Tuesday, January 12, 2021

Tips Agar Ide Ngeblog selalu Mengalir Setiap Hari

tips agar dapat ide ngeblog

Sharing By Rey - Tips mengenai ide ngeblog ini sebenarnya udah pernah saya tuliskan ya, meski kurang detail sih sebelumnya.

Padahal, kalau saya baca-baca di blog teman-teman, kebanyakan tuh menganggap bahwa kurangnya ide yang membuat mereka jadi jarang menulis di blog.

Saya sendiri, meskipun menulis setiap hari, bukan berarti saya nggak kekurangan ide, kadang malah udah mau subuh, tapi saya belum juga menuliskan 1 hal apapun untuk ditayangkan di pagi hari.
Kekurangan ide? enggak sih, justru kebanyakan ide, tapi mood-nya dalam mengelola ide itu yang kurang, hahaha.

Iya, saya juga moody kok, namun lucky me , saya tuh ngeblog karena memang saya suka menulis. Jadinya menulis itu bukanlah sebuah hal yang nggak nyaman buat saya, justru saat bad mood, saya malah lebih suka menulis, biar mulut nggak kebanyakan mengeluarkan kata-kata yang nantinya bakal disesali.

Mungkin itu juga kali ya, mengapa saya bisa melawan moody saya dalam menulis.
Dan merealisasikan ide-ide yang ada ke dalam bentuk sebuah postingan blog terbaru.

Lalu, bagaimana caranya sih saya bisa mendapatkan ide-ide yang bisa saya tulis setiap harinya?
Bahkan nih ya, setelah saya membagi blog saya jadi 3 blog.
Nulis blogging dan lifestyle di sini, nulis parenting and family di www.parentingbyrey.com dan nulis kecantikan di www.beautybyrey.my.id , saya malah sering banget kegoda untuk menulis lebih dari 1 kali setiap harinya.

Saking saya merasa aneh, kalau salah satu blog saya nganggur beberapa hari nggak keisi.
Dan akhirnya, gitu deh, balas komen maupun blog walking, teteeeepp aja ketinggalan, hahaha.

Adapun tips saya agar ide ngeblog itu selalu mengalir, selain NIAT loh ya, itu mah udah harga mati buat yang mau ngeblog dengan serius, adalah:


1. Tetapkan tema harian atau mingguan atau tema blog

Setelah beberapa lama menulis setiap hari, membuat saya mengerti, bahwa ternyata blog dengan niche khusus itu sama sekali nggak bikin writer block buat blogger dong.

Iya, serius.
Dulunya saya memang beralasan, mengelola blog gado-gado alias niche campur-campur karena saya nggak mau ide ngeblog saya jadi terkungkung.

Tapi percaya atau enggak, justru niche bebas itu membuat kita jadi punya banyak ide yang tumpah di depan kita.
Saking banyaknya kita bingung pilih yang mana.

Belum lagi, saking banyaknya ide, kita selalu merasa, apa yang kita tuliskan itu sama sekali nggak pantas buat ditayangkan, dan bisa ketebak, semua akan teronggok begitu saja di draft.

Hayoooo, siapa nih yang gini?
Saya dulunya gini, hahaha.

Saya mulai ngeh dengan lebih mudah nentukan ide jika ada tema khusus, ketika saya sering ikut challenge menulis di berbagai komunitas.

Jadi, setiap challenge itu kan udah ditentukan temanya, dari situ kitanya fokus ke tema tersebut, jadi pilihannya nggak banyak, dan nggak perbandingan tulisan kita terhadap pikiran kita juga nggak banyak.

Dari ikutan challenge tersebut, saya jadi mulai menentukan tema harian di blog saya, kalau ga salah udah sejak tahun 2018 deh saya nentukan tema tersebut.
Dan memang terbukti, ide yang ada di kepala, lebih mudah dituangkan ke dalam tulisan di blog, karena udah terarah.


2. Punyai rujukan mencari ide


Selama beberapa tahun ini menerapkan tema harian dalam ngeblog, membuat saya jadi punya rujukan tetap untuk mencari ide menulis setiap temanya.

Saya pernah menuliskan hal tentang dari mana saja saya mendapatkan ide menulis setiap hari di blog. Namun sepertinya saya belum menjelaskan secara detail runut pencarian idenya.

Seperti:
  • #MondayBusiness biasanya saya buka file-file bisnis Oriflame saya dulunya, di sana banyak ilmu bisnis, serta beberapa catatan saya tentang menjalankan bisnis Oriflame, atau sebelumnya. Jika nggak mood nulis tentang Oriflame, saya cari deh di buku-buku motivasi yang saya punya, nggak perlu dibaca sebuku-bukunya sih, abis dong waktunya kalau gitu, kagak jadi nulis dah, hahaha. Cukup saya baca aja sub judulnya, mana yang menarik dan mungkin pernah saya alami, itu deh yang saya bahas di blog, atau juga tentang masa saya bekerja dulunya, dan semacamnya.
  • #TuesdayTechno, ini sebenarnya kebanyakan membahas blogging, dan biasanya idenya mah tinggal buka grup blogger aja, intip diskusi beberapa blogger, yang menarik, langsung deh ditulis di blog.  Jika nggak ada yang menarik? saya melipir ke website blogger perempuan dong, lalu saya buka label blogging, di sana banyak banget kok tulisan teman-teman tentang tema blogging, yang bisa saya kembangkan berdasarkan pengalaman saya.
  • #RabuParenting, ini seringnya dari masalah atau cerita saya bersama anak-anak, kalau udah nggak ada yang menarik buat ditulis, ya intip grup KBM di facebook yang sering banget berdebat segala macam masalah, termasuk masalah pengasuhan anak, hahaha. Nggak ada yang menarik juga? tinggal cuuss ke instagram, langsung cari hastag parenting, lalu cari deh tema yang saya sukai, atau seringnya yang pernah saya alami bersama anak-anak.
  • #KamisSehat, ini nih yang agak sulit, saya juga heran, ngapain juga saya masukin tema ini ke dalam blog saya, hahaha. Biasanya, untuk tema ini, rujukan saya agak serius. Mulai dari buka google trend, atau melipir ke wikipedia, buka google dengan keyword kesehatan, atau kadang buka laci obat, buat ngebahas penyakit yang pernah saya alami, hahaha.
  • #FridayMarriage / #FridayRelationship , ini mah tulisan curhat kebanyakannya, hahaha. Tapi kadang juga temanya saya dapatkan dari grup FB KBM, you know kan di sana orang paling suka yang tema rumah tangga, hahaha.
  • #SabtuTraveling / #SabtuKuliner ,  ini sebenarnya sulit bagi saya, tapi sengaja saya masukan tema gini, soalnya dulu Traveloka kalau kasih job, fee-nya gede, wakakakaka. Etapi dulu sih, ketika masih ditangani oleh agency yang bagus, setelah dipindahkan ke leader-leader gitu, udah kepangkas deh fee-nya. Akan tetapi, sering juga saya menuliskan tema ini jika saya barusan jalan-jalan, atau makan di luar, kalau memang nggak ada bahan, saya ganti aa tema curcolan atau opini diri atau cerita masa kecil dulu.
  • #SundayLifestyle / #SundayMovie , ini mah bebas ya, tapi akhir-akhir ini saya memang lagi suka nulis tentang film, terlebih film yang unik dan dari Korea, soalnya view-nya lumayan gede, wakakakakakaka (perhitungan, terooooosssss!). Dapat idenya dari mana Rey? waaahh, i told you, nonton itu hobi maniak saya, selain nge-game, menulis, baca novel ataupun karaokean. Dulu, waktu awal-awal saya resign dari kerjaan, ternyata saya suka banget borong DVD, baru ngeh lagi dong, ketika kemaren saya beberes ruangan, astagaaaa saya punya DVD sekardus gede dong! Film barat apaaa aja ada, mostly action atau drama komedi sih. Eh bahkan ada juga beberapa DVD drakor maupun serial barat kayak 'Desperate Housewife', langsung membayangkan, berapa uang yang saya habiskan buat beli DVD sebanyak itu, hahaha *plak!. Nah kebayang kan mengapa saya suka nulis film, biarpun betenya itu, nulisnya panjang bener, sampai 2000 kata seringnya. Abisnya udah jadi ciri khas sih, saya kalau nulis film tuh, sinopsisnya kudu lengkap, ada reviewnya maupun maknanya, hahahaha.

tips agar ide ngeblog mengalir terus

Nah, dari semua tema itu, saya udah punya rujukan tempat mencari ide, jadi udahlah temanya ada dan ditentukan, rujukannya pun udah tahu persis kudu nyari di mana, jadinya saya lebih runut nyarinya, dan lebih cepat dapat idenya.


3. Punyai pikiran, bahwa semua ide itu menarik dan bermanfaat


Nah, menurut saya nih ya, sebenarnya teman-teman yang mengeluhkan nggak ada ide itu, bukannya nggak ada ide, ide sih berlimpah, tapi terlalu mau yang sempurna, terlalu ingin menampilkan hanya yang berfaedah saja.

Padahal ye, mau tulisan apapun, sereceh apapun, seasal gimanapun, bukan tidak mungkin tulisan itu akan ditemukan orang dan bahkan mungkin sangat berarti buat orang lain.

Asalkaaan....
Ditulis dengan sopan, dan tidak memakai kata-kata kasar dan nggak sopan.
Ya udah, nulis aja.

Kalau udah nulis, dan di tengah perjalanan menulis, tiba-tiba jadi mandeg, ya udah akhir aja tulisan itu, lalu post. Lagian, kagak bayar! malahan disayang google, karena sereceh apapun tulisan kita, tapi interaksi kita setiap hari di google, membuat google mengenali kita bahwa kita bukanlah boot.

Gimana kalau terbaca nggak menarik?
Ya udah besok atau lusa datang lagi, buat diedit, entah diatur judulnya jadi lebih SEO, atau semacamnya.
Mudah kan?

Tidak ada tulisan yang terbaca hanya mengotori google kok, ya kecuali tulisan copas an sih, hahahaha.
Sereceh apapun tulisan kita, itu jauhhhh lebih baik ketimbang tulisan bagus, tapi copas, hahahaha.


Demikianlah, 3 tips agar ide ngeblog selalu mengalir setiap harinya, a la saya.
Kalau temans, punya tips lainnya nggak?
Share yuk :)

Note lagi : besok saya nulis di parentingbyrey ya, sampai ketemu di sana :)

Sidoarjo, 12 Januari 2021


Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey dan dokpri


30 comments :

  1. Banyak ide nulis tapi kadang aku malas nulis karena berbagai macam hal dan alasan. Aku juga suka nonton film-film Korea, Mbak. Aku juga sering dapat ide nulis saat baca novel dan nonton drama Korea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh kan, sebenarnya kebanyakan orang tuh bukan nggak ada ide, tapi kebanyakan ide sampai bingung eksekusinya hahaha

      Delete
  2. Saya jarang banget kalau nonton film, mbak. Saya biasanya lebih suka dengerin lagu atau baca-baca buku.

    Terus kalau mau nyari ide, biasanya saya dapat ide lewat main sosmed atau pengalaman saya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling mudah itu memang pengalaman pribadi, dan lebih terpercaya ya :)

      Delete
  3. Punya banyak ide tapi kadang malas menulisnya mbak, itu gimana caranya ya, mungkin nanti akan ditulis di artikel selanjutnya.

    Memang kalo punya Niche khusus yang kita tahu bisa jadi ide, selain itu juga punya rujukan agar ide bisa berkembang ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu di atas jawabannya, ya udah tulis aja rasa malas kita itu, semacam curcol, lumayan jadi 1 postingan hahaha..

      Betul sekali, punya rujukan itu ibarat punya rumah atau kantor, jadi kita tahu harus ke mana nyari idenya :)

      Delete
  4. Saya pernah nerapin itu tapi karena deadline diri sendiri jadi nggak terlaksana. wkwkwk. kurang disiplin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya biasanya pake cara pamer Mba, jadi kalau punya rencana dipamerkan ke banyak orang, biar kalau nggak kecapai kan malu.
      Nah karena nggak mau malu itu jadinya saya terpaksa tepati, dan lama-lama jadi kebiasaan hehehe

      Delete
  5. Kak Reeey, terima kasih banget udah sharing tips-tips ini pas ketika saya lagi suntuk dan kehabisan ide untuk nulis postingan besok :') Otomatis meluncur nerapin siasatnya Kak Rey!!!

    ReplyDelete
  6. Huaaa Kak Rey mah baik banget! Selalu bagi tips-tips dan motivasi blogging 😍
    Terima kasih untuk tips lebih detilnya ini, Kak Rey!
    Benar sih kata Kakak. Ide tuh banyak, cuma eksekusinya aja yang kadang bikin mandeg πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sama-sama Lia, semoga bermanfaat :D

      Betul bangeeett, apalagi kayak Lia yang suka baca, keknya idenya tumpah ruah tuh hihihi

      Delete
  7. Kalo saya tiap malam selalu menghimpun ide saya mb untuk seminggu ke depan. Jadi aman seminggu. Ditulis? gk.. cmn dihimpun doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. astagaaaaa, si BangDay ini, kalau nulis nggak ngelawak gitu nggak bisa ya? wkwkwkw
      Gapapa Bang, nanti juga jadi himpunan ide hahahaha

      Delete
  8. Yang luar biasa dari Mbak Rey ini adalah, tidak cuma aktif dan produktif menulis blog, tapi juga aktif berkunjung dan berkomentar di blog lain. Komentarnya bahkan bisa lebih panjang daripada tulisan di blog yang dikunjungi. Jadi tidak perlu diragukan lagi ini tips dari Mbak Rey.

    Kalau saya langsung menyerah mbak, kalau harus update blog setiap hari. Bisa seminggu sekali saja sudah sangat bagus. Ditambah dengan jalan-jalan ke blog teman, semakin terbatas lagi waktu untuk beraktivitas di dunia maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bisa aja, saya[pun sekarang kewalahan sih, nggak bisa rajin balas komen dan kunbal, kudu menunggu mulu hihihi

      Delete
  9. Tips yang keren kak Rey. Meski belum bisa setiap hari, tapi saya sudah bisa lebih rajin update ketimbang dulu. Intinya mah nulis yah nulis aja. Kalo masalah ide, semua orang punya caranya masing-masing. Tinggal pilih saja yang mana yang nyaman untuk diterapkan.

    Kalo saya lebih enak nyatat hal yang mau ditulis, kemudian eksekusi untuk timbunan draf, kalo mau publish baru liat lagi. Perkara mencari ide, saya kebanyakan dapat idenya dari luar blogging. Misalnya dari film atau buku yang saya baca. Terlepas dari itu, blogwalking adalah cara saya menggali benih-benih ide. Banyak tulisan saya lahir karena blogwalking. Ada juga yang lahir karena komentar, itu yang diterapkan mas Anton. Saya juga menerapkannya waktu itu kepasa komentat kak Rey masalah prioritas.

    Tulisannya keren 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tengkiu Rahul :D

      Btw nyatatnya pake tangan kah? kereeenn.
      Saya bahkan udah hampir lupa cara menulis, bikin tulisan tangan saya makin aduhai kayak cakaran hahaha.

      Betul banget, intinya nulis aja dulu :D

      Delete
  10. Kak Rey, baca tulisan ini terasa dikeplak.
    Betul sekali, kebanyakan ide jadi bingung nulis apa. Akhirnya teronggok di draft. Terima kasih, tipsnya. Tulisannya keren dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  11. duluu awal awal tulisan aku menurut aku receh, nggak ada tuh atau ngerti kalau tulisan ada yang bilang minim 500 kata, mungkin malah aku nggak sampe segitu. nulis is just for fun and sharing
    sampe sekarang aku menganggap nulis is fun karena aku suka nulis dan sharing. apalagi sekarang banyak temen temen blogger. dulu yang aku tau masih dikit atau aku nya yang kurang browsing hahaha
    kalau soal ide, setuju sama mba rey, ide ada tapi mau mulai dan malah muncul pikiran nulis yang sok "perfect" malah jadinya ga ketulis-tulis.
    sepertinya perlu aku singkirkan pemikiran kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, iya Mba Inun, sejujurnya saya juga pernah gitu, sampai akhirnya saya putuskan ya udahlah dipusblish aja dulu, kalau jelek kan bisa diedit hehehe

      Delete
  12. Saya banget iniiiih, idenya sih adanya, cuma menuliskannya yang susah dan kadang mandeg, alhasil baru mulai beberapa paragraf terus tendang ke draft, coba lagi tulis topik lainnya, baru mulai beberapa paragraf kemudian tendang lagi ke draft 🀣

    Alamak, susah banget lhooo menyelesaikan satu tulisan tuuuuh, makanya salut sama mba Rey yang topiknya berat dan bisa update setiap hari, panutan pokoknyaaaah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaka, tapi kan jadi bank ide juga say, besok-besok kalau nggak ada ide, buka draft aja, lalu kembangkan yang menarik saat itu :D

      Tapi memang buat nulis yang berat itu butuh effort luar biasa, makanya saya skip selalu kalau ikutan lomba :D

      Delete
  13. Kalo tiap hari aku memang ga bisa Rey, karena selain bingung nulisnya, aku jg ga mau jd keteteran BW nantinya, dan interaksi berkurang. Jd seminggu sekali buatku udh pas.

    Sbnrnya kalo dipikir yaaa, akupun ga kekurangan ide. Toh blog yg ber Niche itu LBH gampang sbnrnya utk update cerita. Krn udh jelas temanya. Ga usah banyk mikir, apalagi traveling dan kuliner kayak punyaku.

    Ga tau nulis apa, tinggal jalan cari tempat wisata ato kuliner yg blm dicoba. Ga mungkin keabisan bahan.

    Tapi masalahnya, MALES , itu yg berat hahahaha. Kalo mood males udh dominan, duuh otak lgs berasa gagu. Kayaknya nyari 1 kalimat pembuka aja ga nemu2 :D.

    Bisa sih dipaksain nulis, tp terkadang jd ngerasa tulisannya ga bernyawa. Kliatan dipaksain :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia Mbaaa...
      Saya sungguh kewalahan banget interaksinya Mba, udah sejak akhir tahun lalu, banyak banget komen yang terlewat, sampai kadang tuh, saya baru ngeh, setelah iseng googling tulisan saya, trus dibaca ulang sampai bawah, lah kok komentarnya belom dibalas semua hahahahaa.

      Nah padahal ya, komentar yang belum dibalas itu tandanya, saya belom main ke blognya :D

      Nah sejujurnya, saya juga sering kayak gitu Mba, kalau lagi bad mood, dan kudu nulis satu tema yang sulit kayak kesehatan, jadinya kaku, tapi saya paksain nulis, eh di tengah-tengah, udah bisa membaur tuh mood saya, sampai akhirnya pas udha finish, saya edit ulang judul maupun pembukanya :D

      Delete
  14. Wuaa seru bgd baca dr mana aja sumber ide mba rey, dr oriflame sampai KBM. Hehehe.. Tp KBM itu memang gudang ide yaaa. Ada aja pembahasan dan pedebatannya πŸ˜… Aku sempet gabung tp akhirnya memutuskn keluar krna ga cocok sama postingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahahaa, pookoknya dari segala penjuru dah :D
      Nah iya, KBM itu kudu siapin mental yang setebal baja, parah banget di sana, tapi jujur saya sering banget dapat ide di sana hahaha

      Delete
  15. Terima kasih mba Rey atas tips2 blog yang cemerlang ini...
    Sering setelah aku baca tips2 yg mba Rey kasih, aku jadi semangat limapuluh...

    Dan sanking semangat dan banyak idenya, sampai2 akhirnya gak ketulis satupun di blog heheheee... si Ike teaπŸ˜‚

    E tapi mbaaa, seenggaknya aku sdh mulai sedikit semangat berkat baca tulisan mba ini. Semoga di thn ini bisa ada satu/dua post...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, semangat Mba, Mba Ike mah tulisannya lengkap banget, kumenanti tulisan-tulisan terbaru Mba :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top