Tuesday, December 28, 2021

Cerita Blogging Tahun 2021 dan Harapan Blogging Tahun 2022

Cerita Blogging Tahun 2021 dan Harapan Blogging Tahun 2022

Sharing By Rey - Tahun 2021 sedikit lagi meninggalkan kita, dan tahun 2022 akan segera menanti kita. Excited bercampur sedih nggak sih? Terutama mengingat cerita blogging kita di tahun 2021 ini, dan excited lagi mengingat rencana blogging di tahun 2022.

Eh btw, ada yang kangen saya nggak? kangen aja gitu loh, hahaha.

Menjelang akhir tahun, kegiatan ngeblog saya jadi sangat terbatas ya, eh salah, maksudnya berkurang banget.
Awalnya cuman di blog ini, lama-lama di semua blog saya jadi jarang posting lagi, huhuhu.

Sedih sih ya, dan kangen tepatnya, tapi memang sejak awal Desember ini, banyak hal yang saya alami, dari yang harus mengurus anak sendiri 24 jam tanpa jeda sedikitpun meski hari libur, sampai akhirnya saya drop, sakit mual dan muntah selama semingguan lebih ini.

Ngenes pokoknya, jangankan mau ngeblog, buka blog aja enggak sama sekali, anak-anak pun sampai jadi nggak keurus saking maminya tidur mulu, untung si kakak udah bisa masak nasi dan urus adiknya, jadi mereka masih bisa keurus dikit lah.

Alhamdulillah, perlahan saya pulih sendiri, dan udah nggak bisa nahan kangen buat nulis di blog lagi, meski saya liat banyak juga tanggungan balas komen dan bewe ke tempat teman-teman, tapi saya pengen nulis dulu aja deh, hehehe.


Cerita Blogging Tahun 2021


Saya cuman pengen bercerita aja tentang kegiatan blogging saya selama tahun 2021 ini.
Sejujurnya, kalau dibanding dengan tahun sebelumnya, di tahun 2020 lalu.
Kegiatan blogging saya di tahun 2021 ini sangat menurun.

Harapan Blogging Tahun 2022

Kalau tahun lalu, saya bisa menulis lebih dari 400 artikel selama setahun, di mana di blog ini terdiri dari 390 artikel.

Tahun ini, bahkan ditotal untuk ke-4 blog pun, cuman menyentuh total 340an artikel yang bisa saya tulis selama setahun.

Ada berbagai alasan sih untuk itu, baik kondisi kesehatan yang menurun, selama setahun ini saya bahkan mengalami 3 kali sakit dan harus beristrahat hingga 2 mingguan.
Sampai ke alasan, kayak udah kehabisan ide buat ditulis hahaha.

As you know kan ye, saya membatasi blog saya dengan tema tertentu, dan selama tahun 2020 lalu, saya sudah mengisi semua tema itu tanpa bolos.
Rasanya, saya udah kehabisan ide buat ditulis lagi, hahaha.

Di sisi lain, mungkin karena pengaruh menulis di blog yang berbeda kali ya, kalau tahun lalu kan saya lebih banyak menulis di blog ini, jadi kayaknya mood ataupun semangat itu selalu nyambung, karena tempatnya sama.

Lah, mulai tahun ini, saya pindah-pindah nulisnya.
Sabtu-Selasa aja bisa nulis di blog ini, selebihnya nulis di blog lainnya.

Bukan hanya itu juga, faktor mengejar performa blog nih yang bikin saya nggak bisa fokus dan konsen menulis di blog seperti tahun 2020 lalu.

Di mana, kalau dulu kan yang diurus cuman blog ini aja, naikin DA/PA dan segalanya, hanya fokus ke blog ini.
Lah sekarang, sekali bikin backlink, 4 blog yang dipikirkan, hahaha.

Lebih sedihnya lagi, saya bahkan nggak nulis di platform website lain dong selama setahunan ini, even itu Kompasiana atau Kumparan.

Duh... 
Begitulah, maksud hati ingin memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai *tsah! hahaha.

Meski demikian, Alhamdulillah penghasilan ngeblog tahun ini lumayan banget ya, meski bukan semata dari kerja sama yang fee nya makin hai makin membagongkan sih, Alhamdulillah semua tertutupi dengan kerjasama di website intelinfluence yang menggegerkan dunia perblogan, karena fee-nya yang membahagiakan.

Selebihnya sih hanya kerjasama dengan fee yang kadang saya terima karena ngasal aja, hahaha.

Tapi memang patut disyukuri sih, setidaknya saya masih bisa bayar perpanjangan domain, bayar check out keranjang Shopee, beli skincare yang harganya lumayan menguras isi rekening, beliin kebutuhan dan jajan anak-anak, bayarin jalan-jalan dan makan-makan.

Alhamdulillah deh.

Dan yang paling penting sih, saya masih punya hal yang saya sukai untuk dikerjakan, dan luar biasanya itu bisa menghasilkan uang.
Alhamdulillah.


Harapan Blogging Tahun 2022


Saya barusan mengintip semacam rencana dan harapan blogging di tahun 2021 ini, yang saya tulis di akhir tahun 2020 lalu, dan bikin ngakak dong, karena ternyata.... rencana saya sama sekali nggak tercapai.

Cerita Blogging Tahun 2021

Bayangin aja, dulu saya punya harapan dan rencana, akan menulis di blog ini minimal 15 artikel setiap bulannya, nyatanya dari target tersebut, masih kurang 40an artikel dong, hahaha.

Bukan hanya itu, hal-hal lainnya pun banyak banget yang nggak tercapai, meski saya tetap bersyukur banget karena saya bisa mencapai hal lain yang jauh lebih bikin bahagia sih ya.

Karenanya, di tahun 2022 besok, saya nggak lagi punya target yang muluk-muluk untuk dunia blogging. Cukup sederhana aja, seperti:
  • Menulis minimal 10 artikel di tiap blog setiap bulannya, khusus blog beauty minimal 5 artikel aja deh, soalnya artikel beauty itu bikin ngehek, hahaha.
  • Punya jadwal ngeblog dan disiplin mengikutinya, atau bisa dibilang manajemen waktu ngeblog, meskipun sebenarnya saya punya loh jadwal ngeblog setiap harinya, tapi selalu dikhianati sendiri jadwalnya, hahaha.
  • Lebih rajin balas komentar, ini sangat berhubungan dengan jadwal ngeblog, karena sebenarnya saya udah punya jadwal bewe dan balas komen, sayang saya khianati selalu, hahaha.
  • Lebih peduli SEO, dan untuk menyikapi rasa bosan, saya mau bikin 1 blog diary, yang khusus buat curhat, biar kalau idenya mentok, ya udah curhat aja, hahaha.
  • Apa lagi ya? kayaknya itu aja deh, yang penting disiplin manajemen waktu sih, karena masih PR besar banget nih saya buat keseimbangan waktu, buat ngeblog, diri sendiri, dan keluarga.
Itu saja sih harapan dan target saya, sungguh tidak keren banget ya, hahaha.

Saya membaca banyak target teman-teman, dan sungguh saya merasa insecure karena target saya makin kecil.

Tapi balik lagi sih ya, setiap orang punya waktunya masing-masing, dan sudah tahun ke-4 dan masuk tahun ke-5 saya serius ngeblog, sudah saya kejar target yang gede-gede, nyatanya ujung-ujungnya juga kebentur dengan kondisi status saya sebagai mami dari 2 anak dan sendirian mengurus anak.

Pengen punya ART, tapi udah saya pertimbangkan kalau itu bukan solusi terbijak, setidaknya saat ini.
Jadi ya gini aja deh, menjalankan hal-hal yang bisa saya kerjakan, sambil belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Udah saya jalankan berbagai target yang besar, hasilnya mentok jatuh sakit atau mental jadi down.
So, kali ini saya mulai belajar untuk menjalankan hidup dengan lebih balance aja, bukan berarti saya mau santai atau bermalas-malasan, tentu saja not so Rey banget tuh bermalas-malasan.  

Karena saya juga punya impian besar banget untuk tahun 2022 ini.
Dan untuk mewujudkannya, butuh banget effort yang besar juga.

That's why, life balance itu penting, biar impiannya tercapai, bukannya malah jatuh sakit dan penghasilan habis buat kesehatan aja.

Demikianlah.
Kalau Bloggers lainnya, punya cerita blogging apa nih di tahun 2021 ini?
Dan apa harapan ngeblog di tahun 2022 nanti?
Share yuk.

Sidoarjo, 28 Desember 2021


Sumber: Opini dan pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

18 comments :

  1. Menurut saya, setahun bisa menulis 340 itu banyak bangattts 😍 COOL~!

    By the way, selamat untuk pencapaian tahun ini mba Rey, semoga harapan untuk tahun depan berjalan sesuai rencana dan lancar. Plus nggak sabar mau baca blog khusus diary~nya, pasti nggak kalah fun dengan blog ini, karena saya always menikmati cerita-cerita personal yang mba Rey bagikan, sebab ada banyak pelajaran yang bisa saya dapat πŸ˜†

    Lastly, happy new year, mba πŸ₯³πŸŽ‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahhh Enooo, kirain belom aktif lagi :D

      Happy new year kesayangaaannn :*

      Delete
  2. Wah mbak Rey cuma 340 artikel dalam setahun ya, kalah dong Ama saya yang 770 artikel tahun 2021 ini, eh tapi nol nya ilang ya 🀣

    Alhamdulillah biarpun tulisan makin turun tapi fee nya makin naik bahkan bisa cukup untuk kebutuhan sehari-hari plus beli skincare dan es bubble ya mbak.🀣

    Dari ngeblog di blogspot tahun 2017, aku belum pernah bikin rencana atau target, tahun 2018, 2019 2020, 2021 bahkan tahun 2022 pun ngga ada target atau rencana apapun.

    Parah ya, tapi aku ngga mau bikin target ini itu, biarpun katanya tidak apa-apa kalo tidak capai target tapi kadang kepikiran kalo ada target. Mendingan tidak usah ada target dah.🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah, soalnya menurun dari tahun sebelumnya Mas.
      Eh iya sih, seringnya kalau target ga kecapai malah bikin kepikiran ya :D

      Delete
  3. Kangen banget sama Mbak Reeeeeeey πŸ˜†. Rasa-rasanya udah lama banget gak main ke sini. Juga udah lama gak main ke blog temen-temen lainnya sih, gara-gara cuti ngeblog lama. πŸ™ˆ

    Seperti yang aku bilang sebelumnya, tahun ini aku cuti ngeblognya lama sekali, Mbak Rey. Sudah berbulan-bulan. Entah, sudah berapa bulan tepatnya, aku lupa. Saking lamanya. Wkwkwk. 🀣

    Sekarang aku masih cuti nulis di blogku yang bahas beauty, Mbak Rey. Masih gak mood. Soalnya pasca awal anosmia tengah tahun kemarin, sampai sekarang penciumanku masih amat sangat lemah sekali. Mau bahas skincare, tapi kalau gak bahas aroma rasanya ada yang kurang gitu 😣. Sebagai gantinya aku nulis di blog baru yang isinya agak gak jelas. πŸ˜…

    Ngomong-ngomong, satu tahun bisa menulis 340 artikel itu luar biasa sekali, Mbaaaaak 🀩. Kalau aku, sudah dipastikan gak bisa sampai sebanyak itu. Bisa-bisa meledak kepalaku, kalau nyoba-nyoba nulis sebanyak itu🀯. Mungkin gara-gara aku gak bakat nulis kali ya. Hehehe.

    Untuk targetku 2022, seperti tahun lalu: gak target-targetan 🀣. Biarlah semuanya mengalir seperti air πŸ™ˆ. Btw semoga target blogging Mbak Rey 2022 tercapai yaaaa. Semangat terus, Mbak Rey. πŸ’ͺ🏽

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh Roem, iya ya, kangen juga main ke blog dan baca beauty rasa komedi, hahaha.
      Saya juga pertengahan tahun kemaren anosmia say, untungnya sih cuman 2 mingguan sih, memang ga enak banget, ga bisa cium bau apapun.

      Semoga kita selalu sehat ya say.
      Dan semoga Roem bisa segera bahas beauty lagi, kangen ama tulisan dan fotonya yang kece :D

      Delete
  4. Tahun 2021 ini aku 'agak' jarang bewe. entah kenapa kok rasanya ga kuaddd mau bewe. haha..
    tapi kalo untuk job Alhamdulillah lumayan lancar di tahun ini dibanding sebelumnya.
    harapan aku di tahun 2022 semoga makin bertabur dollar mbak.. dah itu aja gak muluk2.. wakakakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, eh iya ya, saya pun agak berkurang nih intensitas BWnya, bahkan balas komentar aja jadi jarang :D

      Delete
  5. Waaawww mbak Reyyyy keren bingit bisa sampe 300an bahkan 400 πŸŽ‰πŸ’ƒ aku 100 aja udah ngos-ngosan hehe 🀭

    Luaar biasaaaa. Jangan lupa istirahat ya mbaakkk. Takjub sama mbak Rey yang masih semangat blogging sambil merawat anak 24jam πŸ‘πŸ½ standing applause

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, thank you.
      Iya, tuntutan keadaan, Alhamdulillahnya sih saya kerjanya di hal-hal yang saya nikmati, meski kadang kesal dikejar waktu, hahahah

      Delete
  6. Wah jadi inget aku belum bikin sama sekali resolusi untuk 2022 :)
    Yang pasti performa aku menulis dangaaat2 menurun dibanding 2021.
    Yah resolusi aku di 2022 gak mau terlalu muluk² sih, paling tidak ya setidaknya ya, hahaa, 4 artikel ajalah dalam sebulan, itu dah cukup kayaknya, mengingat aku udah ada aktivitas lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kembali lagi ke fokus sih, kalau kita udah punya fokus baru, nggak mungkin bisa mengerjakan hal lain dengan sama kayak ketika kita fokus dulunya.
      Yang penting tetep produktif dan menikmati ya Mba :)

      Delete
  7. Target ngeblogmu yg ga tercapai ini, dibandingin punyaku, setengahnya aja ga sampe Rey 🀣🀣🀣🀣🀣... Lah wong nulis aja 2 Minggu sekali wkwkwkwjwj

    Gapapa kali rey, ada kalanya kita memang butuh istirahat kok. Tahun lalu kamu udh nulis rutin dan konsisten, THN ini pelan2 lah. Apalagi yg kamu pegang udah bukan 1 blog lagi.

    Ga usah perhatiin target orang lain. Aku kalo mau baper, juga langsung rendah diri liat target temen2 yg sesama blogger. Keren2 banget dan buatku itu udh kayak diawang2 🀣🀣🀣. Kayaknya kalo bikin target yg sama, dijamin ga akan tercapai akhir 2022 ntr , Krn fokus, skill dan bidangku bukan di sana. Percuma kalo bikin target yg dari awal udh tau ga akan bisa aku capai.

    Mending aku fokus Ama target yg memang passionku, keahlian ku. Blog rasanya tetep hanya Utk having fun. Biar aku ga pusing ngurusnya πŸ˜….

    Jadi mau fokus ke target kenaikan investasi melalui beberapa platform, target tabungan harus nambah berapa, dan lagi-lagi ke reading challenge ku πŸ˜„. Traveling blm berani bikin target. Selama pandemi blm dinyatakan berakhir, selama msh ada karantina, aku blm tertarik Utk jalan2. Tekor yg ada bayar karantina 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny keren sih, target readingnya bikin mupeng sebenarnya, tapi apa daya waktu nggak memungkinkan, saya sering penasaran banget baca mini review bukunya, tapi pegimana dong, bahkan sesekali saya nemu bukunya di ipusnas atau semacamnya yang gratis, kagak bisa dibaca juga dengan tuntas, orang waktu rehat buat baca cuman 15 menit kali 3 sesei setiap harinya hahahaha

      Delete
  8. 340 artikel itu wow banget sih mba. Duh pengen tepok jidat saya sendiri. Apalagi isi blog saya kok makin mirip etalase (buat yg paham aja, hihihi). Keren mba Rey, saya harus belajar banyak dari mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip etalase juga keren dong Mba, means cuan ngalir dong, ehem :D
      Semangat buat kita :D

      Delete
  9. amazing mbak reyyy dan tahun 2021 kemarin mba rey nelurin blog baru lagi dan masih bagi waktu buat 3 blognya. Daebak, kerenn, mantappp jiwa mbak rey ini
    aku samaan kayak mbak rey, bikin blog plan atau jadwal nulis ehh malah sering molor-nya, bikin jadwal sendiri, molor-molor sendiri, molornya ya karena diri sendiri yang "nggak niat" ngerjainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakak, masih struggle banget saya dengan manajemen waktu ini, karena ngelink banget sama anak-anak, dan melelahkan banget :D
      Semangat untuk kita

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top