Sunday, September 18, 2022

2037, Film Korea Sedih dan Banjir Air Mata dengan Ending...

2037 film korea

2037 merupakan sebuah judul film Korea yang katanya sangat menyedihkan dan nontonnya banjir air mata banget, bikin penasaran kan ya, makanya saya tulis di Sharing By Rey kali ini.  

Banyak banget potongan filmnya di media sosial, khususnya di TikTok.
Dan beberapa ada yang bilang, katanya mirip Miracle in Cell No 7, yang sudah pernah lama saya tonton, dan memang sedih banget sih filmnya.

Apalagi sekarang kan ada yang versi Indonesianya ya, dan saya sebenarnya cukup penasaran sih ya, gimana caranya yang versi Indonesia ini bisa membuat film serupa tapi mempertahankan bahkan melampaui efek sedihnya.

Tapi sudahlah, mending kita bahas film ini saja deh, yang sebenarnya udah agak lama saya nontonnya, yang bikin saya siapin tisue banyak, karena you know? si mamak Rey ini super cengeng banget, sementara kantung matanya, super sensitif banget, dan waktu itu, besoknya saya harus ambil foto buat artikel review, hahaha.

Jadi, saya antisipasi banget, jangan sampai nangisnya kebablasan, minimal saya nggak boleh sama sekali ngapus air mata langsung di mata, karena gesekannya bakalan bikin kantung mata dan kelopak mata saya bengkak.

Ini kenapa jadi ceritain kantung mata dengan detail ya? hahaha.
Ya udah deh, mari kita bahas sinopsis lengkap film ini, yang pastinya spoiler abesss!


Sinopsis Film Korea 2037



Yoon Young dan Ibunya Kyung Sook


Adegan film Korea 2037 ini, dibuka dengan diperlihatkan seorang gadis cantik yang sedang berada di tepi laut.

Tak lama kemudian, sang gadis, Yoon Young (Hong Ye Ji) terlihat melangkah dengan penuh gembira, terlebih ketika dia melihat ibunya di kejauhan.

Yoon Young memang hanya tinggal berdua dengan ibunya yang tuli bernama Kyung Sook (Kim Ji Young), sejak ayahnya meninggal dunia karena penyakit, mereka saling mengandalkan satu sama lainnya.

Lebih tepatnya sih Yoon Young yang menjaga ibunya, karena selain tuli dan bisu, ibunya juga sering menderita asma.

Tanpa sepengetahuan ibunya, Yoon Young memilih bekerja di sebuah cafe, ibunya hanya mengira sang putri selama ini pergi sekolah, nyatanya Yoon Young sengaja keluar dari sekolah demi bekerja mencari nafkah.

Beberapa teman Yoon Young sangat peduli padanya, meski Yoon Young sudah keluar sekolah, tapi teman-temannya sering mengunjunginya di cafe, lalu membawakannya buku pelajaran, mereka lalu belajar bersama, karena tahu cita-cita Yoon Young adalah lulus ujian Pegawai Pemerintah.

Meski dengan keterbatasan, ibu Yoon Young tetap bekerja sebagai penjahit, demi sang putri bisa sekolah menggapai impiannya.

Review film korea 2037
Yoon Young menjemput ibunya di tempat kerjanya

Ibu Yoon Young bekerja di sebuah garmen, dan atasannya seorang lelaki yang terlihat peduli dengan ibunya, tapi ternyata punya maksud lain.

Suatu hari, sang ibu bekerja sambil melamun, alhasil tangannya luka.
Sang atasan peduli dengannya, segera membawanya ke dokter agar bisa diobati.

Yoon Young panik mendengar kabar ibunya terluka, segera datang menjemput ibunya.
Ketika itu atas ibunya mulai memandangnya dengan tatapan aneh.


Yoon Young Diperkosa dan terpaksa membunuh si pemerkosa


Keesokan harinya, atasannya dengan blak-blakan meminta kepada ibu Yoon Young, agar mau menikahkan putrinya kepada sang atasan, katanya dia sudah lama tertarik dengan kecantikan paras Yoon Young, bahkan membayangkan Yoon Young dengan cara melecehkannya.

Tentu saja ibu Yoon Young marah dan menolak lamaran tersebut, bahkan sempat melayangkan tamparan di pipi atasannya tersebut.

Ternyata, tamparan tersebut membuat lelaki atasannya tersebut menjadi dendam.
Keesokan harinya, dia sengaja datang ke cafe Yoon Young, pura-pura memesan secangkir kopi, sambil mengamati Yoon Young.

Dan ketika pulang, Yoon Young lantas diikuti si lelaki tersebut, dan dihadang serta diperkosa dipinggir jalan.

Setelah melampiaskan nafsu bejadnya, si lelaki mengancam agar Yoon Young tidak membicarakan hal itu kepada siapapun, jika itu dilakukan, dia mengancam akan memperkosa ibunya juga.

Di sisi lain, ibu Yoon Young yang khawatir sampai malam anaknya belum pulang, mencarinya di sepanjang jalan yang gelap.

Teriakan ibunya mencari dia, sebenarnya didengar oleh Yoon Young dan si pemerkosa.
Bahkan setelah memdengar hal itu, terbersit di pikirannya, untuk memperkosa ibunya juga, lalu membunuhnya.

Mendengar ancaman tersebut, Yoon Young panik, dalam ketidak berdayaannya, dia masih ingin melindungi ibunya.

Lalu, dengan sisa-sisa tenaganya, diraihnya apa saja yang bisa diraih tangannya.
Ternyata ada batu yang bisa diraih, seketika dia berdiri, memegang batu tersebut, lalu memukulkannya di kepala pemerkosa itu berulang kali.

Seketika si pemerkosa tewas dengan kepala hancur.

Karena pelaku pemerkosa tewas, dan kepalanya pun hancur, sehingga pengadilan tidak bisa begitu saja menerima pembelaannya sebagai tindakan bela diri dari pemerkosaan.

sinopsis lengkap film korea 2037
Yoon Young di persidangan

Alasannya, pelakunya telah tewas, sehingga tidak bisa ditanyain atau dibuktikan apakah itu pemerkosaan atau atas dasar suka sama suka.
(i told you! di negara manapun, hukum tentang pemerkosaan ini memang ambigu, karenanya jaga diri aja deh)

Karenanya, Yoon Young terpaksa dijatuhkan vonis hukuman selama 5 tahun penjara.
Sang ibu sangat terpukul mendengar keputusan itu, tapi ya gimana lagi, semua telah terjadi, yang bisa dilakukan mereka berdua cuman bisa saling menguatkan dan menangis.

Dan di sinilah banjir air mata dimulai, gara-gara adegan Yoon Young menangis bersama ibunya.


Yoon Young menjalani hukuman di penjara wanita


Yoon Young lalu dikirim ke sebuah penjara wanita, dan di tempatkan dalam satu sel yang berisi 6 orang termasuk dirinya.

Beruntungnya, dia mendapatkan teman sel yang lumayan bersahabat, meski ada juga yang galak sampai memukulnya, karena punya masalah dalam pengendalian amarah, yaitu Yoo Sa Rang.
Untungnya, tahanan lain peduli, dan segera menyelamatkannya, sehingga tidak menerus jadi bulan-bulanan Sa Rang.

Di penjara, Yoon Young mendapatkan nomor 2037 (baru deh saya ngeh, ternyata itu nomor penjaranya, bukan dia keluar setekah tahun 2037, hahaha), dan menjadi identitasnya selama di penjara.

Dan karena di dalam penjara dia merupakan tahanan termuda, berusia 19 tahun, jadinya banyak diajarin berbagai hal oleh rekan selnya.

sinopsis lengkap film korea 2037
Yoon Young pertama kali masuk sel

Awal masuk sel, Yoon Young menghabiskan malam-malamnya dengan menangis, dia begitu sedih memikirkan ibunya, sampai akhirnya dia mengetahui, kalau ternyata mereka bisa bekerja di berbagai tempat di penjara, dan mendapatkan upah untuk itu.

Yoon Young akhirnya bekerja dengan sepenuh hati, demi bisa menerima upah dan mengirimkannya ke ibunya.

Dan karena itulah, Yoon Young akhirnya mulai bersemangat kembali, mulai beradaptasi dengan baik, terlebih rekan-rekan selnya sangat baik padanya.

Ibunya, Kyung Sook sangat rajin mengunjunginya di penjara, meskipun awal-awalnya dia ditegur petugas penjara karena membawa makanan yang banyak.

Review film korea 2037
Ibu Yoon Young mengunjungi penjara

Kedatangan ibunya, melengkapi semangat Yoon Young, karena merasa punya tujuan lagi.
Suatu hari, dia bertanya kepada rekan di selnya, apakah seorang mantan narapidana, masih bisa punya kesempatan mendaftar jadi pegawai pemerintah?

Semuanya makin membaik, sampai suatu hari Yoon Young demam, segera dia dibawa ke dokter, dan sang dokter memberitahukan sebuah kabar mengejutkan, di mana ternyata Yoon Young sedang hamil.

Kembali lagi Yoon Young down, dia histeris mendengarnya dan kabur hendak keluar penjara menemui ibunya.

Gara-gara itu dia akhirnya harus dihukum di sebuah ruang isolasi.
Yoon Young benar-benar stres menerima kabar kehamilannya, dia tidak ingin bayi itu lahir, bahkan memikirkan untuk membunuhnya.

Suatu saat, dia mencoba menusuk perutnya dengan pecahan kaca, beruntung diliat oleh Sa Rang dan aksinya gagal.

Sejak saat itu, Yoon Young jadi lebih diam kembali, meskipun dia akhirnya dipekerjakan di ruangan petugas penjara dengan pekerjaan yang terbilang lebih ringan.

Dia juga menolak kedatangan ibunya di penjara, rasanya tidak sanggup membayangkan hancurnya hati ibunya melihat keadaannya yang hamil anak hasil pemerkosaan.

Hari demi hari terlewati, meskipun Yoon Young mau nggak mau menerima kehamilannya, tapi pikirannya tidak, hal itu membuat kandungannya tidak tumbuh dengan baik, sampai suatu saat perutnya kontraksi sampai harus di bawah ke RS luar penjara.

Di sana sang dokter mengatakan, kalau janinnya tidak tumbuh dengan baik, di mana usia kandungannya sudah tua, tapi janinnya masih kecil, hal itu bisa jadi karena janin tahu kehadirannya ditolak ibunya.

Yoon Young memang tidak pernah benar-benar bisa menerima kehamilan itu, dia lalu mengumpulkan beberapa obat tidur, yang dia peroleh dari dokter yang memberikannya resep obat anti sakit kepala.

Sementara para rekan selnya menyiapkan berbagai hal untuk menyambut sang bayi lahir, ada yang menjahitkan baju, ada yang membuatkannya mainan.
Ternyata Yoon Young malah sibuk menuliskan surat khusus buat masing-masing rekan selnya.

Review film korea 2037
Rekan-rekan sel mempersiapkan kebutuhan bayi Yoon Young

Sampai suatu hari, dia mengalami kontraksi, tapi tak ada seorang pun yang mendengarkannya.
Yoon Young lalu meminum banyak obat tidur yang ditimbunnya, dan membuatnya pingsan lalu koma.

Rekan-rekan selnya segera menemukannya, dan segera dilarikan ke rumah sakit.
Terlihat dokter menyuruhnya untuk bekerja sama mendorong sang bayi keluar, sayangnya Yoon Young bergeming, sampai akhirnya terdengar suara mesin berdetak panjang yang menandakan organ vital tubuh tidak berfungsi lagi.

Ibunya lalu dipanggil melihat Yoon Young, bukan main histerisnya melihat keadaan anaknya seperti itu, namun dipanggil-panggilpun Yoon Young tetap terbaring koma.

Selanjutnya adegan bergulir nggak jelas.
Ada adegan di sebuah taman bunga kesukaan Yoon Young, terdengar suara Yoon Young memanggil Bo Ni, nama anaknya yang diberikan rekan-rekan satu selnya.

Terlihat juga ada anak kecil bersama seorang ibu dan ayahnya.  
Adegan kembali ke sebuah ruangan, di mana ada ibu Yoon Young sedang menyetrika sebuah baju, di sampingnya ada surat penerimaan pegawai pemerintahan.

Dan begitulah filmnya selesai dengan ending yang membagongkan, setelah bikin air mata tumpah ketahan-tahan nggak jelas, hahaha.



Review Film Korea 2037


Profil:
Sutradara: Mo Hong-jin
Writer : Mo Hong-jin
Sinematografer: Choe Sang-ho
Release Date: June 8, 2022
Runtime : 126 min
Genre :  Drama
Distributor: Cinepirun
Language: Korean
Country: South Korea

Pemain:
Hong Ye-ji as Yoon Young
Kim Ji-young as Kyung-sook
Kim Mi-hwa as Soon Je, senior di sel nomor 12
Hwang Seok-jeong as Li-ra, napi penipu
Shin Eun-jung as Seon-su, Napi yang suka membaca
Jeon So-min as Jang Mi
Yoon Mi-kyung seorang napi yang pemarah
Kim Do-yeon sebagai penjaga penjara
Jung In-ki sebagai sipir penjara
Seo Jin-won sebagai hakim

Rating By Me : 4 of 5

Seperti yang saya katakan di atas, nonton film ini karena berharap bakalan menyaksikan film yang bikin mewek, penasaran kan sama film-film yang menyedihkan itu.

Dan ternyata, hmmmm... iya sih bikin mewek, tapi jujur nih, buat saya bukan mewek karena ceritanya benar-benar sedih, tapi akting pemainnya yang nangis kejer.

Itupun nangisnya gimana ya, sebagai ratu cengeng, saya merasa nangisnya nanggung.
Maksudnya gini, kayak adegan nangis pertama kali yang bikin saya sedih itu, pas di penjara si Yoon Young sama ibunya nangis bareng, saya kan mewek liatnya, ikutan nangis.

Tapi, baru aja air mata jatuh, tetiba film wussss... adegannya pindah, kayak nangisnya nggak klimaks, langsung beralih ke adegan lain yang sama sekali nggak ada sedih-sedihnya. 

Ceritanya juga kurang klimaks sih ya, alur filmnya rada nggak masuk akal juga.
Kayak di penjara bisa punya rak buku banyak banget, bisa nimbun obat, ada pisau dan peralatan makan yang notabene bisa jadi benda berbahaya.

Mungkin karena saya terlalu sering liat film penjara para terpidana serem-serem kali ya, jadinya berpikir, masa iya sih di penjara udah berasa di tempat penampungan eksodus gitu, hahaha.

Belum lagi konfliknya kurang greget sih menurut saya, dan ah kayaknya sih semua serba nanggung banget.

Mulai dari adegan pemerkosaan yang pas kitanya udah naik klimaksnya gemes pengen ikut getokin pala si pemerkosa, eh langsung beralih ke adegan lain.

Kurang mengekspos satu adegan sampai rasanya nembus ke hati penonton aja sih menurut saya.
Termasuk adegan-adegan di penjara, nggak kayak di penjara dong, tapi berasa di panti penampungan wakakakak.

Namun, untungnya sih, menurut saya sih terbantu banget sama akting pemainnya, khususnya lakon utama si Yoon Young yang maksimal banget mengeluarkan emosi dirinya, dan mentransfer ke penonton.
Meskipun penontonnya belum klimaks, malah ganti lagi, halah.

Selain adegannya yang nanggung, ending dari film Korea 2037 ini sungguh membagongkan.
Kesal juga sih saya, udahlah drama, adegan nanggung, endingnya digantung kek mau lomba makan kerupuk gitu, ckckckck.

Sutradaranya, nyuruh penonton biar mikir dan nyimpulkan sendiri endingnya.

Apakah si Yoon Young bangkit setelah koma? lalu 2 tahun kemudian dia berhasil mendaftar sebagai PNS atau pegawai pemerintah impiannya?
Yang digambarkan di adegan ibunya menyetrika bajunya sementara ada kayak kertas penerimaan pegawai pemerintah di sampingnya, dan ibunya tersenyum.

Lalu, apakah anak Yoon Young selamat? dan diadopsi oleh salah satu napi rekan selnya, yang setelah keluar dia bertobat, menikah dan mengadopsi serta merawat anak Yoon Young yang diberi nama Bo Ni?

Review film korea 2037
Bo Ni di taman bunga

Ataukah semua itu cuman mimpi atau impian Yoon Young ketika koma?

Atuh tauk deh, sila mikir sendiri, hahaha.


Makna dan Pesan Film Korea 2037


Meski filmnya nanggung banget buat saya, tapi banyak juga makna maupun pesan yang disampaikan film ini kepada penonton, seperti:


1. Wanita harus jaga diri dengan baik, karena hukum pemerkosaan selalu ambigu, sementara traumatisnya panjang terlebih kalau sampai terjadi kehamilan


See, nggak di Indonesia, di Korea (khususnya di Korea kali ya, di sana sering banget loh pemerkosaan terjadi), yang namanya hukum buat kekerasan seksual ataupun pemerkosaan, masih gantung dan ambigu banget.

Di sisi lain, bener juga sih kalau dipikir-pikir, mengapa hukum kekerasan seksual ini wajib hati-hati disimpulkan, karena menyangkut ranah yang biasanya tanpa bukti kongkrit, karena seringnya terjadi di tempat tanpa orang lain atau tertutup.

Masalahnya kan, takutnya hukum tersebut dipakai salah satu pihak untuk sengaja menjatuhkan pihak lain, misal habis ena-ena bareng, sama-sama suka, bahkan si cewek yang terkesan memulai.

Eh karena satu dan lain hal mereka berantem, lalu tetiba si wanita malah mengaku diperkosa.

Karena hal itu, UU kekerasan seksual, jadinya merugikan wanita yang beneran korban pemerkosaan.
Si pelaku bisa dengan mudah bebas, sementara korbannya, trauma seumur hidup.

Karenanya, daripada ribut masalah UU nggak jelas itu, mending menghindari hal-hal yang menyebabkan peluang terjadinya pemerkosaan.

Kayak berpakaian yang sopan, atau belajar ilmu bela diri jika memang kondisi mengharuskan kita sebagai wanita harus berada di kondisi kurang aman, seperti pulang malam di tempat sepi, sendirian pula.


2. Selalu ada persahabatan dan kekeluargaan, meski di penjara sekalipun


Penjara memang merupakan tempat yang dibilang kayak paling bawah ya dalam hidup, di mana seharusnya jika memang melewati proses hukum yang benar, penjara itu semacam tempat banyak orang jahat berkumpul, meskipun sebagai tempat menyucikan diri, karena menjalankan hukumannya di sana.

Namun, se kelam apapun kondisi di penjara, selalu ada persahabatan dan kekeluargaan yang akan terbentuk di sana.

Sahabat dan keluarga baru itu, yang akan membuat kita bisa lebih semangat menjalani hidup, dan menerima masa-masa hukuman dengan lapang.


3. Jangan pernah menyerah terhadap cita-cita


Penjara memang semacam menutup masa depan, tapi jangan menyerah, selalu ada harapan dibalik sebuah musibah, seperti impian Yoon Young menjadi PNS.

Review film korea 2037

Dan ternyata di aturan Korea, seorang mantan napi boleh mengikuti test penerimaan pegawai pemerintahan, setelah 2 tahun bebas dari penjara.

Seperti yang dijelaskan di akhir film, jika memang itu yang terjadi, yaitu Yoon Young akhirnya bisa mendaftar jadi PNS seperti cita-citanya.


 Penutup



Seperti yang kita ketahui, film Korea 2037 ini memang sebelumnya udah viral duluan di TikTok.
Bahkan salah satu alasan saya nonton ya karena penasaran dengan video yang beredar tersebut.

Ditambah review beberapa orang yang mengatakan film ini bagus, sedih, kayak Miracle in Cell No 7.
Sayangnya buat saya, tidak semaksimal film tersebut sih, adegannya nanggung, bahkan sound-nya pun, kadang terasa nggak nyambung dan merusak akting pemain.

Namun akting pemainnya memang diakui bagus banget, berhasil banget mengajak penonton ikutan sedih.

Dan makna serta pesan film Korea 2037 ini bagus banget buat para wanita.
Demikianlah, ada yang juga udah nonton?
Menurut Temans, bagus nggak? 


Sidoarjo, 18 September 2022


Sumber: film korea 2037
Gambar: berbagai sumber

3 comments :

  1. Setelah baca reviewmua, fix aku ga bakal nonton wkwkwkwkwkwk 🤣🤣. Udah lah sedih, trus ending pun g jelas kan, kita disuruh mikir sendiri mau ending gimana 😂😂. Paling sebel aku kalo udh ketemu film begitu

    Makanya aku ga pernah keberatan Ama spoiler Rey. Ga masalah tahu endingnya bakal gimana, yg penting ga kejebak aja. Berharap happy ending, eh malah gantung atau sad ending 🤣.

    Aku kalo ngeliat film tg penjara, kayak miris yaaa. Apalagi kalo dpt teman penjara yg jahat banget. Duuuuh suka ga tega nontonnya 😣. Kayaknya film penjara yg aku bisa nikmatin cuma prison playbook deh 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru di sini ga ada teman penjara yang jahat, maksudnya terlalu nggak masuk akal malah gambaran penjaranya Mba.
      Jadinya kurang greget aja liatnya :D

      Delete
  2. endingnyaaaa kenapa beginih, aku udah berharap ya hepi ending minimal
    dari awal aku udah mikir mirip kayak miracle gitu ya, bagus ini, aku kalau liat yang beginian jadi kesel sendiri tuh sama pelaku yang cowok cowok alias si pemerkosa.
    ya cuman pas akhirnya beneran dibikin mikir ya, surat penerimaan pegawai dapet darimana, ahhhh bagus siih, tapi kenapa endiingnya itu lho hahahaha, kan gemes

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top