Tuesday, November 10, 2020

Hanya Blogger Ibu Rumah Tangga Biasa

Blogger Ibu Rumah Tangga Biasa

Sharing By Rey - Hanya blogger ibu rumah tangga biasa, bagaimana caranya bisa bersaing untuk menjadi blogger terkenal, seperti lainnya?

Sebuah pertanyaan yang saya dapatkan dari email seorang sahabat, yang sedikit banyak juga membuat saya ikutan mikir hal yang sama.

Saya jadi berpikir, siapa saja sih blogger terkenal di Indonesia?
Setidaknya untuk blogger wanita?

Bagi saya, blogger terkenal itu ada Grace Melia, Diana Rikasari, Alodita, eh siapa lagi ya?
Ada banyak mungkin ya, tapi mungkin karena saya kudet, pengetahuan saya ya cuman di sekitaran mereka aja yang terkenal, hahaha.

Atau banyak mungkin ya, cuman memang pada banyak yang udah lebih tertarik di dunia youtube, merambah dunia vlogger.
Dan kebetulan, saya orangnya lebih suka baca ketimbang nonton sebenarnya, jadinya lebih suka baca blog ketimbang liat youtube.


Blogger Terkenal Dan Pendukungnya


Hah, blogger terkenal sampai punya fans gitu?
Ya mungkin ada sih, tapi nggak kayak artis juga kali ya.
Maksud saya adalah, pendukung dari minat, bakat atau sesuatu yang mendongkrak citra bloggernya.

Seperti Grace misalnya, kelebihan dia adalah pandai berbahasa Inggris, gaya tulisannya yang mengalir, dan dia punya anak disabilitas, sehingga ada sesuatu yang tidak semua orang punya, yang bisa dia bagikan kepada khalayak, dan sesuatu itu unik dan jarang.

Atau Diana Rikasari.
Nggak usah ditanya lagi dia mah, gaya fashionnya yang unik, membuat dia dengan cepat dan abadi menempati pikiran pembaca blognya.

mom blogger

Dan Alodita.
Dia cantik sih ya.
Gayanya kece, keren dan itu modal yang serta merta mengangkat kiprahnya dalam ngeblog.

Lalu si Rey.
Eh bentar, apa ya pendukung si Rey?
Kagak ada, hahahaha.

Dengan tampilan blog jadul, tulisan a la kadarnya, yang mana curcol terooosss, hahaha.
Tampilan orangnya? biasa aja! nggak ada spesial-spesialnya.
Dan cuman jadi IRT pulak!

Jadilah, kapan mau terkenalnya, hahahaha.

Eh bentar, IRT kok cuman?
Iya, maksud saya, blogger IRT itu ada banyak di Indonesia, eh nggak banyak sih ya, cuman buanyaaaakkkk banget, hahaha.
Dan sudah menjadi hal yang lumrah, kalau blogger pastinya membahas kehidupannya sehari-hari.

Jadinya ya bahasan kebanyakan blogger itu cuman disekitaran IRT doang, atau menyerempet hal lain, tapi jadinya kek gibah aja, hahaha.
Nothing special atau unik, membuat perkembangan branding as a blogger saya biasa aja!

Dan karenanya, memang benar ya perkataan sahabat yang kirim email tersebut, bahwa hanya blogger ibu rumah tangga, kapan ya bisa bersaing?
Apalagi menjadi terkenal?
Mau ikutan kek para artis gitu, kok ya takut malah dilempar telur busuk, karena netizen mah gitu, keadilan sosial bagi para orang berparas good looking.


Hanya Blogger Ibu Rumah Tangga Begini Cara Agar Selalu Bisa Eksis Jadi Blogger


Ngapain harus eksis sih Rey?
Ya agar bisa bersaing dong ya.
Terutama kalau mau monetize blognya.

Iya sih, saya akui sejak jadi IRT, kehidupan saya hanya di seputar dapur dan ngurus anak doang, itu aja udah keteteran perhatian ke diri sendiri.
Tapi bukan berarti tak ada sama sekali yang bisa dibagikan.

Meskipun memang temanya sooo B aja, tema yang dibahas 1001 mamak blogger, ya cuman seputar masalah umum anak, rumah, dan apalagi ya?
Kayaknya kebanyakan sih di seputaran itu aja, hahaha.

Akan tetapi, bukan berarti nggak bisa terus eksis dalam dunia blogger.
Kalau buat saya, yang penting konsisten, itu satu hal yang bisa dilakukan oleh mamak-mamak yang hanya blogger ibu rumah tangga biasa tanpa keahlian unik seperti saya.

Karena, sama dengan bisnis, secerdas dan sehebat apapun orang dalam mengerjakan sesuatu, akan kalah sama orang yang konsisten dan setia *eaaaa.

Dan yang bisa saya lakukan dalam dunia ngeblog, meskipun saya hanya blogger ibu rumah tangga biasa adalah:


1. Konsisten Menulis


Untungnya sih, saya punya modal utama dalam ngeblog, yaitu saya suka menulis, jadi biar kata tulisan saya sooooo umum, tapi better ditulis ketimbang dipikirkan doang kan? hahaha.
 
Iya, dengan konsisten menulis, saya bisa mengulik apa aja yang saya punya dan bisa saya berikan, kenyataannya, meski hanya blogger ibu rumah tangga biasa, ternyata banyak hal loh yang bisa ditulis.
Seperti semua tulisan saya di blog ini, which is sebagian besar sekitar 95% adalah pengalaman saya pribadi.

jadi ibu blogger

Sekecil apapun pengalaman saya, ketika ditulis, selain menyimpan memori dalam tulisan, juga kadang bermanfaat bagi orang lain loh ternyata.

Idenya juga nggak aneh-aneh, cukup pikirkan apa yang pernah saya lakukan dan alami selama hidup di dunia ini, udah 30 plus banyak dong hidup di dunia, masa iya nggak ada yang bisa dibagikan?
Termasuk membagikan kegiatan-kegiatan harian mamak blogger, biarpun itu sooo umum, hahaha.


2. Aktif Berinteraksi Dan Blog Walking


Selain rutin menulis di blog, aktif berinteraksi dalam kolom komentar juga saya lakukan (padahal udah beberapa hari belum sempat balas komen, bahahaha).

Tapi, serius, aktif berinteraksi di kolom komentar itu juga salah satu hal yang bisa dilakukan oleh blogger IRT biasa untuk lebih dekat kepada pembacanya.

Lalu setelahnya, juga aktif blog walking, di mana hal tersebut bisa memperluas lingkaran kenalan blogger kita, dan tentunya hal itu membuat kita jadi 'terlihat'.
Justru cara blog walking itu sebenarnya cara yang paling ampuh buat eksis.

Ada beberapa blogger yang terkenal, karena kiprahnya yang serius blog walking, kayak Mba Fanny.
Dia mah dari zaman awal saya fokus ngeblog di tahun 2018 udah terkenal banget komentarnya tuh ada di mana-mana, dan niat banget.

Blogger lain yang membuktikan bahwa blog walking adalah cara tercepat untuk eksis di dunia blogging adalah, Creameno.
Eh tapi mereka bukan blogger IRT biasa ya hahaha.

Oh iya, si Mbul Nita.
Bahkan terkenal sejak lama, karena ya masih konsisten aktif ngeblog dan blog walking.


3. Aktif Dalam Komunitas Blogger


Ya biar kata nggak bisa seaktif lainnya, setidaknya sekali dua kali wajib lah aktif dalam kegiatan komunitas.

Baik itu ikutan pelatihan, challenge, atau kegiatan lainnya seperti blog walking melalui list, saya mengenal lingkaran blogger lebih luas karena ikut BW list dong.

Demikian juga dengan nerima job dari komunitas, karena biasanya dikumpulin dalam sebuah WAG, dan seringnya dalam WAG tersebut bisa saling ngobrol dan bikin lebih akrab, asalkan tahu waktu dan tempat ye, jangan ngobrol gaje saat lagi dikasih brief, hahaha.


4. Aktif Dalam Media Sosial

 
Dengan kata lain, kalau nggak punya keahlian khusus kayak saya, salah satu yang bisa dilakukan untuk eksis jadi blogger ya dengan branding, dan untuk itu, media sosial adalah salah satu platform yang pas untuk itu.

Dan hampir sama dengan ngeblog juga, sebisa mungkin untuk selalu update di medsos, baik share link blog, maupun dengan share atau nulis hal lain yang lebih sederhana.
Ngomongin hal yang lagi viral misalnya, meskipun untuk itu kudu ada rambu-rambunya, kalau saya rambunya adalah 'No Judge!'.

Selain media sosial bisa buat ajang diri eksis jadi blogger, pun juga sekarang medsos bisa banget jadi pendukung nilai rate card kerjasama blog.


5. Upgrade Ilmu Ngeblog


Iya sih, tahu banget waktu ngeblog bagi seorang blogger IRT biasa, terlebih yang harus mengurusi semua seorang diri tanpa bantuan ART bahkan suami kayak saya, amat sangat sangat sangat terbatas.

ibu rumah tangga jadi blogger

Tapi sebisa mungkin saya coba untuk menggunakan sepersekian waktu tersebut untuk upgrade ilmu ngeblog, baik dengan ikut kelas blogger, maupun belajar sendiri dari google.

Kalau saya kebanyakan sih belajar sendiri dari google, karena waktunya lebih fleksible, dan bebas tanpa aturan ini itu yang mungkin memberatkan dan bikin semangat seketika melempem, hahaha.

Banyak hal dalam dunia blogging yang bisa kita pelajari, misal bagaimana agar tulisan kita bisa dibaca banyak orang, tehnik menulis, utak atik blog baik tema maupun SEO friendly-nya, dan lain sebagainya.


Setidaknya, ada 5 cara tersebut yang sering saya lakukan untuk tetap eksis dalam dunia blogger, biarpun saya hanya blogger ibu rumah tangga biasa, yang nggak punya keahlian khusus macam Diana Rikasari *eh, hahaha.

Memang sih, saya nggak bisa langsung seterkenal Diana, Grace atau lainnya.
Tapi kalau konsisten, pasti bakal membuahkan hasil.

Intinya, action aja dulu.
Walau terlihat hanyalah blogger ibu rumah tangga biasa.

Iya nggak?
Iya aja deh! hahaha.

Eh betewe, selamat hari Pahlawan ya :)


Sidoarjo, 10 November 2020


Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey

27 comments:

  1. Baru ingat saya kalo hari ini hari pahlawan, selamat hari pahlawan juga mbak.

    Menurutku mbak Rey juga sudah jadi blogger terkenal kok, setidaknya terkenal di mata saya. kalo Diana, Grace saya malah ngga kenal, lebih terkenal mbak Rey.

    Salah satu yang bikin saya salut yaitu konsisten menulis dengan tulisan yang panjang, saya saja nyerah kalo tiap hari disuruh menulis apalagi nulis panjang seperti kereta barang.🀣

    Kalo saya jarang aktif di sosmed, sekedarnya saja, begitu juga di WAG, makanya kadang ketinggalan berita terkini seperti video yang lagi viral ini. Sayangnya ngga ada link download nya.😁

    Selain mbak Rey, aku juga kenalnya mbak Eno, mbak Nita, mbak Roem, dan mbak Satriani eh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha makasih banyak Mas, duuhhh saya nggak punya cokelat banyak nih, cuman 1, kalau lebih saya bagi deh ama Mas, wakakakkaka :D

      bisa aja bikin hidung merekah nih :D

      Delete
  2. Grace aku kenal, tapi 2 yg lainnya aku g familier :D. Mungkin Krn aku LBH banyak baca ke blog2 cewe yg bertema traveling yaaa, jd kalo blogger wanita famous, taunya lgs mereka. Eh tapi mereka bukan IRT ding :p. Blm pada nikah semuaaaa wkwkwkwkw. Kayaknya yg serius dlm dunia jalan2 dan bisa jd terkenal, pada milih ga nikah :D. Mungkin itu yg bikin aku ga terkenal hahahaha. Krn milih nikah :D

    Aku suka, dan rutin BW, pada dasarnya Krn sadar diri blog ga seterkenal itu. Jd kalo mau dikenal, ya hrs memperkenalkan diri dulu dgn cara BW :D. Tapi setelah rutin ngejalanin, kok ya enak juga. Krn suka baca sih ya. Jd buatku BW bukan beban. Malah hiburan setiap hari. Toh aku udh ga kerja juga, waktu ber-BW jd makin banyaaaak Rey :D.

    Kalo utk branding di sosmed, ini nih yg blm serius. Msh campur aduk fotonya, dan blm berniche :D.IG masih aku anggab versi mini dr blog , tapi LBH bebas isinya. Kalo blogkan aku fokus hanya travel dan kuliner. IG ga mau kayak gitu :D. Capek ah kalo terlalu serius semua :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahahahahahaha, eh iya juga ya Mba, kalau blogger travel itu rempong sangat kalau punya anak, even punya pasangan, kalau yang nggak ngerti akan sulit bisa maksimalin passionnya.

      Mba Fanny adalah salah satu dari sedikit wanita yang beruntung itu Mba, meski udah punya anak 2, setidaknya masih bisa traveling ke manapun :)

      Makanya banyak yang milih hidup melajang, lebih asyik keliling dunia, ketimbang keliling masalah rumah tangga wakakakka.

      Branding Mba Fanny itu keren, saya yakin Mba Fanny bisa bahkan melebihi travel-travel blogger yang sekarang udah duluan hits itu Mba :D

      Delete
  3. Mb Rey adalah blogger di sirkel saya yang paling produktif. Setiap hari ada tulisan baru. Keren mb. Smg makin sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh rey mah, odop, one day one postingan, luar biasa, terbiasa di luar

      Delete
  4. Blogger yaa tetap Blogger...Mau IRT atau Wanita karier jika ingin menjadi Blogger, Yaa tetap Blogger...😊😊


    Kalau blogger wanita yang berprestasi yaa Uni Rey kalau menurut saya ...Grace sama Diana mah lewat..🀣🀣🀣🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tercium aroma Tebar Pesona nih si Ntong 🀣🀣

      Delete
    2. Beehhaaaa ..🀣🀣🀣 Suuueee..,🀣🀣

      Delete
    3. Eaaaa..eaaa... nanti saya bagi cokelat deh, atau enggak saya bagiin es krim Wals yang 3reboan wakakakakak

      Delete
    4. Maunya yang merah gambar pak karno uni Rey..🀣🀣

      Delete
  5. menurut saya, ibu rumah tangga yang ngeblog itu justru luar biasa heehe

    ReplyDelete
  6. Upgrade ilmu ngeblog ini yang kadang kewalahan
    Apalagi semenjak blogspot mengadakan pembaharuan
    Kepala jadi cenat cenut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih Mas, sungguh udah waktu sangat terbatas, banyak hal yang harus disesuaikan pula :(

      Delete
    2. mari kita update terus sepetrti google yang selalu update status,..wkwkckk

      Delete
  7. Menurutku mba Rey adalah blogger terkenal. Aku malah gak kenal blogger2 yg mba Rey sebutinπŸ˜†

    Buktinya skrg aku tahu mba Rey.

    Dan dulu wkt ada google plus aku salah satu anggota grup Adsense yg cukup terkenal. Nah, ternyata pak bos Anton itu terkenal lohπŸ€—

    Ada satu lagi blogger prempuan yg terkenal, namannya mba Indri[juragancipir]. Tapi syg, beliau sdh gak seaktif dulu. Bahkan, udah gak aktif menulis di blognya.

    Sekarang aku salut sama mba Rey. Penuh semangat, serius. Aku yakin, blog reyneraera akan menjadi besar di kemudian hari πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ikeeee, awas deh kepala saya meledak nih wakakakak.

      Kalau pak Anton emang sepuhnya ya, dari jumlah blognya aja super luwar biasa hahaha.

      Banyak orang yang punya blog banyak, tapi punya doang, nah Pak Anton ini semuanya diurusin dong :D

      Delete
  8. teh rey sekarang model blogwalkingnya udah sedikit berbeda dari yang dulu, kalau dulu sering banget blogwalking, tapi sekarang udah jarang sepertinya dan sekali blogwalking semau artikel langsunhg di komen, he-he, mungkin untuk menghemat waktu yak

    ReplyDelete
  9. Kak Rey, aku pendukung Kakak loh. Ayo jadi capres tahun 2022 #lhooooo
    Anyway, aku selalu suka sama tulisan-tulisan Kakak, yang katanya isinya kebanyakan curhat, tapi aku malah dapat banyak pengetahuan baru akan sisi lain kehidupan dari Kak Rey. So, Kak Rey nggak kalah eksis dari para blogger kondang itu kok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lia, kita berdua dukung mba Rey y,..
      takutnya klo Lia sendirian dukung gak kuat 🀣🀣

      Delete
  10. Aku kalau Grace Melia tau, Mbak Rey. Tapi yang dua itu gak tau sama sekali malahan πŸ˜‚. Hehehe.🀭

    Ngomong-ngomong Mbak Rey juga sudah masuk kategori terkenal, lho. Kyknya banyak banget yang sudah tau Mbak Rey. Follower juga bejibun. Kolom komentar selalu rame (gara-gara Mbak Rey orangnya humble dan suka balas semua komentar orang). Bahkan Mbak Rey ini adalah blogger yang bikin aku punya motivasi memulai ngeblog lho πŸ˜†. Dulu aku sudah sering baca-baca tulisan Mbak Rey walaupun gak pernah ninggalin jejak.🀭

    ReplyDelete
  11. Buat saya, mba Rey tetap juarak πŸ˜‚

    Hahahaha, saya tau nama-nama yang mba sebut di atas, tapi bukan pembaca mereka hehehe. By the way, saya setuju sama mba (always!) kalau mau level up di dunia blog, salah satu cara paling mudah adalah rajin update dan blogwalk 🀣 hahaha.

    Dan buat saya, nggak ada yang lebih menganggumkan dari bloggers yang bisa update setiap hari seperti mba Rey dan mas Anton 😍 Hehehe. Ikutan dukung mba Rey #2022 🀣

    ReplyDelete
  12. setujuhhhh, intinya action ajah dulu. kalau ada pikiran pengen eksis dengan ngeblog tapi kagak ada actionnya itu sama dengan NOL :D
    5 cara mba rey diatas kurang lebih juga udah aku laksanakan, pokoknya eksis aja dimana-mana, eksis BW, eksis branding, selama masih bisa dilakuin, ya cuss

    ReplyDelete
  13. Wah Aku salut sih sama mba, gak bilang terkenal tapi emang terkenal. Tapi Yang penting action Aja dulu yaaa..

    ReplyDelete
  14. Mba Rey dari semua yang disebutin di atas aku cuma tahu Grace Melia. Tapi menurutku mba Rey juga blogger terkenal sih. Suka bw ke mana-mana dan posting tiap hari. aku juga banyak menimba ilmu tentang blog di sini.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)