Thursday, November 19, 2020

Hari Toilet Sedunia

19 november 2020 hari toilet sedunia

Sharing By Rey - Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day, yang biasa disingkat WTD, diperingati setiap tanggal 19 November.
Yup, hari ini tepatnya. 

Iya, toilet itu penting banget bagi semua umat manusia, makanya sampai diperingati harinya.
Bukan hanya keberadaannya yang wajib ada buat setiap keluarga, tapi juga kebersihannya.

Karenanya, toilet juga erat hubungannya dengan kebersihan dan kesehatan.
Dan menjadi hal yang sangat penting, khususnya di tengah pandemi seperti ini.


Asal Mula Hari Toilet Sedunia


Mengutip dari wikipedia, bahwa Hari Toilet Sedunia, atau World Toilet Day adalah merupakan sebuah kampanye untuk memberikan motivasi, dan menggerakkan seluruh penduduk dunia mengenai pentingnya sanitasi. 

Program ini, pertama kalinya dibentuk oleh World Toilet Organization pada tahun 2001, dan ditujukan untuk membangkitkan kesadaran penduduk global, tentang isu sanitasi yang diadakan pada setiap tanggal 19 November. 

Bahkan, sejak tahun 2001, Hari Toilet Sedunia telah tumbuh, dan diakui oleh badan partner dunia. 
Namun, baru pada tahun 2013, PBB menandatangani penetapan Hari Toilet Sedunia menjadi hari internasional PBB dalam Resolusi PBB A/67/L.75 (UN Resolution A/67/L.75)
  
Jadi, secara resmi, tahun ini adalah peringatan Hari Toilet Sedunia yang ke-7 tahun.

hari toilet sedunia tahun 2020

Adapun tujuan PBB meresmikan Hari Toilet Sedunia ini, adalah, untuk  meningkatkan kesadaran orang-orang di dunia yang tidak memiliki akses ke toilet.
Karena pada dasarnya, setiap manusia di dunia memiliki hak untuk mendapatkan air bersih, dan sanitasi yang sehat.

Hal ini juga dapat mencegah penyebaran penyakit, seperti diare, schistosomiasis, dan malagizi pada anak-anak, khususnya yang terkait langsung dengan suatu keadaan bernama enteropati lingkungan, yang merupakan akibat langsung dari buang air besar di tempat terbuka.

Ada sekitar 58% kasus diare disebabkan oleh air tidak sehat dan sanitasi yang buruk dan tingkah laku yang tidak higienis.
Penyediaan fasilitas sanitasi, tentunya dapat menurunkan tingkat penyakit diare anak-anak, hingga 7–17%, dan tingkat kematian menurun dari 5% hingga 20%. 

Dan yang paling penting, pemisahan kotoran manusia dari kontak langsung dengan manusia, serta lingkungannya, berarti melindungi banyak orang dari penyakit-penyakit tersebut. 

Di tahun 2020 ini, peringatan Hari Toilet Sedunia lebih berpusat pada perubahan iklim yang semakin parah, di mana hal tersebut bisa mengakibatkan ancaman banjir, kekeringan, hingga kenaikan permukaan air laut, yang tentunya akan sangat mengancam sistem sanitasi yang sehat.

Mulai dari toilet yang mungkin rusak, septic tank yang mungkin meluber, hingga instalasi pengolahannya yang rusak.

Karenanya, memiliki sanitasi berkelanjutan yang dapat menahan perubahan iklim dan menjaga komunitas tetap sehat dan berfungsi itu penting adanya.

Sistem sanitasi berkelanjutan tersebut bisa dengan menggunakan kembali limbah, untuk meningkatkan pertanian dengan aman dan mengurangi serta menangkap emisi untuk energi yang lebih hijau.

Terlebih di zaman serba modern seperti sekarang, saya jadi ingat ketika masih kerja di kontraktor dulu, kami sering banget dapat penawaran produk-produk septic tank yang ajaib alias modern.
Bagaimana tidak? kebanyakan zaman sekarang orang udah nggak mengenal yang namanya sedot WC, karena kebanyakan menggunakan semacam bio septic tank, di mana bisa mengubah kotoran manusia menjadi terurai, jadi nggak bakal ada lagi sedot-sedotan hahaha.

Sayangnya sih, kebanyakan septic tank model gitu, lumayan mihil.


Hari Toilet Sedunia Dan Kesadaran Masyarakat Akan Toilet Bersih


Meskipun lembaga Hari Toilet Sedunia lebih menyinggung tentang perubahan iklim, dan menyorot adanya toilet yang berkesinambungan.
Saya masih mau mundur ke belakang dulu, membahas tentang kebersihan toilet.

19 november hari toilet sedunia

Bukan hanya kesadaran setiap orang untuk menjaga kebersihan toilet, baik toilet di rumah pribadinya, maupun di toilet umum, tapi juga dengan keberadaan limbah sanitasi yang dibuat banyak masyarakat, khususnya untuk masyarakat yang hidup di daerah padat penduduk.

Saya jadi ingat, waktu kecil dulu, saya pernah dan sering membaca buku kesehatan, di mana di situ dijelaskan bahwa syarat toilet yang sehat itu, bukan hanya toiletnya yang bersih, tapi juga wajib memperhatikan letak septic tank-nya berada.

Dari yang jarak antara sumber air bersih, terutama jika rumah menggunakan sumur itu harus banget diperhatikan, pun juga sebaiknya septic tank kudu mempunyai semacam lubang udara, yang tingginya kalau nggak salah harus melewati atap rumah (cmiiw).

Sementara kenyataannya?
Astagaaaa, bahkan ada yang pakai sumur bor di samping septic tank dong, huhuhu.
Dan ada lagi yang lebih fantastis, yaitu beberapa rumah yang tinggal di pinggir sungai, baik sungai besar atau kecil, rata-rata sih punya toilet, tapiiiii.... septic tank-nya ya di sungai, huhuhu.

Kalau kayak gitu, apa gunanya toilet ya? huhuhu.

Memang sih, untuk membuat semua masyarakat jadi lebih peduli dengan kesehatan toilet itu sangat complicated, bukan hanya untuk masyarakat di pedesaan, justru masyarakat perkotaan juga masih punya masalah besar tentang toilet ini.

Namun, meski semuanya serba complicated, masih ada  hal lain yang bisa kita lakukan, khususnya untuk memperingati Hari Toilet Sedunia tahun 2020 ini.

Yaitu, dengan lebih menjaga kebersihan toilet yang kita pakai, baik toilet di rumah sendiri, maupun toilet umum.

Dan, sebisa mungkin menjaga kelestarian alam, lebih peduli dengan pengelolaan sampah, agar issue tentang perubahan iklim, tidak terlalu berdampak pada keberadaan toilet dan mengancam kesehatan kita semua.

hari toilet sedunia

Khususnya, di masa pandemi yang belum berakhir ini.
Jangan sampai deh, para virus malah berkomplot dengan bakteri dari toilet.

Karenanya, mari kita tingkatkan kesadaran kita akan kebersihan toilet dan lingkungan, sebagai wujud memperingati hari toilet sedunia tahun 2020 ini.

How about you, temans?


Sidoarjo, 19 November 2020


Sumber:
  • http://www.worldtoiletday.org/ diakses November 2020
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Toilet_Sedunia diakses November 2020
  • Pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

31 comments:

  1. Oohh baru tahu sekarang hari Toilet sedunia..😊😊 Waah nyonya Rey ini memang serba tahu..😊😊 Apakah ada Hari pacaran sedunia juga nyonya Rey..🤣🤣

    Mari kita rayakan hari Toilet sedunia dengan sering2nya Selfie dengan gaya manis Di WC..🤣🤣🤣😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, nanti kita cari, kalau ada hari pacaran emang kenapa Kang?
      Mau cari pacar baru? ckckckck

      Delete
  2. wah, baru tahu kalo ada hari toilet juga.
    tapi emang bener banget sih toilet itu bagian terpenting yang ada di rumah
    kadang suka sedih juga kalo ada orang yang nggak punya toilet dan melakukan segala aktivitas di sungai huhu
    semoga negara ini semakin membaik

    terima kasih tulisannya mbaaaakk~
    salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, bahkan yang udah punya kloset, eh buangnya ke sungai huhuhu

      Delete
  3. Selamat hari toilet sedunia.. Uni Rey
    Toilet adalah tempat dimana aku melahirkan ide ide, inspirasi kerap muncul di sana hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha, kok bisa ya, saya di toilet biasanya tidur 🤣🤣

      Delete
  4. baru tahu kalau ada hari toilet sedunia
    dari toilet, banyak ide-ide luar biasa lahir...hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya ya, karenanya banyak yang lama-lama di toilet 😂😂

      Delete
  5. mungkin ke depannya bakal ada hari kipas angin sedunia, soalnya tanpa kipas angin saya bakal gerah sepanjang hari wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahahahah, eh iyaaa.. sekarang lagi gerah-gerahnya ya 😂

      Delete
  6. wahh baru tau juga nih mba ada hari toilet haha

    ReplyDelete
  7. Halo mbak reyyyy

    Lama banget gak main di marih ya Allahh...

    Apa kabar mbakkk???

    Eikeh malah baru tau ada hari toilet segala. Tapi bagus juga sih. Biar semua orang punya akses sanitasi yang memadai. Gak boker di kali kaya jaman dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo jugaaaa, gimana kabar bumil? 😍

      Hahaha iyaaa...
      Kasian orang di kali, kena ranjau 😂

      Delete
  8. apa kabar mbak semoga selalu dalam keadaan sehat ya...ternyata hari ini adalah hari toilet sedunia, kalau gak mampir kesini malah gak tau hehehe memang toilet sangat inspiratif bagi banyak orang....dan dengan adanya hari toilet sedunia semoga menjadi lebih peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Devina, Nah iyaaa... toilet itu erat hubungannya ama lingkungan yang bersih ya 😊

      Delete
  9. Bagusss sekali artikelnyaa, dengan mengunjungi https://rempahkuu.blogspot.com banyak sekali manfaat yg bisa kalian peroleh lohh dari blog tersebut 😊

    ReplyDelete
  10. Baru tahu kalo ada hari toilet sedunia, ternyata ada maksud PBB menjadikan hari toilet agar masyarakat mengetahui pentingnya toilet untuk kesehatan.

    Memang kalo lahannya sempit serba susah, maunya bikin septic tank itu yang jauh, sekitar 10 meter tapi karena tanahnya mepet ya berdampingan dengan sumur bornya.😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener Mas, sebelahan dong ama septic tank 😂

      Delete
  11. ternyata ada ya hari toilet sedunia
    bener juga mungkin dari komen mas agus, PBB selama ini melihat hampir diseluruh negara masih ada aja masalah pada toilet yang bersih

    selama ini di Indonesia sendiri, keberadaan sanitasi yang bersih dan sehat terutama di pedalaman memang kurang bagus. bahkan mengandalkan air sungai

    iya tuh mbak, kadang untuk cari rumah aja, beberapa orang kudu memastikan lokasi septic tanknya, gimana dan berada disebelah mana, mengganggu enggaknya
    eiya tuh ada ya yang bikin septic tanknya ke kali, astagahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau di pedalaman nggak ada toilet, kalau di kota padat penduduk nggak ada lahan hahaha.

      Sampai-sampai dibuang ke kali hhhh

      Delete
  12. Aku juga baru tahu kalau ada hari toilet sedunia 🤣 Kak Rey ini bisa tahu aja lho! Hahaha.

    Btw, kalau ngomongin banyak yang menjadikan sungai sebagai septic tank, aku jadi keingat salah satu cerita Kak Anton saat masih kecil suka berenang di Kali terus pernah nemu pisang goreng lewat 🤣🤣 inget Kali, langsung keinget kisah Kak Anton dan pisang goreng 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakakaka, saya belom baca itu, tapi saya kalau mandi di kali, waktu kecil saya pernah, dan trauma karena kalinya dalam dan deras, kami mandi dipegangin sama bapak hahaha

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. waw artikel dan informasi yang bagus dan mengejutkan. semoga saja artikel saya juga bisa mengejutkan. https://kicayuhits.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. Telat komen nih, memang sula telat eh maklum ye 😊
    Aku baru tahu, ada hari toilet sedunia loh mba Rey...

    iya, kita harus jaga kebersiahan toilet. Kalo boleh jg, bisa makan di toilet y..
    Syukirlah mba, di Indonesia ini sdh banyak toilet yg bersih.

    Misal toilet di pom bensin. Aku pernah bepergian ke Bdg, kebelet pipis di perjalanan, akhirnya minggirin kendaraan, n masuk di toilet pom bensin...

    Tadinya udah parno duluan, nih pasti toiletnya jorse....
    Eh pas masuk, bersih n harum bangetttt...
    Lantai bersih, air bersih..
    Bahagia banget dah 😊

    Udah itu, aku langsung berterimakasih utk penjaganya...

    Tx mba Rey, infonya ttg hari toilet sedunia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rey sory, banyak tipo, maklum komen dg hp begini nih...
      * sula - harusnya selalu
      * syukirlah - harusnya syukurlah

      Delete
  16. Pantes aja aku ga tau ada hari toilet sedunia. Ternyata ini baru ada THN 2001 an ya Rey. Awalnya aku sampe mikir, zaman SD SMP SMU kenapa ga prnh diksh tau ada hari toilet hahahahahah.

    Makin banyak aja nama hari2 ini yaaa. Tapi baguuus, setidaknya mengingatkan kita utk lebih aware dengan peringatan2 nya. Hari toilet sedunia, harusnya jd sadar pentingnya sanitasi bersih di rumah dan lingkungan :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)