Senin, Januari 14, 2019

Bijak Mengelola Harta Dengan Investasi Reksa Dana Syariah Terbaik

reksadana syariah atau reksa dana syariah

Assalamu'alaikum :)


Minggu, 13 Januari 2019 lalu, saya beruntung banget bisa menghadiri acara #KopdarInvestarianMAMI untuk #InvestarianSUB3 bersama MAMI (Manulife Asset Manajemen Indonesia), yang mana pada kesempatan tersebut kami belajar lebih dalam tentang pentingnya merencanakan hidup kita di masa tua, dengan investasi reksa dana syariah Manulife.

Namun sebelum saya berbagi ilmu yang saya dapatkan Minggu kemarin, tentang apa yang dimaksud dengan reksa dana syariah, bagaimana cara investasi reksa dana syariah Manulife, serta apa keuntungan reksa dana syariah, saya ingin meluruskan banyaknya kesalahan yang terjadi di zaman sekarang, yaitu tentang penulisan reksa dana yang tepat.

Sebenarnya, mana sih penulisan yang benar? investasi reksa dana syariah? atau inventasi reksadana syariah?
Menurut KBBI, tidak ada perbedaan antara arti kata 'reksa dana' maupun 'reksadana'.
Reksa dana atau reksadana adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dan masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portfolio efek oleh manajer investasi.


Namun, dalam situs OJK saya menemukan undang-undang nomor 8 tahun 1995, tentang pasar modal yang mana pada bab IV menjelaskan tentang reksa dana yang ditulis dalam kata terpisah, yaitu reksa dan dana.
Oleh karenanya, saya meyakini penulisan reksadana yang tepat adalah dengan dipisah, yaitu reksa dana.
 

Bijak Mengelola Harta / Rezeki



Pernah gak sih kita berpikir, jika saat ini saja, kita masih muda dan (bisa) produktif, penghasilan sudah 30 koma, alias tanggal 30 sudah pengen nangis karena gaji yang diterima di tanggal 25 setiap bulannya, sudah menempati posnya masing-masing. Ada yang di cicilan, bayar listrik, bayar ini dan itu. Lalu, bagaimana dengan hari tua kita? Di mana biasanya kondisi kita sudah kurang produktif lagi, sementara biaya hidup terus berjalan.

Sebelum penyesalan terjadi, maka sebijaknya kita merencanakan hari tua kita sejak sekarang, seperti yang pernah saya bahas di postingan terdahulu.
Baca : Berani Memikirkan Hari Tua Nanti
Namun, sebagai seorang muslim, kadang kita merasa tidak nyaman dengan kegiatan finansial, termasuk di dalamnya investasi reksa dana yang mana selalu dekat dengan kegiatan riba yang dilarang agama.

Oleh karenanya memilih kegiatan finansial yang halal dan amanah dengan investasi reksa dana syariah Manulife menjadi keputusan yang bijak bagi kita.

Mengutip sebuah hadist yang berbunyi :
"Simpanlah sebagian dari harta kami untuk kebaikan di masa depan, karena itu jauh lebih baik bagimu" - H.R Bukhari
Harta adalah salah satu rezeki yang Allah titipkan untuk kita, di dalam harta kita terdapat hak banyak orang, di antaranya :


💛 Hak kita dan pasangan

Rezeki yang kita miliki tentu saja bisa digunakan sebagai kebutuhan diri kita dan pasangan, baik di masa sekarang seperti kebutuhan makan, pakaian, tempat tinggal, kendaraan, hingga keinginan lainnya seperti umroh.
Dan juga sebagai tabungan untuk hari tua kita.

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan hidup kita akan selalu bertambah, bahkan tidak jarang seiring kenaikan pemasukan, kebutuhanpun juga ikut mengalami kenaikan.
Belum lagi ditambah oleh inflasi yang selalu mengintai setiap tahunnya.

Hal demikian, membuat banyak orang yang lalai mempersiapkan hari tua, padahal saat tua atau pensiun nanti, kebutuhan hidup kita masih terus berjalan.

Setidaknya, ada beberapa sumber yang bisa kita andalkan untuk menopang masa tua atau pensiun kita, seperti :
  1. Program jaminan sosial (dari pihak lain)
  2. Program pensiun (dari pihak lain)
  3. Bantuan keluarga seperti anak, ataupun kerabat lainnya, yang pastinya anak bakalan jadi sandwich generation (dari pihak lain)
  4. Terpaksa kerja lagi atau buka usaha (dari pihak lain)
  5. Kekayaan rumah tangga atau dana yang sudah kita persiapkan sejak usia produktif.
Dari beberapa cara di atas, cara nomor 5 lah yang benar-benar lebih baik karena mengandalkan diri sendiri dengan dana yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

Jadi, terlihat jelas betapa pentingnya menyiapkan hari tua sejak dini


💛 Hak Anak

Selain hak kita sendiri dan pasangan, dalam rezeki kita juga terdapat hak anak kita, dan hadiah terbaik untuk anak adalah, membuat mereka mandiri ketika dewasa nanti.


Dan sebagai modalnya adalah memberikan mereka pendidikan sebaik-baiknya, serta saat dewasa mereka terbebas dari beban menanggung orang tua, bukan karena tidak berbakti, tapi karena kita orang tuanya sudah mandiri dengan telah mempersiapkan dana pensiun.


💛 Hak Orang Tua

Meskipun kita sendiri telah mempersiapkan dana pensiun agar anak kita tidak terbebani oleh masa pensiun orang tuanya, bukan berarti  kita lalai dalam berbakti kepada orang tua sendiri.
Orang tua yang telah melahirkan kita, membesarkan kita sejak kita kecil dan lemah, maka janganlah kita meninggalkan mereka saat mereka tua dan lemah nanti.

Mengutip sebuah hadist,
Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wassalam lalu meminta kepada beliau untuk berjihad. Maka beliau bersabda, " Apakah kedua orang tuamu masih hidup?". Ia menjawab "Ya."
Beliaupun bersabda "Maka bersungguh-sungguhlah dalam berbakti kepada keduanya"
- H.R Al Bukhari dan Muslim


💛 Hak Orang Lain

Sesungguhnya rezeki adalah juga termasuk cobaan bagi manusia, terlebih jika kita menimbun rezeki tersebut. Semakin banyak harta yang kita timbun, semakin berat pula langkah kehidupan kita.
Maka bersedekah menjadi pilihan yang berkah agar langkah kita menjadi lebih ringan dan Allah akan mengganti dengan nikmat rezeki yang berlipat jumlahnya.

Oleh karenanya, menempatkan harta ke dalam sistem ekonomi yang membawa manfaat bagi orang
banyak, seperti dalam investasi reksa dana syariah manulife.


Apa Itu Reksa Dana Syariah Manulife ?

 

reksadana atau reksa dana
Team MAMI Surabaya

Investasi reksa dana syariah Manulife adalah, investasi reksa dana yang dalam sistemnya sesuai dengan syariat Islam, yang mana dalam setiap transaksinya tidak mengandung beberapa unsur yang dilarang Islam seperti :
  • Haram, yaitu hal yang dilarang karena bertentangan dengan hukum syariah.
  • Najasy, yatu penawaran palsu.
  • Risywah, yaitu mengandung suap.
  • Zhulm, atau mengandung ketidak adilan / zalim
  • Mudarat, yaitu tidak bermanfaat
  • Tadlis, atau penipuan
  • Ikhtikar, atau penimbunan
  • Gharar, atau 
  • Malsir
  • Dan Riba yaitu bunga baik dengan jual beli atau pinjam meminjam  
Selain dari hal-hal yang dilarang agama di atas, pastinya investasi reksa dana bukanlah investasi bodong yang menawarkan keuntungan besar dengan resiko yang kecil.
Baca : Ternyata Begini Cara Menyusun Prioritas Hidup Ke Dalam Angka
Investasi reksa dana syariah manulife yang biasa juga disebut dengan reksa dana syariah MAMI memiliki keuntungan di antaranya :

1. Aman

  • Pengelolaan investasi reksa dana syariah MAMI diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, sehingga tercatat dalam lembaga hukum dan dapat dipertanggung jawabkan
  • Administrasi dana dipegang sepenuhnya oleh bank kustodian, sehingga lebih aman dan tidak disalah gunakan oleh manajer investasinya

2. Amanah
  • Investasi reksa dana syariah MAMI diambil dari instrumen yang terdaftar pada DES (Dana Efek Syariah) sehingga insya Allah lebih amanah.
  • Dipantau oleh UPIS (Unit Pengelolaah Investasi Syariah) dan diawasi dengan ketat oleh DPS (Dewan Pertimbangan Syariah)
 3. Terjangkau 
  • Investasi reksa dana syariah MAMI dimulai dari amat sangat terjangkau, dimulai dari Rp. 10,000.-
 4. Likuid
  • Dapat dicairkan kapanpun, tanpa harus menunggu periode tertentu.
5. Melawan inflasi
  • Kupon sukuk ritel S.R 008 (2016), 8,3% per tahun (gross) 


Mengapa Harus Reksa Dana Syariah Manulife?

 

Bapak Legowo Kusumonegoro, presdir MAMI

Di atas sudah dijelaskan bahwa ada banyak keuntungan investasi reksa dana syariah Manulife atau MAMI, dan masih ada beberapa alasan lagi yang membuat saya semakin yakin dalam berinvestasi reksa dana syariah Manulife, di antaranya karena :


Wakalah Mudharabah

Berdasarkan fatwa dewan syariah nasional, nomor 20/DSN-MUI/IV/2001, bahwa :
  • Reksa dana syariah adalah reksa dana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip syariah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta (sahib al-mal / Rab al mal) dengan manajer investasi sebagai wakil sahib al-mal, maupun antara manajer investasi sebagai wakil sahib al-mal dengan pengguna investasi.
  • Para pemodal secara kolektif mempunyai hak akan hasil investasi dalam reksa dana syariah.

DES (Daftar Efek Syariah)

Investasi reksa dana syariah Manulife / MAMI :
  • Perusahaan terbuka yang memenuhi kepatuhan terhadap syariah.
  • Lolos seleksi OJK dan dewan syariah nasional MUI.
  • Memiliki rasio keuangan yang sehat sesuai syariah Islam, yaitu : total utang < 45% dari total aset serta total pendapatan bunga dan pendapatan di luar syariah < 10% dari total pendapatan usaha.
  • Efek diterbitkan sesuai dengan akad syariah dan sesuai peraturan terkait penerbitan efek syariah.

UPIS ( Unit Pengelolaan Investasi Syariah)
  • Pengawasan pengelolaan investasi oleh dewan pengawas syariah (DPS) yang direkomendasikan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) dan memiliki izin Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM).
  • Penempatan investasi hanya pada instrumen yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah (DES)
  • Adanya proses cleansing pada reksa dana syariah

MAMI, Manajer Investasi

Adapun MAMI atau Manulife Aset Manajemen Indonesia :
  • Memiliki izin sebagai pihak Penerbit Efek Syariah
  • Terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

 

Beberapa Jenis Reksa Dana Syariah Manulife

 

Bersama teman blogger, pic by Ammachemist

Hingga saat ini, ada 3 jenis investasi reksa dana syariah Manulife, yaitu :
  • MDKS (Manulife Dana Kas Syariah) yaitu reksa dana pasar uang syariah yang mempunyai keuntungan, tumbuh stabil dan potensi hasil lebih besar dari deposito pengelolaan syariah.
Keuntungan lainnya, investasi reksa dana syariah jenis ini amat sangat terjangkau, di mulai dari 10,000 rupiah saja.

  • MSSI (Manulife Syariah Sukuk Indonesia) yaitu reksa dana sukuk yang dikelola secara syariah dan mempunyai keuntungan, incar hasil 2% di atas deposito syariah.
Keuntungan lainnya, investasi reksa dana syariah jenis ini juga amat sangat terjangkau, di mulai dari 10,000 rupiah saja.


  • MSSA (Manulife Syariah Sektoral Amanah) yaitu reksa dana saham syariah yang pengelolaannya berbasis sistem prinsip-prinsip syariah.
Investasi reksa dana syariah jenis ini  di mulai dari 100,000 rupiah.

Cara Berinvestasi Reksa Dana Syariah MAMI

Setelah mengetahui keuntungan investasi reksa dana syariah Manulife atau MAMI, berikutnya akan timbul pertanyaan "bagaimana cara berinvestasi reksa dana syariah MAMI tanpa ribet?"


Mudah saja, karena bisa dilakukan secara online dari mana saja tanpa perlu mengunjungi kantornya jika waktu kita belum memungkinkan.
Caranya :
  • Kunjungi website MAMI di www.klikmami.com
  • Buat akun dengan mengeklik LINK INI dan isilah data-data yang diminta dengan benar sesuai data KTP masing-masing.
  • Untuk kolom paling atas (Kode ajakMAMI Sponsor) bisa diisi dengan REYNEJ6M
  • Setelah akun terverifikasi, maka kita siap membeli unit yang diinginkan.
  • Masih bingung? hubungi LANI, sebuah aplikasi chat yang ada di website KLIKMAMI, atau hubungi customer servise MAMI:
Telp : (021) 2555 22 55 atau 0804 1 222555
Email : mami_customer_id@manulifeam.com
Website : www.reksadana-manulife.com


Semoga manfaat :)

Sidoarjo, 14 Januari 2019

Wassalam

Reyne Raea

FB : Reyne Raea
IG : @reyneraea
Twitter : @reyneraea

******




104 komentar:

  1. Gak pernah merasa rugi setiap mampir ke blog mbak rey ini.. Nambah wawasan dan membuka cakrawala (gitu deh) buat saya yg masih miskin ilmu ini.. Saya udah daftar klikmami, tp masih belum eksyen2 juga sampai detik ini.. To setelah baca tulisan ini jadi dapet gregetnya lagi pengen memulai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. awww.. makasih mba.
      Ayo di coba mba, anggap aja nabung :)

      Hapus
  2. Alhamdulillah akhirnya mami rey gabung ke reksadana juga, pilihan di Reksadana manulife bagus juga ya bisa dimulai dari 10ribuan aja, ada kode referal pula :)

    BalasHapus
  3. Wah, menarik sekali, ya, Mbak...jadi banyak tahu sekarang...

    BalasHapus
  4. Yang syariah memang selalu membuat hati gak gelisah ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, semacam ada hal yang diizinkan hehehe :D

      Hapus
  5. Mbak Rey bagus kok tulisannya. Paparan yang jelas dan terstruktur. Ada nada persuasif jadi yang baca dimotivasi agar bisa merencanakan arah hidupnya ke depan.
    Saya belum kepikiran untuk investasi. Ada skala prioritas dulu. Satu per satu dulu karena butuh pembelajaran agar paham benar. Yah, semoga suatu saat kelak kehidupan saya bisa lebih baik dan bisa bernnapas lega karena ada anggaran untuk investasi. Maklumlah sikon kami belum memungkinkan dulu. Upah kerja suami untuk sehari-hari. Saya berharap bisa menambah penghasilan agar suami bisa lebih ringan bebannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, insha Allah kehidupan akan berputar, semangat selalu yaaa :)

      Hapus
  6. Investasi memang strategis ya sebagai pilihan untuk pengelolaan keuangan. Penjelasannya detail ini mba, mudah dipahami, makasih yaa

    BalasHapus
  7. Investasi reksadana itu investasi yang paling saya suka karena memang Yang paling mudah,,,tapi kadang terkendala terpercaya atau tidaknya yang nyediain itu,,,mungkin mungkin reksadana syariah seperti ini bisa dicoba juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, cocok banget buat pemula dan orang2 yang gak punya waktu serta ilmu tentang investasi.
      Serahkan ke manajer yang berpengalaman, duit kita bakalan di kelola dengan baik :)

      Hapus
  8. Yang muda2 menabung yg paling perlu, dari hasil tabungan barulah gunakan utk berinvestasi. Itu sih jln pikiran bunda kl bunda masih muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menabung sekaligus investasi juga bisa bunda sayang, sekarang investasi reksa dana syariah Manulife sangat terjangkau, mulai 10 ribu saja udah bisa berinvestasi :)

      Hapus
  9. Reksadana juga udah ada yang syariah ya sekarang. Jadi lebih banyak pilihan bila ingin berinvestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, berinvestasipun jadi lebih tenang :)

      Hapus
  10. Kadang bingung juga, penulisannya Reksa Dana pakai spasi atau Reksadana tanpa spasi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai spasi mba, di undang-undang ditulis reksa dana bukan reksadana :)

      Hapus
  11. Reksadana Syariah dari Manulife telah memberikan pencerahan terhadap investasi keuangan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba, jadi lebih ngeh tentang finansial dan investasi :)

      Hapus
  12. wah terjangkau banget ya dari 10.000,
    aku sendiri juga pake Syariah meskipun bukan Manulife hehe, tapi boleh nih dipertimbangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehhehe, iya mba.
      Cocok banget buat dicobain :)

      Hapus
  13. Aku belum gabung reksana dana, tapi udah kepikiran ke sana. Mungkin mulai pas nikah kali ya sekalian diskusi sama pasangan maunya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh sebelum nikah malah lebih baik lagi mba, setelah nikah kebutuhan juga meningkat hehehe.
      Ayo semangat :)

      Hapus
  14. aku ikut reksadana syariah 3 tahun lalu dan itu ternyata ngebantu banget pas aku ngawinin anakku. karena bisa dicairin langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kayak nabung juga ya mba, nabung yang bisa ngalahin inflasi :)

      Hapus
  15. makasih informasinya ya Reyne. Bermanfaat banget karena jadi tahu istilah-istilah yang sering dipakai dalam reksadana syariah

    BalasHapus
  16. Aku udah tertarik investasi Reksadana sejak tahu ada yang syariah. Jadi hati pun nyaman kalo tahu hukumnya halal. Apalagi bisa ikut investasi mulai dari 10ribu rupiah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, yang halal2 bikin kita lebih tenang :)

      Hapus
  17. Kebetulan aku Dan suami juga lagi konsen sama reksa Dana, jadi nambah ilmu deh..thanks sharingnya mba

    BalasHapus
  18. Aku sepakat banget utk gak membebankan biaya hari tua kita ke anak2, apalagi kalau mereka juga masih berjuang, jangan sampe karena mereka takut gak bisa ‘setor’trus jadi males mengunjungi kita :( Sekarang udah niat banget bisa mandiri di hari tua nanti, investasi dari sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbaaaa, soalnya saya juga kadang merasa gitu, saat lagi bokek, mau ngunjungin mertua itu gimanaaaa gitu huhuhu

      Hapus
  19. Setuju mbak, bagi umat Islam penting banget pengelolaan dana syariah yang benar. Takut riba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau halal udah tenang deh kita berinvestasi :)

      Hapus
  20. Aku ga kefikiran investasi rekasadana sih mba menarik juga tapi masih mikir-mikir dulu hehehhe murah ya dari 10k aja mmm dipertimbangkan lainlah ttf inj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya juga sama kayak mba Herva dulu, soalnya emang hal2 kayak gini kecuali kita bener2 paham.
      Saya juga setelah dapat ilmunya baru mulai berani investasi meskipun masih kecil2an.

      Hapus
  21. Wah bagus nih sayariah pula jadi aman dan nyaman menggunakannya ya ..saya pengen jg, tp yg ada aja blm ditambah tambah nih..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, anggap aja nabung buat dana pensiun hehehe

      Hapus
  22. Investasi reksadana bikin kita memikirkan masa depan bukan sekedar uang buat jajan.

    Investasi reksa dana syariah manulife akan membuat tenang

    BalasHapus
  23. Murah banget ya mbak..investasinya bisa dimulai dari 10rb rupiah saja, aku pengen pelajari lagi nih soalnya suami ngajakin ikut asuransi syariah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, investasi itu penting sih, terutama demi masa tua yang lebih tenang :)
      Pilih yang halal bakalan bikin lebih tenang

      Hapus
  24. Sukamya di reksa dana manulife itu harga perunit nya murah .. aku juga nasabah di reksa dana mba

    BalasHapus
  25. Mempersiapkan masa depan sejak dini ya mbak, dan di dalam penghasilan kita ada hak-hak orang lain yang harus disalurkan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba, jangan sampai kita timbun sendiri :)

      Hapus
  26. Banyak juga temen-temen yang bergelut di dunia finansial training menyarankan untuk menginvestasikan dana ke reksadana. Karena hukumnya jelas dan in syaa Allah tidak ghoror.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mba, sayapun jadi terbuka pikirannya pada yang berlandaskan syariah :)

      Hapus
  27. Mbak Rey, untuk reksadana ini merupakan investasi sendiri/ terpisah atau jadi satu dengan asuransi Manulife ya? Makudku kalau kita punya Manulife apa sekaligus bisa pilih produk yg satu paket dengan investasi reksadana ini? Kebetulan lg nyari yg syariah. Kalau syariah udah pasti tenang soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mbaaa hahaha.
      Asuransi ya sendiri, ini juga sendiri.
      Tapi daftarnya mudah kok, melalui online juga bisa :)

      Hapus
    2. Ooo beda ya? Soalnya kadnag ada asuransi yg plus2 investasi. Oke2 makasih ya mbak infonya :D

      Hapus
    3. Iya mba, Manulife juga punya program asuransi plus-plus gitu, cuman emang saya lebih prefer ke reksa dana syariah Manulife, karena dia beneran fokus ke investasi bukan lainnya :)

      Hapus
  28. Jadi Mba Rei juga suado berinvestasi di sini? Aku kebetulan ikut beberapa dan juga alhamdulillah semua syariah, insya Allah berkah yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaa, berkah ngeblog jadi ngeh investasi hahaha.
      Sebelumnya boro-borooo :D

      Hapus
  29. Aku sebenarnya sudah lama tertarik investasi reksadana karena aman, apalagi ini sekarang ada yang syariah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, orang2 lebih banyak milih yang syariah :)

      Hapus
  30. wah jadi belajar lagi finansial keuangan rumahtangga di blog mbak
    aku juga kadang gitu kalau mau pakai pembiayaan yang memudahkan pasti galau karena riba nya
    semoga kita bisa tetap saving aman dan nyaman ya mbak sebagai muslim bebas riba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Alhamdulillah sekarang banyak yang halal dengan syariah :)

      Hapus
  31. Aku belum gabung reksadana nih, pdhl jaman skrg sudah saatnya emak2 pun melek financial dg cara investasi model gini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba, mumpung bisa mulai dengan yang kecil dulu :)

      Hapus
  32. Alhamdulillah ada reksa dana syariah. Dengan adanya pilihan ini bikin investasi jadi lebih tenang karena mereka menjamin semua prosesnya dilakukan dengan cara yang halal. Jadi lebih berkah deh. Kebetulan lagi cari-cari info investasi di masa depan. Makasih mbak sharingnya.

    BalasHapus
  33. Yang syariah ini membuat hati jadi tenang, gak was-was lagi seperti dulu, prosesnya pun lebih mudah dan nyaman untuk investasi jangka panjang.

    BalasHapus
  34. Penting memang berinvestasi sejak dini, mungkin skrg belum terasa tapi insya Allah beberapa tahun ke depan akan ada yg dipetik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, semacam menabung buat hari tua :)

      Hapus
  35. Keren banget ini cara mengatur keuangannya. Bisa dicontek dong ini ��

    BalasHapus
  36. belum pernah coba reksa dana sih mba, tapi setelah baca tulisan ini jadi paham diit soal reksa dana, kalau ternyata penting yah bagi investasi dan jaminan hidup masa tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, mumpung masih muda, jangan sia-siain deh :)

      Hapus
  37. Masya allah syariah ya mbak. Aku baru tahu. Selama ini sering dengar dan baca tapi belum tertarik karena belum jelas infonya kalau ternyta syariah... Makasih info lengkapnya ya mbak

    BalasHapus
  38. Selama ini saya belum mengenal reksa dana jadi paham nih investasi reksa dana syariah. Jadi berasa lebih aman dan nyaman ya kalau syariah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, lebih halal dan sesuai syariat Islam :)

      Hapus
  39. Itu kelanjutan dari kata "Gharar" nggak ada kak? Malsir pun demikian juga sepertinya...

    Investasi syariah membuat hati tenang yah, karena kita bisa berinvestasi tanpa takut lagi adanya unsur yang dilarang seperti riba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, kalau udah sesuai syariat Islam, jadi lebih aman :)

      Hapus
  40. Wah ini solusi banget yaa nabung tanpa riba dan tanpa takut khawatir lagi dengan simpan pinjam yang dilarang agama..makasi banyak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, sekarang banyak ya simpan pinjam yang gak jelas kehalalannya :)

      Hapus
  41. Aku udah lama sebenarnya pengen nabung di reksadana, tapi masih maju mundur karena masih ragu-ragu akan riba. Ternyata ada juga yang syariah. Solusi banget nih untuk kita sebagai muslim/ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, sama aja kok, saya juga baru mulai setelah ngeh ilmunya dan pastinya pilih yang syariah :)

      Hapus
  42. saya belum pernah nyoba reksa dana sih mba, tapi progrm manulife ini keren banget, bisa jadi rekomendasi untuk keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget, ayo coba daftar, bikin akun di klikmami, mudah kok :)

      Hapus
  43. Jadi bnyak pilihan ya mba buat investasi aku juga lg milih2 ini, slama ini nom ngerti soal reksa dana jd tercerahkan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, ayo coba berinvestasi mulai sekarang, reksa dana syariah manulife bisa jadi pilihan tepat :)

      Hapus
  44. Suka nih sama model online-online buat pendaftaran. Jadi lebih mudah. Apalagi pilihannya banyak gini. Jadi lebih tenang dalam berinvestasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, gak perlu susah-susah ke kantornya ya :)

      Hapus
  45. yang paling nusuk nusuk banget adalah uang pensiun mba Rey. Saya belum pernah kepikiran uang pensiun sama sekali, hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener ya, jangan sampai udah pensiun baru ingat uang pensiun huhuhu

      Hapus
  46. Aku sampai sekarang masih kepiran untuk mempersiapkan uang pensiun mba. Mengandalkan dari kantor tampaknya kurang padahal ke depan kebutuhan tetap ada. Makasih infonya ya mba. Aku mencoba untuk investasi reksadana aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, lebih banyak menyisihkan buat pensiun, bakalan lebih baik lagi :)

      Hapus
  47. Selalu deh kalau baca postingan mbak Rei lengkap dan jelas. Jadi tahu sebab dan akibatnya... Apalagi masalah Asuransi Syariah seperti ini... emang penjelasannya harus jelas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya, btw beda ama asuransinya, yang ini khusus investasi :)

      Hapus
  48. Investasi berbasis syariah sudah saatnya menjadi pilihan. Selain akadnya jelas, juga membuat hati mantap karena hukumnya dan proses dari awal sudah sesuai dengan syariah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, lebih tenang gak kepikiran riba dll :)

      Hapus
  49. sungguh membaca artiker mom rey bikin aku tercerahkan. kemaren sempat ngider sama suami nyari reksadana buat upgrade masalah finansial. karena biaya hidup makin mahal kalo gak pinter pinter ngaturnya. pas kali manulife ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom, ayo daftar di klikmami, mudah kok, dan bisa dimulai dari yang kecil dulu, kalau mau lebih lengkap bisa tanya2 melalui aplikasi chatnya di LANI pada website klikmami :)

      Hapus
  50. Wkwkwk.. gaji 30 koma. 25 gajian tgl 30 dah menipis lagi. Hahaha.. itu saya bangeeet.

    Tapi kan setidaknya pos yg dijalankan itu salah satunya ada tabungan dan investasi ya. Jadi ga perlu khawatit utk masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, sekere-kerenya kita, yang penting ada tabungan terlebih ada investasi :)

      Hapus
  51. waaahh kebetulan nih mbak saya dan suami lagi nyari2 tempat investasi tapi pengen yang syariah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat berinvestasi, yang syariah juga ada ternyata, bikin tenang :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...