Tuesday, December 07, 2021

Jobdesc Profesional Blogger a la Rey

Jobdesc Profesional Blogger a la Rey

Sharing By Rey - Pertanyaan yang paling sering saya dapatkan dari temans tentang blogger adalah, gimana sih caranya biar bisa menghasilkan uang dari ngeblog?

Tapi, selain itu, ada pertanyaan lain dari beberapa temans blogger yang belum pernah menggunakan blognya untuk menghasilkan uang, yaitu jadi profesional blogger itu, ngapain aja sih?

Oh, tidak!
Saya tidak mengatakan kalau saya adalah very profesional blogger, duh apalah saya, hahaha.
Si Rey mah curcol blogger, alias curhat bertopeng blogger wakakakaka.

Saya hanya belum menemukan istilah yang tepat untuk blogger kayak saya, yang memanfaatkan blognya untuk menghasilkan uang.
Makanya saya sebut profesional blogger, hehehe.

Nah, beberapa temans, sering banget penasaran akan hal apa sih yang kami, si profesional blogger, yang memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang, lakukan, sehingga bisa mendapatkan uang dari blog?

Well, padahal ya, nggak ada hal yang spesial banget sih yang saya lakukan, selain rutin menulis.
Yang membedakan, mungkin karena saya menganggap blogger adalah profesi, jadi yang namanya bekerja untuk sebuah profesi itu, ya kudu rutin bekerja setiap hari.

So, begitulah..
Setiap harinya, saya selalu menyempatkan, eh salah menyediakan waktu untuk mengerjakan profesi saya tersebut.

Sama aja sih kayak orang bekerja di luar sana, bedanya saya bekerja dari rumah, direcokin anak, dengan waktu yang sungguh masih sangat tidak teratur.

Selain rutin 'bekerja' setiap harinya, saya juga menerapkan beberapa jobdesc khusus yang harus dikerjakan, dan jobdesc tersebut adalah:


1. Rutin menulis setiap harinya


Ya begitulah si Rey, nggak ada hal spesial lainnya yang bisa dia lakukan selain rutin menulis, meskipun akhir-akhir ini, sering banget bolos, karena masalah kesehatannya.

tugas blogger

Tapi, hal paling sederhana dan wajib buat saya untuk dijadikan jobdesc blogger ya memang menulis.
Apa aja deh, sesuai niche boleh, curhat juga boleh.

Pakai keyword boleh, enggak pakai keyword juga boleh. 
Namun, sejujurnya saya selalu mengusahakan seminggu sekali minimal haru nulis sesuatu dengan keyword yang SEO.

Dengan rajin menulis setiap hari, bikin isi blog jadi lebih beragam, dan pembaca jadi punya banyak bahan bacaan sesuai seleranya ketika berkunjung ke blog ini.

Selain itu, rajin menulis setiap hari juga bikin tabungan tulisan jadi banyak di blog kita, jika tulisan banyak, pageview juga bisa berpengaruh lebih banyak, karena meski mungkin tulisan kita nggak masuk di keyword yang ramai, tapi bisa juga masuk di keyword yang jarang tapi ada yang nyari.

Misal, kita punya tulisan dengan SEO ngasal, sehingga keyword yang muncul hanya mengjangkau 5 pengunjung setiap harinya.
Jika ada 100 tulisan dengan kunjungan 5 user setiap harinya, bukannya udah 500 kunjungan tuh setiap harinya? 

Memang page view ngaruh ya?
Ya ngaruh banget dong buat blogger yang ingin monetisasi blognya.


2. Membalas komentar di blog


Jobdesc berikutnya adalah balasin komen yang masuk, ini penting sih, untuk menjaga hubungan antara kita dengan pembaca kita.

Sayangnya akhir-akhir ini saya udah kewalahan membalas komentar, tapi bukan berarti saya malas lakukan hal itu sama sekali.
Masih kok dilakukan, meski seringnya telat dibalas, hahaha.


3. Blog walking baik dari kolom komentar, maupun dari support BW


Selain membalas komentar, blog walking baik sebagai kunjungan balik ke blog teman yang meninggalkan jejak di kolom komentar, juga melalui grup saling support BW, saya lakukan.

As we know kan ye, blog walking itu banyak banget manfaatnya, mulai dari melebarkan silaturahmi antar blogger, sampai dengan branding di kolom komentar blog lain, yang nantinya juga mempengaruhi performa blog.

Terlebih, beberapa job di zaman sekarang, memberikan ketentuan harus ada target page view dan komentar di artikel berbayar tersebut.


4. Memperbaiki performa blog


Jobdesc berikutnya adalah memperbaiki performa blog, baik dengan cara ngubek-ngubek Moz, Ahrefs, dan segala tools lainnya, yang bisa dipakai untuk memperbaiki performa blog seperti DA/PA dan semacamnya itu.

Well, untuk hal yang ini juga saya nggak terlalu detail banget sih, karena jujur saya bukanlah sosok blogger yang hitech, hahaha.

Segala yang saya lakukan hanya berbekal klak klik doang, memanfaatkan sedikitnya waktu yang saya punyai.


5. Share artikel ke berbagai media sosial


Meski udah sering kewalahan dan lupa share artikel di berbagai media sosial, tapi saya juga masih sering mengingatkan diri untuk selalu share tulisan ke medsos.

jadi blogger itu ngapain aja sih

Baik itu ke fanpage, facebook, twitter hingga instagram.
Kalau lagi ingat kadang juga ke beberapa grup FB khusus blogger sih.

Selama itu bukan artikel curhatan gaje.
Udah jarang banget saya share artikel curhatan gaje, biasanya dibaca oleh orang-orang yang masuk langsung ke blog itu dan menemukan tulisan tersebut.


6. Aktif di berbagai media sosial


Nah, ini yang paling sering bisa saya lakukan sih, karena pakai HP juga bisa, yaitu aktif dan menjaga performa akun medsos, khususnya instagram.

Entah upload foto atau video, nulis status di FB atau twitter, intinya selalu terlihat aktif meski postingannya kadang unfaedah, agar klien menemukan dan mengajak saya bekerjasama, hehehe.


7. Konsisten


Dan dari semua jobdecs di atas, yang paling penting adalah konsisten.
Saking pentingnya, bahkan sikap konsisten saya masukan jadi jobdesc seorang profesional blogger loh, hahaha.


Demikianlah jobdesc profesional blogger yang sering saya lakukan, nggak ada yang istimewa kan, hanya saja memang rutin saya lakukan, setiap hari, selain ketika weekend saya nggak di rumah, atau ketika saya sedang sakit.

Yang penting adalah konsisten, dan dilakukan setiap hari.
Bukan menunggu adanya waktu luang, tapi menyediakan waktu untuk mengerjakan jobdesc bloggernya.

Karena bagi saya, menjadi profesional blogger untuk menghasilkan uang itu beda dengan ngeblog karena suka aja, we know kan ye, bagaimana sulitnya cari uang.

Rezeki nggak mungkin ketukar, tapi rezeki juga nggak bakal sampai ke kita, kalau kitanya diam bae, hahaha.

How about you, bloggers?

Sidoarjo, 07 Desember 2021


Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

10 comments :

  1. Kalau saya ngeblog memang menulis sebatas apa yang memang benar-benar ingin saya tulis, sesuai keilmuan, syukur-syukur topiknya lagi viral juga hehe.. Kalaupun ada reward itu hanya bonus. Soal pageview memang paling efektif blogwalking, baik dari blog dalam negeri maupun luar negeri. Pasti ada saja yang berkunjung balik dan komen positif bahkan lebih dari sekali. Thx sharingnya dan sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren tapinya isi blognya, malah berfaedah banget :D
      Kalau saya nggak punya sesuatu yang expert, sedihnyaaa hahahaha

      Delete
  2. Sungkem dulu sama suhu Rey yang sudah jadi profesional blogger.😀

    Intinya kalo jadi blogger profesional memang kudu konsisten menulis ya mbak, biarpun tidak tiap hari tapi bisa seminggu tiga kali.

    Cuma karena aku bukan blogger pro, jadinya posting ya asal ada waktu saja.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakaka, kabooorrrrrrr, profesional katenye wakakakakaka

      Delete
  3. lagi-lagi soal konsisten
    aku aja suka bingung, giliran di kepala ada ide, pas mau nulis, yang ngantuuk, yang nanti aja dulu deh, akhirnya molor hahahaha
    aku banyak belajar juga dari mbak rey, ilmu-ilmu perbloggingan aku tau juga dari tulisan mba rey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalau saya pas ada waktunya, pas hapenya rame, kadang selesai urus hp, eh udah tengah malam huhuhu

      Delete
  4. yang paling susah emang konsisten mbak
    apalagi musuhnya sama kerjaan harian duh rasanya gimana gitu
    tapi kalau udah BW jadi semangat lagi dan engga kerasa bebannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeettttt, kadang iri sama yang bisa fokus ngeblog gitu, tapi sudahlah, kembali lagi ke prioritas, yang penting tetap ngeblog, bukan hanya karena ada waktu luang doang :D

      Delete
  5. Utk soal konsisten, aku harus angkat topi sih Ama Rey 😄👍. Hasilnya kliatan kok kalo menulis dengan konsisten, terlihat dari tulisan yg mengalir, enak dibaca, kalopun jualan soft selling bangettttt, dan itu udah pasti hasil dari kebiasaan menulis yg sering, bukan cuma suka2 hati mau nulis 🤣.

    Ini yg namanya blogger pro memang 😄👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkwk, sekarang tersendat-sendat Mba, tapi keep cemungut sih :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top