8 Bulan Domain Mencapai DA 30, Begini Caranya

cara menaikan DA blog dengan cepat

Sharing By Rey - Cara menaikan DA/PA blog menjadi hal yang dikepoin banyak blogger saat ini.

Dan begitulah, ceritanya beberapa hari lalu, saya iseng memeriksa nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog ini.
Dan terkejut bahagia, masha Allah, akhirnya tembus juga di angka DA 30.



Kabar tersebut membuat saya tergelitik untuk meng-share di insta story akun instagram saya @reyneraea, semacam pamer ke agency (GR banget punya follower agency, lol) bahwa blog si blogger nyubi alias newbie ini, sudah tembus  angka yang biasa dibutuhkan para agency dalam memberikan job kerjasama.



Secara, saya aslinya minder sama rekan-rekan blogger senior, khususnya blogger di Surabaya, yang mana hampir semuanya punya DA di atas 30, bahkan ada yang hampir mencapai 50.
Sungguh saya envy dan mupeng.

Eh siapa nyana? yang respon justru beberapa temen blogger, yang rata-rata menanyakan bagaimana cara saya bisa mencapai DA 30 di usia domain yang belum sampai  bulan, kira-kira 8 bulan lebih lah.

cara menaikan DA blog dengan cepat

Terkejut dong saya, di awalnya saya minder, eh ternyata apa yang saya capai terlihat wow untuk beberapa orang (iyaaa, meskipun beberapa, tapi lumayan bikin saya terharu, wkwkwk)


Memutuskan Membeli Domain Dot Com


Jadi, seperti yang terlihat, saya sudah cukup lama membuat blog ini, pertama kali buat sekitar April 2013, setelah sebelumnya rutin menulis di wordpress dan akhirnya menyerah karena sering lola alias loading lambat.

Sayangnya setelah itu, saya jarang banget mengupdate postingan, seperti blog-blog lainnya, rasanya blog ini diam membisu, kesepian dipenuhi sarang laba-laba *hadeh bahasanya hahaha.

Nantilah di awal tahun 2018 ini, saya memutuskan untuk menekuni dunia blogger, setelah berkali-kali mencoba bangkit mengurus bisnis Oriflame, namun sama sekali tidak memungkinkan waktu dan kondisinya.

Setelah mencoba posting dengan lebih sering di bulan Januari 2018, akhirnya di penghujung Februari 2018, saya resmi membeli sebuah domain atas nama sendiri yang sudah sejak lama saya impikan, namun gak jadi mulu belinya.
Baca : Pengalaman Membeli dan Custom Domain di Rumahweb Indonesia
Dan yaaa.. begitulah, akhirnya blog ini resmi beralamatkan di www.reyneraea.com

Setelah membeli domain, saya jadi semakin serius mengelola blog, terlebih bersamaan dengan itu, datanglah kesempatan undangan menghadiri event-event blogger yang mana membuat saya jadi mengenal banyak blogger lainnya khususnya di Surabaya.

Dan dari itulah awal mulanya saya mulai kenal berbagai istilah blog, salah satunya DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), yang mana seringkali menjadi syarat dalam bekerjasama dengan pihak agency.

Lalu, galaulah saya.
Saat check DA/PA saya, ampun kecil banget, dan setelah googling-googling, ya iya lah kecil, orang baru ganti domain, hiks.

Lumayan envy dan minder juga saat kepo ngecek DA/PA blog teman lainnya, yang rata-rata udah di atas 30.


Usaha Menaikan Menaikan DA/PA Blog


Semakin hari, semakin banyak saja syarat yang diwajibkan bagi seorang blogger dalam bekerjasama dengan pihak agency, salah satunya adalah DA yang tinggi, dari yang minimal 20, hingga akhirnya minimal 30. Semakin minderlah saya.

Terlebih saat membaca sharing dari seorang blogger yang mengatakan bahwa, hal yang mustahil atau sulit sekali bisa mencapai DA 30 di usia domain kurang dari 1 tahun.
Sedih deh, masa iya saya harus nunggu setahun lebih baru bisa ikutan kayak blogger lainnya?

Namun, bukan Rey namanya kalau langsung menyerah begitu saja.
Penasaran, saya lebih banyak browsing cara-cara menaikan DA/PA blog secara cepat, dan dari keterangan di berbagai sumber saya dapatin ilmunya, bahwa cara terbaik untuk menaikan DA/PA blog secara cepat ya dengan menambah trafict blog melalui backlink.

Saya juga mulai membaca-baca keterangan di website Moz Pro, dan semakin dibaca, semakin pusing hahaha.

Ya sudah, akhirnya saya memutuskan untuk gak terlalu memusingkan si DA/PA tersebut, gak terlalu mencari tahu bagaimana agar segera naik.
Dan saya mengalokasi waktu yang yang amat sangat terbatas tersebut untuk learning by doing, seperti :
  • Rajin update postingan, sebisa mungkin sih ODOP atau One Day One Posting, meskipun hanya bertahan 2 bulan, karena berikutnya saya amat sangat kesulitan waktu, setelah pak suami kerja di luar kota.
Baca : Manfaat ODOP Dalam Ngeblog
Tujuan ODOP, selain agar rangking blog saya lebih baik di mata Google, juga menjaga kepuasan pembaca setia blog ini dengan kisah-kisah yang baru (pede aja dulu udah punya pembaca setia, lol).
  • Rajin blogwalking, yang ini agak bikin sedikit bete juga saat awal-awalnya, yang mana tujuan blogwalking kan buat menanamkan backlink melalui komentar kita di postingan orang, dengan harapan, saat orang tersebut mengunjungi blog kita kembali, maka akan membuat trafict dan DA jadi lebih bagus.
Baca : Tentang Blogwalking Dalam Ngeblog, Etika dan Manfaatnya
Sampai akhirnya saya berdamai saja dengan kebetean saya, yang mana sudah capek-capek blogwalking eh gak ada kunjungan balik. Dengan tetap blogwalking di postingan orang lalu meninggalkan komen yang panjang lebar, dan Alhamdulillah komen itu ternyata bermanfaat juga menarik perhatian si pengunjung lain di blog tersebut. Jadi meskipun saya gak dapat kunbal dari si empunya blog, saya tetep dapat poin backlink yang sudah saya tanamkan dari pengunjung lain yang mampir ke blog saya melalui komen tersebut.
Jadi, gak perlu bete kalau BW terus gak di BW in balik, pasti ada kok suatu saat yang akan penasaran dengan komentar beda kita, lalu mengunjungi kita melalui backlink komen tersebut.
Terlebih, sudah sekitar hampir 2 bulan saya bergabung grup-grup chat BW, yang Alhamdulillah, itu menyumbang banget poin trafict dan otomatis menaikan DA/PA blog.
  • Rajin promosi di Google Plus, saat membaca keterangan di website Moz Pro, selain baclink dari blog orang, ada juga backlink dari Google Plus. Dan karena itulah, saya selalu tidak lupa share postingan di Google Plus.
  • Sebisa mungkin membuat backlink dari website lain seperti Kompasiana. Selain backlink dari Google Plus, backlink dari Kompasiana juga banyak yang masuk ke blog saya, dan tercatat di website Moz Pro, hal tersebut yang membuat saya kembali mempedulikan akun Kompasiana saya yang lama tidak terurus itu, hehehe

Selain cara-cara yang disinyalir sangat membantu saya dalam meningkatkan DA/PA blog ini, beberapa cara pula saya lakukan secara rutin akhir-akhir ini, seperti : 
  • Gencar share postingan di media sosial, setiap kali habis posting, sebisa mungkin saya sempatkan untuk share postingan tersebut di semua media sosia yang saya punya, baik melalui instagram story, share di twitter baik langsung maupun dengan mengetag beberapa akun komunitas blogger yang biasanya dengan baik hati akan meretweet postingan saya, sehingga bisa dibaca pula oleh follower-nya yang bejibun.
Pun juga share di fanpage saya, akun facebook saya, hingga akun linkedIN saya (yang ini gak rutin, kadangnya lupa hahaha).
Tidak lupa pula share di berbagai grup komunitas blogger di facebook yang saya ikuti, serta melalui story WA.
  • Gencar branding, selain rajin share postingan ke berbagai media sosial, sebisa mungkin saya juga gencar branding tentang diri saya melalui medsos, entah melalui status facebook, caption instagram, maupun dengan sering berinteraksi dengan banyak teman di media sosial. Dengan demikian orang-orang mulai ngeh tentang saya, dan pelan-pelan kepo dengan postingan saya di blog setiap hari.
 Baca : Personal Branding,
Demikian cara sederhana saya sehingga Alhamdulillah bisa mematahkan mitos bahwa usia domain kurang dari setahun sulit menembus DA 30.

Sorry banget, mengenai penjelasan ilmiahnya saya kurang mengerti, malas cari tau tepatnya, eh belum punya banyak waktu untuk cari tau lebih tepatnya hahaha.

Intinya bagi saya, gak peduli bagaimana penjelasan ilmiahnya, karena learning by doing bagi seorang blogger emak IRT tanpa ART dengan 1 bayi dan 1 anak SD dan sering ditinggal lembur suaminya kayak saya, itu sangat penting..


So... JUST DO IT!

Jadi... ada yang mau nambahin cara cepat menaikan DA blog? atau yang punya pengalaman serupa?
Bisikin di komen dong :)

Semoga bermanfaat.


Sidoarjo, 19 November 2018

Reyne Raea

155 komentar :

  1. sangat wajar jika sebelumnya sudah dibuat di tahun 2013 dan baru dikasih domain
    yang keren adalah ketika mbak membuat dari awal, beneran nol, dan langsung pakai domain TLD selama 8 bulan bisa DA 38
    sepertinya itu tidak bisa, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh tantangan juga tuh, bagi tips pengalaman pribadinya dong bisa keren kayak gitu :)

      Hapus
  2. Hmmm... Kalo masalah ningkatin DA, aq emang kurang bisa dg jln rajin bikin postingan. Tp yg paling aq rajin kalo pas ada lomba blog. Apalagi temanya cocok buat aq. Cusss semangat 45 buat ikutan. Hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren mbaaa, saya masih jarang ikutan lomba, semangat dan waktunya kurang memenuhi, paling sesekali kalau ikut meramaikan, gak punya ekspektasi tinggi karena emang kurang greget pas nulisnya.
      Menurut saya, nulis lomba itu butuh waktu lebih, pikiran yang fokus, dan data-data pendukung yang lengkap, serta kemampuan utak atik infografis yang keren.
      Dan untuk saat ini, saya beneran belom bisa untuk itu hihihi

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ih mba Antung juga keceeehh, mari kita sama-sama semangat selalu mbaa :D

      Hapus
  4. Terima kasih sharing bergunanya Kak Reyy, sungguh baik hati dirimu membagi ilmu yang ga banyak orang mau share 😂

    Terakhir masih 15 siy DAku, hiks, ternyata ODOP dan BW pengaruh ya? Siplah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak udah mampir membaca tulisan receh saya dan meninggalkan jejak yaa :)
      Ayooo semangat, semua pasti bisa menaklukan DA PA dan segala macam tantangan di blog :)

      Hapus
  5. Wah keren banget, ternyata bisa yaa. Intinya harus rajin posting dan share di mana-mana ya. One day one post itu kayaknya memang membantu banget mbak untuk naikin DA.

    BalasHapus
  6. Makasih tipsnya mau coba biar da naik segera

    BalasHapus
  7. Pengalamannya mirip2. dua tahun lalu belum ada odop blog, belum ada group bw, tapi saya tetap aja bikin odop what dua hari sekali ding, plus bw ke link yg teman share si KEB. Alhamdulillah emang cepat. DA PA saya saat itu blm setahun udah diatas 30 juga.

    Sekarang saya malah lebih santai. Gak ngejar2 lagi. Hanya mempertahankannya saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih teh Okti mah kereeennn, saya liat DA nya muncul di beberapa link di Moz saya, ih kereeennnn banget nilainya.

      Terinspirasi deh sama teteh.
      Tinggal di tempat yang gak kayak orang2 bisa sering ketemu berkomunitas secara offline, tapi konsisten dalam ngeblognya bikin angkat topi deh :*

      Hapus
  8. Wah penting banget neh mbak infonya, aku selama ini nulis aja ngak paham da dan pa heheheh

    BalasHapus
  9. Wah dari blog mbak Rey aku baru tau DA PA itu app, mana belum punya domain sendiri juga �� tambah semangaat mau bikin domain sendiri nih, makasih mbak sharing nya, Barakallahu ��

    BalasHapus
  10. Usia blog saya sudah lumayan sih, tapi DA nya masih segitu-gitu aja hehehe...maklum ngisi blognya agak jarang-jarang, padahal banyak hal yang menjadi ide di kepala tapi eksekusinya itu yang butuh effort dengan meluangkan waktu untuk menulis. Salut dengan mba Fey yang bisa produktif banget dalam menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat selalu mba, ini juga disempet-sempetin sih :)

      Hapus
  11. Jadi kuncinya adalah GENCAR GENCAR GENCAR yaa mba hehehe selamat mba Rey. Mba Rey ini emang rajin bgt deh BWnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, BW itu keren banget, semacam menanam backlink gratis di blog orang :)

      Hapus
  12. Serius,beneran pengen nempelin dirimu sehingga bisa copy paste yg kamu lakuin mbak.. Haha.. Tp aku terlalu minderan untuk branding...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiihhh jangaannn, gak pede saya di copas, masih banyak kekurangannya mbaaa :*
      Mba Novri malah lebih keren, punya bidang yang diminati tersendiri, kayak craft.
      Itu keren banget loh.
      Saya mah cuman menulis kisah hidup, karena ga punya keahlian yang mendasar kayak orang2 hiks

      Hapus
  13. You are rock kk,, kagum aq samamu yg semangat nulis nya stabil,, wajar diganjar Da tinggi, salute aq tuh,, dan IRT full pulak dgn mengurus rumah, suami dan anak2,, ah keren lah,, hope we will meet soon ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sayangkoohhh :*
      Tetep semangat ya mamak mamak blogger :*
      Aaamiin, insha Allah :)

      Hapus
  14. Ilmu baru.. Terimakasih y kak.. Aku baru juga nih hihi,tips donk bagi waktu nya gimana,emak2 tanpa art juga tpi susah banget produktif kaya kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga udah berkunjung mba, waahh kalau masalah manajemen waktu sungguh saya masih sangat malu untuk berbagi.
      Karena aslinya keteteran banget nih, belum bisa sama sekali manajemen yang baik, insha Allah sedikit demi sedikit disiplin dengan manajemen waktu, dan bisa berbagi ilmunya :)
      Selalu semangat yaaa :)

      Hapus
  15. Mba Rey aku makin padamu iniiih ga pelit berbagi ilmu, makasih yaa InshaAllah berkah terus ya mbaa ��. Iya nih DA aku masih keciiil hiks. Itu ngaruh kalo DA naik, pageviews per bulan bakal naik ya ? Aku pernah soalnya udah diundang sama agency, pas tau pageviews per bulanku ga cukup sama kriteria mereka eh ga jadi diundang. Hahaha. Belum rejeki dan belum maksimal effortku berarti. Aku udah lakuin smua tips kecuali yang di website kompasiana itu (jadi pengen coba) sama yang ODOP itu hahaa.. Salut deh sama yang bisa ODOP, meski isinya curhat pribadi gitu ga papa yah ? 'hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih makasih mom yang cantiknya bikin envyyy :*
      Aamiin ya Allah :*

      Setau saya, pageview itu diatas DA, kalau DA tinggi, PV harusnya lebih tinggi. Karena DA itu berasal dari backlink yang memenuhi kualifikasi MOZ, sedang PV itu siapa saja yang berkunjung, dari pintu manapun, tetep dihitung sebagai PV.

      Kalau ODOP sebenarnya lebih dengan mempertahankan PV sehingga ranking blog kita tetep bagus di mata Google, dan diharapkan bisa membantu memberi masukan yang baik ke MOz.

      ODOP dengan waktu yang sama setiap hari juga bikin rank blog kita keren.
      Jadi biasakan menulis dan posting di jam yang sama, kalau belum bisa sehari sekali, bisa seminggu sekali dan usahakan di jam dan waktu yang sama, selain Google bisa mencatatnya dengan baik. pembacapun tau ritme postingan kita dan mau suka rela mengunjungi blog kita.

      Blog ini malah mostly curhat kok mba, event sponsored post pasti ada curhatnya hahaha.
      Justru lebih baik sih menurut saya, karena semacam branding agar pembaca kenal tipikal kita :)

      Hapus
  16. Wuah panutanqu banget nih mbaaaaa. Jadi mulai berpikir untuk ganti domain hehe dan tentu BW dan backlink ngaruh banget sih yaa

    BalasHapus
  17. Pantas aza DA nya cepat naik, lha wong usahanya itu lho, benar benar Ruaarr Biasah!

    Dua jempol buat mbak Reyne atas segala upaya maksimal yang telah dilakukan, semoga kiatnya bisa ditiru oleh blogger blogger lain, termasuk saya.

    Memang bukan langkah yang mudah, tapi dengan ketekunan dan semangat juang yang tinggi seperti yang telah ditunjukkan oleh mbak Reyne, apa yang awalnya dianggap sulit ternyata bisa dilakukan.

    Terimakasih sudah berbagi, sukses terus buat mbak Reyne, sukses blogger Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, sukses terus untuk kita semua para blogger Indonesia :)

      Hapus
  18. Energimu memang luar luar biasak mbak. Pengen deh ketularan rajinnya, soalnya mood ini kadang suka naik turun. Hiks

    Kalopun mau begadang, mata rasanya pedes & takut sakit juga kalo keseringan. Mau bangun tengah malem, kok ya molor sampe subuh. *minta dijitak banyak alesan*.

    Kasih tips dong, gimana cara jaga mood terus update tiap hari, yang mana seharian udah cape juga ngurus bocils & rumah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaaaaa.. sayahh maluuuu...
      Gak berani berbagi tentang itu dulu mama cantikkk :*
      Karena aslinya semua ini saya lakukan dengan waktu yang gak teratur hahaha.
      Sungguh PR dan tantangan paling besar dalam hal menaklukan time managemen, dia tuh lebih sulit dari DA/PA blog kayaknya hahaha

      Kalau semangatnya sih terus terang berasal dari teman2 blogger, kayak komen2 yang masuk kayak gini, dari BW ke blog temen2 yang keren banget selalu update meski dengan segala keterbatasan waktu.

      Hal tersebut yang membuat saya memaksa diri tetep menulis meskipun, u know laaahh emak-emak berbayi dan beranak hiks wkwkwkwkw

      Hapus
  19. Usahamu menginspirasiku mbak. Hihihi.. tapi bener juga ternyata.. Blogwalking dan rutin Update tulisan menjadi faktor untuk bisa meningkatkan PA dan DA. Domain saya udah 1.2 tahun. Tapi baru maksimalin (read- memahami cara blogging yang benar 🤣) 3 bulan terakhir. Dan Alhamdulilah.. naik pesat juga.. saya awalnya gak paham soal beginian. Sekarang mau gak mau harus belajar supaya gak ketinggalan. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaaa... belom bobo juga? widiiihhh, ini nyicil ngedraft sampai berapa hari nih? kereeennn deh :D

      Iya mba, aslinya sama kok, saya juga gak paham2 banget, cuman learning by doing aja hihihi

      Hapus
  20. hai mbaaak aku benar2 baru dan nggak paham apa itu DA dan PA. kalau tidak keberatan mau dong dibikini postingan yang lebih detil mengenai pengertiannya, apa fungsinya dan bagaimana mengeceknya atau menjalankannya? terimakasih sebelumnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah ya mba, saya sebenarnya belum paham banget, saya hanya belajar baca-baca di blog orang, lalu dipraktekin dan dievaluasi sendiri.

      Insha Allah deh, saya rangkum penjelasannya secara sederhana :)

      Hapus
  21. Wahh keren.. bisa naikin DA sampai 30 dlm waktu setahun ya..ku termasuk gak mampu kalau ikutan ODOP sihh.. tak sanggup nulis setiap hari. Hehehe. Makanya sy lebih gencar di BW kemana-mana deh. Alhamdulillah udh mulai naik meski perlahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BW berkualitas menyumbang lebih banyak DA naik kok mba, kalau ODOP sih lebih ke agar terjaga PV dan pembaca lebih nyaman di blog kita karena banyak postingan terbaru.

      Kalaupun kita gencar BW, tapi postingan di blog kita sedikit, yang ada orang datang ke blog juga jadi males, jadinya cuman stay sebentar trus kabur, saya belum tau jelas, tapi bisa jadi itu bakal jadi spam score nya tinggi, tentunya DA PA nya berpengaruh :)

      Hapus
  22. Memang harus ada usaha untuk menaikkan DA. Tetapi, saya santai aja. Buat saya yang penting konsisten menulis. Paling gak dalam sebulan gak boleh kosong. Trus, banyakin blogwalking. Seneng sih kalau dikunjungi balik. Tapi, kalau enggak pun ya udah lah. Soanya kalau terlalu dipikirin nanti malah saya gak menikmati proses ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, balik lagi ke tujuan ngeblog sih mba, kalau saya emang niatnya monetisasi blog :D
      Jadi saya kerjakan dengan serius, meskipun dibisa-bisakan hehehe

      Hapus
  23. blogwalking emang juara banget ya mbak.. kalo konsisten bisa gede bnget DA nya.. semangat... DA ku masih merangkak Wkwkwkwkwk #jejakbiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsisten juga update blog hihihi.
      Kalau enggak kasian yang mau BW balik tapi kehabisan postingan buat dibaca :D

      Hapus
  24. baru nemu blog mba dan langsung dapat ilmu yang bermanfaat, aku masih baru di dunia blog tapi mau serius, semoga bisa tekun dan rajin nulis blog seperti mba rey, salam kenal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh makasih udah mampir dan meninggalkan jejak yaaa, salam kenal juga, semangat terus :)

      Hapus
  25. Semangatnya luar biasa. Subhanalloh. Saya ngeblog juga dari 2013, mbak. Domain sendiri baru 2 tahun. Eh, baru apa udah, ya ��.

    BalasHapus
  26. Intinya tetap harus rajin ya Mbak? Kalau pakai blog gratisan macam blogger, DA-nya tinggi tapi mungkin jadi nggak kepakai buat sponsored content ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau yang gratisan masih ikut DA blogspotnya.
      Biasanya jarang dilirik sih kecuali buat lomba blog :)

      Hapus
  27. Mbak rey makasih banget keren banget DAnya sudah 30an, saya langsung cek berapa DA saya ternyata tuh masih belasan. Saya juga mulai BW, tapi kadang kalo otak nulis lagi mandek saya gabuka blog sama sekali dan ga BW juga. Jadi sepertinya mempengaruhi juga yah soalnya ga rajin hihihi


    Sebenarnya saya udah lama baca-bacain tulisan Mbak Rey tapi kayaknya komen baru2 ini. Salam kenal ya Mbak Reeeey...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak mba :)

      Iyaa, soalnya DA PA bisa turun juga mba, jadi selain usaha menaikan, juga usaha mempertahankan hehehe

      Hapus
  28. Wahh terima kasih ilmunya ��
    Aku juga baru banget ngeblog awal tahun ��
    Bermanfaat sekali ilmunya ��

    BalasHapus
  29. Mantap bunda. Aku jadi ikutan semangat ngeblognya kalau ngeliat orang lain pada semangat terutama bunda. Aduhhh rajin banget posting blognya. Aku suka ituuuuu ��

    BalasHapus
  30. Wah kereeen. Udah 30 an aja DA nya. Luar biasa mbak. Aku kayanya ga kuat ODOP. Pernah sih lakuin, tapi otak mengepul rasanya hehe. Aku juga lagi coba ngerajinin blogwalking. Makasih sharingnya mbak. Sangat bermanfaat. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, gak perlu ODOP langsung kok mba, bertahap aja, yang penting konsisten.
      Kayak seminggu sekali, trus naikan jadi seminggu 2 kali, caranya posting langsung di waktu lowong , kayak weekend.
      Posting sekaligus 2 atau 3, tapi jadwalkan jangan tayang sehari sekaligus :)

      Hapus
  31. Ooo baru tau di Kompasiana ngasi dofollow linknya. Boleh juga tuh dicoba kapan2 hehe Congrats btw mba! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, saya ngeh nya waktu ubek-ubek Moz, makanya sejak saat itu saya mulai utak ati Kompasiana lagi, terlebih menurut saya kompasiana itu platform yang asyik buat beken.
      Tulisan mudah masuk highlight, dan mudah ada di page 1 :D

      Dan kerennya lagi, saya naruh back lick banyak juga gak di hapus ama adminnya hahaha

      Hapus
  32. Mbak Rey ,selamat ya tembus 30 wowwww banget loh. Eh iyaya haruse di share di medsos setelah nulis dan odop itu nih PR nya. Huhu. Aku tuh bayangin mba Rey boboknya cuma beberapa jam aja ya? karena harus selesaikan tulisan dan kerjaan rumah segambreng. Jempol empat deh buat mbak Reyneraea :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw.. makasih mama cantik, jadi malu sebenarnya, soalnya aslinya ini biasa aja tapi cuman pengen berbagi.

      Bobok minimal 5 jam say, gak kuat saya kalau kurang tidur, cuman emang tidurnya dicicil, kadang malam cuman 4 jam, 1 jam atau lebih di siang hari pas ketiduran kelonin bayi.
      Lagian juga ga bisa tidur nyenyak, si bayi tidur maunya nyusuuu mulu, pegal pundak, mending nyusu sambil duduk menulis hihihi

      Pekerjaan rumah ya disambi2 say, sekali lewat semua dikerjain, yang nyebelin itu masak, tapi disiasati masaknya abis subuh :D

      Hapus
  33. Ooh jd odop bisa ngaruh banget ya ke da/pa? Saluuut. Rajin banget mbak. Saya belum sanggup deh. Makasih ya tips tipsnya 😍😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat, kalau belum bisa ODOP, OWOP juga bisa kok hihihi.
      Posting terjadwal bikin blog kita lebih baik peringkatnya di mata Google :)

      Hapus
  34. Wah...terima kasih share pengalamannya, Mba. Saya betul-betul terinspirasi nih :)

    BalasHapus
  35. "pasti ada kok suatu saat yang akan penasaran dengan komentar beda kita, lalu mengunjungi kita melalui backlink komen tersebut. "

    .. nah loh bener banget ini, aku mampir kemari jg karena kepo dgn komen di postingan blog uwong hahaha, alhamdulillah mendarat di blog yg tepat dan banyak manfaatnya.

    salam kenal ya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh salam kenal juga ya, makasih udah mampir dan meninggalkan jejak di sini :)

      Hapus
    2. Btw, saya kok ga bisa ninggalin komen di blog mba Yulie ya, sampai depresi saya di klik bolak balik, di buka melalui HP, tetep gak bisa, jadinya eror gitu semacam saya login pakai akun mba Yulie :D

      Hapus
    3. Hihihi akhirnya bisa komen banyak mba :)

      Hapus
  36. Tips yang menarik banget. Semoga bisa diimplementasikan buat semua.

    BalasHapus
  37. wah mantab mba rey sharingnya. saya juga baru memulai blog nih, dan baru ganti domain per today hahaha. perlu saya tiru nih tips nya. tp btw congratulation ya DA nya udah tinggi, semoga saya segera menyusul.

    BalasHapus
  38. sepertinya ini cara-cara lama untuk meningkatkan DA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sayangnya banyak juga yang malas praktekin hihihi :)

      Hapus
  39. Widii keren banget mba sy Blogger pemula patut dicontoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, intinya itu action terus mba, insha Allah DA mah mengikuti action kita :)

      Hapus
  40. Masya Allah, udah tinggi aja nih DA nya. Jadi semangat ngeblog juga, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, insha Allah juga DAnya segera naik :)

      Hapus
  41. Saya hapus G+ karena kadang2 gmail untuk cadangan email kerjaan. Masih males kalau blog acakadut aq dibaca2in orang kantor haha... sebegitu ngaruh kan G+ untuk naikin trafic mba?

    BalasHapus
  42. tips yang berfaedah mba. semoga aku bisa mengamalkannya*

    #SalamKenal

    BalasHapus
  43. wah.. makasih mak ilmunya, salam kenal, jadi makin semangat blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga udah berkunjung, salam kenal, semangat selalu :)

      Hapus
  44. Wah keren Mba..saya jg sebetulnya nyaris mirip.cuman krn ini blog kedua jari kurang ke update. Jadi blovku yg idajourneys wkt itu mash 6 bulanan ternyata DA nya udah 25 aja...tp mandeg sampai bulan ke 10 segitu terus krn lg fokus di blog utama..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh keren nih mba, blog nya banyak.
      Saya mah 1 aja ngos2an hahaha

      Hapus
  45. Selamat, Mbaaaak. Semoga bisa nyusullll!

    BalasHapus
  46. Ternyata memang sama, antara rajin post dan backlink adalah penentu DA naik.
    jadi makin semangat deh, namun masih susah untuk posting rutin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semangat, dicoba rutin, ga perlu setiap hari bisa 3 hari sekali atau seminggu sekali, nantinya perlahan ritmenya ditambah :)

      Hapus
  47. wahh kereen mba, saya juga sudah punya blog lumayan lama, tapi memang belum beli domain. Artikelnya bermanfaat sekali. Kalau ada waktu, kunjungi blog saya juga ya mb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh nih beli domain, biar lebih profesional hihihi.
      Tapi domain gratisan juga bagus kok, asal rajin posting aja biar blognya hidup :)

      Hapus
  48. Wah mbak km keren sekali. Da ku masih 9 sekarang. Kecil banget ya. Padhal udah sering bgt juga bw mbak. Tiap hari minimal 5 bw dan ninggalin komen. Salah dimananya ya. Kok belum work di akunya .. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sedih mba, nikmati prosesnya, rajin BW juga bikin kita terkenal kok, jadi terusin aja BWnya, tinggalin komen yang relevan dan bikin banyak orang jadi kepo akan komen kita, jadi peluang orang mengeklik link tersebut lebih besar :)

      Hapus
  49. ini gimana caranya ya mba? penasaran banget coba di moz tapi kok malah gak bisa ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya mba? cara check nya? waahh banyak yang nanya ya, soon saya buat postingan sederhana ala saya ya :D

      Hapus
  50. Mbak Rey, walaupun aku belum terlalu kenal tapi setiap postingan blog dan komen setiap BW bikin aku semangat buat mengikuti jejak mbak looh.. apalagi setelah baca blog ini. Kita punya kesamaan (sedikit), punya blog udah lama tapi domain TLD-nya baru. Aku juga baru beli domain belum lama, makanya greget pengen nyobain ODOP kayak mbak Rey. Semoga bisa tetap rajin.. makasih lho mbak sudah jadi penyemangatku dalam ngeblog.. ��

    BalasHapus
  51. Kayaknya saya kurang rajin posting blog aja dan blogwalking.. Nice infonya.

    BalasHapus
  52. Terima kasih Mba untuk sharingnya, saya malah udah 9 bulan belum sampai 20. Mbaknya dalam waktu 8 bulan sudah 30 hebat sekali hehehe. Padahal sebagian cara di atas sudah saya lakukan. Ya mungkin untuk posting masih belum bisa maksimal palingan saya 1 minggu 1x tiap posting hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama :)
      Semangat, intensitas postingannya boleh tuh ditingkatkan :)
      Dan gencar BW :)

      Hapus
  53. Wah seru banget tipsnya kak,jadi penyemangat nih buat nulis, sejauh ini sdh usia setahun blogku dan mendapat DA 28 sampai saat ini. smg bs naik dan naik amin hehehhe

    BalasHapus
  54. Huaaaa nyerah dah kalo ODOP mah, ayo mbak semangat :)
    beberapa tips memang sudah seharusnya dilakukan, BW, feed back atau komentar di artikel, dst dst... kalau DA naik anggap aja bonus :)

    BalasHapus
  55. Klo saya dulu pas ada perubahan algoritma moz langsung ngacir naik 15 poin dari 25 ke 40, meskipun sekarang udah jarang bw tapi DA nya masih bertahan

    BalasHapus
  56. Saya dari dulu DA mentok di 20-an, yang saya rasa kurang selama setahun terakhir adalah BW tapi malas komen.

    BalasHapus
  57. Manteeeep 8 bulan tembus 30. Saya pas setahun DA/PA 21/27. Semoga menyusul segera minimal di 30...#ngarep

    BalasHapus
  58. Saya malah nggak pernah merhatiin DA/PA selama ini, dibiarin aja supaya naik sendiri, dan ternyata naik tapi pelan bgt. Tips2 di atas sudah saya coba bbrp dan memang kenaikannya jadi jauh lebih cepat. Mudah2an nanti bisa nyusul DA/PA-nya mba Rey yang dah lewat 30 yah :)

    BalasHapus
  59. Waahh..inspiratif, mbaak. Sangat bermanfaat buat saya yg domainnya baru dibeli beberapa bulan yg lalu �� jadi makin semangat ngeblog nih. Makasih sharingnya ya, mbak ��

    BalasHapus
  60. Saya sampai buat IG khusus untuk spoiler postingan baru lho Mbak.
    Eeittss, malah sekarang Fans Page FB tuk blog jadi ada 2 gegara sebelumnya udah buat, ehh ini karena buat IG baru dan dijadikan bisnis jd dua, tp tak apa artinya makin jadi sering muncul di FB jg ya spoilernya.
    Klo utk twit biasanya sih hasil share dari IG.
    Kalau utk ODOP saya masih ngos2an Mbak klo mau laksanakannya. Masih butuh usaha extra lagi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tweet hasil share IG sebaiknya diedit mba, biasanya link postingan kita ga keluar, sayang banget kan :)

      Hapus
  61. makasih mbak sharing ilmunya..sbg anak baru yg baru kenal blog, aku senang baca sharingnya mbak..semoga bisa mengikuti jejaknya mbak rey niy..salam kenal ya mbak :)

    BalasHapus
  62. Mbak, saya juga pakai rumahweb tapi dari wordpress. Saya mau nanya banyak tentang blogging ke mbak rey boleh kah hehehe.. saya masih newbie banget dan 'blind' banget

    BalasHapus
  63. Saya belum punya keberanian nyoba odop mba takut tersendat ditengah jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai aja dulu mba, kalau di tengah jalan sibuk, gapapa, nanti kan bisa diterusin pas udah ga sibuk :)

      Hapus
  64. Keren kak. Aku loh susah naikin da/pa krna jarang update hihiii. Tipsnya mau aku apply deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat mba, update dengan rutin, ga usah kudu ODOP, seminggu sekali di waktu yang sama, lalu naikan ritme misal seminggu 2 kali, usahakan di waktu yang sama :)

      Hapus
  65. Keren mbak.. Paling susah dri ngeblog itu adalah konsisten mbak aplagi lagi punya anak kecil Macam skrang. Da ku baru 21 smga bsa cepat menyusul yaa

    BalasHapus
  66. Saya malah tak tahu berapa DA/PA blog baru saya, Mbak. Usianya saja baru 2 bulan 11 hari, namun alhamdulilalh pageview di dasbor blog nunjukin angka 4 ribuan. Berakt rajin nulis dan bagiin ke mana-mana, plus blogwalking tentunya.
    Saya sudah rajin blogwalking tahun 2014 dan paham etikanya. Sekarang juga meski tak dikunjungi balik, biasanya saya menandai dan pindah ke alin hati, eh, ke lain blog yang barangkali murah hati akan kunjung balik. Kayak Mbak rey ini, ha ha.
    Semua cara Mbak bagus, pencapaian yang dilakukan berkat kerja keras dan doa. Ada juga pengorabanannya, alhamdulillah Allah sudah baik, ya, Mbak.
    Sekarang yang penting tetap lanjutkan langkah tersebut agar blog kian bersinar dan DA/PA-nya kian menanjak sehingga Mbak bisa beroleh penghasilan yang pasti dari blog. Demi anak-anak, juga demi kemudahan ke depannya. Semangat selalu, Mbak. Kita saling dukung dan doa berkat blog. Salam. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkw...
      Makasih mbaaaa sayang :*
      Kalau saya sekarang jarang cek DA/PA mba, karena Alhamdulillah di atas 30 udah sedikit aman dari syarat kerjasama blogger dengan klien.

      Sekarang banyak klien yang mencari DA minimal 30, meskipun ada pula yang masih menerima di bawa 30.

      Btw kalau masih baru, mending gencar posting dan BW aja mba, kalau sering ngecek malah bikin pusing karena terorientasi akan kenaikan DA mulu hahahah

      Aamiin... aamiin, semoga kita selalu saling dukung ya mba, kalau bukan sesama blogger dulu yang saling dukung, siapa lagi ? :)

      Hapus
  67. Wah makasih nih ilmunya, mencerahkan saya yang pemalas ini😍

    BalasHapus
  68. Lagi nyari2 cara naikin DA/PA blog, dan ketemulah artikel ini... bermnfaat bgt mbak.saya harus rjin ODOP dan blogwalking klo gtu yaa... salam kenal ya.. sesekali mmpir d blog saya ya��

    BalasHapus
  69. Pas saya cek DA blog Mbak di bln april 2019...sebesar 15 , PA 40... DA saya 16 ,hahahah...lumayan anjlok...sing sabar yohhhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeettt dari 33/42 ke 18/42 lalu merangsek lebih turun hahahaa..
      Semangaaatttt :D

      Hapus
  70. itu dulu ya mbak -_- sekarang mah mau share di sosmed atau group di jingling atau di anggap spam. google plus juga udah ga ada -_-,yang saya jalanin cuma ODOP aja,share juga jarang. gimana mau BW,isinya group BW bocah semua,bukannya bw malah di jahilin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha pilih-pilih aja grupnya mas, emang yang blogger laki jarang sih ada yang punya grup kayak blogger perempuan.

      Tapi bisa diakali dengan punya lingkar pertemanan blogger yang rajin kunbal.
      Banyak kok temen-temen blogger saya laki yang rajin bewe ke saya, dan insha Allah selalu saya kunbal :)

      Hapus
  71. Keren Mbak, 8 bulan bisa melejit jadi DA 30. Domain saya yang berumur 6 bulan kurang ini baru bisa merangkak jadi DA 8. Kurang 2 bulan lagi, kayaknya susah nyampe DA 30 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ini dulu kok, sekarang memang agak sulit naikin DA :D

      Hapus
  72. makasih banget mb artikelnya sangat informatif apalagi buat blogger pemula yang baru mengenal DA/PA ampun hihi makasih mb sukses selalu

    BalasHapus
  73. Habis baca ini auto cek DA/PA juga karena selama ini gak ngeh....pas liat nilainya tenyata baru 1 hehehehe, masih panjang perjuangan.....Makasih atas share pengalamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, semangat, kalau masih baru domainnya, memang kudu semangat nulis sambil nyebar backlink :)

      Hapus
  74. wahh sedih banget baru baca artikel ini sekarang, kemaren-kemaren kemana aja ya😭 Langsung otw dipraktekin✨🙏🏻. Emang udah sering banget lihat blognya mbak dimana-manaa sihh, makasih banyak mbak Reyneraea tipsnya🤗

    BalasHapus
  75. Menggunakan backlink dari web besar lain sudah pernah, karena memang ada ilmu yang aku ambil dari sana.
    Nah publish ke media sosialnya ini yang belum begitu rajin, kadang share kadang nggak. Masih malu-malu akunya buat share tulisan di circle temen sendiri. Ada rasa nggak pede gitu. Biasanya terpaksa share karena lg iseng ikut lomba blog.

    Semoga aku semakin pede ngedalami ranah blog ini.
    makasih mbak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Newbie nich,, Punyaku 0, baru sebulan sih, cuman kalau lagi berselancar di dunia maya dan Cek cek punya sebelah. Ko tingi tinggi ya,,, dalam hati kapan.. webku bisa punya dapa tinggi... masih butuh belajar,

      Hapus
    2. Semangat aja dulu menulis yang banyak, masalah DA PA itu sebenarnya nggak terlalu ngaruh di performa blog, hanya saja lagi booming para klien terobsesi dengan DA PA :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)