Kulit Bayi Sensitif, Harus Bagaimana?

mengatasi kulit bayi yang sensitif

Sharing By Rey - Punya dua anak yang keduanya memiliki kulit sensitif itu, semacam memaksa maminya untuk...
JANGAN MALAS BELAJAR DAN MENCARI TAHU penyebab dan solusinya.

Kakak Darrell, sewaktu bayi berusia 3 mingguan sempat melewatkan masa sekitar 2-3 mingguan dengan kondisi kulit merah-merah, gak hanya di beberapa tempat, tapi nyaris di sekujur tubuh terutama wajahnya.



Dan saya, dengan polosnya malah menaburkan bedak bayi di kulit yang bercak tersebut, sehingga sukses bikin kulitnya makin ngeri karena jadi infeksi.

Maafin mami ya kak.

kulit bayi ruam
Kakak Darrell sewaktu bayi, kulit wajahnya ruam parah

7 tahun lalu, perkembangan informasi belum semudah sekarang, apalagi karena saya saat itu belum punya gadget dengan koneksi internet yang semudah sekarang, jadinya semua hal tentang mengasuh bayi hanya berdasarkan ilmu dari buku atau testimoni mulut ke mulut sahabat atau keluarga.

Setelah anak kedua lahir, saya pikir bakal istrahat dari masalah kulit ruam merah-merah gak jelas seperti yang dialami si kakak.

Tapi ternyata saya salah, sewaktu di RS sih kulitnya bagus banget, gak ada masalah. Tapi baru saja sampai rumah, yang mana keluar dari ruangan AC RS saja, kulit si bayi langsung merah ruam bintik-bintik gitu di sekujur tubuhnya.

mengatasi kulit bayi ruam
Baby Dayyan sesaat setelah keluar dari RS, kulitnya langsung ruam

Ya, saya harus belajar sabar lagi mengatasi hal tersebut.

Untungnya, si adik lahir di tahun yang semakin canggih, perkembangan informasi semakin mudah didapatkan, gak perlu keluar rumah, cukup ambil gadget dan nanya ke Google, berbagai solusi pun ditemukan.

Ciri-ciri dan penyebab kulit bayi sensitif 


Ternyata, menurut beberapa sumber di dunia maya, jumlah bayi dan balita yang mengalami kulit sensitif dan alergi meningkat terus setiap tahunnya, saya hanyalah salah satu daris ekian banyak ibu yang galau masalah kulit anak.

Sedihnya lagi, belum diketahui secara pasti penyebabnya , namun diduga karena penggunaan bahan kimia di rumah, pakaian dan produk lainnya yang mengalami peningkatan.

Menurut para ahli, struktur kulit bayi masih sangat tipis dengan pH yang mencapai antara 6-7. Sedangkan kulit orang dewasa itu pHnya sekitar 4,5-6.

PH kulit adalah potensial hidrogen atau derajat keasaman pada kulit.
Sifat asam ini terbentuk secara alami di kulit kita.

Selain berfungsi menjaga kelembaban kulit, sifat asam ini juga menghambat pertumbuhan kuman, jamur, dan bakteri.
Karena alasan itulah, kulit bayi sensitif dan rentan sekali iritasi. Seperti bintik merah, gatal-gatal atau ruam popok.

Ciri-ciri kulit bayi sensitif :


1. Adanya ruam atau bintik-bintik merah


Bintik-bintik atau ruam merah pada bayi pada dasarnya normal terjadi, karena reaksi tubuh melawan zat asing dari luar.
Namun, jika sadar semakin banyak bintik merah yang muncul, bisa jadi itu adalah tanda reaksi alergi dari kandungan zat benda tertentu.

2. Tekstur kulit bayi terlihat sangat kering


Bayi rentan memiliki kulit kering karena fungsi epidermisnya belum sepenuhnya berkembang. Namun, jika kulit bayi terlihat sering kusam dan sangat kering, kita perlu lebih ekstra dalam menjaga kelembapan kulitnya.

Mengoleskan pelembab khusus untuk kulit bayi untuk mencegah kulit iritasi, terutama pada bagian lipatan kulit yang sering berkeringat merupaka salah satu upaya tepat dalam menjaganya.

3. Kulit bayi rentan terkena berbagai macam penyakit


Ciri-ciri lain kulit bayi sensitif juga dapat ditandai oleh kulit yang rentan terkena berbagai macam penyakit, seperti biduran, eksim, biang keringat, infeksi kulit oleh jamur, ruam popok, hingga impetigo atau infeksi kulit oleh bakteri.

Penyakit-penyakit ini pada dasarnya akan membaik selama beberapa waktu bersamaan dengan berkembangnya sistem imun tubuh bayi.

Penyebab kulit bayi sensitif :


Ada beberapa penyebab yang membuat bayi mengalami masalah dengan kesehatan kulit seperti kulit alergi dan sensitif :
  • Pemakaian popok yang tidak cocok di kulitnya atau tidak dibersihkan secara berkala.
  • Makanan yang memicu alergi bayi.
  • Penggunaan sabun, sampho, lotion dan detergen yang mengandung zat yang memicu alerginya.
  • Bakteri pada pakaian bayi.
  • Air mandi dan cuci pakaian bayi yang kurang bersih 
  • Serta debu dan udara yang kurang bersih.

Cara merawat kulit bayi sensitif


Menerima kenyataan bahwa kulit kedua anak saya sensitif, membuat saya harus lebih ekstra dalam merawat kulitnya, beberapa cara adalah dengan :

A. Pilihlah produk perawatan tubuh bayi yang tepat


Perhatikan kandungan produk yang digunakan untuk bayi dengan kulit sensitif. Hindari produk yang menggunakan wewangian atau fragrance karena akan lebih memicu reaksi pada kulitnya.

Menurut penelitian banyak produk yang menggunakan wewangian menjadi penyebab teratas atas reaksi kulit yang alergi dan iritasi, terutama untuk kulit sensitif.

Hindari pula sabun antibakteri yang mengandung bahan kimia berbahaya.

2. Gunakan produk perawatan bayi secukupnya


Jangan menggunakan sabun dan sampo untuk membersihkan bayi secara berlebihan, terutama untuk bayi newborn (yang baru lahir). Bayi secara alami telah memiliki perlindungan sendiri di tubuhnya. Jika kita memandikannya terlalu sering dengan sabun dan sampo, justru akan menghilangkan pertahanan alami ini.

3. Jangan terlalu lama mengganti popok


Ini sering terjadi pada ibu-ibu milenial yang ingin irit popok, hehehe.
Padahal penggunaan popok yang lama bakal lebih mudah memicu timbulnya ruam pada bayi.

Sebijaknya ganti popok 6 sampai 12 kali dalam sehari, atau tergantung pada usia bayi.
Jangan lupa pula untuk membersihkan dan mengeringkannya secara tepat.
Gunakan kain lembut dari katun dan air hangat, agar bisa mencegah ruam.

4. Pakaian yang tepat


Penggunaan pakaian yang tidak tepat juga memicu terjadinya ruam pada bayi. Pakaian dengan kain yang tidak nyaman membuat bayi lebih gerah dan berkeringat hingga akhirnya muncul ruam pada kulitnya.

Perkenalan Dengan Purebaby


Dari hasil Googling sana sini, membawa saya berkenalan dengan sebuah brand produk bayi yang menjadi sahabat bayi dengan kulit sensitif kayak anak-anak saya.
mengatasi kulit bayi ruam

Dialah PUREBABY.

Sekilas tentang Purebaby.

Purebaby adalah brand yang menciptakan produk bayi yang dikembangkan dengan standart formulasi terbaik “Pharmaceutical Formulation” yang lebih teruji keamanannya dan keefektifitasannya dengan mengusung tagline "premium care for your baby" sehingga menjadi standar teknologi terbaru untuk produk bayi sebagai wujud kepeduliannya akan kesehatan bayi.

produk purebaby

Ada berbagai macam produk Purebaby, mulai dari sabun, shampo, cleansing, wipes, rash cream, sunblock dan lain-lain.
Dan ada 2 produk yang saya pakai demi menjaga kulit sensitif anak-anak saya, yaitu Purebaby Liquid Soap dan Purebaby Laundry Liquid.

Purebaby Liquid Soap



Mandi adalah hal wajib bagi semua orang, terlebih untuk bayi.
Dan demi merawat kulit bayi saya yang sensitif, saya memilih produk yang pastinya bersahabat di kulitnya, dan tidak memicu timbulnya ruam pada kulitnya.

Apa itu Purebaby Liquid Soap ?


Purebaby Liquid Soap for baby’s sensitive skin adalah sabun mandi bayi yang cocokdigunakan pada bayi dengan kulit sensitif seperti kulit anak saya.

Dengan kombinasi Extra bahan alami Oat Kernel, Chamomile dan Pro Vit B5 yang bekerja tepat sasaran sebagai PENYEMBUH dan PELINDUNG kulit bayi yang sensitif dari iritasi dengan cara :
  • Mengatasi rasa perih dan tidak nyaman pada kulit bayi. 
  • Menyamarkan merah-merah akibat iritasi pada kulit. 
  • Mengikat air lebih lama, menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan mampu meregenerasi   jaringan kulit yang lebih elastis untuk menjadikan kulit bayi sensitif tetap halus dan lembut.

Apa Kandungan Purebaby Liquid Soap ?


Purebaby Liquid Shop mengandung :
  • Oat Kernel Extract (Avena sativa), yang bertujuan menyejukkan dan menenangkan permukaan kulit dari rasa gatal dan perih serta memberikan Kelembaban pada kulit.
  • Chamommile Extract (Matricaria recutita), yaitu Bunga Chamomile mengandung minyak atsiri, yang mampu meregenerasi sel kulit dan bekerja sebagai antioksidant untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, serta mengatasi merah-merah akibat iritasi pada kulit bayi.
  • D-Panthenol, yaitu Pro vit B5 (MOISTURIZER) atau turunan dari Vitamin B yang bisa beroksidasi menjadi Vitamin B5 dan sangat banyak manfaatnya salah satunya untuk kulit, karena dapat mengikat air lebih lama dan mampu menstabilkan metabolisme permukaan kulit.


Review Produk Purebaby Liquid Soap 


Kemasan:




Purebaby liquid soap dikemas dalam sebuah botol plastik berisi 230 ml dengan tube dipencet yang memudahkan kita mengeluarkan isinya.
Selain itu, botol tersebut juga dikemas dalam sebuah box yang membuatnya aman dari kerusakan.

Tekstur dan wangi :

Purebaby liquid soap bertekstur seperti lotion yang tidak terlalu cair dan berwarna putih.
Wanginya segar banget, saya bingung mendekripsikan wanginya, yang jelas bau mandi hahaha.
Aroma Chamomile-nya terasa mendominasi, pokoknya suka banget deh, jadi pengen nyiumin bayi terus saat habis mandi.

Pros :

  • Sejauh ini cocok di kulit baby Adean, ruam atau bintik merahnya jadi jarang ada di kulitnya, meskipun tetap juga harus memperhatikan hal lain, seperti keringat dan pakaiannya.
  • Wanginya suka banget, segaaarrr... pokoknya bikin maminya jadi semangat mandiin si bayi, dan wangi segarnya lumayan nempel.
  • Teksturnya pas, gak bikin kulit bayi jadi licin, secara ada beberapa sabun bayi yang malah bikin kulitnya licin meski setelah dibasuh, sampai deg-degan gendongnya takut jatuh melorot hahaha.
  • Makainya tenang karena aman, gak mengandung bahan kimia berbahaya seperti SLS atau Sodium Lauryl Sulfat atau detergen/busa yang memberikan efek buruk bagi kulit bayi.

Cons :
  • Belum menemukan kemasan mini buat di bawa traveling.

Purebaby Laundry Liquid



Mencuci pakaian adalah salah satu pekerjaan yang saya benci, penyebabnya adalah bikin tangan saya jadi kasar, kering bahkan sampai luka.
Sebenarnya, kalau menuruti kemauan, ingin saja saya menyerahkan masalah cuci mencuci pakaian bayi ke mesin cuci, tapi entah mesin cuci saya yang kualitasnya gak bagus, selalunya pakaian jadi rusak. Sehingga mau gak mau saya harus mencuci pakai tangan.

Oleh karena itu, memilih sabun cuci atau detergen yang aman buat kulit sekaligus aman buat kulit sensitif bayi sangat penting bagi saya.

Purebaby Laundry Liquid adalah cairan pembersih pakaian bayi dengan formulasi bebas detergen (Sodium Lauryl Sulphate Free). Membersihkan dan mengangkat kotoran pada pakaian bayi dengan kandungan bahan mild. 
Dilengkapi dengan ekstrak Aloe Vera untuk melembutkan, sehingga aman untuk kulit bayi yang sensitif. 

Jadi, bukan hanya tangan saya tetap lembut meski sering nyuci pakaian si bayi karena kandungan mild-nya,  si bayi juga aman gak ruam karena pembersih pakaiannya bebas SLS.

Apa Kandungan Purebaby Laundry Liquid ?


Kandungan Laundry Liquid adalah terdapat ekstrak Aloe Vera untuk melembutkan. Aman untuk kulit bayi yang sensitif. Dilengkapi dengan Anti Bacterial dan Anti Fungi.

Apa benefit Purebaby Laundry Liquid ?

  • Tanpa bahan Detergen SLS. Sekalipun merupakan bahan pencuci pakaian (detergen) , Purebaby Laundry Liquid Tidak mengandung bahan Detergen SLS (sodium lauryl sulfate) dengan formulasi MILD.
  • Hypoallergenic , Anti Bakterial dan Fungi. Purebaby Laundry Liquid teruji Hypoallergenic karena menggunakan bahan mild dan Tanpa bahan Detergen SLS juga Anti bacterial dan Fungi dengan Aloe vera.
  • Melembutkan Pakaian Bayi. Purebaby Laundry Liquid dengan kandungan Aloe vera juga berfungsi untuk memberikan kelembutan pada pakaian bayi.

Review Produk Purebaby Laundry Liquid  


Kemasan:



Purebaby Laundry liquid dikemas dalam sebuah plastik berisi 900 ml , plastiknya kuat dan aman dari kebocoran, namun saran saya, setelah kemasan dibuka dengan cara digunting, pindahkan isinya di sebuah wadah yang aman agar tidak tumpah saat tersenggol tanpa sengaja.

Tekstur dan wangi :

Purebaby Laundry liquid bertekstur seperti cairan yang tidak terlalu kental namun juga tidak terlalu cair dan berwarna bening. Busanya tidak sebanyak detergen biasa, namun tetap ampuh membersihkan pakaian bayi. Inilah yang disebut dengan kemampuan stain remover-nya mampu membersihkan dan mengangkat kotoran pada pakaian bayi.

Untuk pakaian si baby Adean, yang paling kotor adalah celananya. Ampun deh ngucek celana yang menghitam gegara hobinya yang merangkak sana sini.
Tapi, dengan direndam pakai Purebaby Laundry liquid, acara mengucek celananya jadi lebih santai dan gak bikin tangan mami jadi rusak dan kasar.

Dan juga karena busanya gak banyak, membilasnya pun gak perlu air sekolam hahaha.

Wanginya segar, seperti wangi atau aroma aloe vera kayaknya ya.
Wanginya juga lumayan nempel di pakaian bayi yang sudah dicuci dengan Purebaby Laundry liquid.

Pros :
  • Sejauh memakai laundry liquid ini, kulit si baby Adean Alhamdulillah gak bermasalah lagi.
  • Aman dan nyaman di kulit tangan saya.
  • Wanginya segar, bikin acara nyuci jadi semangat dengan nyium aromanya yang lembut.
  • Makainya tenang karena aman, gak mengandung bahan kimia berbahaya seperti SLS atau Sodium Lauryl Sulfat atau detergen/busa yang memberikan efek buruk bagi kulit bayi.
  • Lebih irit air karena bilasnya gak perlu air banyak.
Cons :
Belum menemukan kemasan botol agar gak mudah tumpah serta kemasan mini buat di bawa traveling.

Cara Pemakaian :
  •  Untuk mencuci dengan tangan : Tuangkan 1 tutup botol Purebaby Laundry Liquid ke dalam 6 liter air, lalu rendam dahulu pakaian selama minimal 30 menit atau lebih untuk cucian yang sangat kotor kayak celana baby Adean, lalu cuci seperti biasa.
  • Untuk mencuci dengan mesin : tuangkan 1-2 tutup botol Purebaby Laundry Liquid ke dalam mesin lalu cuci seperti biasa.

Beli Purebaby Laundry Liquid di mana?


Produk-produk Purebaby bisa didapatkan dengan mudah, bisa dibeli dari berbagai supermarket seperti Giant, Ranch Mart, Lotte Mart, Kem Chiks dan lainnya.

Atau di drugstore seperti Century, Apotek K24, Kimia Farma
Atau bisa juga dibeli secara online di berbagai online market seperti Orami, Elevania, Bukalapak dan sebagainya.


Ada yang punya bayi dengan kulit sensitif kayak anak-anak saya?
Bisa banget nih nyobain produk dari Purebaby.

mengatasi kulit bayi yang ruam
Si bayi girang amat pakai Purebaby
Keterangan lebih lanjut, atau mau melihat produk jenis lainnya, bisa diintip pada media sosialnya :

Website : http://purebaby.co.id/
Instagram : https://www.instagram.com/purebaby.indonesia/
Fanpage : https://www.facebook.com/purebaby.indonesia/  

Semoga manfaat :)


Sidoarjo, 01 Oktober 2018

@reyneraea

Sumber :

  • Website Purebaby Indonesia : http://purebaby.co.id/
  • hellosehat.com


46 komentar :

  1. Kulit bayi dan kulit dewasa beda secara kimia, ya. Ilmu baru nih.

    BalasHapus
  2. Aku blm pernah coba pure baby. Mau coba ah bagus sepertinya. Tks infonya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain mba, sekarang mudah dibeli di mana saja kok, online juga bisa :)

      Hapus
  3. kk ku juga pake itu mba klo nyuci .. :)

    BalasHapus
  4. wah dulu anak keduaku juga sensitif dan sering banget ada bintik merahnya

    BalasHapus
  5. Aku dulu rajin gantiin popok anak mba, termasuk dini hari, harapannya biar g ruam, g ngerti ternyata harga pempers mahal yak wkwk. Btw baby Luigi dlu juga pakai produk pure baby, meski ga smua, tapi sebagian besar beli pure baby karena cocok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, mehong buu, tapi daripada bayi ruam, gapapalah mahal-mahal dikit hahhaha.
      Purebaby andalan banget buat kulit bayi yang sensitif :)

      Hapus
  6. Duh.. Kasian banget ya melihat kulit bayi yg sensitif.. Untung skrg ada solusi terbaik ya..

    BalasHapus
  7. Wah ilmu baru banget nih buat saya mbak. Makasih sudah sharing..

    BalasHapus
  8. walahhh baca ini malah bikin aku pingin punya bayi lagiii

    BalasHapus
  9. Dari yang saya dengar Pure Baby ini memang paling alami untuk bayi. saya pakai saat anak kedua masih batita. Sekarang udah mulai kulit badak kayaknya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulit bayi emang rentan ya mba, anak saya keduanya sensitif kulitnya :)

      Hapus
  10. Salfok sama hidungnya baby Adean..mancuuuung :)
    Mbak anakku yang gede juga sensitif kulitnya ..sampai sekarang.
    Bagus kalau ada Purebaby liquid ini karena kandungannya yang alami sangat cocok buat kulit bayi yang sensitif

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahh, bisa-bisa si Darrell sampe gede juga tetep sensitif ya kulitnya

      Hapus
  11. mbakk aku langsung auto fokus sama si ganteng.. bbrp kali ketemu rasanya pengen guwel guwelll hehehe

    BalasHapus
  12. Kasihan yah kalau dede bayi ada ruam merahnya, jadi membuat cemas. Syukurlah purebaby hadir untuk membantu para ibu agar nggak khawatir lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget deh, kita aja orang dewasa ga nyaman ama ruam, terlebih anak-anak :(

      Hapus
  13. wah...lengkap banget mbak ulasannya. Jadi lebih tahu dan lebih paham dengan kondisi kulit bayi dan cara penanganannya...

    BalasHapus
  14. Purebaby in8 memang bagus, teman saya anaknya juga sensitif kulitnya terus pake purebaby cocok.

    BalasHapus
  15. Anakku dari lahir juga gitu Mbak, kulitnya sensitif. Sampe sekarang tu juarang aku bedakin. Untung kok ya pakulitane nggak butek koyok mboke. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, iya anak saya juga jarang bedakan mba :)

      Hapus
  16. aku belum pernah pakai si pure baby ini. banyak juga ya produknya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macem-macem mba, coba deh, cocok buat kulit sensitif :)

      Hapus
  17. Belum pernah pakai pure, ini bagus ya buat baby yang kulitnya sensitif. Pas ini kebetulan sebentar lagi lahiran

    BalasHapus
  18. Wah jadi inget zaman anakku bayik 4th lalu, kadang suka was-was kalau ada ruam merah gak tega bangetlah buat liat. Yang ada mamahku dulu marah melulu karena menurutnya aku bandel bisa si anak ada ruam merah. Lalu dianjurkan buat ganti sabun cuci bajunya karena biasanya bahan dan bau yang

    BalasHapus
  19. Kulit bayi memang sensitif, mudah gatal dan merah. Sayang dulu aku blm tau produk ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, anak saya keduanya malah kulitnya sensitif

      Hapus
  20. Kulit bayi emang sangat sensitif ya krn ketebalannya jg beda ma kulit kita. Tugas ortu emang kalau mandiin pakai sabun yg cocok. Baru tahu ada sabun baby pure ini mbak. Bisa nih kurekomen ntr ke tmn yg baru lahiran TFs

    BalasHapus
  21. Makasih mbak infonya :) Aku belum coba Purebaby nih.

    BalasHapus
  22. Aku baru tau ada produk ini. Di toko bayi deket rumah belum pernh liat haha. Pingin coba yg lquid soapnya. Scara Akmal kadang cocok2an sama sabun. Kalo gak cocok bisa kering kulitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pas tuh, sabun ini cocok banget di kulit bayi saya yang sensitif :)

      Hapus
  23. nice share, Mbak. Aku belum punya baby sih. Tapi jadi punya referensi kalau misal nanti punya baby yang kulitnya sensitif

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)