Monday, December 26, 2022

Urutan Orang Terkaya di Indonesia 2022 Tergeser oleh Low Tuck Kwong

urutan orang terkaya di indonesia 2022

Urutan orang terkaya di Indonesia per Desember 2022 tergeser oleh Low Tuck Kwong, seorang pengusaha terkenal berusia 74 tahun.

Ya ampun, udah seumuran sama eyang Kakungnya anak-anak dong, beda nasib doang, hahaha.
Naiknya Low Tuck Kwong ke peringkat paling tajir se Indonesia, dengan menggeser posisi Hartono bersaudara, dari posisi orang terkaya RI versi real time Forbes di hari Senin, 26 Desember 2022.


Mengenal Low Tuck Kwong, Orang Terkaya nomor 1 di Indonesia


Low Tuck Kwong merupakan seorang pengusaha, raja batu bara, yang lahir di Singapura, namun saat ini telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 
Dia juga dikenal sebagai pendiri Bayan Resources Tbk (BYAN), yaitu sebuah perusahaan pertambangan batu bara terkenal di Indonesia.

Dan secara mengagumkan, berdasarkan real time Forbes di hari Senin, 26 Desember 2022 ini, Kwong resmi terhitung menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia versi Forbes, dengan total kekayaan sebanyak US$25,2 miliar atau Rp378 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS). 

Masha Allah, itu uang sebanyak itu, gimana rasanya ya kalau kita yang punya, hahaha.

Dengan masuknya dia ke dalam jajaran top orang terkaya di Indonesia, membuatnya harus menggeser posisi Hartono bersaudara, yang kini harus puas di peringkat ke-2 dan ke-3.

Bukan hanya menggesernya, total kekayaan Kwong juga terpantau cukup jauh dari Hartono bersaudara.
Di mana, Budi Hartono jadi orang terkaya nomor dua dengan nominal harta US$22,1 miliar atau Rp331,5 triliun.

Dan, Michael Hartono harus puas menjadi orang terkaya nomor tiga di Indonesia, dengan kekayaan US$21,3 miliar atau Rp319,5 triliun.

Selain usahanya di bidang tambang batu bara, Low Tuck Kwong juga dikenal sebagai pengendali di perusahaan energi terbarukan Singapura, yaitu Metis Energy.
Di mana sebelumnya dikenal sebagai Manhattan Resources, yang mempunyai kepentingan di The Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voksel Electric.

Bukan hanya itu, Kwong juga jadi salah satu pendukung utama SEAX Global dalam membangun sistem kabel laut bawah laut, untuk konektivitas internet yang menghubungkan 3 negara yaitu: Singapura, Indonesia, dan Malaysia.


Perjalanan Karir Low Tuck Kwong


Dalam perjalanan karirnya, Low Tuck Kwong memulai bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya di Singapura. Ketika itu, Kwong masih remaja, hingga akhirnya memutuskan pindah ke Indonesia di tahun 1972, dengan tujuan agar menghasilkan kesempatan yang lebih besar.

Setelah di Indonesia, Kwong lalu memulai bisnis pertamanya dengan menjadi sebagai kontraktor bangunan. Akan tetapi, Kwong lebih beruntung setelah membeli tambang pertamanya di tahun 1997.

Ternyata, keputusan dan keberaniannya membeli tambang tersebut, membawanya menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia. 


Urutan 10 Orang Terkaya di Indonesia per Desember 2022


urutan 10 orang terkaya di indonesia 2022 versi real time forbes

Lalu, siapa-siapa saja sih yang masuk dalam jajaran top ten atau top 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes?

1. Low Tuck Kwong

low tuck kwong

Berada di puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$25,2 miliar atau Rp378 triliun.
Saat ini Low Tuck Kwong berusia 74 tahun, dengan usaha bergerak di bidang Industri pertambangan di Indonesia.

2. R. Budi Hartono

R. Budi Hartono

Berada di nomor kedua puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$22,1 miliar atau Rp331,5 triliun.
Saat ini R. Budi Hartono berusia 81 tahun, dengan usaha bergerak di bidang Industri pertambangan dan rokok di Indonesia.

3. Michael Hartono

Michael Hartono

Berada di nomor ketiga puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$21,3 miliar atau Rp319,5 triliun.
Saat ini Michael Hartono berusia 83 tahun, dengan usaha bergerak di bidang perbankan dan rokok di Indonesia.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia

Berada di nomor keempat puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$7,6 miliar atau Rp114,5 triliun.
Saat ini Sri Prakash Lohia berusia 70 tahun, dengan usaha bergerak di bidang petrokimia di Indonesia.

5. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu

Berada di nomor kelima puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$5,0 miliar atau Rp75 triliun.
Saat ini Prajogo Pangestu berusia 78 tahun, dengan usaha bergerak di bidang petrokimia di Indonesia.

6. Chairul Tanjung

chairul tanjung

Berada di nomor keenam puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$5,0 miliar atau Rp75 triliun.
Saat ini Chairul Tanjung berusia 60 tahun, dengan usaha bergerak di bidang beragam di Indonesia.

7. Tahir & family

Tahir & family

Berada di nomor ketujuh puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$4,1 miliar atau Rp61,5 triliun.
Saat ini Tahir berusia 70 tahun, dengan usaha bergerak di bidang beragam di Indonesia.

8. Djoko Susanto

Djoko Susanto

Berada di nomor kedelapan puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$3,9 miliar atau Rp58,5 triliun.
Saat ini Djoko Susanto, si bos Alfamart ini berusia 72 tahun, dengan usaha bergerak di bidang supermarket di Indonesia.

9. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat

Berada di nomor kesembilan puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$3,3 miliar atau Rp49,5 triliun.
Saat ini Theodore Rachmat berusia 79 tahun, dengan usaha bergerak di bidang beragam di Indonesia.

10. Martua Sitorus

Martua Sitorus

Berada di nomor terakhir puncak jajaran top 10, sebagai orang terkaya di Indonesia 2022, yang memiliki total kekayaan sebesar US$3,1 miliar atau Rp46,5 triliun.
Saat ini Martua Sitorus berusia 62 tahun, dengan usaha bergerak di bidang minyak palem di Indonesia.


Penutup


Urutan orang terkaya di Indonesia 2022 ini seharusnya menjadi seorang dengan sebutan the real sultan, namun kenyataannya tidak semua orang mengenal mereka.
Karena orang terkaya, menjadi terkaya karena sibuk bekerja, bukan flexing kekayaan.

Apapun itu, selamat kepada bapak Low Tuck Kwong, yang berhasil menduduki urutan orang terkaya di Indonesia 2022


Sidoarjo, 26 Desember 2022

Sumber : 
  • https://www.forbes.com/real-time-billionaires diakses Senin, 26 Desember 2022
  • https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221226085721-92-891976/profil-low-tuck-kwong-orang-terkaya-di-indonesia-penyalip-duo-hartono diakses 26 Desember 2022
Gambar: Canva dan berbagai sumber

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top