Featured post

Anti Panik Saat Anak Sakit, Dengan Menjadi Bunda Siaga

Pentingnya Menjadi Bunda Siaga Assalamu'alaikum :) Sharing By Rey - Menjadi bunda siaga itu penting banget, agar saat anak s...

Wednesday, January 16, 2019

Cegah Diare Pada Bayi, Dengan Menjaga Kebersihan Botol Dan Alat Makannya


Mencegah Diare Pada Bayi


sabun pembersih botol bayi


Assalamu'alaikum :)

Sharing By Rey - #RabuParenting - Cara mencegah diare pada bayi sangat penting diperhatikan oleh para orang tua.

Beberapa hari ini, di Instagram lagi marak challenge #10YearChallenge, dan karenanya euforia teman-teman begitu semangat bernostalgia akan kenangan 10 tahun lalu, bukan hanya foto semata, tapi kegiatan terdahulu.



Yang menarik, selain upload foto jadul, beberapa juga menyemarakan dengan mengisi lembaran khusus yang sudah disediakan oleh beberapa pihak, dan di antara pertanyaan lembaran tersebut adalah "Apa yang bikin kamu stress di masa sekarang"

Dan amazing banget, saat membaca semua jawaban teman-teman yang notabene sekarang jadi ibu adalah SAAT ANAK SAKIT

Iyes, anak sakit itu...
Bikin hati terasa remuk redam, melihatnya hanya bisa terdiam lemas, atau menangis karena kesakitan.

Duh ya, dulu saya pikir salah satu masa sakit hati teramat sakit itu adalah, saat suami mulai melirik wanita lain. Eh ternyata, melihat anak kesakitan itu bikin hati jadi lebih tersayat-sayat.

Rasanya saya sudah kenyang banget menikmati hati tersayat saat si sulung saya, Darrell masih bayi dulu.
Waktu bayi, si kakak memang semacam langganan banget ama dokter spesialis anak, rumah sakit dan bergepok-gepok obat-obatan.

Bahkan, sewaktu usianya sekitar 11 bulan, si kakak Darrell pernah opname di RS Haji Surabaya, karena terkena muntaber yang diawali dengan diare berhari-hari.

Sediiihhh tak terperikan, karena itulah titik balik berat badan si kakak yang awalnya normal, lucu dan menggemaskan, langsung drop, kurus dan lemas.

Sebenarnya, saya ogah membiarkan si kakak yang masih bayi di opname, gak tega rasanya melihat tangan kecilnya ditusuk jarum. Tapi saya juga takut dia dehidrasi, hiks.

Ya Allah, tangannya yang ditusuk, tapi rasanya jarum tersebut tembus ke hati saya, sakit banget (duh ya lebay, tapi nyata).

Terlebih, di hari kedua di RS, si suster b*d*h gagal menemukan aliran darah si kakak bayi, dan dengan tak punya hati, ditusuklah semua tangan si kakak, gak peduli si kakak nangis jerit-jerit, dan sayapun bermandikan air mata melihatnya.
mengatasi diare pada bayi
Hancur hati melihat tangannya ditusuk hiks

Mengapa juga ya saya menuliskan hal ini, kan nangis lagi saya ingatnya, huhuhu.
Nangis sedih plus kesal.

Apalagi setelah akhirnya bisa diambil darahnya si suster bilang, kalau gak bisa, dia bakal bikin lubang di kakinya, biar mudah ambil darahnya.

Entah dia becanda atau gak, yang jelas sampai detik ini rasanya saya masih ingin berkata kasar pada tuh suster *o**h.. "KASARRR!!!!"

Tapi ya sudahlah, Alhamdulillah si kakak hanya menghabiskan 3 malam di RS tersebut, dan akhirnya bisa pulang serta kembali aktif lagi.

Pengalaman tersebut benar-benar melekat di ingatan saya, yang membuat saya selalu parno dan jadi amat sangat peduli akan hal-hal yang dapat mengakibatkan diare pada bayi.


Penyebab Diare Pada Bayi Dan Cara Mencegahnya

Menurut beberapa info di website-website kesehatan, diare merupakan penyebab kematian bayi usia 1-11 bulan sebesar 30% serta balita usia 1-4 tahun sebesar 25% di Indonesia.

Ada berbagai macam penyebab diare pada bayi, yaitu :
  • Infeksi parasit, bakteri atau virus. Hal ini biasanya terjadi karena kurang terjaga kebersihannya, entah karena bayi banyak menyentuh benda-benda yang terjaga kebersihannya lalu memasukan tangannya ke dalam mulut, maupun karena kurang terjaganya kebersihan alat makan atu botol susu bayi, yang mana alat tersebut akan berhubungan langsung dengan pencernaan bayi.
  • Alergi terhadap makanan tertentu.
  • Kebanyakan konsumsi buah.
  • Keracunan makanan
Faktor-faktor penyebab di atas, terjadi karena sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam tahap berkembang, sehingga bayi lebih rentan terkena diare.

Oleh karenanya, akan lebih baik dan penting bagi kita mencegah diare pada bayi, dengan cara :
  1. Rutin mencuci tangan bayi atau balita, terutama setelah bermain.
  2. Menjaga kebersihan lantai serta mainan maupun barang yang dipegang bayi atau balita.
  3. Memperhatikan kebersihan tangan dan tubuh orang dewasa yang menjaga bayi atau balita tersebut, juga orang lain yang berada di dekatnya, agar tidak menularkan penyebab diare pada bayi.
  4. Jika bayi meminum ASI / susu dari botol, selalu perhatikan kebersihan botol susu yang digunakan, cucilah selalu dengan cairan pencuci botol khusus bayi lalu sterilkan agar kuman yang ada bisa mati.
  5. Memperhatikan kebersihan makanan dan minuman bayi / balita, demikian pula dengan alat makan dan minumnya, selalu gunakan cairan pencuci botol khusus bayi yang aman buat bayi.


Memilih Cairan Pembersih Botol Dan Alat Makan Bayi Yang Aman


Karena pengalaman pahit yang menyedihkan saat kakak Darrell bayi harus di opname di RS gara-gara diare, saya jadi lebih concern dalam  menjaga kebersihan bayi.
Terutama kebersihan botol susu dan alat makannya.

Alhamdulillah, anak kedua saya bisa hanya minum ASI secara direct di saya, sehingga saat ini saya bebas dari rempongnya mencuci botol susu bayi.

Meskipun demikian, saya tetap sangat menjaga kebersihan alat makan dan minumnya.

Dalam memastikan kebersihan alat makan dan minumnya, tidak terlepas dari bantuan si cairan pembersih botol dan alat makan bayi.

Dan memilih cairan pembersihnya tidak boleh sembarangan memakai sabun yang biasa digunakan mencuci piring dan gelas umumnya.

Takutnya, alih-alih membasmi kuman pada perlengkapan makan dan minum si bayi, yang ada si bayi malah diare karena alergi bahan sabun pencuci tersebut.

That ways, saya memilih Purebaby Liquid Cleanser

Purebaby Liquid Cleanser
 
Baca : Mengatasi Kulit Sensitif Bayi Dengan Purebaby


Review Purebaby Liquid Cleanser


Sebenarnya, adalah hal yang aneh jika kakak bisa terkena diare saat bayi dulu, mengingat saya adalah seorang ibu yang amat sangat concern terhadap kebersihan.
Selain saya memang seseorang yang jijik terhadap yang kotor-kotor, sayapun gak tega jika anak sampai sakit.
Baca : 5 Fakta Tentang Saya
Tapi nyatanya, si kakak bisa terkena diare sampai muntaber segala.

Semua bermula karena memang si kakak sedikit complicated saat bayi dulu, mungkin juga pengaruh dia terlahir prematur. Kulitnya sensitif, pencernaan pula sangat sensitif.

Jadi, bukan hanya kuman yang mengakibatkan si kakak bayi diare, tapi juga hal-hal lain, seperti bahan kimia yang tidak aman buat bayi yang ada di berbagai produk bayi, seperti cairan atau sabun pencuci alat makan dan minumnya.


Alasan Memilih Purebaby Liquid Cleanser


Ada beberapa alasan mengapa saya memilih Purebaby Liquid Cleanser sebagai sabun pencuci alat makan/minum serta sayur dan buah si kecil, yaitu :
  • Teruji klinis 99% membunuh kuman. Salah satu tujuan mencuci atau membersihkan perlengkapan makan dan minum serta sayur dan buah si bayi adalah, agar bersih dan pastinya bebas kuman, dan Purebaby Liquid Cleanser telah teruji secara klinis mampu membunuh kuman seperti E Coli dan sejenisnya dalam 1 menit saja.
mengatasi diare pada bayi
Sumber website Purebaby

  • Tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate).  Salah satu kelebihan produk Purebaby adalah bebas SLS yaitu detergen berbahaya bagi bayi yang biasa digunakan oleh industri pembersih. SLS adalah busa yang ada di berbagai produk sabun dan shampo, berfungsi sebagai pembersih namun sayangnya memiliki efek samping untuk pemakaian yang berlebihan, juga bisa mengakibatkan alergi baik pada kulit maupun pada pencernaan untuk produk yang tertelan, contohnya pembersih alat makan/minum.
  • Tidak mengandung parabens, artificial colour, alkohol maupun parfum, sehingga aman dan tidak meninggalkan bau pada alat makan/minum maupun buah dan sayur. 
  • Membersihkan maksimal, tanpa mengganggu kesehatan bayi.
  • Cairannya lembut di tangan. Salah satu tantangan dalam membersihkan perlengkapan makan/minum bayi adalah tangan menjadi kasar karena cairan pembersih. Dengan Purebaby Liquid Cleanser, tangan tetap lembut karena tidak mengandung SLS dan bahan kimia yang keras.
  • Teksturnya lebih cair, sehingga mudah dibilas dan tidak boros air dalam penggunaannya. 
  • Tersertifikasi food grade (FDA / Food Drug Administration), yaitu setingkat dengan makanan, sehingga jika ada formula yang tertinggal saat pembilasan kemudian tertelan bayi, tetap aman dan higienis dan tidak akan mengganggu pencernaan bayi

Selaras dengan namanya, Purebaby menghadirkan produk-produk yang benar-benar pure untuk baby. Karenanya saya merasa lebih aman dalam memakai berbagai produknya.
Salah satunya adalah Purebaby Liquid Cleanser.

Mengandung bahan natural seperti minyak kelapa, gula jagung dan lemon, yang aman sehingga biodegradabel yaitu bahan yang ramah lingkungan dan mudah terurai.

Sehingga saya gak perlu merasa khawatir lagi dengan kebersihan peralatan makan/minum serta sayur dan  buah buat si kecil, juga tak khawatir si bayi akan terkena alergi karena zat berbahaya.


Kemasan dan Tekstur Purebaby Liquid Cleanser


Purebaby Liquid Cleanser dikemas dalam sebuah botol plastik berwarna putih dengan tulisan keterangan dominan warna biru berisi 700 ml, dan juga dengan tube berwarna biru yang bisa dengan mudah dipencet untuk mengeluarkan isinya.

Purebaby Liquid Cleanser

Purebaby Liquid Cleanser
Tampak belakang

Teksturnya cair cenderung seperti air tanpa warna dan juga tanpa wewangian yang menyengat.
Saat dicucikan ke peralatan makan, nyaris tidak ada busa, namun ajaibnya bisa menghilangkan sisa makanan hingga minyak yang menempel.

Purebaby Liquid Cleanser
tekstur yang cair dan tanpa warna, nyaris mirip air



Beli Produk Purebaby Liquid Cleanser Di mana?


Produk Purebaby Liquid cleanser bisa dengan mudah didapatkan di berbagai supermarket modern seperti Lottermart, Giant, Hypermart, Hero, Super Indo, Ranch Mart dan sebagainya.

Bisa juga didapatkan di apotik-apotik seperti Century, Guardian, Kimia Farma dan semacamnya.
Serta bisa juga didapatkan di baby shop terdekat.

Atau juga melalui online market seperti Orami, Elevania, Bukalapak dan semacamnya.

Purebaby Liquid Cleanser
Sebelum dibuka, tubenya di segel, sehingga aman dan tidak tumpah


Keterangan lebih lanjut, atau mau melihat produk jenis lainnya, bisa diintip pada media sosialnya :

Website : http://purebaby.co.id/

Semoga manfaat :)

Sidoarjo, 16 Januari 2019

Wassalam

Reyne Raea

Source :
  • Website Purebaby Indonesia : http://purebaby.co.id/
  • allodokter.com

104 comments:

  1. Kalau anak sakit memang membuat jiwa raga ibunya jadi mati sebelah,gak tega lihat anak merasakan sakit.
    Apalagi gegara kita yang kurang jaga kebersihan, terutama soal konsumsi makanan dan minuman anak.

    Mencuci dan membersihkan peralatan makan dan minum anak2 dengan benar menggunakan produk PURE merupakan langkah tepat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anak2 kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, harus bener-bener concern masalah kebersihan dan kesehatan anak :)

      Delete
  2. Jadi merasa aman donk ya Mom sekarang sudah sedia Pure Baby Liquid cleanser. Saya juga nih kayaknya mesti beli juga untuk dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mom, keparnoan terdapat hal-hal yange menyebabkan diare jadi teratasi :)

      Delete
  3. Aku kerap melihat, banyak ibu yang asal-asalan mencuci botol susu bayinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu deh mba, padahal bakteri akibat susu basi itu bahaya banget ya

      Delete
  4. bener juga yah kak, sangat penting menjaga kebersihan khususnya di sekitar bayi apalagi perlengkapannya. Saya baru tau sih produk ini, bolehlah jadi rekomendasi, thanks sharingnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, purebaby bisa banget buat kado nih mba :)

      Delete
  5. Indeed yg namanya punya bayi dan toodler kudu banget menjaga kebersihan di aemua epralatannya ya mom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mom, kalau anak sampai sakit, sakitnya menusuk ke hati kita :D

      Delete
  6. anak sakit memang bikin hati orang tua rontok. sedih banget lihat anak yang biasanya aktif berubah jadi lemes tak berdaya gitu. apalagi diare nih, aku takut banget kalau anakku sampai kena diare soalnya bisa berujung kematian. huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mba, dehidrasi nya yang menakutkan :(

      Delete
  7. huah ternyata purebaby ada buat liquid cleanser yes mba?aku kira cream itchy doang wkwkwk tetep yes tahunya yg ini ;p mau cobain ah karena sampe kini aku masih berkutat cuci botol dan breast pump

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mba, yang purebaby, purekids.
      Kelebihannya mereka pakai bahan-bahan alami sebagai bahan utamanya.
      Jadi bebas bahan kimia, yang juga bisa jadi penyebab diare pada bayi dan anak :)

      Delete
  8. Saya juga selalu menggunakan liquid cleanser untuk mencuci botol susunya anak-anak. Lumayan, bisa untuk menghindari biang-biang penyakit yang bisa mengganggu saluran cernanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, secara gak semua produk dibuat dari bahan yang aman buat bayi :)

      Delete
  9. Ini penting banget buat dijadiin perhatian, diare pada bayi sangat bahaya lho..

    ReplyDelete
  10. Walaupun nggak ada busanya seperti sabun cuci biasa, tapi bisa menghilangkan noda minyak pada wadah, kok bisa yah.. Ini perlu banget buat di rumah,biar irit cuci cuci 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya bener, karena mengandung lemon, yang membasmi noda minyaknya
      Hayookkk diborong, lebih aman dan tangan gak jadi kering plus kasar hehehe

      Delete
  11. Emang jadi ibu itu harus segalanya deh. Urusan kebersihan harus diutamakan juga, karena berhubungan dengan kesehatan seluruh anggota keluarga. Harus teliti dalam memilih sabun pembersih apalagi bila di rumah ada anak balita yang memerlukan perlakuan lebih khusus dalam urusan peralatan perangnya eh peralatan makan dan minumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, salah sedikit anak yang jadi korbannya hiks :(

      Delete
  12. Ilmu nih, penting banget.. buat entar kalau sudah jadi Ibu. Simpen dulu deh infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bener, biar nanti gak terlalu kaget ya :)

      Delete
  13. Bener nih. Kebersihan seperangkat alat makan harus selalu dijaga biar anak tetap sehat. Aku juga pake Pure Baby ini buat bersihin alat makan anakku. Wanginya enak..

    ReplyDelete
  14. Kalau lihat ada yang sakit, terutama anak-anak memang bikin sedih ya. Kebersihan memang harus selalu dijaga, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Aku dan suami kerja sama anak-anak. Tiap pagi kami selalu pastikan ruangan dan alat makan bersih. Bukan demi mereka juga, tapi demi kami. Kalau sama-sama sehat kan bagus 😊 Keponakanku gak pakai merk ini. Thanks rekomendasinya ya. Nanti aku coba 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ya, menjaga kebersihan demi kita juga :)

      Delete
  15. Menjamin kebersihan segala property bayi memang nggak boleh setengah-setengah ya mbak. Apalagi di zaman yang seperti ini, serba lengkap.

    ReplyDelete
  16. Anak diare emang bikin sedih, Kita aja yg diare rasanya lemes ya. emang harus dijaag bener kebersihan peralatan makan dan minumnya.
    Purebaby liquid cleanser ini bisa jd solusi supaya perlatan makan minum anak2, khususnya balita, bisa lbh bersih dan bebas kuman ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba April, bikin sedih dan trauma :(

      Delete
    2. Iya mbak, makanya pas anak2 kecil dulu aku agak freak sama steril2 pakai uap panas hihihi. Kalau inget itu emang agak lebay. Abis dicuci dimasukin alat sterilizer. Saat anak udah agak gedean baru gak gtu lg #tutupmuka

      Delete
    3. wkwkwkw samaaaaa, tapi karena anak saya lumayan sensitif pencernaannya dan emaknya juga agak parno ama kebersihan. jadinya masih tetep memperhatikan hal ini :)

      Delete
  17. Halhal kecil begini memang harus diperhatikan sangat-sangat ya, mba, biar nggak berlarut-larut dan tambah parah :'

    ReplyDelete
  18. Duuh sedih bangeeet kalau lihat baby sakit ya.. Semoga tips ini membantu banyak baby terhindar dari diare dan sakit lainnya.. TFS mba..

    ReplyDelete
  19. Betul Kak Rey, jangankan anak, saya yang mengasuh keponakan saja kalau melihat mereka sakit rasanya lemas, sedih, dan sering nengok ke kamar mereka (meskipun sudah dewasa) kuatir ini itu ... kadang mereka cuma ngelirik sebal haha. Btw review produk ini bagus sekali, semoga banyak ibu yang bijak memilih produk ini agar menjaga kesehatan anak baik yang masih bayi, balita, maupun sudah usia TK.

    ReplyDelete
  20. Pemilihan topik #10yearschallenge tentang kesehatan anak ini tepat banget, kak.
    Kedepannya jadi lebih dapat memperhatikan betul penyebab sakit anak, cara pencegahan dan pemilihan produk yang higienis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe emak-emak emang selalu mengaitkan pada anak hahaha

      Delete
  21. dulu sering menggunakan botol kalau dalam kondisi bepergian, nah.. paling jadi perhatian adalah masalah mencuci dan menjaga botol tetap sterilini bisa jadi drama tersendiri dalam perjalanan.. hehehe.. kebetulan dirumah anak2 saya ajarkan minum susu pakai gelas dari bayi, kalau dirumah mama merdekaaa.. cuci , masukkan steamer ... aman! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya mba.
      Cuci botol itu nyebelin, mending juga cuci gelas :)

      Delete
  22. Sedih banget memang kalau anak sakit, Mbak. Pernah si sulung juga dirawat karena DBD pas masih 3 tahun. Selebihnya juga nggak kalah drama sih. Anak saya semua dapat warisan kejang demam dr sy. Setelah sulung tidak kejang di usia 6 th, malah si bungsu kemarin kejang demam. Alhamdulillah nggak sampai dirawat, ini juga kadang ngeyel-ngeyelan sama dokter di rs...hihi. Jadi curhat yaa...


    Saya pribadi juga sangat memperhatikan kebersihan, sampai-sampai mau jajan di luar juga agak ngeri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhhh, yang masalah kejang ini nih yang bikin saya panik waktu dulu anak pertama.
      Jadinya kayak lebay banget pas anak demam.
      Alhamdulillah sih gak sampai kejang, tapi tetep langganan dsa dan penuh drama hahaha

      Semoga anak-anak kita selalu sehat dan kuat ya mba :)

      Delete
  23. Iya mbk kalau anak sakit rasanya mencelos hati. Sedih banget. Btw aku baru tau loh purebaby ada tipe yang seperti ini. Jd pengen beli buat si kecil di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain, banyak macamnya kok, dan saya sukanya karena bahannya selalu aman buat bayi :)

      Delete
  24. Anakku pernah bolak balik masuk rumah sakit karena diare. Sedih banget rasanya kalau anak sakit. Purebaby ini nggak berbuka ya mbk, wah hemat air ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sedih banget deh ituu..
      Iya mba, ada sih tapi dikiiitttt banget.
      Karena sama sekali gak mengandung SLS :)

      Delete
  25. Saya juga miris kala Palung sakit dan haruis dirawat di runah sakit. Duh, rasanya nyeri banget lihat buah hati alami musibah. Semua ibu bakal demikian, Mbak rey. Apalagi Palug juga harus diahit, suntik, dam ditusuk jarum infus.
    Menjaga kesehatan anak tidak muidah, diare pun pernah dialami Palung meski tak parah.Saya hanya merasa bahwa apa yang dulu saya lakukan kurang banget untuk tumbuh kembang anak secara optimal.
    Purebaby bisa jadi solusi agar saya tak terllau lelah ngencici alat maha Palung. Purebaby bisa membantu untuk meringankan beban hidp kita kala suami kehilamngan uanh sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba, semua ibu gak tega liat anaknya menderita huhuhu

      Delete
    2. Peluk, semoga anak-anak bisa tetap sehat dan kuat.
      Maaf, komentar kemarin banyak salah ketiknya. Saya mengantuk dan butuh lampu meja karena selalu salah ketik.
      *terlalu lelah mencuci alat makan Palung.
      *meringankan beban hidup kita kala suami kehilangan uang sendri.

      Delete
    3. hehehe semangat mbaaa, hidup akan selalu penuh kejutan untuk orang2 yang selalu semangat dan berusaha :)

      Delete
  26. Anakku di usia 18 bulan, Mbak, masuk RS karena masalah pencernaan, nggak bisa kentut dan nyaris membiru badannya. Sedihnya, saat kritis seperti itu aku gak ada di sampingnya. Huhuhu. Sedih banget rasanya. Semoga si kecil sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah, huhuhu
      Alhamdulilah udah sehat kan sekarang mba, sedih banget deh :(

      Delete
  27. Karena lebih baik mencegah ya mba ketimbang mengobati. Salam buat sikecil yang lucuk

    ReplyDelete
  28. Klo anak sakit itu memang buat ibunya jadi berasa ikutan sakit juga, secara ndk tega lihat mereka yg biasanya aktif jadi lemas tak berdaya, huhuhuh.

    ReplyDelete
  29. Bulan november lalu Rayhan juga terpaksa diopname dengan beberapa tusukan jarum. Duuhh.. Ngiluuu ngeliatnya. Kejadian ini membuat Saya merasa kecolongan banget. Kok bisaa sih dia kena diare.

    Dan akhirnya saya mulai sadar, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kasian anaknya. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedihnya mba, saya beneran gak kuat liat anak ditusuk2 gitu huhuhu

      Delete
  30. Si jagoan pernah juga diare liat dia sakit jadi gak tega, meningan ibunya deh yg sakit asal jangan anaknya, skrg sy suka jaga2 biar dia gak gampang sakit, pure baby boleh juga nih buat referensi saya tfs ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibunya juga kalau boleh jangan sakit dong, ntar anaknya siapa yang ngurus wkwkwkwk :D

      Delete
  31. Yaallah mbaa.. bisa ikut ngerasain mbak pas si buah hati diinfus cem itu.. tapi jadi pelajaran banget yah mba. Semoga sehat selalu sekeluargaa. Btw aku juga suka pake produknya pure baby.

    ReplyDelete
  32. Serem banget ya diare pada anak-anak. Anw ini ada versi kecilnya ga mbak? 700 ml agak berat ya kalau dibawa traveling hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok travel kitnya mba, banyak yang jual di olshop :)

      Delete
  33. Betul banget mbak, lihat ponakanku sakit perasaan ku pun ikut remuk, aku yang jauh dari ponakan jadi panik sendiri khawatir terjadi apa-apa. Kadang suka mikir juga sih gimana kalau punya anak sendiri ntah gimana lagi paniknya..

    ReplyDelete
  34. Bener Mbak, saya pun paling nggak bisa kalau anak kena sakit. Apalagi karena pernah si kecil kena TB, udah deh, saya akan makin overprotective sama anak kalo pas dia sakit dan sebodo teuing sama orang yang nyuruh woles. Karena kalo anak kenapa-kenapa, ya emang kita, ibunya yang abis-abisan ngejaga dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak saya juga pernah over diagnosa TB mba, sebeeeelll banget ama dokternya, sampai sekarang ga ilang2 dongkolnya wkwkwkwkw

      Delete
  35. Bener banget nih kadang kita gak sadar kalau peralatan makan anak yang gak higienis bisa jadi sarang bakteri

    ReplyDelete
  36. Iyaa..
    Pas baru punya anak satu, berasa banget sedihnya kalo anak sakit sampai di rawat.

    Begitu ada adiknya...alhamdulillah jadi lebih tenang.

    Semoga anak-anak sehat selalu yaa, kak Rey...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget hehehe.
      Alhamdulillah sejak usia 6 tahun daya tahan tubuhnya udah lebih baik :)

      Delete
  37. Kalau sudah Ada pembersih yg cocok Dan Aman bikin Kita Aman sebagai orang tua ya mba,, karna kuman Kita gk Tau trnyata Ada juga di botol minuman anak

    ReplyDelete
  38. Iya penting banget menjaga kebersihan alat makan dan minum anak2 kita kalau engga kasian nanti anak kita sakit ..duh kebayang anak kecil sampe.diare...pasti sakiit, makanya suka rewel..

    ReplyDelete
  39. Penting banget itu menjaga kebersigan botol dan alat makan supaya higienis, plus jangan lupa selalu cuti tangan kalua mau masak juga ya mbak

    ReplyDelete
  40. iya bener banget ya mbak, botol2, peralatan makan, itu emang harus extra banget ngebersihinnya kalau buat anak2.. aku dirumah dengaja dibedain sih cucinya dan tempat penyimpanan berikut spons untuk mencucinya.. tp kalau purebaby, jujur belum pernah pakai sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu penting banget, spon pencuci itu bisa banget jadi sarang bakteri :)

      Delete
  41. Huhu iya ikutan sedih kalau anak sakit dan pastilah ada beberapa penyebab ya soal kebersihan ini, jaid ingat saat Aisyah diare menyesal banget kurang hati-hati menjaga kebersihan tangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, padahal udah merasa amat sangat perhatian tentang kebersihan ya

      Delete
  42. Penting banget ya jaga kebersiha peralatan bayi karena masih riskan terhadap kuman, aku belum pernah coba pembersih ini sih. Mungkin nanti buat binar mau coba

    ReplyDelete
  43. Purebaby liquid cleanser ini bisa membersihkan wadah bekal untuk anak sekolah kan? Nggak hanya untuk wadah atau perlengkapan minum atau makan anka balita ya mba. Apalagi kalo bisa ditemukan di berbagai supermarket, gampang jadinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget dong mba, malahan lebih tenang kita kalau cuci wadah bekal anak itu pakai purebaby liquid cleansing, secara kalau plastik kan mudah nempel bekas sabun kalau ga bersih dibilas, kasian dong anak nelan busa SLS sabun cuci piring biasa

      Delete
  44. Memang bermanfaat sekali ya mba.. dan pencegahan jauh lebih baik dari pada mengobati.

    ReplyDelete
  45. Kita aja yang dewasa risih dengan tempat minum yang sehari gak dicuci apalagi anak kecil ya mba. Berbahaya banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kasian aja gitu botol minumnya jadi sarang bakteri :)

      Delete
  46. Sepakat nih aku, mencegah selalu lebih baik.
    Karena kalau udah kena, bisa berkepanjangan

    ReplyDelete
  47. kalo lihat anak sakit, rasanya biar kita aja yang merasakan sakitnya yaa. Rasanya gak tega banget lihat mereka kesakitan :(

    ReplyDelete
  48. alhamdulillah banget ya Mba Rey. Ada perlindungan higenis untuk peralatan Anak-anak kita. Semoga kita semua dilindungi dari marabahaya

    ReplyDelete
  49. ya ampun aku turut merasakan kekesalan maba rey, kebayang sih kalo anak sakit ya sedih, khawatir dan panik ya mba. apalagi soal diare.

    ReplyDelete
  50. jadi inget waktu si kembar masih kecil, dua2nya diare dan masuk rumah sakit, repotnya minta ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, satu anak aja masuk RS udah rempong ya, apalagi dua gitu, semoga sehat selalu twins nya :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, spam, link hidup dan unknown, auto klik spam :)