Sunday, December 25, 2022

Film Luck (2022), Petualangan Wanita yang Selalu Sial Mencari Keberuntungan dan Menemukan Keluarga

review dan sinopsis lengkap film luck 2022

Film Luck yang tayang di tahun 2022 ini, merupakan sebuah film animasi atau kartun barat yang punya makna paling dalam tentang keberuntungan, kesialan hingga menemukan keluarga.

Sebuah film kartun yang sarat makna, dan tanpa sengaja saya tonton, ketika sedang burn out dan mencoba mendinginkan kepala dari rutinitas yang berat.

Film animasi komedi barat ini, tayang di Apple TV+, tapi si Rey mah nggak usah ditanya nontonnya di mana, hahaha.

Penasaran nggak gimana sinopsis dan review film Luck ini?
Yuk kita cari tahu ceritanya yang tentu saja penuh spoiller, hehehe.


Sinopsis lengkap film Luck 2022


Kehidupan Sam Greenfield yang selalu kurang beruntung

Film Luck bercerita tentang seorang wanita penuh semangat bernama Sam Greenfield (Eva Noblizada), di mana hidupnya seolah diikuti oleh kesialan sehingga tak pernah beruntung.

Sejak kecil tinggal di panti asuhan yang bernama Summerland Home for Girl, dan mengalami berkali-kali penolakan dari beberapa calon orang tua asuh yang datang ingin mengadopsi anak dari panti tersebut.

Sampai akhirnya dia bertemu seorang gadis kecil yang tinggal di panti tersebut, bernama Hazel (Adelynn Spoon).

Sam sangat menyayangi Hazel, dan tak ingin Hazel bernasib sama dengannya, hingga dewasa tak pernah menemukan keluarga yang mau mengadopsinya.

review dan sinopsis lengkap film luck 2022
Bersama Hazel

Sayangnya, Sam akhirnya berusia 18 tahun, dan mau nggak mau harus segera keluar dari panti asuhan, dan belajar mandiri dengan tinggal di sebuah tempat sewa yang sangat sederhana, juga bekerja di sebuah supermarket sebagai modal hidupnya.

Bahkan setelah dia keluar dari panti dan belajar mandiri, kesialan masih terus mengikutinya, dimulai dari ketika baru sampai, kunci kamarnya jatuh ke got.

review dan sinopsis lengkap film luck 2022

Lalu di pagi hari, dia nyaris telat berangkat bekerja, eh pas masuk kamar mandi, pintu kamar mandinya kehalang tongkat sapu sehingga dia nggak bisa keluar, dengan penuh perjuangan dia memutar-mutar kunci, eh malah pegangan pintunya lepas, beruntung dia berhasil keluar dari kamar mandi.

Namun kesialan belum berhenti, ketika menyiapkan sarapan, rotinya malah mendarat di wajahnya, pas mau berangkat eh ban sepedanya bocor, pas mau dipompa eh pompanya rusak, dan masih banyak lagi.

Di tempat bekerjanya, kesialan belum berhenti juga, dan sukses membuat seisi supermarket berantakan karena kesialannya, hingga manajer tokonya memintanya mengerjakan pekerjaan di luar bangunan saja, yaitu mengumpulkan troly belanja. 

Bertemu Bob, Si Kucing Hitam Pembawa Koin Keberuntungan

Meski selalu sial, Sam bekerja dengan giat, hingga tiba waktunya istrahat, dia keluar dan makan bekal sandwich-nya di pinggiran jalan.

Tiba-tiba seekor kucing hitam mendekatinya, Sam lalu memberinya sepotong sandwich kepunyaannya, dan si kucing hitam makan dengan lahapnya.

Ketika Sam mengajak kucing tersebut ngobrol, eh si kucing malah lari dan meninggalkan sebuah koin. Sam lalu memungut koin tersebut dan menyimpannya di saku celananya.

Tanpa disadari Sam, ternyata koin itu membawa keberuntungan, terbukti ketika pagi dia terbangun, download materi kuliah yang dilakukan semalam udah berhasil, padahal biasanya gagal.
Seorang tukang sapu yang sedang membersihkan sampah di luar, tapi tak membuat sampahnya masuk ke dalam.

Ketika menyiapkan sarapanpun, begitu banyak keajaiban terjadi, semuanya penuh dengan keberuntungan.

Sampai akhirnya Sam mengerti, kalau semua itu berasal dari koin keberuntungan tersebut.
Betapa bahagianya Sam, dia berniat memberikan koin itu kepada Hazel, agar Hazel beruntung mendapatkan orang tua asuhnya.

Koin tersebut dibawa ke tempat kerjanya, dan membuat Sam bekerja dengan penuh keberuntungan.
Sampai akhirnya Sam masuk kamar mandi, lalu koin tersebut terjatuh masuk ke toilet.

review dan sinopsis lengkap film luck 2022

Sam sedih, ketika dia merenungi kesialannya di pinggir jalan, tiba-tiba dia melihat kucing hitam yang menjatuhkan koin keberuntungan tersebut, dan semakin terkejut ketika ternyata kucing itu bisa berbicara layaknya manusia.

Sayangnya, kucing tersebut kabur sebelum memberikan jawaban atas keberadaan koin keberuntungan tersebut, Sam terus mengejar si kucing, sampai akhirnya dia melihat si kucing masuk ke sebuah lubang ajaib, dan Sam mengikutinya, dan mendapati dirinya mendarat di sebuah pulau ajaib yang penuh dengan keberuntungan.  

Perjuangan mendapatkan koin keberuntungan di Pulau Keberuntungan

Sam akhirnya bisa berbicara dengan kucing tersebut, kucing itu bernama Bob (Simon Pegg), dan dia tinggal di pulau tersebut, yang mana mereka sesekali bisa keluar dari pulau tersebut, asalkan membawa 1 koin keberuntungan, agar mereka selalu beruntung.

review dan sinopsis lengkap film luck 2022
Di pulau keberuntungan

Sam yang mendengar bahwa di pulau itu terdapat banyak koin keberuntungan langsung semangat, dia bermaksud ingin meminjam satu koin saja untuk diberikan ke Hazel.
Agar ketika datang calon orang tua memilih anak asuh, Hazel bisa kepilih dan mempunyai keluarga.

Berbagai usaha dilakukan Sam dan Bob, yang membawa mereka mengenal beberapa orang penghuni pulau tersebut.

Di pulau itu, semua mahluk selalu beruntung, dan keberuntungan itu dijaga ketat oleh beberapa yang bertanggung jawab.

review dan sinopsis lengkap film luck 2022
Bersama Babe, si naga penjaga tanah keberuntungan

Satu persatu peluang mendapatkan koin mereka ikuti, namun sayangnya selalu gagal, karena kesialan Sam. Sampai akhirnya mereka harus terdampar di pulau sebaliknya yaitu pulau yang penuh dengan kesialan.

Dan bertemu dengan sesorang yang begitu teliti dalam menjaga agar tidak ada sedikitpun debu kesialan memasuki wilayah pulau keberuntungan.

Kesialan Melanda Pulau Keberuntungan dan Sam serta Bob menjadi pahlawan

Sayangnya karena semua kelakuan Sam dan Bob dalam mencari koin keberuntungan tersebut, malah membuat kerusakan besar di pulau tersebut.

Debu kesialan memenuhi pulau keberuntungan, menjadikan semua penghuninya menjadi sial.
Beruntung, ketika terdampar di pulau kesialan, Sam sempat melihat ada serpihan keberuntungan di pulau tersebut, dan dengan serpihan tersebut, mereka berhasil memperbaiki pulau keberuntungan tersebut, menjadi seperti semula kala. 

Meskipun dari kejadian itu, akhirnya terungkap, kalau ternyata Bob bukanlah kucing spesial, dia hanyalah seekor kucing hitam yang sial, seperti lainnya.
Selama ini, dia beruntung, karena mempunyai koin keberuntungan sendiri, yang dia bawa ke mana-mana.

Ending

Di akhir cerita, Bob akhirnya diterima kembali tinggal di pulau keberuntungan, dengan tetap memakai koin keberuntungan yang diberikan khusus kepadanya.

Tapi Bob menolaknya, dan memilih mengikuti Sam ke dunianya, dengan menjadi 'keluarga permanen' buat Sam.

Sam sangat bahagia, terlebih Hazel juga akhirnya menemukan orang tua asuhnya.
Mereka lalu hidup berbahagia, tak peduli kesialan masih selalu mengikuti mereka.

Bahkan, lama-lama mereka terbiasa dengan kesialan tersebut, dan saling bantu membantu untuk bisa hidup damai meski sering sial.


Review Film Luck 2022


Profil:
Sutradara : Peggy Holmes 
Writer : Jonathan Aibel, Glenn Berger, Kiel Murray
Produser : John Lasseter, David Ellison, Dana Goldberg, David Eisenmann
Sinematografer: Thomas Leavitt, Ferran Llàcer Álvarez (camera), Eduardo Suazo (lighting)
Release Date: 05 August 2022
Runtime : 105 minutes
Genre :  Animasi Komedi Fantasi
Distributor: Apple Studios
Language: English
Country: USA, Spain

Pemain:
Eva Noblezada sebagai Sam Greenfield
Simon Pegg sebagai Bob, si kucing hitam
Jane Fonda sebagai Babe, wanita naga yang menjaga tanah keberuntungan
Whoopi Goldberg sebagai kapten, kepala keamanan di tanah keberuntungan
Flula Borg sebagai Jeff, unicorn yang menjadi staf teknik dalam menjaga debu kesialan
Lil Rel Howery sebagai Marvin, manajer di toko tempat Sam bekerja
Colin O'Donoghue sebagai Gerry, sahabat Bob di tanah keberuntungan

Rating By Me : 4,80 of 5

review dan sinopsis lengkap film luck 2022

Awal nonton film ini, saya kirain ini adalah film Disney, karena mirip banget dengan semua film kartun keluaran Disney, yang biasa bekerja sama dengan Pixar.

Bagi yang sering nonton film-film Disney dengan Pixar pasti menyadari hal ini, baik pembuatan banner atau cover film, kualitas animasinya, persis banget dah kayak film animasi Cars, Toy Story dan semacamnya itu.

Usut punya usut, ternyata ini dikarenakan seorang veteran Pixar, John Lasseter yang telah bergabung dengan Skydance Animation, setelah hengkang dari Pixar paska tuduhan melakukan pelanggaran.

Makanya yaaaa, kok ya serasa nonton kualitas film Disney dah.
Minus jalan ceritanya aja kali ya, entah gimana alur cerita di film Luck ini agak sedikit membosankan, dan terlalu apa ya, kurang greget aja rasanya dibandingkan dengan alur cerita di film-film Disney.

Meskipun, menurut saya, makna dan pesan dari film ini juga tak kalah mendalam dibandingkan film Disney (ini kenapa saya membanding-bandingkannya terus ya, hahaha).

Yang jelas, buat saya alur ceritanya kayak melambat di pertengahan, atau mungkin pembukaannya terlalu heboh ya, jadinya pas di pertengahan jadi kehabisan greget, hahaha.

Tapi over all, film ini menarik banget, dan cocok banget ditonton oleh anak-anak, karena pesannya juga dapet banget.
 

Makna dan Pesan Film Luck 2022


Seperti film-film animasi lainnya, film Luck ini juga punya makna pesan yang mendalam, yang cocok banget buat dipahami oleh anak-anak, bahkan orang dewasa, seperti:

review dan sinopsis lengkap film luck 2022

1. Tidak ada kondisi sial yang benar-benar sial

Yup, sebenarnya, tak ada kondisi yang benar-benar sial, karena kesialan dan keberuntungan itu, harus saling berdampingan, seperti Yin dan Yang.

Kesialan, setidak menariknya pun, punya manfaat luar biasa, seperti kesialan yang sering melanda Sam, membuatnya tumbuh jadi wanita yang pantang menyerah, dan begitu peduli dengan orang lain.

Juga, banyak penghuni yang ada di pulau kesialan, meski mereka selalu terkena sial, tapi lama-lama mereka terbiasa, dan belajar jadi lebih baik lagi dalam menyikapi kesialan.

2. Keberuntungan juga butuh sial untuk melengkapi

Keberuntungan melulu, sama sekali bukan hal yang terbaik, karena akan menghasilkan orang-orang yang malas. Kurang peduli dengan lainnya, kurang peka, dan kurang mau berusaha lebih.

Hal ini terbukti ketika akhirnya pulau keberuntungan mengalami kehancuran, banyak penghuninya yang terjebak di beberapa tempat, dan mereka diam saja, tidak mau berusaha melakukan sesuatu hal untuk bisa bebas dari tempat yang kurang aman tersebut.

Beruntung beberapa penghuni pulau kesialan, datang membantu mereka.
Berusaha mencari cara agar penghuni yang terjebak, bisa keluar dari tempat berbahaya.

Demikian juga, dengan keberuntungan mereka, menjadikan penghuni di pulau keberuntungan, tak ada yang mau menyimpan serbuk keberuntungan untuk berjaga-jaga, karena merasa selalu beruntung.

3. Keluarga, adalah tempat di mana kita tak pernah melihat perbedaan kesialan dan keberuntungan

Yang paling menyentuh dan menjadi pesan terbesar dari film animasi Luck ini adalah, bahwa sesungguhnya keluarga adalah keberuntungan yang abadi.

Keluarga bisa melengkapi kita dalam segala hal, keluarga adalah orang-orang yang tidak akan berhenti peduli dan mencintai kita, sebagaimanapun hidup kita, mau beruntung ataupun sial.

Dan keluarga merupakan tempat, di mana kita tak pernah lagi bisa melihat perbedaan dari kesialan maupun keberuntungan.


Penutup

Seperti yang saya tuliskan di atas, film animasi Luck 2022 ini, sangat cocok ditonton bareng anak-anak, apalagi pas banget kan, anak-anak sedang menikmati masa liburannya sekarang.

review dan sinopsis lengkap film luck 2022

Tonton deh, pasti anak-anak suka.


Surabaya, 25 Desember 2022


Sumber: film Luck 2022
Gambar: dari berbagai sumber

2 comments :

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top