangkuman beberapa tulisan terdahulu saya, tentang semua hal yang menyangkut masalah blog.

Baik itu masalah rate card blogger, masalah teknis ngeblog, yang kesemuanya saya tulis berdasarkan pengalaman saya, bukan teori mastah ya, semua bakal saya berikan di Sharing By Rey kali ini.

Hal ini terpikirlah oleh saya, lantaran sudah beberapa waktu terakhir ini, hampir tiap hari saya menerima chat dari beberapa blogger, yang bertanya beberapa masalah blog ke saya.

Saya sih nggak masalah berbagi ilmu pengalaman pribadi secara privat dengan teman-teman blogger lainnya.
Masalahnya adalah, saya sungguh lelah menulis hal yang sama beberapa kali, karena sebenarnya beberapa blogger itu, nanyanya ya hal yang sama.

Padahal si mamak Rey ini sok sibuk teyussss, kebayang dong rasanya bosan juga menjelaskan hal yang sama meski ke orang yang berbeda.

Padahal lagi ya, sebenarnya apa yang teman-teman tanya itu, udah saya tulis dengan detail dan berulang di banyak artikel saya dalam tema #TuesdayBlogging di blog ini.

Temans sebenarnya bisa mengeklik sub tema blogging yang ada di list bawah banner blog ini, atau Temans juga bisa cari artikel yang dibutuhkan lewat kolom search yang ada di bagian samping template dekstop blog ini, atau di bagian bawah template mobile blog ini.

Misal, Temans pengen cari masalah rate card blogger, cukup ketik aja 'rate card' di kolom search, nanti bakalan keluar beberapa artikel yang membahas tentang rate card, yang pernah saya tulis.

Rate Card Blogger

Atau Temans juga bisa cari dari google, dengan mengetikan keyword 'rate card reyneraea', dan artikel saya akan muncul tepat di depan Temans.

Tapi, kalau memang masih sulit melakukannya, saya kumpulin aja deh artikelnya di sini, jadi kalau ada yang nanya lagi, mohon maaf kalau saya kirimin link postingan ini aja ya, hehehe.


Tentang Rate Card Blogger Ala Rey


Saya sempat menuliskan beberapa artikel yang membahas tentang rate card blogger di blog ini, yang tentu saja berdasarkan pengalaman saya ya, bukan berdasarkan hal-hal teori teknisnya.

Tips Blogging Ala Rey Part 01 (Rate Card Blogger serta Performa Blog)

Seperti yang selalu saya katakan, saya bukan pakar tema apapun, yang saya tuliskan di blog ini, mostly pengalaman pribadi, jadi mungkin berbeda dengan blogger lainnya.

Dan beberapa hal tentang rate card blogger yang pernah saya tuliskan adalah:
  • Cara menentukan rate card blogger bagi blogger pemula, di mana pada artikel ini, saya menuliskan tentang apa itu rate card blogger? bagaimana cara awal saya menentukan rate card blogger? serta hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan rate card blogger.
  • Idealisme rate card blogger, di sini saya bercerita tentang hal-hal umum yang sering dipikirkan hingga dikeluhkan para blogger, misal rate card blogger atau fee blogger yang semakin kecil karena alasan performa blog seperti DA/PA dan lainnya, lalu bagaimana saya menyikapinya.
  • Rate card adalah hak istimewa blogger, di artikel ini saya bercerita tentang hal-hal umum rate card blogger, yang paling sering ditanyakan banyak blogger juga, seperti bagaimana sih cara menentukan rate card blogger biar nggak kemahalan atau kemurahan, atau ketakutan blogger dalam menentukan rate card takutnya kemahalan dan bikin kesempatan penawaran hilang, atau bolehkah kita menerima job dengan rate card yang kecil atau di bawah ekspektasi kita, dan semacamnya. Juga ada beberapa jenis job blogger yang saya kerjakan di tahun 2022 ini.
  • Rate card instagram, bukan hanya tentang blog, saya juga sesekali menerima kerja sama yang menggunakan platform media sosial instagram saja, dan di artikel ini, saya berbagi cerita dan cara saya mendapatkan job serta menentukan rate card dari penawaran job instagram. 
 

Tentang DA/PA serta Pageview Blog dan Page One Google Ala Rey


Selain masalah rate card, saya juga sering berbagi cerita tentang masalah performa blog, yang mana mencakup DA (Domain Authority), PA (Page Authority) serta DR (Domain Rating) blog.
  • Sayangnya nggak lama kemudian, algoritma Moz sebagai tolok ukur DA/PA blog berubah, seketika DA blog saya turun drastis, dan saya merangkum kemungkinan penyebab turunnya DA blog saya itu. 
  • Seiring waktu, saya akhirnya menyadari, kalau sebenarnya DA/PA blog itu, nggak terlalu ngaruh juga buat blog, terlebih setelah semakin hari sudah jarang kita menemukan blog dengan nilai DA tinggi hasil natural, rata-rata sih dengan cara bayar orang biar bisa nge-boost banyak backlink masuk ke blognya, sehingga DA blog auto naik setinggi mungkin.
  • Ngomongin DA blog yng berasal dari nanam backlink di blog atau website lain, nggak lepas juga dari satu masalah yang sering dikeluhkan oleh blogger, yaitu masalah spam score blog.

Pembahasan performa blog, juga berkaitan dengan pageview atau trafik blog dan juga masalah page one google. Dan saya membahas beberapa hal tentang ini:
  • Tentang pageview blog, yang isinya bercerita tentang bagaimana pentingnya sebuah pageview blog buat saya.
  • Tentang page one google, di mana saya bercerita tentang bagaimana keyword yang nyangkut ke blog tidak selalu mendatangkan banyak pengunjung blog, dan semacamnya.


Tentang Optimasi SEO Ala Rey 


Jujur, saya nggak terlalu mahir masalah SEO blog, tapi mengerti dan menerapkan sedikit teori SEO di setiap menulis artikel di blog ini.
  • Antara blog SEO friendly dan personal branding, yang mana keduanya memang lumayan bertolak belakang ya, dan di artikel ini saya menjelaskan bagaimana blog yang SEO friendly itu, seringnya akan sulit dijadikan sebagai blog yang punya ciri khas.


Penutup


Sebenarnya masih buanyaaaakkk banget artikel-artikel yang saya tulis dari pengalaman saya tentang blogging, bahkan kalau liat di jumlah artikel yang ada di label 'Blogging', ada sekitar 134 artikel yang membahas hanya tentang blogging.

Tips Blogging Ala Rey Part 01 (Rate Card Blogger serta Performa Blog)

Jadi, sebenarnya kalau Temans blogger mau usaha membacanya, semua pertanyaan Temans bakalan terjawab di blog ini, tanpa perlu nungguin si Mamak Rey sok sibuk membalas chatnya, hahaha.

Dan kalaupun Temans punya pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar, meskipun saya sekarang seringnya kesulitan balas komentar, tapi saya selalu membaca komentar yang masuk, dan yang paling penting, biasanya saya balas dengan segera, kecuali yang luput dari pengamatan saya.

Saya sih sangat menyarankan diskusi di kolom komentar, biar bisa dibaca sama semua temans, dan nggak perlu lagi saya jelasin satu persatu.

Dan karena saya takut berpengaruh dengan performa blog, ketika saya memasang banyak banget link internal di artikel ini, jadinya beberapa tips blogging lainnya, kayak bagaimana tips menulis artikel ala Rey, bagaimana cara konsisten ngeblog, bagaimana cara menemukan ide menulis di blog setiap harinya.

Akan saya kasihkan link-nya di postingan tips blogging Ala Rey Part 02 ya, insha Allah next Tuesday.  

Sidoarjo, 13 September 2022


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

8 comments :

  1. Masalah umum... Pembaca yang malas dan tidak mau berusaha bahkan untuk kepentingannya sendiri. Hahahaha.. kalau dengan mentalitas begini sih, saya pilih saran ke Rey, bilang, berhenti saja jadi blogger. Tidak akan sukses kalau maunya sekedar disuapin.

    Dikau mah pinter, ada kayak gitu malah dibuat artikel. Itulah yang membedakan. Yang malas dan yang rajin serta kreatif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkw, begitulah Bapak.
      Mau nggak dibalas, nggak enak juga, dibalas, capek juga nulis hal yang sama wakakakaka

      Delete
  2. pernah liat ahli seo di Indonesia Hoax terbesar adalah DA PA n_n , kurang tahu artinya apa. Alexa rank masih ada ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iyaaa...
      aslinya DA PA nggak serta merta mempengaruhi PV secara signifikan sih, tapi juga manfaat buat branding, karena kita nyebar link di mana-mana :D

      Delete
  3. KAAAA...makasih banget loh semua ilmu tentang blogger yang kamu sharing ke kita semua. SUPER DUPER BERGUNA!!! terutama buat aku si blogger pemula hahaha. Nampaknya aku bakal sering mampir ini mah. baca ulang semua ilmu darimu lagi.

    makasih banyak banget pokoknya!!!

    ReplyDelete
  4. aku tau teknis blog dan printilannya juga dari blog mba rey, dibahasnya juga masih dalam bahasa yang ringan, gampang dicerna juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, karena akoh bukan mastah say, jadi cuman bisa sharing pengalaman aja :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top