Monday, January 29, 2018

Mengatasi Bayi Yang Hanya Mau Menyusu Pada Satu Sisi PD


Assalamu'alaikum :)

Kembali lagi pada kisah drama menyusui. Maklum lah ya, meskipun punya bayi nya anak kedua, namun ini adalah pengalaman pertama menyusui secara ekslusif.
Baca : Drama Menyusui Ekslusif Pertama Kali
Setelah menulis semua drama di postingan tersebut, saya pikir drama lainnya udah gak bakal lagi ada di list drama menyusui saya, tapi ternyata saya salah.
Memasuki usia ke 3 bulan si baby Adean, dia mulai berulah dengan gak mau menyusui di payudara sebelah kanan saya.

http://bit.ly/BerkarirDariRumahAlaRey
Memang sih, kondisi niple sebelah kanan agak flat, tapi sebelumnya dia mau aja tuh nyusu di bagian kanan, dan Alhamdulillah lancar-lancar saja.

Makanya pas tiba-tiba dia cranky banget pas saya susui di bagian kanan, awalnya saya bingung, apakah rasa ASInya berubah (sampai pengen saya cicipin tapi risih sendiri hahaha) ataukah ada bagian tubuhnya yang sakit di sebelah kiri sehingga gak nyaman jika harus menindih bagian tubuh kirinya, namun setelah saya teliti semua baik-baik saja.

Baby Adean terus saja menolak menyusu pada sisi kanan, dan sedihnya lagi ASI saya gak berlimpah, sehingga hanya sekejap di susui, habislah ASI sebelah kiri, lalu ngamuklah si baby

T________T

 Di tengah kebingungan sayapun googling mencari tau testimoni-testimoni busui lainnya.
Dan terjawablah kebingungan saya.

Ternyata, ada banyak banget bayi yang akhirnya ogah menyusu pada payudara kanan, meskipun ada juga yang lebih suka menyusu pada payudara kanan dan menolak sisi yang kiri.
Untuk kasus saya malah masih masuk problem biasa, karena meskipun menolak nyusu di kanan, si baby Aden masih mau menyusu di kiri.
Di beberapa busui malah harus lebih bingung karena baby nya sama sekali gak mau menyusu di kedua sisi payudaranya.

Kondisi tersebut biasa disebut dengan Nursing Strike (NS) atau Breast Refusal, yang memang biasanya selalu terjadi pada bayi usia 3 bulan ke atas.
Penyebabnya ada bermacam-macam , bisa karena bayi sudah mulai mengenai posisi nyaman untuknya, adaya perubahan-perubahan dalam rutinitas kesehariannya yang mana mungkin ibunya harus kembali ngantor, bingung niple alias karena harus bergantian antara niple ibunya dan juga niple dot, atau juga perubahan-perubahan lainnya seperti pindah rumah, adanya babysitter dll.

Untuk kasus saya ternyata disebabkan karena si baby Adean sudah lebih ngeh akan kondisi nyaman bagi dirinya.
Jadi dia gak suka posisi saya menggendongnya untuk menyusu pada dada sebelah kanan.

 Saya mengetahui penyebabnya setelah saya mencoba beragam posisi menyusui dan ketemu, ternyata dia lebih nyaman kalau menyusu sebelah kanan dalam kondisi dia tidur di kasur atau sambil di gendong berdiri.
Untuk posisi yang terakhir ketemunya barusan, dan sukses bikin lengan saya makin berotot..
Adoooohh emakkk.... T_______T
Baca : Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi 3 Bulan Dengan GADDD
Dan ini tips #AlaRey dalam mengatasi bayi yang hanya mau menyusui pada satu sisi payudara karena kenyamanan :
  1.  Cari posisi menyusui yang nyaman untuknya, jangan malas untuk mencoba beragam model menyusui, dari duduk tegak, sampai duduk membungkuk, sambil tiduran dll. Jika ketemu posisi yang diinginkan, segera susui bayi dengan model yang nyaman untuknya agar payudara bisa seimbang dan gak sakit di salah satu sisi karena ASInya tidak tersedot.
  2. Susui bayi dengan posisi biasa di sisi payudara yang gak disukainya pada saat bayi sedang ngantuk atau tertidur. Yang ini ampuh banget buat saya, jadi saya gak perlu repot-repot cari kasur buat nyusuin terutama jika sikon tidak memenuhi.
  3. Perah ASI di payudara yang tidak di susui bayi, lalu cobalah menyuapin susunya dengan sendok (usahakan jangan pakai dot, agar bayi tidak lebih bingung lagi, kecuali memang sebelumnya sudah pakai dot)
  4. Latih sedikit demi sedikit agar bayi mau menyusui lagi dengan posisi awal, agar mengurangi kerepotan menyusui khususnya jika kita harus berada di luar dan harus menyusui di sisi yang di tolaknya.
Alhamdulillah, dengan tips tersebut, setelah beberapa minggu dari awal si baby Adean menolak niple kanan, sekarang sudah mulai lagi mau menyusu dengan posisi awal, meskipun kadang kalau lagi cranky dia tetap menolak dan sayapun terpaksa mengalah hehehe.

Nah, bunda-bunda, ada yang bernasib serupa? sharing di komen yuk!
Semoga bermanfaat.

TPJ AV - 29 Januari 2018

Love

Reyne Raea

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...