Saturday, November 14, 2020

Kebun Binatang Surabaya Terbaru Di Masa Pandemi

Kebun Binatang Surabaya Terbaru

Sharing By Rey - Kebun binatang Surabaya terbaru kabarnya di masa pandemi ini sangat dibutuhkan banyak orang, termasuk saya.

Iya, setelah lama ngendon di rumah aja, pengen dong keluar juga, nggak perlu jauh-jauh, cukup di kebun binatang Surabaya, yang terletak di tengah kota Surabaya.

Sejak 2 mingguan kemarin, si kakak meminta untuk bisa jalan-jalan ke kebun binatang, karena taman-taman di Surabaya masih ditutup karena pandemi ini.

Karenanya, selain ke mall, agak sulit mencari tempat refreshing bersama anak-anak.
Terlebih, berlama-lama di mall bikin parno dengan adanya virus Covid-19 ini.

Maka, 2 minggu lalu, saya mencoba cari informasi, apakah kebun binatang Surabaya sudah buka di masa pandemi ini?
Ternyata, kebun binatang Surabaya, atau yang biasa disebut bonbin Surabaya itu, sudah mulai beroperasi kembali sejak Juli 2020 lalu.


Syarat Berkunjung Ke Kebun Binatang Surabaya Terbaru Di Masa Pandemi


Dari browsing di google, saya menemukan informasi, bahwa berkunjung ke kebun binatang Surabaya, harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

cara beli tiket kebun binatang surabaya

  • Hanya sebagian orang yang diperbolehkan masuk ke kebun binatang, selain orang yang sehat, anak di bawah tinggi badan 100 cm (lalu diedit jadi 85 cm), dan ibu hamil serta lansia, dilarang masuk. 
Gara-gara syarat ini, saya yang sudah siap sedia membeli tiket masuk sejak 2 mingguan lalu, menjadi batal. Karena setelah mengukur tinggi badan si adik, ternyata masih kurang dari 100 cm. 

Kenyataannya? betapa sebalnya saya ketika pas melewati kebun binatang Surabaya dan melihat kenyataan, kalau banyak anak-anak yang jauh lebih pendek dari si adik, tapi bisa melenggang masuk begitu saja. 

Etdah! rempong memang kalau kita terlalu patuh peraturan, hahaha. Karena itulah, keesokan minggunya, kami nekat beli tiket dan menuju bonbin, dan ternyata memang boleh masuk tuh. 

  • Pembelian tiket hanya boleh secara online di website surabayazoo.co.id , akses pembelian tiket hanya bisa dilakukan di siang hari, mulai pukul 06.00 pagi.
  • Selama mengunjungi kebun binatang Surabaya, pengunjung wajib mentaati semua peraturan yang ada, seperti harus mengenakan masker, baik orang dewasa maupun anak-anak, rajin mencuci tangan sesering mungkin di beberapa keran air yang disediakan, serta menjaga jarak.
  • Di larang memberi makan hewan, juga menggelar tikar untuk piknik di dalam.


Cara Membeli Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya Terbaru Di Masa Pandemi


Sebelum berangkat ke kebun binatang Surabaya, ada baiknya kita terlebih dahulu membeli tiketnya dari rumah, karena meskipun ternyata di sana ada pelayanan pembelian tiket secara online, tapi antrinya masha Allah bikin pingsan.

harga tiket masuk kebun binatang surabaya 2020
Pemeriksaan tiket di pintu masuk, cukup perlihatkan kode barcode yang dikirim di WA

Buyar sudah syarat jaga jarak, yang ada orang berdesak-desakan untuk segera bisa memesan tiketnya, susah memang ya orang-orang zaman now.

Beruntung kami udah membeli tiket sejak dari rumah, dengan cara:
  • Jika sudah mengerti, silahkan beri tanda centang di bagian bawah tampilan websitenya, dan klik 'Lanjutkan'.
  • Cek ketersediaan tiket masuk kebun binatang Surabaya, dan jangan khawatir kehabisan, karena kita bisa memesan tiket masuknya hingga 1 minggu ke depan.
  • Setelah memastikan ketersediaan tiket, klik 'Pesan Sekarang' 
  • Isi data yang ada dengan nama, email, alamat, nomor WA (jangan sampai salah, karena barcode tiket masuk bakal dikirim melalui WA), serta jumlah tiket yang dibutuhkan (harga tiket masuk per orang adalah Rp. 15,000 dan anak-anak juga tetap bayar penuh).

fasilitas kebun binatang surabaya

  • Setelah semua data diisi, klik 'Lanjutkan', akan diarahkan untuk membayar tagihan tiket masuk kebun binatang Surabaya dengan cara mentransfer sejumlah uang persis sesuai yang ada di tagihan, termasuk angka unik di belakangnya, tidak boleh lebih atau kurang sedikitpun, ke rekening Mandiri milik Kebun Binatang Surabaya.
  • Setelah kita bayar melalui transferan, maka beberapa saat kemudian, pihak KBS akan mengirimkan barcode tiket masuk ke kebun binatang Surabaya melalui nomor WA yang kita daftarkan, karenanya pastikan nomor WAnya benar dan aktif.
  • Setelah selesai, siap deh berangkat.


Berkunjung Ke Kebun Binatang Surabaya Terbaru Di Masa Pandemi


Dan begitulah, minggu kemaren, setelah membeli tiket di pagi hari dari rumah, kami akhirnya berangkat menuju kebun binatang Surabaya.

kebun binatang surabaya hari ini buka atau tutup

Kami sampai di sana sekitar pukul 11.00 siang, dan memarkirkan kendaraan di tempat parkir kendaraan seperti biasanya (biarpun di website ada keterangan kalau kita kudu parkir di Wonokromo, ternyata realisasinya bisa parkir di tempat parkirannya dekat pintu keluar KBS dulu).

Dan saat itu, ternyata orang-orang udah banyak banget.
Kami lalu diarahkan petugas ke pintu masuk, di mana pintu masuknya berada di pintu keluar KBS dulu.

Di dekat pintu masuk sementara tersebut, sudah berjubel para pengunjung yang antri membeli tiket.
Ebuset deh, say babay dah sama yang namanya jaga jarak!

fasilitas kebun binatang surabaya

Karenanya, buat temans yang mau berkunjung ke kebun binatang Surabaya, please beli tiketnya di rumah aja deh, atau di parkiran juga bisa kok, buka sendiri websitenya dari smartphone masing-masing, jadi kan nggak ikutan antri berdesakan gitu.

fasilitas kebun binatang surabaya

Lucky us!
Karena sudah beli tiket dari rumah, kami langsung diarahkan menuju pintu masuk, diukur suhu tubuh kami pakai thermogun, lalu setelah masuk kami disemprotin cairan disenfektan melalui kipas besar, hahaha.

fasilitas kebun binatang surabaya

Dan setelah sampai di dalam?
Masha Allah...kami shock dong!
Ini benar Kebun Binatang Surabaya terbaru?

hewan yang ada di kebun binatang surabaya

Sejak awal saya datang ke Surabaya 20 tahun lalu, sudah berkali-kali saya masuk kebun binatang Surabaya tersebut, tapi sesungguhnya, baru kali itu saya merasa sungguh nyaman berada di situ.

Tanamannya sungguh subur dan hijau, pohon-pohonnya rindang, tempatnya bersih.
Ya ampuuunn, jadi pengen berlama-lama di sana deh.
Sayangnya nggak boleh sama sekali gelar tikar, bahkan dilarang makan di sembarang tempat, dan memang di dalam nggak ada yang jualan, kecuali di satu tempat dekat pintu keluar.

Apakah di KBS ada kolam renang?

Kami pastikan sudah saraan atau makan dulu sebelum masuk ke dalam kebun binatang Surabaya ya.

Meskipun suasananya asri, bersih, nyaman dan indah, tapi sepertinya memang banyak hewan yang berkurang, nggak tahu apa cuman perasaan saya aja, atau memang benar berkurang, karena seingat saya dulu tuh ada banyak banget hewan yang ada di mana-mana.

hewan yang dilindungi di kebun binatang surabaya

Oh ya, meskipun kita sudah membayar tiket masuk Rp. 15 ribu perorang, ternyata kita tidak bebas bisa masuk dan menikmati semua fasilitas yang ada di dalam kebun binatang Surabaya.

Setidaknya, kudu bayar lagi Rp. 15 ribu, untuk masuk ke wilayah Aquarium dan melihat satwa air.
Karena ogah bayar mahal-mahal, terpaksa si kakak memberanikan diri masuk sendirian di dalam lokasi Aquarium tersebut, dan dia begitu happy memotret banyak hewat melata termasuk ikan (untung saya nggak masuk, etdah bayar lagi demi liat ular hiiii.... qiqiqiqiqi.

kebun binatang surabaya hari ini
Dibalik kenarsisan mamak, tersimpan lelah menggendong, hahaha

Pun juga, kita kudu membayar Rp 50 ribu per orang, jika hendak menikmati wisata naik gajah.
Kami?
Ya kali gajah naik gajah, bayar pulak, wakakakaka.

lokasi kebun binatang surabaya

Juga ada wisata naik perahu, yang kudu bayar 15 ribu perorang.
Sayang si adik nggak mau diajak naik perahu, jadilah kami skip wisata bayar-bayar lagi, hahaha.

Satu hal yang perlu diingat juga, jangan lupa membawa air minum yang agak banyak, karena jarang banget ada yang jualan di dalam, sepertinya sih dilarang, demi menghindari orang bergerombol.

KBS buka jam berapa?

Over all, sangat menyenangkan mengunjungi kebung binatang Surabaya terbaru di masa pandemi ini.
Karena kenyamanan sangat kental dirasakan pengunjung.

Ada keran air cuci tangan di mana-mana, ada toilet yang biarpun jadul, tapi bersih dan airnya melimpah, jarang banget ada yang bau, biarpun dekat kandang hewan, sampah berserakanpun jarang terlihat, karena petugasnya siap siaga membersihkan sampah-sampah yang ada.

Hewan-hewannya juga bersih dan lucu-lucu, selain yang galak-galak sih, kayak macan yang cuek tiduran saja, meski banyak yang menantinya untuk melihatnya hahaha.

Dan yang paling menyenangkan buat saya, sekaligus menyebalkan buat si kakak adalah, banyak spot berfoto yang instagramable, hahaha.

cara membeli tiket online kebun binatang surabaya

Salut deh sama pengelola Kebun Binatang Surabaya terbaru, karena sanggup bertahan di tengah pandemi ini, dengan tetap memberikan kenyamanan dan keamanan buat pengunjung.

Demikianlah kisah kami saat berkunjung di kebun binatang Surabaya terbaru di masa pandemi ini.
Intinya, nggak masalah kok berwisata di kebun binatang Surabaya, asalkan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

tiket online kbs surabaya

Selalu menggunakan masker, termasuk anak-anak juga ya.
Rajin cuci tangan, serta jaga jarak.

Pun juga jangan barbar antri di spot foto ya, juga tahu diri juga kalau foto terus ada yang antri, gantian dong ya!

So, siapa nih yang udah berkunjung di Kebun Binatang Surabaya terbaru di masa pandemi ini?
Share yuk!


Sidoarjo, 14 November 2020


Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : dokumen pribadi


8 comments:

  1. huwaaaa sekarang makin banyak spot foto yang cakep cakep
    udah lama buanget nggak ke bonbin, terakhir kayaknya TK hahahaha, malah dalemannya aja udah lupa kayak apa modelnya, tau tau ya pas liat foto foto mba rey ini, cakeppp

    kalau rame begini udah bubar jalan yang namanya social distancing, jadi jaga jarak sendiri dan sadar diri sendiri aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagaaaa, udah lama banget ituuu..
      Ayo ke bonbin, sekarang jadi alternatif wisata murmer yang nyaman menurut saya loh 😍

      Delete
    2. iya bolehlah didatengin lagi, mungkin nunggu akses ke surabaya nya gampang, lahh kalau naik kereta disuruh rapid hahaha

      Delete
    3. Loh dari sana ke Surabaya kudu rapid ya?
      Setau saya yang lokal nggak perlu rapid, eh dari sana ke Surabaya lokal nggak ya? hahaha.

      Kapan hari saya baca postingannya siapa ya? dia ke malang dari SBY naik kereta, nggak perlu rapid :D

      Saya juga nggak suka rapid-rapidan, sakit tauk hahahaha

      Delete
  2. Aku senang sekali melihat KBS sekarang udah berevolusi menjadi Kebun Binatang yang bagus dan lebih layak 😍 sebab beberapa tahun lalu aku pernah dengar KBS ini sering bermasalah.

    Adem banget kelihatannya. Bahkan aku bisa merasakan juga kebahagian Kakak dan anak-anak saat berkunjung ke KBS 😍. Aaah~ sehat-sehat selalu ya Kak Rey dan keluarga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa say, beberapa waktu lalu malu-maluin memang, masuk berita terus, ya hewannya ga keurus lah, ini lah itu lah.

      Sekarang udah jauh lebih manusiawi eh salah hewaniawi 😂

      Delete
  3. Gagal fokus sama style mamak yang syantiek kayak anak gadis.. :D
    duh senangnya ajak anak2 ke Kebun binatang, Asri banget ya mba disana dan keliatannya pun gak terlalu rame ya? jadi gak terlalu banyak interaksi sama orang lain lah yaa..

    Btw, kalo kebun binatang di jakarta kalo gak salah sih anak dibawah 5 tahun belum boleh masuk mbaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaka mamak narsisisme!

      Lebih ketat ya di sana, di sini biar kata ketat, kenyataannya di lapangan, nggak seketat itu, selain kudu pakai masker sih :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)