Kekuatan Pikiran Positif dan Makna Sebenarnya Ala Rey

kekuatan pikiran positif

Kekuatan pikiran positif kadang banyak disalah artikan oleh beberapa orang, dan hal ini yang sedikit banyak mengganggu pikiran saya akhir-akhir ini.

Hal ini dikarenakan, apa yang orang lain lakukan setelah meyakini kekuatan pikiran positif, bertentangan dengan apa yang saya yakini.

Maksudnya gini, seseorang selalu berpikir positif, lalu ketika ada di sebuah kondisi, misal dia pengangguran, tak ada pemasukan sama sekali, sementara pengeluaran wajib selalu ada setiap harinya.

Dan dengan berbekalkan kekuatan pikiran, dia akan lebih tenang, lebih banyak tidur, mendengarkan musik, atau sesekali berkeliling mendinginkan otak, agar kekuatan pikiran positifnya lebih terjaga.

Si Rey bilaik..
Waduhhh.... pegimana ya?

Agak sulit, eh bahkan banyak sulit dong, untuk bisa memahami cara kerja seperti itu.
Karena buat saya, kalau nggak ada uang itu, ya cari uang dong.
Kalau nggak ada kerjaan ya, cari kerja!
Kalau kekurangan, ya udah usaha lebih keras!

Pegimana bisa kehidupan dan nasib akan berubah, meski dengan kekuatan pikiran, tapi yang kita lakukan cuman 'bersemedi' alias menenangkan diri mulu, hahaha.


Apa itu Kekuatan Pikiran Positif


Sebelumnya, mungkin akan lebih jelas, jika kita mengerti dulu, apa sih artinya atau makna universal dari kekuatan pikiran positif itu?

Dari beberapa sumber yang saya baca, arti dari kekuatan pikiran positif itu adalah, sebuah kemampuan seseorang untuk memandang suatu kejadian atau situasi secara positif dan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya

Apa itu kekuatan pikiran positif

Jadi, kekuatan pikiran positif ini bisa membantu seseorang dalam menghadapi tantangan dengan lebih baik dan merasa lebih percaya diri serta optimis tentang masa depannya. 

Berpikir positif juga bisa membantu seseorang untuk merasa lebih sejahtera dan bahagia, dan yang paling penting dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Karenanya, kekuatan berpikir positif, seharusnya bisa membantu seseorang dalam menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan mencapai tujuannya dengan cara yang lebih efektif. 

Akan tetapi, ada hal yang perlu dimengerti, bahwa kekuatan pikiran positif itu, bukan berarti seseorang jadi menutup mata terhadap suatu masalah, atau dengan cara mengelak dari realita yang ada

Sebaliknya, berpikir positif berarti, seseorang dapat memandang masalahnya, sebagai tantangan yang tentu bisa diatasi dengan baik, dan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.

Exactly! tepat dan persis, seperti apa yang saya pikirkan serta yakini!


Ketika Kekuatan Pikiran Positif Disalah Artikan


Dari pengertian atau makna atau arti dari kekuatan pikiran positif itu, tentunya udah bisa kita ketahui ya. Bahwa kekuatan pikiran positif itu, bukannya disalah artikan dengan seolah mem puk-puk pikiran dengan,
"it's oke, everything it's gonna be oke, hal berat ini akan terlewati!"
Lalu kemudian, duduk manis aja menanti hal berat itu berlalu.

Tidak ya!

Bagaimana bisa kehidupan akan berubah, kalau tidak ada usaha sama sekali yang kita lakukan, hanya dengan diam dan berpikir agar hal berat berlalu.

Wait, itu mirip, eh bahkan sama dengan menghayal nggak sih?
Hahaha.

Menurut saya, justru kekuatan pikiran positif itu, ibarat senjata yang kuat dari dalam diri kita, untuk lebih giat dalam mencapai sesuatu, karena ada sebuah pikiran yang kuat, yang mendesak kita dalam damai dan penuh yakin, dari dalam diri kita.

Atau, bisa dikatakan sama dengan kondisi seseorang sedang jatuh cinta, nggak sih?
Ketika jatuh cinta, semua hal kita lakukan, kita tak pernah peduli apa yang kita lakukan itu akan berbalas atau enggak.

Karena buat kita, sebuah perasaan kuat dan bahagia ada di hati, hanya dengan melihat orang tercinta kita bahagia dan tersenyum?

Kekuatan cinta namanya, tapi dalam diri kita tuh sama dengan punya sebuah kekuatan pikiran, yang mendorong kita untuk lebih giat dalam melakukan sesuatu.

Sama dengan kekuatan pikiran positif.

Misal, dalam kasus seperti yang saya contohkan di atas, ada seseorang yang berada di kondisi yang sedang tidak baik-baik saja sebenarnya.

Menganggur, nggak punya pemasukan sama sekali.
Sementara pengeluaran tak pernah mau mengerti, apakah dia punya pemasukan atau enggak?

Nah dalam keadaan seperti itu, coba deh pikirkan, siapa yang masih bisa tenang menghadapi situasinya?
Saya rasa, semua orang dewasa yang bertanggung jawab, pasti ada panik-paniknya.
Kalau si Rey mah, udah panik luar biasa.

Emang dasar si Rey kan orangnya emang mudah panik ya.
Makanya, si Rey ini sebenarnya amat sangat butuh melatih dirinya untuk selalu menggunakan kekuatan pikiran positif.

Jadi, yang kurang tuh cuman pikirannya aja dibenerin.
Karena si Rey itu biasanya, kalau udah panik, makin kencang larinya.
Biar kata sambil nabrak kiri kanan, saking paniknya.

Maksudnya gini.
Saya, jika berada di kondisi kayak percontohan di atas, nganggur, nggak ada pemasukan, dijamin saya bakalan panik luar biasa, stres, nggak bisa tenang, pikiran tuh nggak bisa move sedikiiittt aja, dari mikirin,
"Duh, nggak ada duit, butuh duit, gimana ini, nanti bayarnya gimana?"  
Rasanya, kepala saya bakalan riuh rendah dipenuhi oleh suara-suara ketakutan dan kepanikan tanpa henti.

Tapi, bukan semata panik, saya tetap bergerak.
Tetap bekerja, atau melakukan sesuatu, bahkan lebih berkali-kali lipat.
Dan tetap gunakan segala cara, biar apa yang saya takutkan itu, bisa terlewati dengan baik.

Misal, kerja lebih keras, sholat lebih khusu', berdoa lebih kencang.
Tapi, ya tetep dengan pikiran yang riuh itu.

Nah, itu dia.
Saya cuman butuh kekuatan pikiran positif, untuk membantu saya lebih tenang, sambil tetap melakukan apa yang saya lakukan ketika kondisi sedang terjepit.

Dengan kekuatan pikiran positif, bahkan bisa dibilang, hasil yang akan saya dapatkan, bakalan jadi lebih dari apa yang saya bayangkan.

Karena banyak hal-hal positif yang saya lakukan untuk segera keluar dari masalah yang saya hadapi.
Pertama tenang, karena kepala dipenuhi pikiran positif seperti,

rahasia kekuatan pikiran positif
"Ah, saya kan udah bekerja keras, tinggal menunggu waktu aja kok, nanti juga masa yang berat ini akan berlalu dengan baik"
Sambil berpikir demikian, kekuatan pikiran positif itu juga membawa saya lebih semangat dalam berusaha melakukan perbaikan.
Sama kayak jatuh cinta tadi, efeknya bakalan lebih luar biasa.

Dan yang paling penting, saya nggak sampai stres.
Karena, bekerja keras sambil stres juga bakalan kurang maksimal hasilnya, iya nggak?

Nah, berbeda kan dengan kondisi orang yang salah memahami makna kekuatan pikiran positif, di mana dianya cuman mikir aja, tapi action-nya minim, bahkan cenderung nggak ada.
 
Saya kadang berpikir, apa orang begitu itu, sedang melatih pikirannya, agar berpikir positif dulu, setelah stabil kekuatan pikiran positifnya, baru deh dia melakukan sesuatu yang mungkin juga baru dicoba.

Yeee..... mana bisa Bwambang!
Kehidupan di dunia ini terus berjalan, tidak peduli kita sedang sakit kek, gila sekalipun!

Jadi ya, mau nggak mau, kita harus menggunakan kekuatan pikiran positif itu, dengan makna yang sebenarnya ya.

Jadi, sambil gunakan kekuatan pikiran itu, untuk berusaha lebih keras.
Jadi lebih yakin juga kan, udah berpikir positif, bahwa semua akan baik-baik saja, dan syarat perubahan yang Allah janjikan juga udah kita lakukan, ya tinggal nunggu hasilnya dong ya.

Dan masalah hasil itu, bukanlah urusan kita.
Tapi tetap yakin, kalau hasilnya bagus, karena udah mikir bagus hasilnya, jadi apa yang kita pikirkan itu, terjadi.

Tapi nggak terjadi begitu saja dengan dipikirkan, tapi dicapai dengan usaha.
Gitu loh!


Penutup


Jadi gitu ya, jangan sampai salah memaknai kekuatan pikiran positif dengan duduk manis aja menunggu keajaiban.

Iya, namanya memang kekuatan PIKIRAN.
Tapi bukan berarti, MENGHAYAL aja kan ye!

Gunakan kekuatan pikiran positif itu, sebagai senjata, atau bahan bakar yang terbaik, ibarat kalau Pertamina pakai Pertamax Racing, yang nilai oktannya 100 gitu loh.

Kan bikin kekuatan kita jadi 100% kan ye.
Dan udah yakin deh, insha Allah hasilnya bagus.
Begitu dong ya seharusnya!

Sidoarjo, 28 Desember 2022

Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

6 komentar :

  1. Pikiran positif saja mbak, siapa tahu itu yang nganggur tapi santai saja di rumah berpikiran positif soalnya depositnya di bank banyak atau mungkin anaknya sultan.πŸ˜†

    Kabooor πŸšΆπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakaakkakaka, akan lebih baik kalau ditambah dengan kekuatan bulan ya, bukan cuman kekuatan berpikir, wakakkakakakaka

      Hapus
    2. Dengan kekuatan bulan aku akan menghukum mu, ciaattt!!!

      Ketahuan umurnya kalo komen begitu.πŸ˜‚πŸ˜†

      Hapus
    3. Kalau ditangkis matahari, bisa nggak ya? :D

      Hapus
  2. setuju, berhayal hanya membuat jauh dari realita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh berhayal, tapi jadikan hayalan itu sebagai senjata buat lebih giat :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)