Tuesday, September 20, 2022

Tips Blogging Ala Rey Part 02 (Ide Ngeblog, Tips ODOP)

Tips Blogging Ala Rey Part 02 (Ide Ngeblog, Tips ODOP)

Tips blogging ala Rey part 2 ini, meneruskan postingan saya di minggu kemaren tentang tips blogging rate card, sebagai janji saya juga ke Temans, yang mungkin membutuhkan.

Kali ini melalui Sharing By Rey, saya bakalan memberikan link-link tulisan saya tentang bagaimana sih cara menemukan ide ngeblog atau ide menulis setiap harinya? seperti pengalaman saya yang seringnya bisa menulis ODOP (One Day One Postingan) di blog sejak dulu.

Saya udah pernah bahkan sering banget nulis masalah ini, bahkan kalau saya perhatikan, kadang saya nulisnya berulang kali, saking pengen menjawab beberapa pertanyaan yang biasa temans blogger tanyakan, dan belum sempat saya tuliskan di postingan lainnya.

Meskipun ya kalau dipikir-pikir, ujungnya sama, tapi dengan membahasnya lebih detail, mungkin ada satu hal kecil yang bisa menjadi jawaban pas yang dibutuhkan Temans blogger.

Dan nggak perlu banyak pengantar lagi, mari kita bahas postingan mana aja yang pernah saya tulis tentang ide ngeblog ataupun cara menulis ODOP.


Bagaimana Cara Menemukan Ide Ngeblog atau Ide Menulis Setiap Harinya


Menulis setiap hari itu, tantangan utamanya adalah, menemukan ide.
Secara teori sih, sebaiknya kita udah susun sejak awal bulan, tema apa aja yang bakal kita tulis selama sebulan.

Tips Blogging Ala Rey Part 02 (Ide Ngeblog, Tips ODOP)

Namun, karena posisi saya sebagai ibu rumah tangga single fighter mom, yang mana nggak ada orang lain di rumah yang bisa bantuin saya menghandle anak-anak atau lainnya, ketika mereka butuh bantuan.

Dengan kata lain, waktu ngeblog saya sebenarnya amat sangat terbatas, jadi daripada saya ngabisin waktu cari ide dan ditulis, saya lebih suka menemukan ide on the go aja, hahaha.  

Lebih detailnya, Temans bisa liat pengalaman saya menemukan ide menulis di:
  • Ide Blogpost untuk sebulan Ala Rey, di sini saya menuliskan 30 ide tulisan untuk bisa menulis blog secara ODOP selama sebulan, dan nyatanya saat itu Alhamdulillah saya bisa konsisten menulis semua tema tersebut selama sebulan penuh, ketika itu. Jadi kangen bikin ide blogpost sebulan lagi. 
  • Cara mendapatkan ide menulis Ala Rey, di sini saya menuliskan tentang sumber-sumber mana saja saya mencari dan menemukan ide menulis setiap hari, di mana seringnya sih idenya dapatnya di hari itu juga, atau misal buat tayang besok, saya nulisnya hari ini, dan cari idenya hari ini.
  • 4 cara sederhana merealisasikan ide ngeblog, di mana saya bercerita tentang tahapan atau hal-hal apa yang bikin saya bisa mendapatkan ide lalu langsung eksekusi jadi tulisan yang ter-publish, bukannya menuhi draft atau notes aja, hahaha.  
  • Tips agar ide ngeblog selalu mengalir setiap hari, yang bercerita tentang bagaimana sih cara saya bisa punya ide terus buat nulis blog setiap hari, kadang kan bingung ya, mau nulis apa, saking banyaknya ide di kepala kita. Nah di postingan ini, saya jelaskan gimana cara memilah ide yang banyak itu, menjadi sebuah tulisan yang ter-publish.


Bagaimana Cara Agar Bisa Konsisten Menulis Setiap Hari di Blog (ODOP) 


Sebenarnya, sampai saat ini, saya masih rutin menulis setiap hari di blog loh, hanya saja sekarang kan blog saya nggak cuman satu, ada jadwal menulis di blog lain, kayak di parentingbyrey.com harus diisi setiap Rabu, Kamis dan Jumat.

Tips Blogging Ala Rey Part 02 (Ide Ngeblog, Tips ODOP)

Ada juga beautybyrey, womandaily, bahkan saya sedang membangun blog di WP juga, namun masih ngos-ngosan banget buat diisi.

Nah, sebelum blog saya terpecah jadi banyak kayak sekarang, saya menerapkan ODOP atau menulis di blog ini setiap hari dong.

Puncaknya tuh, di tahun 2020 silam, di mana saya bisa menuliskan 393 artikel dalam setahun, yang melampaui ODOP dah, hahaha.

Karena ODOP di tahun itulah, eh nyatanya jadi semacam kebiasaan sampai sekarang, di mana kalau saya nggak nulis dalam sehari aja, rasanya ada yang kurang.

Nah, semua pengalaman dan cara saya bisa konsisten menulis setiap hari tersebut, saya tulis juga dong di blog ini:
  • Manfaat ODOP dalam ngeblog, di mana saya bercerita tentang manfaat yang saya rasakan dengan menulis ODOP di blog dengan konsisten, dan ditambah juga bagaimana sih cara saya bisa konsisten ODOP seperti itu?
  • Plus Minus mengikuti tantangan ODOP di blog, nah salah satu cara saya melatih bisa menulis setiap hari di blog adalah, dengan mengikuti tantangan yang biasanya diselenggarakan oleh beberapa komunitas blogger. Namun tentu saja ada plus minus untuk itu, dan di postingan ini saya jelaskan tentang hal itu.
  • Terpaksa menulis di blog setiap hari dan jadi kebiasaan, di mana saya membagikan pengalaman saya awalnya menulis di blog setiap hari, iyaaa... awalnya terpaksa juga kok, karena meski saya suka nulis, tapi butuh effort juga dong buat nulis setiap hari itu, apalagi kalau tulisannya bukan semata curhat cerita ngalor ngidul, ya bahasanya aja curhat, tapi ada pokok pembicaraannya yang dibahas. 
  • 5 alasan rutin menulis di blog setiap harinya, yang menceritakan tentang alasan mengapa saya bisa konsisten rutin menulis blog dan terus konsisten sampai sekarang.


Penutup


Di postingan minggu ini, cukup 2 hal besar aja ya yang saya bahas, di mana keduanya saya pikir sangat penting dalam membangun blog apalagi kalau goal-nya pengen jadi blogger yang punya penghasilan dari blog.

Tips Blogging Ala Rey Part 02 (Ide Ngeblog, Tips ODOP)

Karena ide ngeblog serta cara agar bisa menulis di blog setiap hari, eh bahkan untuk awalnya sih setiap minggu juga bisa kok, asalkan konsisten, itu penting.

Nah untuk mewujudkan menulis blog itu kan butuh ide, ini juga penting banget, karena kenyataannya, banyak blogger nggak jadi nulis, bukan karena nggak ada ide, tapi kebanyakan ide di kepalanya, jadinya ngendon di kepala aja, atau paling banter ngendon di draft, hahaha.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

Sidoarjo, 20 September 2022


Sumber: Pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top