Wednesday, January 10, 2018

#TuesTechbyRey - Cara Mengaktifkan Mandiri Online

Gambar dari sini

Assalamu'alaikum

Menjadi ibu menyusui dirrect kayak saya, kehadiran aplikasi banking dalam genggaman sangatlah penting, terutama jika keuangan utama di kelola oleh istri.
Meskipun letak ATM juga gak jauh-jauh banget dari tempat tinggal, tetaplah masih lebih nyaman melakukan transaksi bank di rumah, terlebih melalui ponsel.

Sebelumnya saya sudah punya aplikasi Mandiri Mobile Banking dan Alhamdulillah lumayan lah memenuhi kebutuhan bayar dan beli hal-hal seperti beli pulsa, beli listrik prabayar, bayar tagihan BPJS, transfer-transfer dan lain-lain.
Meskipun ada beberapa kekurangan seperti bayar tagihan PAM dan orderan Oriflame masih harus melalui ATM karena belum di support oleh aplikasi tersebut.

Di ponsel saya ada 2 aplikasi mobile banking yaitu BCA dan Mandiri, namun entah apa masalah untuk BCA hanya bisa melihat saldo saja, padahal sebelumnya bisa di gunakan untuk berbagai transaksi.
Jadilah saya lebih banyak menggunakan aplikasi Mandiri Mobile Banking.

Sampai beberapa waktu lalu saya ganti ponsel karena ponsel sebelumnya yang telah setia menemani saya selama 3 tahun sudah KO alias lemot alias lelet karena baterainya palsu T______T
Daftar Oriflame? klik di sini (Chat WA) atau di sini (By FB Messenger)


Setelah ganti ponsel, hal pertama yang saya lakukan adalah menginstal semua aplikasi yang saya butuhkan, salah satunya Mandiri Mobile Banking.
Namun betapa galaunya saya, saat mencari aplikasi tersebut di Google Play, saya hanya menemukan aplikasi Mandiri Online.
Karena gak ada pilihan lain, sayapun menginstalnya saja.

Setelah terinstal, mulailah saya membuka dengan maksud mengoperasikan, namun ternyata..
Login nya beda dengan Mandiri Mobile Banking sodara-sodara..

Di layar pertama, kita bakal di minta memasukan user ID dan PIN, saya pun memasukan user ID dan PIN Mandiri Internet Banking saya, dan hasilnya gak bisa dong.
Kebingungan, saya pun googling bagaimana caranya, eh malah ketemu blog yang mengatakan kita harus mendaftarkan nomor HP terlebih dahulu untuk mendapatkan SMS Banking.

Galau lah saya..
Pas juga di awal bulan, saya belum membayar ini itu keburu habis masa tagihannya dan kena denda (how i hateee bayar denda)
Akhirnya papi pun berbaik hati mengantarkan saya ke kantor Bank Mandiri agar bisa mengaktifkan nomor HP yang sebenarnya saya masih bingung, kenapa harus di daftarin lagi? orang sebelumnya saya sudah pernah menggunakan aplikasi Mandiri Mobile Banking?

Jadilah Senin kemarin saya berkunjung ke kantor bank Mandiri di dekat tempat tinggal kami dan pas ketemu Customer Service nya..
TERNYATA MASALAH SAYA GAK PERLU CAPEK-CAPEK KE BANK BUAT AKTIVASI DONG...!!

Saya hanya perlu mengaktivasi terlebih dahulu di aplikasi tersebut, dan agar gak mubazir ke kancabnya, sang CS membantu saya aktivasi di depannya agar kalau ada masalah bisa segera di benarkan.

Nah begini cara aktivasinya :

  1. Pastikan nomor HP sudah pernah terdaftar di kantor bank Mandiri, jika sebelumnya sudah pernah menggunakan Mandiri Mobile Banking seperti saya, pastilah sudah pernah terdaftar.
  2. Atur nomor HP yang terdaftar di SIM 1, yang ini penting banget dan jangan lupa, nomor terdaftar harus berada di ponsel yang akan kita instal aplikasi Mandiri Online.
  3. Install aplikasi Mandiri Online melalui Google Play, lalu buka aplikasinya.
  4. Setelah terbuka di bagian bawah sebelah kanan (lihat gambar di atas) klik aktivasi atau activation, lalu berikutnya kita bakal di suruh membaca syarat - syaratnya. Geser ke bawah sampai habis lalu klik Setuju.
  5. Berikutnya akan di minta memasukan nomor yang tertera di kartu debit Mandiri kita beserta tanggal expire kartu.
  6. Lanjutkan mengisi data-data yang di minta hingga akhirnya akan di minta membuat user ID dan pin baru, untuk user ID bebas, terdiri dari minimal 8 - 15 huruf dan angka, dan untuk pin harus memakai angka. (Pin ini hanya di gunakan untuk masuk ke dalam aplikasi, bukan untuk transaksi)
  7. Selanjutkan akan di minta memasukan OTP atau One Time Pasword untuk aktivasi yang akan di kirimkan ke nomor HP kita yang terdaftar, pastikan ada pulsa yang mencukupi untuk itu ya (saya gak tau sih kena pulsa berapa tapi yang jelas kena pulsa hehehe)
  8. Setelah memasukan OTP tersebut, violaaaa.... aplikasi Mandiri Online siap di gunakan, laporannya bakal di kirim ke email yang kita daftarin sebelumnya.
  9. Silahkan memasukan user ID dan Pin yang telah di buat sebelumnya lalu selamat bertransaksi..
 Aplikasi Mandiri Online ini keren abis, gimana enggak.. menu nya sama dengan Mandiri Internet Banking, semua transaksi yang ada di Mandiri bisa kita lakukan hanya dalam genggaman.
Dan kerennya gak perlu pakai pulsa untuk konfirmasi pula hehehe (hanya sekali saat aktivasi)

Minusnya satu..!
BAHAYA kalau ponsel hilang lalu di salah gunakan, jadi pastikan user ID dan Pin nya aman yaa..

Alhamdulillah banget, kalau sebelumnya saya harus ke ATM untuk bayar PAM atau bayarin orderan Oriflame downline yang nitip. Jadi beban banget saat jadi busui sehingga waktu ke ATM sampai tertunda mulu, hingga pernah saya gak sempat bayar PAM sampai akhir bulan hiks..

Sekarang semua menu ada di genggaman.
Bayar PAM...bisa!
Bayar orderan Oriflame...bisa!
Mau infaq pun gak perlu bingung, ada banyak pilihan lokasi infaq di dalam menunya.

Semoga bermanfaat, khususnya bagi teman - teman yang galau jika harus bolak balik ke ATM.
Ada yang ingin bertanya atau sharing? silahkan ke kolom komen di bawah ini yaaa :)

TPJ AV, 09 Januari 2018

Reyne Raea

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...