Sunday, September 12, 2021

Arti Congkak yang Tak Selalu Congkak

Arti congkak

Sharing By Rey - Arti congkak adalah tak selalu congkak.
Bingung nggak tuh? 
Saya juga sih, kalau enggak pernah bergabung di WAG 1M1C.

Grup blogger yang paling santai dan terbuka ini, punya kebiasaan yang memperbolehkan anggotanya untuk tampil congkak, karena bagi 1M1C, congkak adalah sebuah kewajiban, bukan kesombongan, hahaha.

Nggak jelas banget ya postingan si Rey kali ini, yang harusnya mau review film atau aktornya yang ganteng *tsah!
Eh malah nulis hal yang membingungkan ini.

Iya, hal ini sebenarnya bukannya tanpa sengaja, hanya karena udah mau pergantian minggu, lalu saya buka WA, kok pas banget WAG 1M1C ada di bagian atas chat whatsapp saya.

Loh memangnya biasanya ada di bawah gitu Rey? tenggelam? emangnya WA dirimu itu Titanic gitu?

Loh loh loh, syabar! hahaha.
Iya, akhir-akhir ini saya sering sakit kepala lihat chat di whatsapp, saking banyak eh salah buaaanyaaakkk banget WAG yang saya ikuti, huhuhu.

Alhasil, seringnya saya telat balas WA, jarang juga buka WAG, sekalinya dibuka cuman buat clear chat doang, hahaha.
Makanya, banyak chat WA apalagi WAG yang tenggelam, ibarat Titanic dah, hahaha.


Tentang Komunitas 1 Minggu 1 Cerita (1M1C)


Sebenarnya komunitas 1 Minggu 1 Cerita ini, sudah pernah saya bahas di post terdahulu saya, ketika saya berkesempatan Sharing IRT Berpenghasilan Dari Blog, atas permintaan admin komunitas tersebut.

Congkak adalah komunitas 1minggu1cerita

Iya, menurut saya, komunitas 1M1C ini adalah sebuah komunitas blogger yang paling santai dan paling merangkul semua blogger tanpa pilih pilah, eh kebalik ya, pilah pilih.

Mau yang senior kek, yang junior kek, yang nggak jelas kayak si Rey Blogger kek *halah.
Iya, saya tuh nggak jelas banget, karena hampir tiap hari nulis dengan congkaknya di blog, tapi selalunya lupa untuk disetor di website 1M1C.

Alhasil, udah bisa ketebak deh, saya sering banget bolos nyetor, dan bahkan pernah bolos 4 mingguan dong, padahal ya nulis terus hampir setiap hari, hahaha.

Oh ya, komunitas 1M1C ini memang dibentuk sebagai wadah para blogger, untuk saling mengenal, saling sharing tentang masalah blog maupun kepenulisan, maupun saling blog walking antar blog dari list yang disetor di website 1M1C.


Di 1M1C, Arti Congkak Tak Selalu Congkak  


Nah bingung nggak tuh?
Karena di komunitas 1 Minggu 1 Cerita ini, arti congkak itu, bukan selalu congkak atau kesombongan, namun congkak dalam komunitas ini adalah sebuah kewajiban.

Nah loh?
Katanya ini komunitas paling santai dan guyub (eh ada yang nggak tahu arti guyub? saya agak trauma, gara-garanya nulis woro-woro di sebuah WAG yang isinya kebanyakan influencer, eh nggak ada satupun yang tau dong artinya, hahaha).

Guyub itu rukun ya, bukan gaib, karena kita sedang nggak ngomongin cerita serem, meski sebenarnya saya tertarik pengen bikin tulisan pengalaman serem, tapi takut sendiri, karena saya cuman ama anak-anak.

Entar kalau saya takut ke kamar mandi malam-malam, masa iya bangunin anak-anak buat nemanin saya? hahaha.

Eh fokus Rey!
Mulai deh muteeerr ke mana-mana, hahaha.

Iya, salah satu kelebihan dari grup atau komunitas blogger 1M1C dibanding lainnya adalah, komunitas ini lebih adem ayem dan rukun penghuninya, meski pernah ada 1 orang yang baper dulunya, tapi itu hanya karena salah paham dari kebaperan tingkat dewa.

Hanya di komunitas blogger inilah, khususnya melalui Whatsapp grupnya, saya berani cerewet, tanpa takut dijatuhkan atau dipandang remeh oleh member lainnya.

Nah, salah satu kebiasaan grup 1M1C, yang jarang ada di grup blogger lainnya adalah, di sini kita diwajibkan banget dong untuk congkak.

Loh kok bisa?
Iya, maksudnya congkak dengan menyetor link blogpost terbaru kita di grup.
Jarang banget kan ada WAG yang bolehin member atau anggotanya seperti itu?
Nah di WAG 1M1C, congkak dengan menyetor url blogpost terbaru itu adalah menyerupai kewajiban banget.

So, begitulah, mengapa di komunitas blogger 1 Minggu 1 Cerita, arti congkak tuh bukanlah suatu yang buruk, tapi suatu yang dipersilahkan, agar semua blogger jadi merasa termotivasi untuk rajin menulis cerita apa saja, setidaknya 1 kali dalam seminggu.

Bukan hanya membolehkan tampil congkak, di grup tersebut juga punya 1 kebiasaan yaitu ngasih challenge menulis dengan tema tertentu, setiap awal bulan.  

Nah kebetulan nih, minggu awal bulan September ini grup 1M1C punya challenge menulis dengan tema CONGKAK.  
Hal ini saya ketahui ketika melihat nama grup tersebut yang diberi tema menulis minggu ini.

Si bowgel 1m1c

Seketika deh saya ingat kalau belum pernah setor url blogpost di website 1M1C, dan begitulah bagaimana ide tulisan ini terbentuk.


Arti Congkak yang Sebenarnya  


Baiklah, takutnya nih ada yang masuk ke tulisan ini, hanya untuk mengetahui arti congkak yang sebenarnya, maka saya bahas aja sekalian ya, hahaha.

Arti congkak menurut KBBI ada 2 macam, yaitu:
  1. Congkak(1) adalah merasa dan bertindak dengan memperlihatkan diri sangat mulia (pandai, kaya, dan sebagainya); sombong; pongah; angkuh; jemawa. (hayooo, siapa nih yang congkaknya begini? hehehe).
  2. Congkak(2) adalah kulit lokan yang dipakai dalam permainan, atau permainan dengan kulit lokan (biji-bijian dan sebagainya) dan kayu yang bentuknya seperti perahu yang berlubang-lubang (di Jawa disebut dakon), eh bukannya itu congklak ya? tauk deh ini KBBI, hahaha.

Sedangkan pengertian congkak adalah sebuah sikap atau tindakan yang meninggikan diri sendiri dan atau menganggap dirinya sendiri jauh lebih baik atau lebih mulia dari orang lain.

Wow deh, jangan sampai kita congkaknya beneran kayak arti congkak yang sesungguhnya ya.
Mending congkaknya di grup 1M1C aja deh.


Sidoarjo, 12 September 2021


Sumber:
  • https://www.1minggu1cerita.id/
  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/congkak
Gambar: Canva dan 1minggu1cerita.id

2 comments :

  1. aku bingung waktu nulis tema congkak, jadinya ga nulis hahaha kalau congkak soal blog masih boleh lah ya :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top