Tuesday, January 05, 2021

Hal Tersulit Dalam Ngeblog A La Rey

Hal Tersulit Dalam Ngeblog A La Rey

Sharing By Rey - Hal tersulit dalam dunia blogging buat saya itu banyak, bahkan bisa dibilang semua halnya sulit, kecuali menulis.

Karena saya memang cinta menulis, makanya nggak sulit-sulit amat menulisnya, bahkan terasa begitu menyenangkan, ketika saya bisa menuliskan semua isi kepala saya.

Selain dari pada itu, sejujurnya sulit buat saya.
Terutama nyari waktu buat ngeblog, sekaligus konsisten, yang menjadi faktor tersulit banyak blogger, ye kan?

Menjadi seorang mom blogger dengan kondisi punya anak dua, jauh dari papinya anak-anak, semua hal harus dilakukan seorang diri, tak ada keluarga atau tetangga yang bisa dimintain tolong, ituuuu sungguh luar biasa sulit buat saya.

Saya yakin banyak ibu-ibu blogger dengan kondisi serupa juga merasakan hal yang sama, bahkan sebenarnya biarpun ada papinya anak-anak yang bantuin, tetep saja sulit untuk bisa fokus dan konsisten mengerjakan profesi blogger secara profesional.

Akan tetapi, bukanlah kesulitan yang benar-benar sulit, jika saya masih bisa melakukannya.
Kenyataannya, sampai saat ini, sudah hampir 3 tahun lamanya saya serius ngeblog sejak beli domain.
Dan Alhamdulillah, saya masih bisa konsisten, dan rasanya sulit untuk bosan ngeblog, karena blog itu udah kayak soulmate saya deh.

Bagi saya, yang namanya sulit, adalah sesuatu yang sama sekali belum bisa saya lakukan hingga saat ini dalam dunia ngeblog, dan hal sulit tersebut adalah:


1. Menulis artikel dengan sempurna


Iya, rasanya kalau baca-baca teori ngeblog dari para mastah, inginnya sih melipir nangis sesenggukan di sudut kamar, karena menurut mereka, artikel atau konten is the king dari sebuah blog.

Di mana, artikel itu haruslah sempurna, baik secara kaedah SEO friendly, maupun isinya harus berfaedah.
Kalau yang faedah ini, sejujurnya sedikit banyak balik ke selera pembaca sih ya, di mana ada yang suka baca artikel yang panjang dan lengkap, ada juga yang suka baca artikel karena gaya tulisannya dan tentu temanya.

Namun yang namanya SEO friendly itu, rasanya mutlak ya.
Kudu research keyword yang bagus, kudu menulis sesuai kaedah yang bagus.

Duh ye, pengen juga sih, tapi kalau saya cuman fokus di situ, yang ada saya nggak nulis-nulis, karena waktunya nggak cukup beibeh, dan kondisinya tidak memungkinkan.

Mengapa tidak memungkinkan?
Karena saya sering nulis kan di sini, kalau sesungguhnya saya tuh nulisnya kepotong-potong.
Kadang baru nulis judul, udah harus berdiri nyuapin anak, nyebokin anak, melerai anak-anak yang berantem, memeluk anak-anak kalau menangis, pokoknya hal yang mustahil banget bisa fokus menulis apalagi reserach keyword sampai yang detail dan sempurna gitu.

Yang bisa saya lakukan adalah, terus menulis, bahkan sejujurnya seringnya saya nggak terlalu detail membaca preview sebelum di post atau dijadwalkan, makanya sering banget tuh yang namanya typo mewarnai tulisan-tulisan saya.

Biasanya, 2 atau 3 hari setelah tayang, ketika saya punya waktu buat baca-baca postingan sendiri, di situlah saya tahu kalau ada typo, dan kalau kebetulan pas buka laptop, sekalian deh saya edit.

Bukan hanya typo, seringnya saya menulis dengan salah, misal nulis kebablasan jadinya keblabasan, hahaha. Atau nulis top level domain kan mestinya TLD, jadinya TDL saking seringnya nulis To Do List, hahaha. 

Thanks deh buat Kang Nata yang sering banget jadi editor yang baik buat saya.
So, iyes, menurut saya, menulis artikel di blog dengan sempurna adalah sebuah hal yang sangat sulit buat saya, setidaknya untuk saat ini, karena keterbatasan waktu.


2. Menyiapkan foto pendukung sendiri dengan sempurna


Hal kedua yang paling sulit bagi saya dalam ngeblog adalah, menyiapkan foto pendukung tulisan dengan sempurna a la-a la instagramable gitu.

Meskipun demikian, khususnya foto untuk artikel review produk, saya selalu berusaha untuk memberikan foto yang bisa dipahami oleh pembaca, meskipun masih sangat sulit menampilkan foto yang bagus seperti yang biasa blogger lainnya lakukan. 

Hal Tersulit Dalam Ngeblog A La Rey
Taken by Kakak Darrell

Kadang jadi minder sih kalau terima job review produk, tapi nggak bisa kasih foto yang kece, tapi memang untuk saat ini, kegiatan potret memotret itu amat sangat menyita waktu saya.

Karenanya, kebanyakan foto saya itu kesannya simple, nggak banyak properti pendukung, karena selain belum pandai mengatur komposisi letak properti foto, pun juga malaaasss banget rasanya ngeluarin dan beberes prop saat sebelum mulai motret atau sesudahnya, hahahaha.

So, iyes, menyiapkan foto pendukung artikel yang kece itu adalah hal kedua yang sulit buat saya dalam ngeblog. 


Saya rasa, 2 hal itu saja yang saat ini masih amat sangat sulit buat saya dalam ngeblog, alasannya sih mainstream, karena keterbatasan waktu.
Duh ya, sesungguhnya being a mom blogger itu nggak mudah, terlebih semacam jadi single mom begini.

Jungkir balik dah saya berusaha untuk bisa menyeimbangkan pekerjaan maupun waktu untuk anak-anak, biar kata semua itu hanyalah mimpi, karena buat saya, seimbang dalam kerjaan dan anak itu hanyalah mitos semata, hihihi.

Tak ada orang yang bisa benar-benar sempurna mengerjakan 2 hal sekaligus, karena semua hal itu membutuhkan fokus penuh, termasuk mengasuh anak-anak dan juga ngeblog dari rumah.

Kalau temans, punya cerita apa nih tentang hal tersulit dalam ngeblog.
Oh ya, selain konsisten ya, hahahaha.

Note: Btw untuk Rabu, Kamis dan Jumat saya nggak nulis di blog ini ya, tema parenting , marriage/relationship dan kesehatan, saya pindahkan di blog www.parentingbyrey.com.
Sampai jumpa di sana :) 


Sidoarjo, 5 Januari 2021

Artikel ini diikut sertakan dalam challenge 'Nulis Blog Bareng Ning Blogger Surabaya' bulan Januari 2021
Dengan tema : Hal tersulit dalam dunia blogging

#TuesdayTechno

Sumber : pengalaman dan opini pribadi
Gambar dokumen pribadi dan canva edit by Rey 

49 comments :

  1. Hal tersulit buat saya ngeblog paling konsistensi dan nyari inspirasi, terus menulis biar lancar, terus kadang paket data habis. Giliran sudah beli paket dan ada inspirasi eh anak mintanya jalan-jalan, biasanya idenya langsung hilang.

    Kalo soal foto aku malah jarang kasih foto kecuali buat pemanis saja di awal artikel. Kalo soal typo aku rasa semua blogger pernah mengalaminya, mau menulis aku kasih tahu, eh kepleset jadi aku kasih tahi.๐Ÿคฃ

    Kang nata tumben ngga pernah kelihatan, apa mungkin sering nongol cuma pakai akun baru ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaahhahaa, samaaahh itu Mas!
      Sudah banyak ide yang bertengger di kepala, pas udah semangat nulis, eh anak minta makan, atau minta ini itu, ditunda bentar, pas duduk lagi, buyar ide yang tadi hahahaha.

      Kang Nata jarang sih, dia kayaknya mode silent aja, nanti ada yang menarik baru komen :D

      Delete
    2. Oh kayaknya aku harus komentar yang ngawur baru nanti dia nongol ya.๐Ÿ˜„

      Delete
    3. wakakakaka, ayo komentar ngawur, nanti juga dia muncul hahahaha

      Delete
    4. Samaa, konsisten itu yg susaahh.. hrs belajar banyak dr Mba Rey n Mas agus nih..
      Tiap mau ngetik, eh anak manggil2. Pas anak udah tdr,baru ngetik bentar tau2 anak kebangun krna ngeh mamanya ga ada di sebelah ๐Ÿ˜†

      Typo itu aku bgd, di postingan, di komen apa lg. Jd maapkan klo ada salah2 tulis yaa ๐Ÿ˜†

      Delete
    5. hahahhaa, kalau Mama Thessa mah udah terbiasa ngeh ama typo, diri saya nih berkali-kali ngecek baru ngeh :D

      Delete
    6. hehehe, kalau saya dibantu ama suka nulis kali ya, jadi sesulit apapun itu, punya alasan kuat buat tetep nulis :D

      Delete
  2. Pertanyaan :

    1. artikel yang sempurna itu seperti apa Rey? Yang memberikan teori SEO dan tutorial itu apakah mereka manusia sempurna?

    Terus terang Rey saya sebut "naif" kalau begitu saja menelan apa yang dijabarkan oleh teori-teori itu sebagai sebuah kesempurnaan. Banyak yang nulis teori-teori menulis dengan sempurna itu sebenarnya mempraktekkan buat diri sendiri saja nggak bisa.

    Serius.. banyak yang ngajarin teori SEO, tapi tulisan mereka sendiri nggak bisa nangkring di page one.

    3. Sama halnya dengan foto, emang ada foto yang sempurna? Ga ada lah. Mau pakai teori apapun, tidak bakalan nemu juga. Banyak juga blogger yang saran motret itu harus begini dan begitu, fotonya saya lihat juga jelek juga sama kok.. hahahahaha saya sendiri juga sering mikir foto buatan saya juga jelek sebenarnya, cuma bagusan dikit dari punya REY.. wakakakaka

    3. Just enjoy your blogging journey Rey..buang ke tempat sampah saja itu tulisan para master blogger yang dikau kenal... Jalani hidupmu saja dan nikmati. Buktinya sudah berhasil menghasilkan uang sejauh ini kan.. Banyak loh yang cuma bisa ngomong tapi sampe sekarang sebenarnya ga bisa menghasilkan seperti kamu..

    Sudah saatnya Rey sebenarnya berhenti mendengarkan celotehan dan omong kosong mereka yang mengaku master. Berhenti jadi bebek orang lain Rey. Saya pikir Rey sudah saatnya berada di depan.. dan biarkan yang lain yang mengikuti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mt taun baru 2021 pak bos Maniak Menulis. Sehat dan bahagia selalu. Semua yang direncanakan di tahun ini tercapai. Dan tahun ini lbh baik dari thn kmaren. E,malah ngucapin N'year di rumahnya ibu Rey๐Ÿ˜Š bukannya di rmh pak bos.

      Oceh, aku mau bertamu nanti, harap sediakan kue tahun baru iyah๐Ÿ˜‡๐Ÿ™

      Delete
    2. Met tahun baru Mbak Ike.. wakakaka ketemunya di sini.. Sehat dan bahagia selalu ya Mbak... Semoga semua harapan mbak juga terkabul.

      Ga papa.. bu bos Rey juga lagi bocan.. hahahaha

      Kuenya udah habis Mbak.. telat sih datengnya..

      Delete
    3. Sebenarnya bukan menelannya sih Pak, biarpun cuek, kadang juga sempat baper kalau baca teori-teori para (yang ngaku mastah itu hahahaha).
      Etapi saya setuju banget Pak, kalau saya perhatikan kebanyakan orang kadang lebih sulit konsisten mengikuti apa yang mereka tuliskan hahahaha.

      wakakakakaka, baeklaaah... baeklaaahh, jangan sampai dong bapak, foto saya sama bagusnya dengan foto Bapak, yang benar ajah, keknya ada yang keseleo tuh ama foto saya, kalau bagus wakakakak.


      Iya sih Bapak, beruntungnya saya selalu berada di tengah-tengah beragam blogger, ada yang memang teori mulu, kadang juga sebagai penyemangat buat lebih baik buat saya, meski sering juga bocor kebablasan malah baper, untung nggak mutung hahaha.

      Dan seiring waktu, akhirnya saya tahu, saat udah nggak sanggup mengikuti teori kebanyakan (yang ngaku mastah), saya melipir aja ke blog lain yang mementingkan konsistensi kayak bapak, dan dengan sendirinya semangat kembali ada :D

      Btw, agak aneh deh absen nulis beberapa hari di blog ini, tapi tetep ga bisa bener-bener ga nulis dong hahaha

      Delete
  3. Wow, Mbak Rey punya blog baru dengan tema parenting. Baru tahu aku. Kalau aku sebisa mungkin ya bikin postingan blog semampuku aja sih. Karena aku masih belum bisa one day one posting di blog seperti Mbak Rey. Semoga sebentar lagi aku bisa seperti Mbak Rey yang bisa one day one post di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, ayoo kita selalu semangat, terutama Farida nih, mumpung masih muda, genjot terus semangatnya :D

      Delete
  4. Mba Rey, aku sependapat dgn pak Bos Anton. Karena sering membaca tulisan2nya di blog beliau, bagaimana menulis gak harus terpaku pada aturan seo itu...

    Aku yg semula minder banget, tulisanku gak masuk kriteria 'perseoan' hhhh bahasa lieur๐Ÿ˜Š

    Setelah membaca, jadi PEDE menulis. Gak peduli, mau seo atau gak, pokoknya aku tulis semauku๐Ÿ˜‡

    Pusing juga kalo harus ngikutin aturan seo hehe.. Tapi tetep aku baca untuk pengetahuan.

    E,tapi mba Rey luar biasa menurutku. Bisa menerbitkan artikel setiap hari. Pengaturan wkt yg sungguh sulit, tapi bisaaaaa๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Brati skrg Mba Rey udah punya 3 blog y..
    Oceh, aku mau bertamu juga di blog baru ibu Rey๐Ÿคฃ

    Eh, pak bos Anton jg punya banyak blog, n hebatnya semua terisi. Tiap kali terbit artikel...takjuuub

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, saya ketularan Bapak Anton tuh Mbaaa, blognya banyak banget, dan update semua, kereeennnn dan gilaaa hahaha.
      Kalau saya mungkin masih baru sih, tapi bapak Anton mah udah senior banget dan masih konsisten, kalau dipikir-pikir, mungkin lingkar pertemanan blogger dan blog walking Pak Anton itu udah luaaasss dan berubah-ubah dari zaman ke zaman, di mana blogger lama akhirnya ga aktif, muncul blogger baru dan kemudian repeat :D

      Delete
  5. Salken, Kak Rey, saya pembaca lama di blog "Sharing by Rey" ini (yang di tahun 2021 ini pada akhirnya kesampaian juga ninggalin jejak di kolom komentar, cihui).

    Wah, padahal Kak Rey menurut saya udah top-markotop banget ngeblognya, mulai dari pembahasan di tiap topiknya yang nggak kaleng-kaleng sampai tekadnya nerbitin satu postingan per hari yang bikin blogger pemula semacam saya terkagum-kagum, rupa-rupanya masih bisa merasakan kesulitan-kesulitan seperti ini juga toh...

    Kalau saya sih halangan-halangan dalam ngeblog kurang lebih sama seperti yang ditulis di atas, tapi lebih menekankan ke manajemen waktu aja sih (dan ini yang bikin saya iri sama Kak Rey, huhu). Saya setuju banget sama komentar Mas Agus di atas. Ada aja yang bikin kacau rencana menulis, apalagi kalau lagi kepentok si writer block, wah wah wah, bisa-bisa niat menulisnya bablas entah kemana!

    Inilah sebabnya saya takjub sama komitmen ngeblog Kak Rey. Patut diacungi dua jempol!

    Harapannya sih di tahun 2021 ini semoga kemantapan saya untuk menulis semakin meningkat, hehehe. Soal kualitas tulisan yang ber-SEO bagus dan photography skill bisa lah ya menyusul.

    All in all, tetap semangat Kak Rey!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaaa, waahh makasih yaaa udah sering mampir :)

      Hihihi, iya, sebenarnya setiap orang punya tantangan-tantangan, hanya saja memutuskan untuk terus melakukannya dan menaklukan tantangan itu yang kadang masih jarang :D

      Aamiin, ayoo kita semangat, terus belajar dan praktik serta konsisten :)

      Delete
  6. Kalau saya yang tersulit selain konsistensi adalah menulis panjang ๐Ÿ˜†

    Saya nggak tau kenapa susah banget mau tulis post yang panjang lebar seperti post-post mba Rey, jadi tulisan saya rata-rata masih terhitung pendek, kalau di-compare sama tulisan teman lainnya. Pernah saya coba mau tulis panjang, tapi stuck mba, akhirnya tulisan itu nggak saya tayangkan ๐Ÿ˜‚ hahahaha.

    Selain itu, saya belum menemukan kendala lain, mungkin nanti saat kembali kerja normal, akan ada kendala waktu sepertinya ๐Ÿ™ˆ Doakan saya bisa melewatinya, mba ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisanmu panjang atopun pendek selalu enak dibaca mba Eno :D. Jd aku yakin pembaca ga bakal masalahin itu, apalagi temanya sehari2 yg justru LBH menarik minat pembaca. :D

      Delete
    2. hahaha setuju ama Mba Fanny, perasaan mau panjang dan pendek, dari awal kenal creamenodotcom udah suka banget bacain semua post di sana, pendek tapi maknanya daleeemmm banget :D

      Delete
  7. aku juga sering typo kak, kadang walau udah di preview masih aja ada yang typo ๐Ÿ˜‚
    semangat ya kak rey, semoga di tahun ini kegiatan parenting dan blogging bisa berjalan dengan lebih selaras dan lancar ๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya ya, padahal udah di preview, tapi pas ditayangkan, ternyata masih typo hahaha

      Delete
  8. selain konsisten ya?
    ehmmm bisa jadi utak atik atau mikir aturan seo, tiap orang beda beda juga targetnya, ada yang pengen nangkring di page one, seperti yang dibilang pak anton. Ada juga yang sekedar sharing dan fun aja
    kalau aku sendiri, aku akan bilang seo saat ini, karena juga nggak mahir banget "teknik" seo yang bener. Meskipun curi ilmu dari mastah mastah di grup atau internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaha iyaaa, soalnya konsisten itu masalah sejuta umat wakakakak.

      Sama Mba Inun, saya nulis kadang mikirin SEO kadang nulis aja, tapi memang sulit bersaing dengan yang nulis seo banget, kecuali konten yang memang manfaat dan jarang orang mau nulis hal itu :D

      Delete
  9. saya udah ga mikirin SEO lagi mbak wkwkwk
    dulu sih iya pas awal ngeblog, tau seo langsung mikirnya ke sana terus, tapi sekarang ah bodo amat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, kalau saya setidaknya nyari kata kunci dulunya, dan setiap mau nulis tuh research sampai ngabisin waktu, sekarang udah jarang hahaha

      Delete
    2. kalo menurut saya, research kata kunci itu buat pemburu konten seo saja, kalo buat yang punya ide nulis sendiri seperti review kecantikan misalnya, kayaknya tinggal penulisan seo nya aja sih.

      Delete
    3. Iyaaa, rata-rata yang ngejar adsensenya bisa dipetik hahaha

      Delete
  10. Kalau aku belajar tentang SEO yg paling sulit mbak, blm sempat buat mendalami ilmu SEO hahaha,.

    Kalau untuk konsistensi, foto2, desain tema kalau diusahakan aku bisa, cuma emang kadang malesnya itu yg ga bisa dilawan mbak hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. To be honnest ya, team beauty itu yang paliiiiinggg menantang dalam dunia blogger menurut saya.
      Karena bagaimana cara kiya mendelegasikan sesuatu dalam bentuk nyata, tapi melalui tulisan, ofkors butuh foto yang detail, dan sungguh saya kesulitan untuk itu, makanya saya nulisnya selang seling ama penjelasan ilmunya, lumayan sembari saya belajar juga hahahaha.

      Kalau malas mungkin saya tuh malasnya ngeblog sih, gimana ya, saya justru merasa ngeblog itu kayak lagi malas-malasan *nah loh? kecanduan keknya saya hahahaha

      Delete
  11. Hal tersulit dalam ngeblog menurutku mengumpulkan mood menulis! ๐Ÿคฃ. Kadang kalau lagi mood bisa rajin banget menulis, kalau lagi nggak mood, inginnya cuma baca-baca blog orang lain aja ๐Ÿ˜‚, setelah baca blog orang, jadi ingin menulis tapi kemudian bingung mau nulis apa #plakk
    *Jadi ini masalah mood atau writers block atau apa sih?* ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakak, biasanya gitu terjadi pada orang yang terlalu sering baca kayak dirimu Lia, saking banyaknya hal-hal yang dibaca, ketika menulis, muncul perasaan kurang mulu, saking yang dibaca fantastikaaahh semuah hihihi.

      Saya juga pernah kayak gitu, sampai akhirnya menulis udah kek refreshing buat saya.
      Jadinya biarpun ada juga perasaan di hati, bahwa 'ih ini tulisan apaan sih? tapi tetep aja saya terbitkan, lalu saya biarin, 2 atau 3 hari saya baca kembali, lah ternyata lumayan juga lah buat dibaca wakakakak

      Delete
  12. Yg masalah foto, itu aku sriiiing ngalamin. Rasanya kalo liat foto2 pendukung punya temen blogger lain, apalagi yg nichenya sama, lgs minder. Bagus bangettt, ngambilnya niat, trus kalo pake pose juga menarik. Ga cuma berdiri kaku kayak sapu seperti aku wkwkwkwkwk . Ato yg ambi foto makanan pake props segala macam, aduuuuh lgs kepengn rasanya beli props yg sama sampe gnti kamera. Tapi untungnya aku lgs sadar, EMG aku bakal serajin itu apa motoin segala macem pake props2 yg bisa dibilang ga sedikit dan ga murah . Kalo ada yg bilang bikin sendiri aja, ato gunain brg2 sekitar. Huufft.... Sama ajaaa, aku bukan tipe yg kreatif seni gitu hahahahah

    Kalo kesulitan lain buatku, ngelibatin mood juga Rey. Kalo udh bad mood, tp wktnya utk nulis ato bikin draft tulisan , pasti deh hasilnya ngerasa ga maksimal. Ngerasa tulisannya ada perkembangan dll. Apalagi zaman msh kerja dulu. Penting makanya mood buatku. Terlebih Gemini yg udh terkenal moody an hahahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahahahaa,bisa aja Mba Faaan.
      Kalau saya nih Mba, (tapi saya ya, nggak tau yang lain :D)
      Sejak saya belum aktif ngeblog dulu, hal-hal yang saya lebih suka dan percayai di internet itu ya hal yang sederhana, yang fotonya asal, karena yang saya butuhkan sebenarnya infonya, bukan fotonya hahahaha.

      Justru, bagi saya, yang fotonya bagus itu bikin saya nggak terlalu percaya lagi, karena biasanya bagus fotonya doang hahaha.

      Tapi coba deh kalau misal kita cari info makanan enak di sebuah daerah, nemu yang ngulas, kebanyakan tuh yang fotonya spektakuler, nggak ngasih info detail, hanya manjain mata doang, padahal kan niche kuliner dan traveling itu ya mengedepankan infonya, bukan tampilannya :D

      Dan Dcat Queen itu, salah satu blog travel dan kuliner yang saya suka, dan membekas di hati, banyak tulisan Mba Fanny yang selalu keingat, salah satunya hotel apa ya yang ada kolam renangnya terlihat dari lobby?
      Abis baca itu, liat iklannya Traveloka juga ngambil di hotel itu, langsung saya ingat Mba Fanny hihihi

      Delete
  13. Halo Mba Rey.. Salam Kenal sebelumnya.. Nama saya bayu meskipun sudah terpampang jelas namanya.. heheh ๐Ÿ™ˆ

    Wahh, super mom berrti Mba Rey ini. Salut karena ditengah kesibukan seorang Ibu. Tapi masih ngurus lebuh dari satu blog.. heheh.. sehat terus yah Mba.

    Kalau saya sih kesulitannya ada di :

    1. Nyari ide... walaupun blog gado2. Kadang nyari ide buat nulis itu inspirasinya kadang buntu. Padahal aku nulis yah paling seminggu sekali..

    2. Soal blogwalking.. jujur, urusan ini aku kurang banget.. nggk bisa langsung. Karena kerjaku 12 jam dipabrik terus ditambah ngajar les. Jadi pling buka blog itu sesempetnya atau pas lagi day off...

    3. Buat page one juga susah.. tpi nggk terlalu dipikirin sih kalau yg ini.. heheh

    Ini sih selain konsisten... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqiqiq, iya yaaa.. itu ada namanya Bayu :D
      Salam kenal juga, nama saya Rey (juga tertulis wakakakaka)

      Sebenarnya kalau masalah ide nulis itu sama aja, saya juga sering banget mentok, even ikutan challenge nulis ya, yang mana kebanyakan udah dikasih temanya.
      Yang ada, saya malah bingung, karena tema-tema tersebut sudah pernah saya bahas sebelumnya di blog hahaha.

      tapi karena terbiasa, jadinya saya udah punya semacam banyak cara buat nyari ide :D

      Yang blog walking juga saya keteteran banget, memang kudu ada yang harus dikorbankan, saya kejar menulis setiap hari, terpaksa menomor duakan blog walking, bahkan balas komen aja lama, hahahaha *plak

      hihihi, page one cari keyword yang nggak terlalu rame sih, soalnya memang tampilan blog aja saya kalah, kebanyakan yang page one itu blognya seringan kapas hahahaha

      Btw ayooo kita terus semangat ya :D

      Delete
  14. Hal tersulit bagi saya saat ini adalah, mengatur waktunya.. Terutama buat BW. Kadang ga enak jg sama temen2 yg udah berkunjung, tapi aku belum sempat berkunjung balik ehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, samaaa... tapi kembali lagi, yang penting udah berusaha, saya juga ketinggalan banyak banget BW :D

      Delete
  15. Wah template baruuu..

    Buat saya yang sulit atur waktunya, hehe.

    Btw ketemu typo nih mbak: "di situlah saya tahu kalaua da typo," hehe ��

    ReplyDelete
  16. Tulisan atau gaya bahasa saya tampak kacau
    Jauh dari sempurna
    Soal photo, jika itu artikel placement saya berburu langsung ke tempat lokasinya. Jika hal itu memungkinkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh kalau pakarnya aja nulis gini, gimana sayanya dong? hahaha.
      Kereeen banget nih kalau ke lokasinya langsung, kalau saya biasanya cari foto stok aja, makanya saya punya banyak foto, tapi cuman dikit yang saya share di medsos, lainnya buat stok :D

      Delete
  17. Wow itu keren. Inti blogging ya menulis.

    Saya juga sering dikasih proyek terkait pekerjaan web (front end work) tapi lebih banyak dikasih ke teman dekat. Karena saya masih sibuj dengan pekerjaan. Dan menulis memang hal yang paling mudah di web.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh baik banget nih, kadang gini loh, yang nggak terlalu peduli ama job malah dikasih job, yang ngejar job malah enggak :D

      Delete
  18. Ih sama, Mbak Rey. Kalau foto produk tuh aku paling males beberes properti fotonya. Belibet banget, dan lumayan banyak juga, walaupun hasil fotonya cuma sederhana banget. ๐Ÿ˜ญ

    Kalau kesulitanku buat ngeblog sih tetep konsistennya itu, lho. Soalnya aku orangnya moody banget, Mbak. Kalau moodnya lagi jelek, tulisannya makin amburadul. Jadi nulis nunggu mood bagus dulu.๐Ÿฅบ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, ketambahan ya, kalau mau motret, ngeluarin pernak pernik, malah bikin kepo anak buat dimainin hahahaha.
      Ayo atuhhhh semangat Roem :*

      Delete
  19. berusaha menulis dengan sempurna, ujung-ujungnya malah jadi writer's block sih menurutku. jadi kalau mau menulis ya menulis saja dan biarkan orang lain yang menilai.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top