Cara Menonaktifkan Menu 'Select' Pada Blog

Agar blog tidak bisa dicopy paste

Sharing By Rey - Cara menonaktifkan menu 'select' pada blog ini saya pelajari dan terapkan setelah saya menemukan puluhan eh bahkan ratusan artikel saya dicopas pihak yang nggak keren sama sekali.

Karenanya saya jadi lebih ngeh dengan hal-hal seperti ini.



Jadi beberapa waktu lalu saya sudah menceritakan pengalaman saya yang shock gara-gara menemukan 50an lebih artikel saya di-copy paste oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab untuk diposting di blog pribadinya.

Dan karenanya saya berbagi cara sederhana untuk mengecek artikel kita yang di-copy paste oleh orang lain.
Baca : Cara Mudah Mengecek Artikel Blog Yang DiCopy Paste Orang

Ternyata gara-gara hal tersebut, saya jadi sering ditanyain beberapa teman blogger tentang bagaimana cara agar artikel kita tidak bisa dicopas orang-orang seperti itu.
Salah satunya mba Rohyati Sofjan yang ternyata menghubungi saya via inbox Facebook.

Sejujurnya, saya rasa gak ada cara yang benar-benar aman, dalam mem-protect artikel kita di blog agar aman dari pencurian seperti itu.

Secara, saya juga pernah membobol artikel resep masakan yang ingin saya print buat saya praktekin di dapur (nah loh Rey, ketahuan kamu....lol).

Jadi, ceritanya saya kepincut oleh beberapa resep masakan yang ada di sebuah blog, tapi karena zaman sekarang banyak tukang copas yang tidak bertanggung jawab (eh, btw saya bertanggung jawab kan ya, resep itu cuman saya copas buat dimasukin di word kok, biar bisa di print.

Dulu saya oon kok gak kepikiran kenapa gak di screenshoot saja ya? sampai rempong banget bobol pakai kode yang lumayan rempong buat saya, hahaha), makanya si empunya blog menonaktifkan menu 'select' dan klik kanan pada blognya.

Karena malas mengetik ulang manual, saya putuskan untuk cari cara mengcopas artikel yang dinonaktifkan menu select maupun klik kanannya.

Dan setelah berempong-rempong, voilaaaa.... saya bisa dong dapatkan copasannya hahah.

Meskipun bisa diakalin, ada cara-cara sederhana yang bisa bikin artikel kita agak aman, minimal gak semua orang bisa copas dengan mudah.
Salah duanya adalah menonaktikan menu 'select' dan klik kanan pada blog.


Cara Menonaktifkan menu select pada blog


Pada postingan kali ini, saya hanya akan berbagi cara yang saya lakukan pada blog ini, jadi di blog ini awalnya saya pakai cara nonaktifkan klik kanan.

Eh ternyata hasilnya saya bete sendiri, karena biasanya saya melakukan kunjungan baik dengan membuka new window, eh karena menu klik kanannya gak bisa diakses, jadinya saya terpaksa mengeklik di window yang sama saat membuka blog lainnya.
Baca : Target Blogging 2019
Dan saya yang selalu parno dengan kinerja Google Analytic jadi sedikit khawatir bounce rate jadi tinggi lagi, secaraaaaa setelah beberapa lama berjuang meng-share artikel di blog, sedikit demi sedikit saya menemukan pembaca setia, yang mau ubek-ubek cerita di blog ini dan akhirnya mengecilkan nilai bounce rate atau rasio pentalan blog ini atau sederhananya, orang yang cepat keluar setelah masuk ke blog ini.

Jadi, saya putuskan untuk mengaktifkan kembali klik kanan dan mengganti dengan menonaktifkan menu select.

Apa sih menu select itu?
Sejujurnya, saya gak tahu pasti apa istilah benarnya muahahaha.
Kan sudah saya jelasin berulang kali, di sini tuh saya cuman sharing pengalaman pribadi, dan saya bukannya expert dan mastah di bidang ini.

Kalaupun saya terlihat menguasai beberapa masalah teknologi kayak gini, itu karena saya suka kepo terhadap masalah.
Jadi, kalau ada masalah tuh, saya bakalan kejar sampai ketemu jawabannya, terlebih masalah-masalah tekno kayak gini, hehehe.

Menu select atau mungkin bisa kita sebut seleksi adalah yang biasa kita lakukan saat mengeklik kanan tulisan-tulisan di tampilan website, maka secara otomatis bakalan keselect atau kepilih beberapa kata yang biasanya ditandai dengan warna biru.
Dari select tersebut kita bisa pakai menu klik kanan untuk beberapa pilihan, salah satunya adalah copy.

Agar blog tidak bisa dicopy paste
Salah satu contoh select pada facebook

Lalu, bagaimana cara menonaktifkan menu select tersebut?

Berdasarkan info sana sini, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk postingan pada blogspot (kalau wordpress saya belum tahu, hehehe)

  1. Menggunakan Script CSS, CSS sebenarnya biasa digunakan untuk mengatur tata letak halaman situs, sekaligus mengelola disain atau mempercantik halaman situs. Namun selain itu bisa juga digunakan untuk menonaktifkan menu select di blog. Untuk blog ini, saya menggunakan cara ini, alasannya lebih simple (menurut saya, lol).
  2. Menggunakan Kode Javascript, biasanya Javascript digunakan untuk membuat halaman situs jadi lebih interaktif. Selain itu, bisa juga dibuat untuk menonaktifkan menu select sehingga blog kita tidak bisa di copy paste, atau juga bisa di copas otomatis, namun tetap ada sumber dari blog kita.


Langkah-Langkah Menggunakan Script CSS untuk nonaktifkan menu select atau seleksi 


1. Masuk ke dalam halaman dashboard blogspot, lalu pilih menu 'Theme' , sebelumnya klik BackUp/Restore dahulu, untuk jaga-jaga ada kode yang eror dan terlanjur di save.

Agar blog tidak bisa dicopy paste
Klik yang dilingkari merah

2. Pilih "Download theme" lalu save di laptop.


Agar blog tidak bisa dicopy paste
Klik "download theme" untuk menyimpan, dan 'browse' jika terjadi eror dan bingung cara perbaikannya

3. Klik "edit HMTL"

Agar blog tidak bisa dicopy paste
Klik edit HMTL


4. Akan muncul kotak seperti di bawah ini, letakan kursor di tengah kolom, lalu tekan 'ctrl' dan 'A' secara bersamaan di keyboard (pilihan select all), lalu copy atau tekan 'ctrl' dan 'C' secara bersamaan.
Lalu tekan 'delete', selanjutnya paste kembali atau tekan 'ctrl' dan 'V' secara bersamaan.

Hal ini berguna untuk mengurai beberapa baris kode yang tersembunyi (lihat nomor baris yang ada kotak segitiga di dalam kotak kode)


Agar blog tidak bisa dicopy paste


5. Tekan 'ctrl' dan 'F' pada keyboard secara bersamaan untuk menunculkan kotak search seperti pada lingkaran merah.

Masukan kode :  ]]></b:skin> pada kotak pencarian, lalu enter.

Akan ketemu kode yang dimaksud dalam kotak kode HMTL


Agar blog tidak bisa dicopy paste


6. Setelah ketemu, berikutnya, copy kode berikut, dan letakan PERSIS DI ATAS KODE yang dimaksud.

Kode yang harus di copas di atasnya :
body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}

Note : karena di blog ini tidak bisa diselect atau diseleksi, bagi yang menginginkan kodenya secara lengkap, harap masukan email di kolom komentar di bawah ya.


Agar blog tidak bisa dicopy paste

7. Setelah kode yang dimaksud di paste, klik 'preview theme' , jika tampilan blog sudah muncul sempurna seperti gambar di bawah ini, berarti kode yang dimasukan sudah benar.
Silahkan klik 'save theme' dan DONE!

Agar blog tidak bisa dicopy paste



Mudah bukan?

Iya in aja deh, kalau sulit tanyakan aja di kolom komentar hahaha.
 Baca juga : Pencapaian Blogging Tahun 2018 Dan Kisah Dibaliknya
Sebenarnya, pengaturan menu ini bisa dipilih hanya beberapa bagian saja.
Misal yang gak bisa di select hanya bagian tulisan inti, berbagai tulisan quote atau komentar masih bisa di copas.
Tapi agak rempong sih, saya juga belum utak atik untuk hal tersebut, duh waktunya kagak cukup brosis hahaha

Demikianlah, sampai bertemu di postingan lainnya ya.
Jika ada yang ingin ditanyakan, atau berdiskusi, boleh share di kolom komentar ya.

Semoga manfaat :)

Ingin membaca lebih banyak postingan mengenai techno?
Bisa klik di #TuesdayTechno ala Rey ya :)

Sidoarjo, 12 Januari 2019

Reyne Raea

55 komentar :

  1. Huebaat Mbak Rey...jago bener soal technology...yang katanya ga mastah, tapi menguasai bener... thanks buat langkah2nya yang super jelas mbak Rey

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ini mastah kelas pemula bangetttt mba , hahahaha

      Hapus
  2. Terima kasih, saya akan mencobanya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih, saya akan mencobanya.

    BalasHapus
  4. Wah, terima kasih sharingnya Mba. Ini bermanfaat sekali. Harus dilakukan. Meski saya harus nunanunu karena gaptek Iki..hehehe

    BalasHapus
  5. Saya bacanya sambil buka dasbor blug dan lihat tema. Kayaknya harus diujicoba dulu pada blog yang lain. Soalnya untuk praktikin ini juga harus hati-hati bagi yang tulalit karena kurang minum susu Dancow kayak saya, hi hi.
    Makasih banyak, Mbak Rey telah berbagi dengan rasa peduli yang teramat sangat. Saya simpan ini dulu. Palung lagi ngambek, pengen gantian pakai komputer jadi saya belum bisa praktikin.
    Senang bisa baca hasil postingan ini, tata caranya jelas, tinggal praktikin saja. Nanti jika saya sudah coba dan ada masalah, akan tanya di sini, ya. Oh, ya. Alamat e-mail saya rohyatisofjan03@gmail.com. Ditunggu banget kodenya jika Mbak rey tak sibuk, ya. Nuhun pisan. :)
    BTW, fotonya masih bisa diklik kanan, hi hi. Namun tenang, ternyata tanda air pun bisa melindungi. Apa kapan-kapan menulis tentang tanda air dalam foto?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirimkan by email ya mba, untung postingan ini cuman nonaktifkan menu select saja dulu mba, soalnya khawatir, kalau kepanjangan postingannya alias membahas banyak hal, bisa-bisa bingung ikutinnya.

      Berikutnya insha Allah saya bahas mengenai nonaktifkan klik kanan :)

      Hapus
  6. Woww.. makasih mba sharenya. Bagus nih supaya tulisan kita ga sembarang di copas begitu aja.

    BalasHapus
  7. Melakukan kopi tanpa izin adalah tindakan tak etis. Sayangnya tak semua penulis berani mengadu dan hanya berani berkeluh sendiri. Kadang kalaupun ingin mengadu, mengadu pada siapa? Antisipasi yang tepat memang harus memasang perlindungan artikel sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lapor ke Google kok, tapi emang agak rempong dikit, saya juga udah lapor 2 kali, tapi masih diminta revisi lagi :)

      Hapus
  8. Tengkyu mba Rey sharing nya bermanfaat banget! Aku mau dong dikirimin email hehe.

    grandy.sofia20@gmail.com

    BalasHapus
  9. Bener banget nih mbak memang perlu tindak lanjut mengetahui tulisan yang kita tulis susah payah di copas sesukanya .. Mbak Donk kode scriptnya emailku seftinaqurnia@gmail.com

    BalasHapus
  10. Wah maksih mbak. Kalo berkenan saya minta dikirimin ke kuskuspintar123@gmail.com mksih mbak hehe

    BalasHapus
  11. Mbak... Kalo aku pakai template bawaan dari blogspot bisa jugakah pakai cara ini? Blm ngulik sih... Nanti kl aku kesulitan waktu ngulik, aku tanya2 ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, kan kode HMTLnya tetep hehehe :D
      Boleh kok diskusi di sini :)

      Hapus
  12. klo copy paste, pasti akan ketahuan ko Mba karena google pasti index tanggal postingannya dan dimunculkan di mesin pencarian. Itu seh pendapat saya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, cuman banayk kejadian blog2 tukang copas yang lebih ngerti SEO malah jadi lebih tenar dari blog asli kayak gini huhuhu

      Hapus
  13. Menarik Mbak. Minta kode2nya ya. Email saya mariakristi_crisneysia@yahoo.com atau email ke google ini (gmailnya saya ini) ya bisa ...

    Tapi sayang memang bukanya harus pakai laptop ya? Secara saya ngenetnya pakai hp terus.

    BalasHapus
  14. info yang bermanfaat mb, memang kesel kalo ada yg ngopy isi blog kita tanpa nyebutin sumber

    BalasHapus
  15. Gitu amat ya kalo orang nyolong karya kita. Demi mendapatkan panggung, rela jadi pencuri. 😁 jgn2 tersangkanya dulu pas skripsi hasil colongan di google semua. Tepok jidat.

    BalasHapus
  16. Wah makasih ya.. saya mau coba nanti. Pernah lihat salah satu tulisan saya di copas oleh blog lain berikut foto2nya😂

    Mudah2an sih cuma satu itu saja hehehe karena toh tulisan saya kan kebanyakan curhatnya😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa kasih watermark di fotonya mba, artikel saya yang dicopas sekalian ama foto2nya, untung ada watermarknya :)

      Hapus
  17. Thanks, sangat bermanfaat. Sy coba min. .

    BalasHapus
  18. Makasih banget mbaaak rey atas informasinya. Coba kapan2 tak coba dipraktekin di wp. Kali aja bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk kayaknya kagak bisa mbaa wakakak
      Di WP malah lebih mudah loh, kalau ga salah ada widgetnya sendiri malah, tapi yang nonaktifkan klik kanan deh :)

      Hapus
  19. wihhh jago mba reyy.. aku paling pusing kalo udah utak atik kode html. tapi ini emang manfaat banget sih, kesel juga ya kalo artikel sampe dicopas. gak tanggung-tanggung pula copasnya. -_-

    penasaran dah alamat web si kang copasnya apa mba? wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw, abisnya kalau ga utak atik sendiri, siapa dong yang utak atikin wkwkw

      Gak usah tau mba, nanti si tukang copas malah ngetrend dong ketimbang saya hahaha

      Hapus
    2. oiya yaa.. bener jugaa..
      nanti orang2 penasaran, tersangka jadi banyak pengunjung nya yaa..
      malah untung di dia yaa.. hahaha

      Hapus
    3. hahaha iya, biarin aja dia diam2 ga ada yang kunjungi :D

      Hapus
  20. Kalau artikel blog gua, gua yakin banget nggak bakalan ada yang niat mengopi blog gue hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwwkwkkw, jangan salah, artikel di blog ini juga banyakan curhat hore tapi dicopas wkwkwk

      Hapus
  21. Mbak Rey makasih banget buat infonya yg sangat berfaedah, ini penting bgt buat menghindari org2 yg ga bertanggung jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, minimal ga bisa di copas dengan mudah :)

      Hapus
  22. makasih banyak infonya.. sangat membantu nih... :D

    BalasHapus
  23. aku banget nih, dulu artikel blog dicuri semua, kesel banget. Akhirnya aku laporin ke google biar website dia di take down.

    Dulu pernah juga pake trik ini sekarang gak lagi gara gara ada gambar di blog yang gak keluar. Kalo pencuri artikel mah punya 1001 cara buat nyuri. Jadi sekarang aku pasrahin aja. Trus gambar artikel blog juga harus dipake watermark nama blog kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa ga keluar mba?

      Iya sih, kalau niat copas adaaa aja jalannya heheh
      Cuman dengan gini minimal yang mau copas manual tanpa usaha jadi sulit sih :)

      Hapus
  24. Oh iya Mba Reyne, sedikit masukkan aja.
    Itukan kodenya menunjukkan tag body.
    Artinya semua teks dalam area body tidak bisa di select atau di pilih.

    Alangkah baiknya beberapa bagian masih bisa di copy khususnya kalau share kode script seperti di atas.

    Saya pernah buat artikel agar bagian tertentu bisa di copy mba mungkin bisa lihat dengkan mengklik nama saya ini.

    Dengan catatan kode script di simpan dengan menggunakan blockquote.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang belum di setting, makasih ya sarannya :)

      Hapus
  25. boleh juga mba. dulu saya sempet mikir mau protect lebih blog saya, tp lalu saya mikir lg apakah ada yg akan mengopi blog aku yg isinya hanyalah curhatan merana ini? o_O

    lama2 lalu lupa... :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe tukang copas zaman sekarang gak milih2 loh copasnya, blog saya isinya gaje aja di copas banyak huhuhu

      Hapus
  26. Mba, itu hanya dilakukan 1x saja atau setiap mau posting baru harus klik select ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali aja mba, di atur kodenya di dalam HMTL, lalu jadi deh :)

      Hapus
  27. Pernah kepikiran tentang ini, tapi mikirnya blog ku isi apaan sih sampe mau ku nonaktifin select nya hahahahaa. Tapi boleh lah kapan2 kalo udah PD. Boleh saya minta kodenya mbak? Tolong kirim ke email ummuimroatussh@gmail.com. Terimakasih banyak. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, blog ini sementara udah saya aktifkan menu select nya, bisa langsung di copas di sini kok mba :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)