Monday, December 26, 2022

Bisnis Blogging? Why Not?

bisnis blogging untuk mendapatkan uang puluhan juta sebulan

Bisnis blogging? why not?
Mungkin ini yang bisa saya simpulkan, dari percakapan di sebuah grup kemarin malam.

Jadi, ceritanya di sebuah grup yang isinya buat share job, tiba-tiba ada yang share pertanyaan, intinya si empunya pertanyaan bertanya, adakah yang mau sharing menulis di blognya?

Menurutnya, blognya sudah lolos adsense, tapi dia tidak punya waktu untuk terus menulis, karena harus fokus ke anaknya juga, dan saat ini, blognya udah ada tulisan sekitar 20an (kalau nggak salah).

Si Rey yang sering sedang iseng membaca grup, langsung mesem-mesem sendiri.
Dan dasar si Rey kalau lagi iseng ada aja yang dilakukannya, langsung saya jawab dong, kalau sepertinya masih banyak blogger yang kurang ngeh, bahwa meloloskan blog ke google adsense itu, adalah masalah yang sepele dan kecil banget nget.

Karena masalah besarnya adalah, mendapatkan gajian dari adsense tersebut, hehehe.

Sang empunya pertanyaan kemudian dengan mantap berkata, mudah kok, kuncinya konsisten dan banyakin postingan.

Si Rey yang udah 4 tahun konsisten menulis dan udah menulis hampir 2000 artikel sendiri (NULIS SENDIRI LOH YA, BUKAN ARTIKEL BELI ATAU HASIL COPAS DI SPINNER, hehehe), tapi baru 2 kali gajian adsense, lagi-lagi mesem-mesem, hehehe.

Tapi, si empunya pertanyaan lalu sharing masalah temannya yang telah 8 bulan ngeblog dan berhasil mendapatkan 60-80 juta perbulan dari google adsensenya.

Saya sih nggak uwow dengarnya, karena menurut saya itu bisa banget, asalkan ngeblognya murni dengan cara bisnis.

Dan tepat perkiraan saya, si empunya pertanyaan bercerita, kalau temannya tersebut, merekrut beberapa orang yang bisa menulis di blognya, sehingga setiap hari blognya selalu terisi tulisan baru.

Nah kan, bener!
Meskipun, ya saya juga nggak bisa pastikan, kalau itu beneran temannya udah gajian puluhan juta dalam 8 bulan saja.

Tapi, sebenarnya saya tahu kok, kalau dijalanin dengan bener, mendapatkan gaji adsense hingga puluhan juta itu bukanlah hanya sebatas impian.


Bisnis Blogging? Why Not?


Mendengar cerita si empunya pertanyaan, beberapa blogger yang kebetulan berada di blog tersebut lalu bereaksi, banyak yang mengatakan, kalau sebenarnya yang begituan itu, maksudnya blogger yang mengisi blognya dengan tulisan yang bukan miliknya, bahkan mungkin nggak pernah benar-benar menulis artikel di blognya sendiri, bukannya the real blogger.

Cara mendapatkan uang puluhan juta sebulan dari google adsense

Saya setuju sih, karena kalau dilihat dari makna apa itu blogger, yaitu orang memiliki, menulis dan mengelola blog miliknya sendiri.

Tapi, bukan berarti kalau seseorang yang nggak menulis di blognya sendiri, dikatakan bukan blogger sih. Karena blogger juga banyak macamnya ya, tergantung dari orientasinya ngapain jadi blogger.

Ada yang hanya untuk bersenang-senang, menulis apa aja yang ada di kepalanya, ada juga yang untuk bersenang-senang tapi juga berorientasi pada uang, kayak si Rey ini, *uhuk.

Dan ada juga yang menjadi blogger, ya benar-benar untuk berbisnis mendapatkan uang, dan kalau udah ngomongin bisnis mendapatkan uang, yang namanya idealis itu, wajib dibuang jauh-jauh.
  
Dalam berbisnis, kebanyakan pebisnis itu harus bisa menyesuaikan pasar, dan tidak bisa hanya berpatokan kepada idealisnya, kecuali memang idealis yang benar-benar nggak bisa ditolerir ya, misal tentang kepercayaan atau yang berhubungan dengan sang pencipta kita, Tuhan.

Selain daripada itu, kalau mau bisa menghasilkan uang banyak, ya harus mau bersaing, dan kalau mau memenangkan persaingan, ya harus mau mengorbankan idealisme diri.
Misal, punya idealis terhadap tulisan yang harus di posting di blog, wajib tulisan sendiri.

Karena, sehebat-hebatnya penulis, rasanya kurang memungkinkan sih ya, bisa memenangkan persaingan jika semua tulisan di dalam blog harus tulisan sendiri.

Mengapa?
Karena saingannya buanyaaakkkk.
Dan menulis yang bisa dan menarik pembaca itu, nggak bisa nulis ngasal aja.

Jadi, mau nggak mau, wajib mengorbankan idealisme, yang penting masih dalam konteks yang aman, dan bisa menghasilkan uang dengan banyak.

Dan saya pikir, tidak ada salahnya dengan itu sih ya, bebas aja.
Asal caranya tidak dengan merugikan orang lain aja sih ya.

Dan ngeblog untuk menghasilkan uang sesuai target tersebut, saya menyebutnya sebagai bisnis blogging.


Jenis-Jenis Bisnis Blogging


Bisnis blogging adalah, orang yang memanfaatkan blognya semata-mata untuk menghasilkan uang sesuai target.

Cara mendapatkan uang puluhan juta sebulan dari blog

Jadi, bukan semata ngeblog untuk bersenang-senang, tapi ada targetnya.
Targetnya, tentu saja sebuah nilai uang.
Dan untuk itu, butuh banyak strategi yang seringnya wajib mengorbankan idealisme.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan bisnis blogging, di dalam pengamatan saya adalah:


Google Adsense


Bisnis blogging dengan mengejar penghasilan google adsense adalah yang paling sering dilakukan banyak blogger pebisnis.

Dan untuk itu, target utama yang dilakukannya adalah trafik blog yang bejibun.

Saya sering membaca atau mendengar pengalaman sedikit blogger pejuang google adsense, dalam mendapatkan penghasilan hingga di atas belasan juta setiap bulannya.
(Enak banget ya? saya mah, gajian setiap bulan aja udah senang banget tuh, eh dia malah gajiannya belasan juta, waooo).

Dari kebanyakan pengalaman orang yang mendapatkan penghasilan hingga belasan juta ke atas setiap bulannya, kunci keberhasilannya adalah HARUS SERING POSTING SETIAP HARI, BAHKAN SEHARI BISA LEBIH DARI 1 ARTIKEL.

Mana nih beberapa yang ngaku mastah blogger, yang dulu sering menyindir saya, kalau nggak guna posting setiap hari, yang penting posting artikel yang berfaedah (padahal yang bisa menentukan berfaedah enggaknya sebuah tulisan, ya cuman pembaca kan ye).

Dan untuk bisa posting lebih dari 1 artikel setiap hari itu?
Susaaaaaahhhhh hahahaa.

Tapi sekali lagi, meski susah, tapi bisa kok, tinggal keluarkan aja mental sebagai pebisnis, di mana yang namanya bisnis itu, wajib berani ngeluarin modal, entah itu modal uang, tenaga, pikiran maupun waktu.

Semakin banyak modal yang kita keluarkan, ditambah konsisten dan fokus, insha Allah semakin besar penghasilan yang kita dapatkan.

Demikian juga dalam mengejar penghasilan google adsense, kuncinya ya kejar trafik blog, biar peluang mendapatkan adsense lebih besar.


Blog Marketer


Selain mengejar penghasilan dari google adsense, hal yang paling sering saya lihat dari para pemburu rupiah banyak di blog adalah, dengan menjadikan blognya sebagai blog marketer.

Cara seperti ini sebenarnya mirip dengan blogger yang memanfaatkan blognya sebagai personal branding, namun kuncinya adalah, mereka lebih fokus ke satu tema.

Misal, fokus membangun blog dengan tema teknologi.
Di dalam blog tersebut, tak ada tema lain selain teknologi, dan rajin posting artikel setiap hari pula.

Dengan demikian, performa blognya jadi bagus, dan mereka bisa dengan percaya diri mengajukan kerja sama ke berbagai brand teknnologi, tentunya dengan rate card yang jauh lebih besar ya, karena feedback yang mereka hasilkan tentunya sangat menguntungkan brand.

Dan untuk menekuni bisnis blogging seperti ini, juga butuh beberapa modal yang disesuaikan dengan apa yang ingin dicapai.


Cara Bisnis Blogging


Cara bisnis blogging yang ingin saya bagikan di sini, sejujurnya cuman secara garis besar ya, karena saya sendiri belum pernah menjalankannya, akoh tak punya modal soalnya, huhuhu.

Cara mendapatkan uang puluhan juta sebulan dari blog


Beli artikel SEO


Kunci dari mendapatkan penghasilan besar seperti target para pebisnis blogging adalah, trafik yang banyak, entah dari 1 blog saja, maupun dari beberapa blog.

Dan untuk itu, rasanya akan sulit ya jika kita idealis mau nulis semuanya sendiri.
Bisa sih, bisa banget malah.

Tapi baik pengalaman konsisten saya sendiri, maupun pengalaman blogger yang udah pernah merasakan nikmatnya adsense belasan juta up, kebanyakan dari mereka, abis nikmati manisnya adsense banyak, abis itu tepar, jatuh sakit karena kurang istrahat, hahaha.

Karenanya, biar amannya sih, beli aja artikel SEO, lalu posting secara berkala di blog.
Dengan demikian, blognya tetap jalan, tapi waktu istrahat juga terpenuhi.
    
 

Rekrut penulis


Cara lain yang paling masuk akal adalah, rekrut penulis untuk mengisi blognya.
Saya rasa, banyak kok yang mau jika menulis di sebuah blog tapi dibayar, meski mungkin sedikit receh, atau bisa dihargai berdasarkan poin.

Cara ini, banyak dipakai oleh website besar.
Seperti Kompasiana, Kumparan dan semacamnya.

Mereka bahkan tidak membayar sebagian penulis, apalagi yang iseng cuman suka nulis aja.
Tapi, mereka malah mendapatkan hasil juga dari tulisan-tulisan yang mereka dapatkan secara gratis.

Namun, tulisan gratis begini, biasanya baru bisa didapatkan dengan mudah, jika performa blog udah bagus banget.

Kalau masih baru, mau nggak mau kita harus rekrut dengan membayar para penulis untuk mau menulis di blog kita. 

Penutup


Bisnis blogging buat saya adalah hal yang tidak salah, bahkan buat saya seseorang yang bisa menjadikan blog sebagai lahan bisnis, merupakan seseorang yang bermental bisnis dengan baik.

Mereka pandai memanfaatkan peluang, demi tercapainya menghasilkan uang yang lebih besar.
Dan selama cara mereka tidak merugikan orang dengan sengaja, why not?

Semoga saya juga bisa menghasilkan uang yang banyak dari bisnis blogging, nanti, aamiin.
  

Sidoarjo, 26 Desember 2022


Sumber: opini dan pengamatan pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

8 comments :

  1. Wkwkwk samaan kita, baru 2-3 kali gajian dari adsense. Tapi sangat amat maklum soalnya nulis 1 kali sebulan aja udah syukur. Sebenarnya bidang apapun pasti bisa dapat hasil memuaskan asal tekun dan konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kayaknya lebih lama dirimu ya adsensenya, saya baru approve di tahun 2019 atau 2020 ya :D

      Delete
  2. Hm .... Saya juga mau mendapatkan uang dari ngeblog. Apa daya kemampuan nenek ini jauh dibawah kemampuan menulis rata2 anak muda. he he ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibuuuu... Bu Nur itu punya ciri khas khusus banget loh, gaya menulisnya itu, mirip penulis roman zaman dulu, dan itu jarang kita temukan di zaman sekarang, tinggal dikonsistensikan, udah keren banget deh Bu :D

      Delete
  3. Sebenanrya ga penting juga dilabeli diri blogger atau bukan. Tidak banyak ngaruh juga.

    Mau disebut gembel tetapi menghasilkan duit banyak juga ok ok saja saya mah.

    Cuma dari sisi idealis, memang seorang yang mempekerjakan orang lain untuk mengisi blognya kurang pas disebut blogger karena blogger kan orang yang mengisi situsnya dengan catatan dirinya sendiri. Itu idealisnya. Mungkin lebih tepat disebut pengusaha media karena itu yang dilakukan oleh para pengelola media online.

    Tapi kalau mau disebut blogger ya ga salah juga karena ga ada larangan mau nyebut dirinya blogger atau bukan..

    lagian hal ga penting dibahas hahahahahahaha

    Yup, bener banget, itu tergantung tujuan dan targetnya saja.. tidak masalah kalau ada yang memandang blogging dari sisi bisnis dan memanfaatkannya sebagai media berbisnis.

    Mengenai cara bagaimana memanfaatkan blog untuk berbisnis mah yah ada ribuan cara dan selama ga melanggar hukum mah sah sah saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya Bapak, bahkan sekarang, yang melanggar hukum juga dilakukan :D
      Tapi google pasti akan selalu bisa membasmi yang melanggar hukum :D

      Delete
  4. wahh saya yang baru bau bawang di dunia blog, ketolak adsanse 2 kali sudah down males nulis :((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal, kalaupun udah diterima, perjalanan mendapatkan uang masih panjang :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top