Wednesday, December 07, 2022

7 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Berdasarkan Pengalaman Ngeblog Ala Rey

Cara menghasilkan uang dari blog

Cara menghasilkan uang dari blog sebenarnya beragam ya, tapi selama saya menekuni blogging for money sejak tahun 2018 silam, setidaknya ada 7 cara yang pernah saya lakukan, untuk mendapatkan uang dari blog.

Dan melalui Sharing By Rey kali ini, saya akan membagikan pengalaman tersebut secara detail, kepada Temans, yang mungkin bisa menjadi sebuah acuan dalam making money from blog.

Yang perlu Temans perhatikan, untuk menghasilkan atau mendapatkan uang dari blog seperti yang saya share mengenai caranya di sini, tentu saja bisa dilakukan setelah Temans membuat blognya, dan mempersiapkan blog tersebut untuk 'layak' diajak kerja sama.

Kata 'layak' di sini bermakna luas, mulai dari blog yang sudah terindex mesin pencarian atau google, sudah menghasilkan trafik yang lumayan, dan hal-hal teknis lainnya, yang pastinya akan menguntungkan klien yang mengajak kerja sama.

Dan ke-7 cara menghasilkan uang dari blog yang pernah saya dapatkan itu adalah:


1. Sponsored Post


Menghasilkan uang dari blog melalui kerja sama sponsored post ini, biasanya berbentuk kerja sama artikel review produk atau jasa, namun ditulis dalam bentuk yang soft selling, atau lebih halus dalam menggiring pembaca untuk mengenal produk atau jasa tersebut.

Cara mendapatkan uang dari blog

Artikel tersebut, biasanya ditulis dalam bentuk story telling maupun listicle yang bermanfaat.
Namun, untuk saya pribadi, lebih sering menulis artikel sponsored post dalam bentuk story telling ke pengalaman pribadi.

That's why, saya biasanya hanya menerima kerja sama artikel sponsored post, untuk hal-hal yang pernah saya alami atau pakai, baik itu produk, maupun jasa.

Kelebihan kerja sama ini, biasanya rate-nya lebih besar dibandingkan kerja sama blog lainnya.


2. Content Placement


Kerja sama untuk menghasilkan uang dari blog berikutnya adalah, kerja sama dalam bentuk content placement. Di mana, dalam kerja sama ini, biasanya klien lebih fokus untuk mendapatkan backlink dofollow maupun nofollow, dari blog para blogger yang memenuhi standar dan tema produknya.

Untuk kerja sama bentuk ini, biasanya artikel akan disiapkan dari pihak klien, dan blogger diberi kebebasan mengedit beberapa bagian yang kurang, asalkan bukan keyword yang ditentukan klien.

Kelebihan kerja sama ini, adalah blogger tidak perlu capek-capek mikir bikin artikel baru, karena artikelnya disiapkan oleh klien.

Namun, kekurangannya adalah, biasanya artikel yang disiapkan belum siap publish, masih butuh banyak polesan baik dari segi typo, hingga penempatan kata-kata yang asal, ataupun tidak sesuai dengan karakter blog masing-masing blogger. 

Misal, dalam blog saya, hampir tidak pernah menggunakan kata 'Anda' atau 'Aku', biasanya untuk menyesuaikan dengan artikel lainnya, saya mengedit kata-kata tersebut, menjadi kata yang sering saya gunakan dalam menulis di blog ini.

Adapun tentang rate, untuk kerja sama content placement ini, biasanya lebih rendah ketimbang kerja sama artikel sponsored post.


3. Review Produk


Kerja sama review produk ini sebenarnya hampir mirip dengan kerja sama sponsored post, namun untuk kerja sama ini, lebih menitik beratkan ke dalam hal review produk secara detail.

Biasanya kerja sama seperti ini banyak saya dapatkan untuk tema kecantikan, seperti review skincare. Di mana, saya harus benar-benar memakai produk tersebut, dan menuliskan review pengalaman pemakaian saya, beserta keterangan produk secara lengkap.

Kelebihan kerja sama ini, biasanya rate-nya lebih besar dan kita juga mendapatkan produk secara gratis, baik dikirim langsung, maupun kita beli sendiri dengan sistem reimburse.

Kekurangannya, kerja sama ini sungguh butuh effort yang besar, terutama jika produknya kurang cocok di kita, udahlah kulit bermasalah, dan kita harus ekstra hati-hati menuliskan hal tersebut, jangan sampai pembaca salah tangkap tentang sedikit kekurangan produk, berbanding kelebihan produk tersebut.

Dan juga, kerja sama review produk gini, luar biasa rempong-nya, karena butuh menyiapkan foto yang terbaik, setidaknya layak untuk dipajang sebagai bentuk kerja sama blogger.
Dan beberapa kerja sama review produk gini juga include dengan pembuatan video untuk di posting di media sosial seperti instagram.
  

4. Google Adsense


Salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang paling banyak diidamkan para blogger adalah, melalui Google Adsense, di mana kita bisa mendapatkan uang dari tayangan iklan yang muncul di blog kita.
cara mendapatkan uang dari blogger

Cara ini bisa kita dapatkan dengan beberapa syarat, mulai dari pengajuan blog yang harus di ACC oleh google terlebih dahulu, dan part ini biasanya sering bikin gregetan karena seringnya google tak punya ketentuan yang baku untuk bisa di setujui dengan cepat.

Beberapa blogger memakai jurus aji mumpung, dan kadang juga bisa beruntung dengan domain blog masih baru, isi artikel di blog masih minim, eh malah bisa langsung di setujui.
Sebaliknya, ada yang sudah menyiapkan ini itu, eh ujung-ujungnya belum bisa disetujui langsung.

Setelah disetujui oleh Google pun, perjalanan mendapatkan penghasilan uang dari blog melalui google adsense ini masih panjang, yaitu kita wajib mengumpulkan saldo sebanyak minimal Rp. 1,3 juta, sampai akhirnya bisa disetujui oleh google.

Dan untuk itu, amat sangat berhubungan dengan jumlah traffic atau pengunjung blog kita. 


5. Liputan Event Blogger


Kerja sama liputan event blogger, merupakan bentuk kerja sama yang jadi favorit banyak blogger, karena dalam kerja sama ini, para blogger bakalan diundang di berbagai event, yang tentunya sesuai dengan tema blog masing-masing, baik secara offline maupun online.

Bentuk kerja samanya adalah, dengan meliput acara tersebut dan dituliskan ke blog masing-masing, untuk menyampaikan pesan campaign dari event yang diselenggarakan tersebut.

Bentuk kerja sama seperti ini, sangat menyenangkan, karena selain para blogger dibayar untuk datang ke acara tersebut, pun juga, para blogger bisa mendapatkan akses privilege layaknya wartawan media, juga dapat goodie bag, serta bisa jadi ajang buat ketemu banyak blogger lainnya.


6. Lomba Blog


Untuk lomba blog, bisa dilakukan secara mandiri untuk mendapatkan hadiah jika menang, bisa juga mendapatkan kerja sama ikutan lomba blog tersebut secara berbayar.

Awalnya, saya sering mengikuti lomba blog secara mandiri, sayangnya sama sekali nggak pernah menang, sehingga akhirnya saya berhenti mencoba-coba ikutan lomba, karena ikut lomba blog itu amat sangat melelahkan buat saya.

Namun, saya beberapa kali ikutan lomba blog, karena dibayar.
Meskipun biasanya rate untuk ikut lomba blog berbayar itu, cenderung lebih kecil.


7. Afiliasi


Kerja sama afiliasi sebenarnya bisa jadi salah satu bentuk kerja sama blog yang menjanjikan banget buat mendapatkan uang dari blog.

Sayangnya saya jarang banget menerima kerja sama kayak gini, dengan alasan saya malas pasang banner banyak di blog, karena seringnya banner tersebut membebani loading blog yang jadi lebih lambat.

Adapun bentuk kerja sama ini biasanya melalui banner yang dipasang di sidebar blog, atau link yang sudah di-generate dengan link affiliate dari klien, yang dipasang di blog kita. 

Dan  dalam setiap transaksi yang dihasilkan affiliasi tersebut, kita juga mendapatkan bagian sebesar perjanjian kerja sama.


Penutup


Cara menghasilkan uang dari blog itu beragam, dan rate tiap blogpun berbeda-beda, tergantung dari performa blog yang ada.

Bentuk kerja samanya pun beragam, dengan target yang beragam pula, baik dari kerja sama sponsored post, content placement, review produk, google adsense, liputan event blogger hingga affiliasi.

Namun, sebelum kita mencari dan mengejar cara menghasilkan uang dari blog seperti yang kita idamkan, jangan lupa untuk memastikan, bahwa blog kita memang layak diajak bekerja sama, dalam kata lain, blog kita bisa memberikan manfaat lebih sesuai dengan target dari klien yang mengajak kerja sama tersebut.

Demikianlah 7 cara menghasilkan uang dari blog yang pernah saya lakukan, kalau Temans, paling suka kerja sama yang mana? 


Sidoarjo, 06 Desember 2022


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

6 comments :

  1. Yap, percuma saja kalau berpikir menghasilkan uang, tetapi blognya tidak diurus. Sama kayak miara ayam dan berharap mendapatkan telur, tetapi ayamnya ga dipakai makan.

    Soal menghasilkan uang dari blog, ruangnya sebenarnya tergantung dari kreativitas orangnya karena peluangnya benar-benar terbuka lebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Pak, kalau udah yang namanya duit, butuh perjuangan :D

      Delete
  2. 5, 6, dan 7 yang belum pernah saya alami. Buat kerja sama juga, udah lama banget gak ada yang nawarin partnership huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangaaattt, masih banyak pintu rezeki ngeblog yang lainnya :D

      Delete
  3. Google adsense aku dulu pernah ditolak, terus ga coba ngajukan lagi. Kayaknya aku merasa "pasti bakalan ditolak lagi", padahal belum dicoba ulang
    kadang kalau baca pengalaman temen-temen yang lain, ngepost baru beberapa, dan trafic masih belum banyak, iseng daftar adsense malah keterima.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Google emang kadang ngawur :D
      Saya juga sering ditolak Google, apalagi blog my.id, susah amat di app, jadi biasanya saya nulis aja yang banyak dulu, sampai terkumpul trafik stabil, baru ngajukan, langsung ACC :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top