Saturday, December 31, 2022

Evaluasi Blogging 2022 dan Resolusi Blogging 2023

resolusi blogging 2023

Menjelang pergantian tahun kayak gini, selalu identik dengan resolusi ya.
Saya sebenarnya males bikin resolusi-resolusi-an, saking seringnya resolusi yang saya bikin itu, hanya meneruskan resolusi tahun sebelumnya,wakakakak.

Tapi, pas akhir tahun buka iseng buka kenangan di Facebook, lalu saya sadar, kalau ternyata saya dulu sering bikin resolusi untuk pribadi gitu, dan pas tahun depan kenangan itu muncul, jadi happy banget pas tau, beberapa dari resolusi itu tercapai.

Selain itu, saya merasa semakin hari kok si Rey ini makin pikun ya, sementara perasaannya (semacam) hanya merasa bahagia kalau semua waktunya produktif, dan penuh pencapaian.

Duh pegimana ya bahasa sederhananya?
Pokoknya, saya merasa kalau butuh bikin resolusi deh, biar lebih terarah gitu, jadi semangat untuk menggunakan semua waktu dengan lebih produktifnya, lebih bermanfaat dengan berbagai pencapaian, insha Allah, aamiin.

Dan bukan hanya resolusi kali ya, biar masuk akal, memang wajib banget dilakukan evaluasi dari kegiatan di tahun 2022 ini, meskipun nggak untuk yang secara menyeluruh dalam hidup ya, setidaknya buat kegiatan blogging saya aja dulu (padahal hidup saya diisi mostly blogging, setelah profesi mamak-mamak sih, wakakaka).


Evaluasi Blogging 2022


Artikel ter-publish di tahun 2022 dan ceritanya


Selama tahun 2022 ini, sebenarnya luar biasa sih ya.
Luar biasanya, karena artikel yang ter-publish di blog, Alhamdulillah melebihi jumlah artikel yang ter-publish di tahun 2021 lalu.

evaluasi blogging 2022

Padahal, kondisi saya di tahun ini juga luar biasa membagongkan, hahaha.
Selama tahun ini, saya lewati hampir setengah tahun untuk beradaptasi dan menerima kondisi, di mana saya harus mengurus semuanya seorang diri, karena papinya anak-anak kerja di luar kota dan pulangnya berbulan-bulan.

Alhasil, saya bolak balik sakit di awal-awal tahun.

Di pertengahan tahun, saya udah mulai beradaptasi, tapi muncul lagi masalah baru, anak-anak masuk sekolah dong!
Di mana, biasanya saya cuman repot urus persiapan si Kakak ke sekolah, sekarang juga repot urus persiapan si Adik, sekaligus antar jemput dan mengurus kegiatan sekolahnya yang seabrek itu, hiks.

Tapi, Alhamdulillah, semua tantangan itu, bikin saya menciptakan hal lain yang positif, yaitu berusaha lebih disiplin terhadap waktu, dan anak-anak juga mengikuti.

Baru aja stabil terhadap manajemen waktu dan disiplin yang ketat, eh akhir tahun papinya pulang, kacau lagi deh semua kedisiplinan, karena anak-anak punya alasan seabrek diajak disiplin, melihat papinya yang nggak kuat ikuti manajemen kami selama ini.

Semua hal ini, amat sangat mempengaruhi waktu ngeblog saya, sehingga kadang saya minum kopi bergelas-gelas demi menahan kantuk agar bisa ngeblog dengan fokus, terus abis itu saya gemetaran, saking lambung saya nggak kuat kafein banyak, wakakakaka.

Kadang juga, saya nggak tidur sampai pagi, paginya cuman tidur 2 jam aja, sampai akhirnya tepar, wakakakaka.
Setelah tepar, back to normal lagi deh, meski akhirnya waktu ngeblog jadi amat sangat sedikit, huhuhu.

Dan di antara cerita hectic lahir batin yang saya alami tersebut, Alhamdulillah sepanjang tahun 2022 ini, saya bisa menulis sebanyak 370an artikel di beberapa blog, lumayan juga kan, ibarat one day one article, hehehe. 


Kegiatan Blogging 2022


Dengan berbagai cerita ke-hectic-an hidup saya di tahun 2022, tentu saja membuat kegiatan blogging saya jadi makin berkurang dibanding sebelumnya, menyedihkan sih ya.

Kalau dulunya, saya pasti selalu membalas semua komentar yang ada di blog, even komentar yang asal aja, sekarang malah jarang banget.

Demikian juga dengan kegiatan blog walking, saya sering banget kewalahan, sehingga dari yang biasanya kegiatan BW itu 2 kali seminggu, lalu jadi seminggu sekali, lalu jadi sesempatnya aja, hahahaha.

Semua itu dikarenakan kurangnya waktu, dan akhirnya saya memilih memprioritaskan menulis dulu, setelahnya baru deh kegiatan blogging lainnya, seperti blog walking, balas komentar, termasuk utak atik blog biar performa naik.


Evaluasi dari resolusi 2022


Setelah ubek-ubek blog ini, saya lalu menemukan bahwa ternyata, saya sempat nulis resolusi blogging 2022 loh di akhir tahun 2021 lalu, yaitu:

πŸ’šMenulis minimal 10 artikel di tiap blog setiap bulannya, khusus blog beauty minimal 5 artikel aja deh, soalnya artikel beauty itu bikin ngehek, hahaha.
πŸ’ŸRealisasi
  • Blog reyneraea terpenuhi, bahkan lebih dari 10 artikel perbulan (rata-rata).
  • Blog beautybyrey terpenuhi.
  • Blog parentingbyrey kurang, hehehe.
πŸ’šPunya jadwal ngeblog dan disiplin mengikutinya, atau bisa dibilang manajemen waktu ngeblog, meskipun sebenarnya saya punya loh jadwal ngeblog setiap harinya, tapi selalu dikhianati sendiri jadwalnya, hahaha.
πŸ’ŸRealisasi: Cuman beberapa bulan sih, kayak timbul tenggelam banget, biasanya yang bikin gagal itu, pas bertepatan dengan kegiatan sekolah anak, plus ada job beauty yang emang lumayan ribet.

πŸ’šLebih rajin balas komentar, ini sangat berhubungan dengan jadwal ngeblog, karena sebenarnya saya udah punya jadwal bewe dan balas komen, sayang saya khianati selalu, hahaha.
πŸ’ŸRealisasi: Makin berkurang banget, hiks.

πŸ’šLebih peduli SEO, dan untuk menyikapi rasa bosan, saya mau bikin 1 blog diary, yang khusus buat curhat, biar kalau idenya mentok, ya udah curhat aja, hahaha.
πŸ’ŸRealisasi: Terpenuhi banget, selama tahun 2022 ini, kebanyakan artikel yang saya tulis, selalu melalui riset keyword dulu, nulisnya pun sebisa mungkin menerapkan teori-teori optimasi SEO, meskipun nggak semua bisa ada di page one google sih, tapi lumayan lah.
Saya juga menyikapi asal nulis dengan bikin 1 blog diary khusus, yang di situ saya bebas curhat sampai sesukanya, hahaha.


Resolusi Blogging 2023


Lalu kira-kira apa ya yang bakal menjadi resolusi masuk akal saya di tahun 2023 ini?
Apakah meneruskan resolusi 2022? Kayaknya sih mostly iya, wakakakakakak.

resolusi blogging 2023

Tapi lebih jelasnya mungkin seperti ini:


Resolusi target blogging 2023


Kalau ngomongin poin-poin resolusi blogging, saya pikir akan lebih mudah kalau kita mengetahui target besar yang ingin kita capai, khususnya di dalam dunia blogging.

Sejujurnya, di tahun 2023 ini saya pengen banget melakukan hal yang lebih fokus di dunia blogging, maksudnya yang fokus di satu penghasilan aja, biar benar-benar menghasilkan sesuai target.

Awalnya, saya berencana pengen fokus mendalami adsense, pengen bisa gajian lebih sering dari adsense, minimal sebulan sekali lah, hehehe.
Tapi, setelah dilihat-lihat, kayaknya masih sulit dilakukan ya, karena akoh butuh uang melulu, huhuhu.

Yang namanya menggali penghasilan dari adsense, seharusnya memang fokusnya di artikel, mengejar trafik natural. Dan dengan banyaknya persaingan saat ini, rasanya imposible banget dilakukan, kalau cuman ngasal.

Dan kalau mau fokus, mau nggak mau saya harus melupakan yang namanya penghasilan lain kayak sponsored post yang bundling medsos, karena imposible juga saya bisa aktif di medsos, kalau fokusnya di artikel saja.

Btw, aktif di medsos itu, bukan cuman posting aja ya, tapi kejar engangement rate-nya juga, jadi butuh waktu untuk optimasi lebih dari postingan medsos.

So, sepertinya di tahun 2023 ini, saya harus puas dengan target mendapatkan uang dari blog dan medsos, apapun bentuknya, wakakakakakakak.

Sami mawon mah sama tahun-tahun sebelumnya. 
Ya pegimana dong, akoh butuh uang buat bayar SPP si Adik, bayar tagihan supipeileder, wkwkwkwkw.
Buat kebutuhan dapur dan lainnya.

Hadehhhhh.... andai akoh bisa kerja, di mana hasilnya cuman buat ditabung aja, impian banget ituh


Rencana kegiatan blogging 2023


Dari target resolusi 2023 yang saya simpulkan di atas, mau nggak mau poin-poin resolusi 2023 ini, nggak jauh-jauh dari poin resolusi tahun 2022 (bilang aja, nerusin resolusi 2022, wakakakak), yaitu:
  • Posting artikel minimal perbulannya adalah: 10 artikel di blog reyneraea, 10 artikel di parentingbyrey, 5 artikel di blog beautybyrey, 4 artikel di blog womandaily serta 10 artikel di blog baru (nanti aja kalau udah banyak isinya baru saya share, wakakakakak). 
  • Bikin blog dotcom baru dan posting artikel minimal 10 perbulan, untuk ini masih rencana ya, masih galau antara mau bikin di wordpress atau tetap di blogspot.
  • Total artikel per bulan 39 + 10 artikel di blog rencana, berarti 49 artikel, means minimal 2 artikel setiap hari (minus hari minggu). 
  • Bikin rencana artikel, biar terpenuhi rencana posting artikelnya.
  • Bikin plan kegiatan blogging, seperti step ngeblog yang lebih terperinci. 
  • Usahakan seminggu sekali blog walking bebas.
  • Usahakan seminggu sekali membalas komentar di blogpost, dahulukan yang urgent. 


Rencana manajemen segalanya lebih intensif 


Secara garis besarnya, karena target resolusi blogging di tahun 2023 ini masih kurang lebih sama kek tahun-tahun sebelumnya, hehehehe.
Jadi, yang perlu dilakukan adalah lebih fokus ke manajemen ngeblognya.

Bukan cuman manajemen waktu, tapi juga manajemen kegiatan blogging, agar lebih terarah dan tercapai target yang diinginkan.

Atau dengan kata lain, di tahun 2023 ini, harus lebih banyak menuangkan rencana di kertas, dan sebisa mungkin ditempel ke dinding, jadi ketahuan mana yang sudah dilakukan, mana yang masih kurang banyak.


Penutup


Meski dunia blogging mulai banyak ditinggalkan orang-orang, tapi entah memang jiwa saya tuh sukanya nulis, jadinya saya sulit berpaling dari blogging.

Jadi, tahun ini pun saya tetap fokus di blogging, dan mungkin akan mengurangi kegiatan di medsos, terutama instagram yang menguras waktu saya banget.

Dan yang paling penting, adalah lebih banyak lagi fokus di manajemen semuanya, baik waktu, kegiatan blogging, maupun keuangan.

Biar ketahuan kan ye, penghasilan si Rey ini berapa sebenarnya?
Dan habis ke mana aja?
Atuh mah si Rey emang sebelumnya malas banget nyatat, bukan malas banget sih, tapi lebih ke 'saking nggak ada waktu lebih'.

Tapi setelah dipikir-pikir, kerja tanpa plan itu juga nggak asyik, semacam nggak punya tujuan jelas dan kegiatan jelas.

Begituh.
Semoga dilancarkan, dan tercapai semua impian kita semua, aamiin.
Selamat ganti tahun semuanya...
Good bye, thank you and Alhamdulillah tahun 2022
Welcome and Bismillah tahun 2023

Sidoarjo, 31 Desember 2022

6 comments :

  1. Bikin yang baru di Wordpress Rey... Saatnya untuk menambah pengetahuan dengan perjalanan baru. Pada saatnya, blog baru itu akan memperkaya khasanah pengetahuan kamu sebagai blogger, meski sudah pasti akan menambah kerepotan.. Tapi semua usaha belajar pasti membutuhkan pengorbanan.

    Itu saran saya, yang seperti biasa, boleh banget untuk diabaikan atau diikuti.. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya Bapak, pengen bikin di WP sebenarnya, udah ada sih blognya, tapi ternyata kudu di import ke WP baru wakakakka

      Delete
  2. Aku gemeter liat planning ngeblognya si Rey ini πŸ€£πŸ˜…πŸ˜…. Kayaknya aku bakal ga achieve sih kalo ngikutin hahahaha. Saluuuut sih Rey, kalo kamu mah aku yakin bisa ngikutin. Apalagi fokusmu memang di sana.

    Tahun ini aku memang mau fokus juga ke blog, kalo sebelumnya lebih ke target membaca buku, THN 2023 utk blog deh. Tapi ga bisa kayak yg kamu lakuin jugaaa 🀣🀣. Aku nyerah kalo itu hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, si Rey orientasinya duit soalnya Mbaaa, kadang juga merasa mampu nggak ya? tapi tagihan melecut akoh, HARUS MAMPU REY! wakakakaka,
      Meskipun jujur belum tahu apakah ini akan benar-benar menghasilkan, tapi setidaknya apa yang bisa saya lakukan saat ini, saya lakukan dengan benar-benar :)

      Delete
  3. Aamiin. Ikut mengaminkan Mbak Rey agar semua resolusi 2023 dalam dunia blogging Mbak Rey tercapai.

    Mbak Rey ini salah satu blogger yang nulisnya gila konsistennya! Padahal disela nulis itu juga ada hal² rempong yang diurus sendiri, salut euy!

    ReplyDelete
  4. aku ngerasa udah ga kayak dulu lagi ngeblognya, terutama dalam hal balesin komentar, padahal udah diniatin sehari cuman balas komen, tapi apa daya. Meskipun buka blog tiap hari, komen dari tahun lalu malah ga kebales.
    sedihh hahahha

    mungkin imbas dari sibuk sibuk sibuk, padahal kalau diluangkan waktu dan NIAT ya bisa aja balesin komen yang ga seberapa banyak itu, tapi ngerasa banyak wkwkwk

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top